tag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post196806131228878183..comments2024-02-23T15:58:59.712+07:00Comments on AP STRATEGIC MANAGEMENT: Tugas 1: Ringkasan Bahan Presentasi MM23PWTAGUNG PRAPTAPAhttp://www.blogger.com/profile/03026833344862257601noreply@blogger.comBlogger94125tag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-26034316721632871302019-01-18T11:35:44.446+07:002019-01-18T11:35:44.446+07:00Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyon...Halo,<br />Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.charity whitehttps://www.blogger.com/profile/07040407015035910258noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-28481373995318771192018-07-15T15:35:22.340+07:002018-07-15T15:35:22.340+07:00Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tent...Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.<br /><br />Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)<br /><br />Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.<br /><br />Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.Widya Oktahttps://www.blogger.com/profile/05080289031046965693noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-58982084280151670162017-09-14T19:40:13.528+07:002017-09-14T19:40:13.528+07:00Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di ind...Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.<br /> <br />Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.<br /> <br />Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia adalah wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.comAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/01291123515165615392noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-50228094528198587842017-05-25T17:15:17.558+07:002017-05-25T17:15:17.558+07:00Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang...Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)<br />Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.Widya Oktahttps://www.blogger.com/profile/05080289031046965693noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-59906857811340090122011-04-06T08:42:55.085+07:002011-04-06T08:42:55.085+07:00mampir nich...
menarik sekali blog anda dan saya m...mampir nich...<br />menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..<br />salam....Agus@ kayu jabonhttp://jabon.web.id/kayu-jabonnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-20015355984279322792010-04-27T23:41:13.822+07:002010-04-27T23:41:13.822+07:00LANJUTAN (habis)..........
Ohmae (2004) melanjutk...LANJUTAN (habis)..........<br /><br />Ohmae (2004) melanjutkan penjelasannya tentang Borderless World yang meyakinkan bahwa peran teknologi demikian penting dalam menyongsong proses globalisasi. Akan tetapi peran daripada teknologi lebih daripada sekedar percepatan proses globalisasi, UNDP (2004) melaporkan bahwa the technology revolution and globalization are creating a network age-and that is changing ho technology industri created diffused. Maknanya, kemajuan teknologi bersamaan pula dengan pentingnya pemebentukan jaringan antar negara, organisasi, dan lembaga yang membentuk kekuatkan masing-masingnya. Dalam konteks ini dapat dilihat pabrik peralatan Rumah Sakit yang berniat menguasai pangsa pasar yang ada di Asia Tenggara, dan sekarang bermarkas di Singapura. Singapura akan menjadi basis pelayanan mereka. Hal ini bersamaan dengan cita-cita Singapura menjadikan negara itu menjadi pilihan utama Asean untuk pelayanan kesehatan. Karena jaringannya sudah ada. Apa yang ingin ditekankan adalah bahwa keberadaan teknologi telah membuat jaringan pelayanan satu penyedia kesehatan demikian kuat dan menekan kepada penyedia lain yang tidak termasuk dalam jaringan itu. Penyedia jasa kesehatan dalam perspektif ini tidak lagi berada di satu lokasi secara fisik, akan tetapi menyebar ke lokasi manapun sepanjang dinilai di sana dapat menciptakan nilai maksimal. Konsumen sudah tidak mempertimbangkan asal muasal apapun yang berkaitan dengan penyedia, melainkan bilamana dinilai dapat memberikan pelayanan yang dibutuhkan.<br />Apa yang dapat dipetik dari pengalaman demikian adalah bahwa globalisasi mengisyaratkan adanya perubahan dalam tata kelola di tingkat pelayanan. Berkaitan dengan Rumah Sakit, maka perubahan total yang diharuskan terjadi adalah pada tingkat ini, karena Rumah Sakit merupakan bisnis unit inti dalam industri kesehatan.<br />Rumah Sakit bagaimanapun adalah bagian utama dalam industri kesehatan. Sebagai satu organisasi ataupun perusahaan maka keberhasilan Rumah Sakit ti tingkat lokal ditentukan hal berikut.<br />1. Grand strategi. Satu lembaga Rumah Sakit tidak akan dapat berkembang tanpa strategi yang dirumuskan dengan jelas. Rumah Sakit Pemerintah bisa berdalih bahwa tujuannya adalah bukan untuk keuntungan, akan tetapi bukan alasan untuk tidak mengindahkan peran strategi pengembangannya. Perundang-undangan secara jelas mengharuskan pentingnya strategi, tinggal bagaimana pihak manajemen dapat berperan inovatif sehingga dapat memenuhi persyaratan ini.<br />2. Jaringan. Jaringan menjadi kunci daripada keberhasilan dalam persaingan. Rumah Sakit tertentu telah membuka “meja” pelayanan di tempat lain, persis sama dengan model penjualan barang luks. Sebelum membeli, pelanggan dapat menanyakan banyak hal yang akan ditemuinya sebelum perawatan dilakukan. Bahkan dalam hal pembayaran, “cabang” dapat memberikan jaminan tidak akan ada kendala sepanjang pengeluaran berkenaan dengan biaya pengobatan.<br />3. Berbasis kepada sumberdaya manusia. Dokter bagaimanapun adalah sumberdaya yang paling berharga untuk Rumah Sakit. Rumah Sakit yang hanya mengandalkan kepada dokter tamu bagaimanapun akan tidak dapat bertahan karena komitmen pelayanan yang rendah.<br />4. Pelayanan kesehatan adalah jasa. Sebagai salah satu bentuk jasa, keberadaan jasa berbeda dengan barang dalam hal: 1) keberwujudan, 2) keandalan, 3) ketanggapan, 4) kepastian, dan 5) empati. Dalam hal ini yang harus digarisbawahi adalah bahwa dalam pengelolaan jasa sentuhan manusia (penyedia) dan konsumen paling menentukan. Prosedur yang telah dibangun, peralatan canggih, fasilitas modern, akan hambar bilamana tidak disertai oleh peran sumberdaya kesehatan. Berbagai keluhan yang sering dituliskan oleh Kompas berkaitan dengan hal ini adalah; a) penyalahgunaan teknologi dimana seseorang “dipaksakan” untuk menggunakan jasa peralatan tertentu yang sebenarnya tidak dibutuhkan, b) pelakuan yang tidak ramah terhadap pengguna kartu asuransi khususnya Askes, dan 3) sukarnya berkomunikasi dalam hal penyakit yang diderita pasien.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-58336124587771539492010-04-27T23:39:26.246+07:002010-04-27T23:39:26.246+07:00LANJUTAN.......
Pendekatan daya saing adalah mutl...LANJUTAN.......<br /><br />Pendekatan daya saing adalah mutlak dibutuhkan. Bila menyimak ke belakang, apa yang dilakukan oleh Singapura relevan dengan apa yang ditemukan oleh Porter (2002), yang merekomendasikan bahwa Singapura terus fokus kepada pemberian jasa sebagai dasar daripada perekonomian mereka. Bahkan dalam telaah perkembangan ekonomi mereka diakui peran daripada pengetahuan sebagai ciri New Economy telah teralisir. Tingkat pendapatan yang teratas dan daya saing yang tinggi menunjukkan bahwa perekonomian mereka dibentuk oleh peningkatan penggunaan pengetahuan dalam perekonomian.<br />Sampai saat ini, pendekatan yang dilakukan oleh Porter tentang daya saing (Competitive advantage) dinilai sangat konteksutal untuk membangun daya saing satu perusahaan, organisasi, lembaga sampai kepada negara. Salah satu komponen penentu daya saing menyangkut daya tarik investasi, apakah investor tertarik berinvestasi atau tidak di satu wilayah. Semakin tinggi daya tarik investasi satu negara maka semakin tinggi pula daya saingnya. Walau daya saing melulu tidak ditentukan oleh investasi tapi juga oleh iklim danregulasi lain yang berkaitan dengan itu. Khusus di bidang kesehatan, Tahun 2007 Porter dalam Webnya menjelaskan bahwa peran daripada industri kesehatan harus direvitalisasi karena cenderung berkembang tidak sesuai dengan kebutuhan pasien. Indikasi ini diperlihatkannya karena penggunaan teknologi kesehatan yang tidak berdampak terhadap penurunan biaya dan kurang berorientasi kepada kebutuhan pelanggan.<br />Dalam kaitan ini pendekatan yang dapat diterapkan untuk melihat daya tarik industri adalah dengan menggunakan model “the five force” yang dikenalkan oleh Porter. Porter (2005) menunjukkan lima kekuatan yang akan menentukan apakah satu industri menarik atau tidak. Untuk ini Porter bersama lembaga independen mengeluarkan indeks daya saing negara dan industri setiap tahunnya yang disusun berdasarkan pengalaman empiris satu negara. Ada hal penting yang harus diingatkan dari indeks yang disusun yaitu ada indeks bisnis yang menunjukkan pentingnya interaksi antara negara dan bisnis dalam mengembangkan daya saing industri.<br />Pendekatan daya saing semakin digunakan karena prinsipnya yang berorientasi kepada penciptaan nilai bagi pelanggan, baik itu pelanggan pemerintahan maupun perusahaan. Penggunaan teknologi, sumberdaya yang berkompetensi tinggi, dan dukungan dana dari Pemerintah tidak akan banyak membantu terhadap penciptaan keunggulan manakala tidak diikuti oleh peningkatan nilai bagi pelanggan (Hitt, 2005).<br />Sama halnya dengan Pemerintah Daerah yang akan membangun Rumah Sakit, perangkat ini akan sangat membantu masalah yang paling strategis, apakah Rumah Sakit sebagai lembaga akan dapat bertahan atau memang menjadi kelas marginal di tengah-tengh persaingan. Gambar di atas dapat dijelaskan mulai dari pendatang baru, pelanggan, substitusi, pemasok, sampai kepada stakeholder.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-58197427470119971332010-04-27T23:38:25.670+07:002010-04-27T23:38:25.670+07:00PERSAINGAN INDUSTRI KESEHATAN DALAM PERSPEKTIF GLO...PERSAINGAN INDUSTRI KESEHATAN DALAM PERSPEKTIF GLOBAL<br /><br />Priyo Prasetyo<br />P2CC08002<br /><br />Pemenuhan pelayanan jasa kesehatan adalah masalah kompleks yang merupakan tanggungjawab strategis bangsa, masyarakat dan penyedia jasa kesehatan. Kelalaian dan ketidakmampuan memberikan pelayanan kesehatan yang optimal akan membuat negara menanggung biaya baik yang bersifat eksplisit maupun implisit. Berkaitan dengan biaya eksplist, Hadi (2005) dalam pidato pengukuhan guru Besar di Yogjakarta menunjukkan beban ganda masalah kesehatan. Biaya kesehatan yang disampaikan oleh Hadi dalam hal ini baru berkaitan dengan masalah gizi, yakni kekurangan dan kelebihan gizi. Beban yang muncul bukan hanya kepada penderita, akan tetapi juga kepada perekonomian Nasional. Tahun 2003 diduga bahwa “kebocoran” akibat masalah gizi mencapai 4,5 trilliun (1,43% dari GDP), selanjutnya bila estimasi dibuat dengan kondisi “ceterus paribus”, pada Tahun 2010 kebocoran akan menjadi 55,8 triliun. Pengeluaran ini adalah biaya pengelolaan yang harus dilakukan untuk tindakan kuratif, yang dikeluarkan oleh para penyedia jasa kesehatan (utamanya dokter).<br />Pengalaman empiris negara maju menunjukkan bahwa bersamaan dengan peningkatan pendapatan terjadi peningkatan kontribusi sektor jasa yang semakin nyata. Perusahaan seperti IBM, menurut Zeithmal (2006) menunjukkan kontribusi pelayanan jasa yang semakin besar kepada pelanggan. Artinya, dari yang semula menyediakan komputer dan lainnya lama kelamaan menyiapkan jasa yang berkenaan dengan bisnis mereka. Di Amerika Serikat dilaporkan bahwa sampai Tahun 2003, kontribusi sektor jasa mencapai 80% dari PDB negara itu, sehingga disebutkan adanya gelombang ketiga peran jasa dalam perekonomian, yang ditunjukkan oleh semakin besarnya kontribusi sektor jada dalam pendapatan.<br />Bersamaan dengan itu, Singapura telah mencanangkan diri sebagai penyedia jasa di Asia Tenggara. Pada Tahun 2005, Singapura telah memberanikan diri bahwa negara itu akan menjadi pusat pelayanan jasa pendidikan dan kesehatan di Asia Tenggara. Ada satu keberanian dan fokus di tingkat makro yang menjadikan pelayanan jasa sebagai inti daripada bisnis negara (Pemerintah dan Swasta). Bersamaan dengan ini, Parkway Group Health Care (PGHC) pemasok peralatan Rumah Sakit dominan berambisi menguasai pasokan peralatan bukan hanya di Asean akan tetapi sampai ke Asia. Untuk itu, di Singapura PGHC memiliki tiga Rumah Sakit terkenal dan mempunyai 7 jaringan Rumah Sakit serta jaringan pelayanan termasuk di Indonesia. Pangsa pasar yang dibidik jelas adalah pasien yang berkantong tebal dan berharap pelayanan kesehatan yang baik. Apa yang harus dicatat dari kondisi ini bahwa keinginan negara dijawab oleh tindakan swasta.<br />Sampai sekarang, pelayanan kesehatan negara ini dinilai telah berdaya saing terhadap penyedia kesehatan lainnnya. Daya saing demikian bisa diperiksa dari Laporan Economic Forum yang menempatkan Singapura berada pada rentang urutan 4 -12 selama lima tahun terakhir.<br />Khusus untuk pelayanan kesehatan, Syharir (2002) mengungkapkan lemahnya daya saing Rumah Sakit di Indonesia dibanding dengan Rumah Sakit di negara lain dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Banyak hal yang disinyalir menjadi penyebabnya; mulai dari campur tangan birokrasi, ketidakmampuan mengelola, kompentensi dan komitmen tenaga pelayan kesehatan sampai dukungan Pemerintah. Dalam kaitan, ini seorang konsultan kesehatan dr. Loh Kok Kit (2002) menjelaskan bahwa salah satu kelemahan daripada pelayanan kesehatan di Indonesia adalah pelayanan konsultasi dari dokter kepada pasien. Konsultasi ini dinilai tidak cukup oleh pasien. Menyangkut peralatan Rumah Sakit beliau menilai tidak ada peralatan yang tidak bisa disiapkan oleh Rumah Sakit, dan relatif sudah membaik. Akan tetapi dalam konteks ini waktu konsultasi menjadi “langka”. Akibatnya, pasien potensial lari ke luar negeri dan lebih dari itu, pasien ini tahu pula jenis perawatan apa yang harus diperoleh di luar negeri.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-71731491738155778842010-04-27T15:52:04.790+07:002010-04-27T15:52:04.790+07:00hari catur samudra
p2cc080130
Keunggulan Sony Eri...hari catur samudra<br />p2cc080130<br /><br />Keunggulan Sony Ericsson <br />Secara teknologi, ponsel ericsson memang dikenal berteknologi lebih tinggi dan canggih. Dalam kampenyenya dan komunikasi pemasaranya merk top eropa ini lebih menekankan pada kemampuan produk dan kecanggihan teknologinya. Namun celakanya, teknologi canggih yang dikembangkan oleh ericsson adalah “ demi kecanggihan teknologi itu sendiri”, bukannya untuk “ memanusiakan” pelangganya. <br />Sejarah Nokia <br />Anda mungkin mengira NOKIA adalah perusahaan yang dibangun untuk tujuan pabrik atau industri seluler. Kita selidiki, kata NOKIA berasal dari nama sebuah komunitas yang tinggal di sungai Emakoski di negar Finlandia Selatan. Sejarah NOKIA ditemukan oleh Fredrik Idestam untuk perusahaan mesin penggilingan bubur kayu pada tahun 1865. Kemudian dikembangkan menjadi mesin bubur kayu dan pembuat kertas pada tahun 1920 dan merupakan pabrik pembuat kertas terkemuka di Eropa. Tahun 1950-an chief executive officer (CEO) Björn Westerlund meramalkan, masa depan pertumbuhan beberapa sektor ini (bubur kayu dan kertas) akan terbatas dan sebagai gantinya dibangun sebuah divisi elektronik di pabrik kabel Helsinki (disini udah mulai menjurus ke seluluer).<br />Selama 15 tahun Nokia elektronik mengalami masa percobaan dari beragam kesalahan. Akan tetapi, dari semua kesalahan dan percobaan itu, secara bertahap justru terbangun keterampilan substansial dari sekumpulan ahli yang berbakat. Tahun 1970-an Nokia dan pabrik pembuat televisi Salora bergabung untuk mengembangkan telepon genggam (telepon seluler). Dan tahun 1980-an seluruh Salora terintegrasi menjadi Nokia. Pada saat yang sama Nokia memperoleh operasi jaringan telepon dari Perusahaan Telekomunikasi Pemerintah Televa. Namun, tidak semua usaha yang dilakukan Nokia menjadi produsen telepon seluler terkemuka di dunia berjalan sukses. Tahun 1980-an perusahaan ini membeli pabrik televisi Jerman, SEL, tetapi terpaksa meninggalkannya karena tidak berjalan mulus.<br />Pada awal 1981, Nokia berhasil meluncurkan produk bernama Nordic Mobile Telephony (NMT). NMT merupakan jaringan selular multinasional pertama di dunia. Karena itu, sepanjang dekade 1980-an NMT diperkenalkan ke sejumlah negara dan mendapat sambutan yang luar biasa.<br />Pada awal 1990-an Nokia sempat krisis, tetapi CEO yang baru, Jorma Ollila, memutuskan untuk memfokuskan pada telepon seluler dan jaringan telepon. Hasilnya, telepon GSM pertama kali di dunia muncul di Finlandia tahun 1991. Kemudian pasar telepon seluler global mulai berkembang sangat cepat pada pertengahan 1990-an dan Nokia menjadi nomor satu.<br />Kini sebanyak 2.100 seri ponsel Nokia mendulang sukses. Target penjualan sebanyak 500 ribu unit berhasil diraih pada 1994. Dengan tenaga kerja sebanyak 54 ribu orang, produk Nokia terjual di 130 negara. Sekarang mungkin setiap orang tau telepon seluler yang mudah dalam pengoperasiannya adalah NOKIA, karena itulah moto NOKIA.<br />Anda tau bahwa dulu negara Finlandia sangat tergantung pada hasil hutannya (kayu), tapi sekarang apa kata Orang Ddepartemen Luar Negeri negara itu (Jyrki Vesikansa) : “Dulu kami hidup dari hutan, tetapi saat ini kami dapat menambahkan pada Nokia,”. Apakah indonesia bisa ?<br />Keunggulan Nokia <br />Nokia lebih mengedepankan sisi human dari produk-produknya. Memang betul nokia juga menggunakan teknologi canggih, namun jarang sekali ia menonjolkan kecanggihan itu. Kenapa begitu? Karena nokia tahu persis penlanggan tidak mau diperumit oleh kecanggihan teknologi. Yang diinginkan pelanggan adalah seberapa mampu teknologi itu mempermudah hidupnya. Karena itu, nokia lebih suka menyebut teknologi yang dipakainya sebagai human technology.<br />dari motonya yang “ connecting people” kita juga dapat merasakan bagaimana nokia menyikapi teknologi. Teknologi bagi nokia adalah alat yang mengakomodasi kebutuhan emosional kita unttuk berhubungan, ngobrol, sharing pendapat, bercanda, curhat dengan orang lain.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-18574353054498556992010-04-27T15:51:00.934+07:002010-04-27T15:51:00.934+07:00hari catur samudra
p2cc080130
PEMBAHASAN
Sejarah ...hari catur samudra<br />p2cc080130<br /><br />PEMBAHASAN<br />Sejarah Ericsson <br />Lars Magnus Ericsson memulai dengan asosiasi telepon di pemuda sebagai instrumen pembuat. Ia bekerja untuk sebuah perusahaan yang membuat peralatan telegram untuk perusahaan Telegrafverket Swedia. Pada 1876, berusia 30 tahun, ia memulai membangun sebuah toko perbaikan telegram dengan bantuan dari temannya, Carl Johan Andersson. Toko di pusat Stockholm (No. 15 on Drottninggatan, the principal shopping street) dan memperbaiki telepon asing. Pada 1878 Ericsson mulai membuat dan menjual sendiri peralatan telepon. Teleponnya secara teknis tidak inovatif, karena sebagian besar sudah pernah dibuat oleh pabrik lain di Amerika Serikat. Pada 1878, dia telah membuat kesepakatan bersama untuk menyediakan telepon dan pasokan switchboards untuk perusahaan telekomunikasi pertama Swedia, Stockholms Allmänna Telefonaktiebolag.<br />Juga pada 1878, importir telepon lokal Numa Peterson menyewa Ericsson untuk menyesuaikan beberapa telepon dari Bell Company.Dari sinilah dia terinspirasi untuk membeli sejumlah telepon Siemens dan menganalisis teknologi lebih lanjut. (Ericsson pernah menerima beasiswa di Siemens beberapa tahun sebelumnya.) Menjadi perusahaan yang bekerja untuk perbaikan Telegrafverket dan Kereta api Swedia (swedia Railway), dia akrab dengan Bell dan Siemens Halske telepon. Dia meningkatkan desain untuk menghasilkan instrumen yang lebih berkualitas. Pada akhir tahun ia mulai dari manufaktur telepon sendiri, banyak gambar dari telepon Siemens, dan produk pertama yang telah selesai pada 1879.<br />Dengan reputasi yang diraih, Ericsson menjadi pemasok utama peralatan telepon ke Skandinavia. Karena pabrik tidak dapat mengikuti dengan permintaan, bekerja seperti kayu dan logam-plating telah dikontrak keluar. Banyak dari bahan baku yang diimpor, sehingga dalam dekade berikut Ericsson dibeli ke sejumlah perusahaan untuk menjamin pasokan penting seperti kuningan, kawat, ebonit dan besi baja. Bahkan akhirnya ericsson di akusisi oleh sony dan berubah nama menjadi sony ericsson.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-91722872676985318942010-04-27T15:47:43.736+07:002010-04-27T15:47:43.736+07:00hari catur samudra
p2cc080130
NOKIA VS SONY ERI...hari catur samudra <br />p2cc080130<br /><br /><br />NOKIA VS SONY ERICSSON <br />DENGAN STRATEGY, CICAK BISA MENGALAHKAN BUAYA <br /><br />PENDAHULUAN<br />Focusing on core competencies creates unique, integrated system that rainforce fit amonmg your firm’s diverse production and technology skills, a systemic advantage your competitors can’t copy.<br /> (hardvard bussiness review)<br /> <br />Kelemahan yang hampir dimiliki oleh manusia adalah keengganannya untuk berubah, bila tidak ada keterpaksaan. Keterpaksaan sebagai unsur pokok dari perubahan itu sendiri, kadang terlambat kehadiranya oleh manusia sehingga dapat berakibat vatal. <br />Keterpaksaan untuk berubah, bisa berwujud kebutuhan yang terus meningkat, sehingga menuntut adanya keahlian atau usaha yang lebih, dalam meraih tujuan yang kita ingin capai, atau karena adanya ancaman atau saingan yang mengancam kita untuk meraih segala tujuan kita. <br />Artinya, untuk dapat mengenali ancaman, seseorang atau institusi haruslah memahami tujuan yang ingin mereka capai, tanta hal tersebut, kita tidak akan mengetahui dengan siapa kita bersaing, bahkan lebih buruk lagi, kita tidak akan mengetahui apa yang sedang kita alkukan dan untuk apa semua ini kita lakukan. <br />Tujuan dari semua industri adalah keuntungan. Walaupun bentuk akan keuntungan itu sendiri sangat beragam disetiap industri. Industri/lembaga profit akan lebih memfokuskan tujuannya untuk mendapatkan keuntungan/ laba finansial sebanyak-banyaknya. Sedangkan lembaga non profit seperti pendidikan, rumah sakit, dan rumah naungan akan lebih mengukur keuntungan mereka pada besarnya nilai guna mereka di tengah masyarakat yang fikusnya tidak serta merta diukur dengan materi.<br />Walau untuk dapat bertahan, bahkan lembaga non profitpun dikhalalkan untuk mencari untung, meskipun mempunyai koridor-koridor yang jauh lebih ketat dari lembaga provit. Intinya adalah, karena profit yang mereka cari merupakan selisih dari biaya produksi dan pendapatan, maka semua lembaga produksi baik jasa maupun barang sangat tergantung kelangsunganya akan konsumen mereka. <br />Sedangkan akses informasi yang pesat belakangan ini, telah memberikan pengetahuan yang memadai bagi konsumen untuk dapat menilai suatu produk. Mereka menjadi benar-benar memiliki porsi tawar yang tinggi dengan banyaknya barang sejenis, bahkan barang subtitusi dipasaran.<br />Meningkatnya pengetahuan konsumen akan suatu produk, secara otomatis akan meningkatkan tingkat persaingan produsen dari suatu barang yang sejenis. Persaingan tersebut akan berujung pada usaha peningkatan pelayanan serta memaksa produsen untuk dapat mengetahui benar keinginan konsumen. <br />Sekarang, konsumen tidak akan cukup untuk memiliki produk yang hanya memiliki fungsi tunggal atau fungsi pokok. Bahkan, lebih dari itu, konsumen sekarang menuntut untuk dimengerti. Hal ini akan lebih jelas bila kita mempelajari kasus nokia versus sony ericsson.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-29419295498454862502010-04-27T09:51:21.410+07:002010-04-27T09:51:21.410+07:00Tugas Mata Kuliah : Manajemen Strategi
Nama M...Tugas Mata Kuliah : Manajemen Strategi<br />Nama Mahasiswa/NIM : Khafidin/P2CC08043<br />Judul : “Strategi Cost Leadership pada Usaha Travel (Liar) di Jipang Kab. Brebes”.<br /><br /><br />A. Sejarah dan Perkembangan ( 5W + 1H )<br />- Apa travel (liar) itu ?<br />Yaitu usaha angkutan umum darat untuk antar jemput penumpang (orang) dan barang dari Jipang ke Jakarta dan sebaliknya.<br />- Apa mobil yang digunakan ?<br />2 mobil van mitsubishi L300 dan 6 mobil minibus (elf), Daihatsu, dengan 4 orang pengusaha.<br />- Apa ada usaha selain antar jemput penumpang ?<br />Ada yaitu barang dan surat maupun uang.<br />- Berapa harus bayar atas jasa tersebut ?<br />Rp. 60.000,- untuk antar penumpang.<br />Rp. 10.000,- s.d. Rp. 40.000,- untuk barang maupun surat dan uang.<br />- Mengapa orang Jipang memilih ini ? padahal bus malam juga + Rp. 40.000,-<br />Karena kalau diperhitungkan lebih menguntungkan dan murah <br />Jipang – Jakarta – Alamat Total Rp. 60.000,-<br />tapi kalau pakai bus malam : Rp. 40.000,- + Jipang Bumiayu Rp. 5.000,- + alamat tujuan .............. ?<br />Juga diperhitungkan dari faktor lainnya yaitu : Murah – Praktis – Aman – Terpercaya.<br />- Apakah usaha ini makin berkembang ?<br />Ya dan Sangat.<br />• Mula-mula pada tahun 1988 : 1 mobil L300 dan tidak tiap hari ada.<br />• 1990 – 2000 : sudah 8 mobil L300 dan ada jadwal tiap hari.<br />• 2000 – sekarang : perubahan dari 8 mobil L300 menjadi hanya 2 mobil<br /> L300 + 6 minibus (elf).<br />Ini khusus desa Jipang saja.<br />Lalu ada dari desa sekitar mempunyai usaha yang sama tapi baru pakai L300 semua (kalau dihitung : 10 mobil)<br />Juga ada penambahan rute antar jemput misal : Bandung dan Tasik Malaya. <br />- Kapan masa paceklik dan masa panen (ramai) ?<br />Masa paceklik (sepi penumpang) yaitu pada bulan tertentu biasanya awal puasa, akhir ruwah.<br />Masa ramai (panen) : saat idul fitri dan libur sekolah. Saat itu tarifnya bisa mencapai Rp. 100.000,- per orang dan mobil berangkat tiap hari (tanpa jadwal).<br />- Siapa peminatnya dan siapa pengusahanya ?<br />Peminat : - umumnya para pekerja migran.<br />- sebagian orang-orang yang jenguk keluarga yang imigran.<br />Pengusaha : - ada beberapa orang Jipang secara perorangan (4 orang) mereka saling berbagi hari.<br />- Dimana harus daftar bila ingin gunakan jasa ini ?<br />Ditempat pengusaha jasa ini masing-masing.<br />- Bagaimana/apa ada kendala ?<br />Karena usaha angkutan ini tidak punya ijin Trayek dan menggunakan mobil plat hitam, maka hampir tiap berangkat di jalan ada cegatan polisi dan ujung-ujungnya harus mel (antara Rp. 10.000 – Rp. 50.000 ) tergantung kelebihan penumpang. Rupanya ini jadi makanan polisi (langganan)<br /><br /><br /><br />B. Tinjauan internal environmental<br />Ada 4 kriteria Core Competence, yaitu <br />Valuable, Rare, Costly to Imitate dan Non Substituable.<br />Berdasar cerita di atas, jelas 4 kriteria tersebut terpenuhi justru adanya Travelan itu karena :<br />Sangat dibutuhkan oleh masyarakat (bermakna) dan bisa terjangkau (murah), sulit di tiru dan tergantikan bahkan posisinya sebagai pengganti angkutan yang ada sebelumnya yang dianggap lebih mahal, repot atau tidak praktis dan tidak aman.<br /><br />C. Tinjauan external environmental<br />Pada external environmental, terutama pada general environmental, maka pada faktor tertentu misalnya economic, sosiocultural, demografi dan tecknologi adalah sangat cocok memang sayangnya usaha ini tidak dilengkapi legalitas inipun karena dianggap tidak praktis dan memakan biaya.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-21664181970866021022010-04-25T23:08:06.515+07:002010-04-25T23:08:06.515+07:00dilakukan secara hati-hati, dan bahkan jika perlu ...dilakukan secara hati-hati, dan bahkan jika perlu dikaji ulang, mengingat bukti-bukti empiris yang belum mendukung sepenuhnya dugaan tersebut.<br />Internasionalisasi kepemilikan asing dalam arsitektur perbankan nasional memiliki potensi yang akan memberikan dampak negatip pada perekonomian nasional, mengingat beberapa potensi ancaman berikut ini:<br />a) Kemungkinan timbulnya kesenjangan antara proses akumulasi dana pihak ketiga dan proses penyalurannya untuk kepentingan perekonomian lokal dan nasional.<br />b) Kurangnya partisipasi bank asing dalam pendanaan kegiatan usaha berskala besar di tanah air, seperti pendanaan program pembangunan infrastuktur, mengingat perhitungan managemen resiko yang sangat ketat yang mereka jalankan.<br />c) Pada saat kondisi politik di dalam negeri menghadapi skenario kemelut dan krisis, maka cadangan bank-bank asing di Indonesia akan terjadi.<br />d) Bank asing akan memindahkan sementara waktu dana yang terhimpun di dalam negeri ke anak-anak perusahaan holding yang lokasinya terdekat, seperti di Singapura dan Hongkong.<br />e) Tingkat multiplier penyerapan tenaga kerja di bank milik asing akan cenderung lebih rendah dibandingkan dengan angka-angka multiplier pada perusahaan perbankan milik swasta domestik dan perusahaan BUMN.<br />Atas dasar kondisi tersebut dan kemungkinan rapuhnya peta politik di dalam negeri pada tahun-tahun mendatang, maka seharusnya Pemerintah meninjau kembali aturan tentang kepemilikan asing dalam industri perbankan nasional.<br />Kebijakan membatasi porsi kepemilikan asing dalam perbankan nasional di tanah air merupakan strategi kebijakan tambahan untuk terlaksananya proses merger secara aman di Indonesia.<br /><br />Kunci Sukses<br />Strategi merger dan akuisisi dapat berjalan sukses apabila memenuhi persyaratan berikut:<br />1) Dilakukan dengan memanfaatkan keunggulan dan menutupi kekurangan yang dimiliki oleh bank peserta biasanya menyebabkan kegagalan proses merger dan akuisisi.<br />2) Bank peserta perlu memiliki kemiripan budaya dan falsafah perusahaan yang tidak jauh bertolak belakang.<br />3) Bank peserta memiliki pimpinan perusahaan yang berdedikasi dan mampu menyelesaikan konflik-konflik secara cepat, bijak dan arif; serta tidak bersifat otoriter.<br />4) Bank peserta memiliki visi dan misi yang dapat dijalankan oleh bank yang telah digabung. Lebih baik lagi jika pada masing-masing bank memiliki kemiripan fokus bisnis<br />5) Proses implementasi pasca merger perlu dilakukan dengan melakukan proses harmonisasi produk dan layanan baru, pemantapan dedikasi karyawan dan pembentukan platform dan sistem prosedur yang seragam dan efisien.<br /><br />Kesimpulan<br />1. Proses stabilisasi setelah merger akan memakan waktu cukup lama sekitar 2-3 tahun, dan biarkanlah proses tersebut dilakukan dengan baik dan sempurna, tanpa cepat-cepat melakukan proses divestasi lanjutan. <br />2. Kriteria terpenting akuisisi pada umumnya adalah posisi pasar yang dikuasai. Karena itu dalam strategi ini, kontrol atas posisi pasar yang diinginkan bisa maksimal. Hanya saja investasi finansial dalam akuisisi amat tinggi. Di tengah-tengah gelombang merger dan akuisisi, didorong oleh upaya sengit memperebutkan posisi penting di pasar<br />3. Konsolidasi atau penguatan modal melalui akuisisi dan merger diperlukan untuk menciptakan industri yang lebih sehat dan kokoh. Saat ini struktur perbankan domestik rapuh. Dari 130 bank, sebanyak 20 bank menguasai 90 persen pangsa pasar.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-65366172572405418552010-04-25T23:07:06.745+07:002010-04-25T23:07:06.745+07:00Tetapi proses merger itu sendiri dapat juga member...Tetapi proses merger itu sendiri dapat juga memberikan pengaruh negatif berikut ini:<br />a) Karena proses merger biasanya dilakukan atas dorongan untuk cepat terselesaikannya kemelut keuangan di salah satu bank peserta, maka harga penjualan sahamnya cenderung akan dinilai dibawah harga pasar yang wajar.<br />b) Proses merger biasanya diikuti dengan peningkatan ketidakpastian pada pihak Direksi, manajer dan karyawan.<br />c) Proses merger perbankan nasional di Indonesia biasanya diikuti dengan pengurangan jumlah pegawai dan staf kurang profesional di perusahaan perbankan hasil merger.<br />d) Terjadinya benturan kepentingan, kondisi saling curiga dan bahkan konflik diantara para anggota komisaris dan direksi. Hal ini terjadi jika bank hasil merger tersebut dikuasai oleh lebih satu pemegang saham pengendali. Sebagian anggota komisaris dan direksi yang ada cenderung untuk berlomba mewakili kepentingan masing-masing pemilik dari bank hasil merger dengan menunjukkan prestasi kelompoknya masing-masing.<br />e) Kegiatan merger dalam dua tahun pertama cenderung diikuti dengan strategi efisiensi; sehingga hal ini akan mengurangi semangat dan kreativitas dari sebagian pihak Direksi dan staf profesional. Jika hal ini berlanjut cukup lama maka biasanya akan diikuti dengan proses exodus para manager menengah yang profesional dan inovatif.<br />f) Benturan budaya perusahaan tidak dapat dielakkan; sehingga tentunya perusahaan hasil merger akan mengalami penurunan dalam jangka pendek<br /><br /><br /><br /><br />Pengaruh makro ekonomi<br />Di beberapa negara berkembang lainnya di dunia, strategi merger biasa digunakan untuk memperkuat dan memperluas kepemilikan Pemerintah pada industri perbankan. Alasannya pelaksanaan strategi ini agar pemerintah dapat menjalankan program pembangunan dengan dukungan lembaga perbankan yang dikendalikan<br />Strategi ini ternyata tidak sepenuhnya berhasil, karena yang terjadi adalah mismanajemen dalam pengelolaan organisasi bank merger yang semakin besar, dengan laporan banyaknya kejadian kasus , penunjukan rekanan teman sendiri, inefisiensi penggunaan anggaran promosi dan anggaran pengembangan, serta diketemukannya berbagai kasus korupsi.<br />Kasus di salah satu bank hasil merger di tanah air, membuktikan sebagian dari dugaan ini. Kurangnya pengawasan dari pihak Dewan Komisaris, yang melimpahkan kewenangan yang lebih besar pada pihak Direksi untuk memutuskan kelayakan kredit usaha pada jumlah yang besar, telah membawa akibat meningkatnya angka NPL bank tersebut.<br />Dampak negatif terjadi karena tidak transparannya perusahaan merger milik pemerintah yang tidak diawasi sepenuhnya oleh publik. Pada perspektif yang lain,strategi merger dan akuisisi dipandang sebagai alat untuk memperkuat struktur kapital perbankan secara makro — di lokasi operasi peserta bank merger.<br />Tujuan ini dilaksanakan agar tercapai proses penguatan landasan keuangan perbankan nasional menuju konvergensi. Dalam kaitan ini Bank Indonesia beberapa tahun terakhir telah merubah kebijakan publiknya untuk mengundang partisipasi asing dalam proses merger bank-bank nasional di Indonesia – sehingga diharapkan akan tercapai arsitektur pengaturan kapitalisasi perbankan secara bentuk “kerucut piramida”. Kebijakan ini tentunya perluAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-92179815553061585932010-04-25T23:04:52.692+07:002010-04-25T23:04:52.692+07:00Topik :AKUISISI
Nama : CATUR PRASETIYO WIBOWO
NI...Topik :AKUISISI<br />Nama : CATUR PRASETIYO WIBOWO<br />NIM : P2CC08011<br /><br />Akuisisi Bank Nasional Realitas dan Tantangan<br /><br />Pendahuluan<br />Merger dan akuisisi perusahaan perbankan kembali marak terjadi di Indonesia pada akhir-akhir ini. Sukses merger dari bank papan atas seperti Bank Mandiri, Bank Danamon dan Bank Permata telah merangsang bank-bank pada papan menengah seperti Bank Haga dan Bank Hagakita untuk bergabung dengan pihak bank asing Rabobank. Dan terakhir ini kita melihat adanya minat dari bank-bank kecil menengah (Bank Harta, Bank Mitraniaga, Bank Harmoni) untuk melakukan strategi serupa, sebagaimana diuraikan pada artikel Fahmi Achmad pada Bisnis Indonesia 14 Nopember 2006. <br />Pengeritan akuisisi<br />Menurut pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 22 tentang penggabungan badan usaha, definisi akuisisi adalah suatu penggabungan usaha dimana salah satu perusahaan, yaitu pengakuisisi memperoleh kendali atas aktiva netto dan operasi perusahan yang diakuisisi, dengan memberikan aktiva tertentu, mengakui suatu kewajiban atau dengan mengeluarkan saham.<br />Akuisisi adalah bentuk pengambil alihan kepemilikan perusahaan oleh pihak pengakuisisi sehingga mengakibatkan berpindahnya kendali atas perusahaan yang diambil alih tersebut. Biasanya pihak pengakuisisi memiliki ukuran yang lebih besar dibanding dengan pihak yang diakuisisi<br /><br /><br /><br />Pembahasan<br />Strategi akuisis merupakan salah satu bentuk strategi popular yang awalnya naik daun pada era tahun 1970an proses ini di dorong oleh 3 faktor utama yaitu:<br />• Semakin menyatunya sistem perekonomian regional dan perekonomian dunia<br />• Adanya ekspansi perusahaan2 MNC ke berbagai Negara.<br />• Berbagai terobosan teknologi informasi dan telekomunikasi setelah tahun 1980 yang memudahkan proses alih informasi dan kapital.<br />Pada kasus industri perbankan, krisis perekonomian yang terjadi di wilayah ekonomi Asia Timur dan Asia Tenggara pada tahun 1997 telah membawa dampak terjadinya kemelut di industri perbankan di dalam negeri. Cukup banyak lembaga perbankan yang menghadapi permasalahan dan bahkan kemudian kolaps akibat krisis tersebut.<br />Upaya penyelamatan dari bank-bank yang masih bertahan kemudian tertolong dengan dijalankannya kebijakan “restrukturisasi finansial”dan strategi manager dana akuisis <br />Proses merger dan akuisisi di industri perbankan memang memiliki baik dampak yang positip maupun dampak yang negatip, tergantung dari perspektif kita memandangnya. Keberhasilan upaya merger dan akuisisi memerlukan keuletan dan jalan yang cukup berliku bagi berbagai pihak yang ingin sukses menerapkan kebijakan ini.<br /><br /><br />Dampak Langsung dan Tidak Langsung.<br />Strategi merger dan akuisisi yang terjadi di industri perbankan dapat memberikan dampak langsung pada perusahaan yang melakukan proses merger.<br />Secara mikroekonomi, penerapan strategi ini ternyata disamping dapat memberikan pengaruh yang positip; dapat juga memberikan rekaman hitam dalam bentuk kekecewaan, konflik dan bahkan kegagalan dari proses itu sendiri. Pada tingkat makro ekonomi, sementara ini strategi merger dan akuisisi belum memberikan dampak positif yang besar.<br /><br />Pengaruh mikro ekonomi<br />Begitu dua atau lebih organisasi perbankan melakukan strategi merger maka akan terjadi perubahan tingkah laku dari perusahaan gabungan tersebut.<br />Dampak positip yang sering dilaporkan adalah:<br />1. Dimungkinkannya pertukaran cadangan cash flow secara internal antar perusahaan yang melakukan merger, sehingga bank hasil merger dapat memanage risiko likuiditas dengan lebih fleksibel.<br />2. Diperolehnya peningkatan modal perusahaan (biasanya CAR akan meningkat tetapi tidak terlalu cukup tinggi) dan adanya keunggulan dalam memanage biaya akibat bertambahnya skala usaha.Efisiensi perusahaan dapat dilakukan lebih lanjut, khususnya dalam efisiensi biaya provisi kredit.<br />3. Dicapainya keunggulan market power dalam persaingan, yang kemudian dapat memperbesar margin bunga pinjaman.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-46732205270464384692010-04-24T21:20:17.002+07:002010-04-24T21:20:17.002+07:00Lanjutan Mulia ......
Mulia adalah penjualan loga...Lanjutan Mulia ......<br /><br />Mulia adalah penjualan logam Mulia oleh Pegadaian kepada masyarakat secara tunai, dan agunan dengan jangka waktu Fleksibel.<br />Akad Murabahah Logam Mulai untuk Investasi Abadi Abadi adalah persetujuan atau kesepakatan yang dibuat bersama antara Pegadaian dan Nasabah atas sejumlah pembelian Logam Mulia disertai keuntungan dan biaya-biaya yang disepakati.<br />Bentuk transaksinya adalah pegadaian menjual emas murni (99,99%) dengan harga sebesar harga pokok ditambah dengan margin yang disepakati oleh pembeli dan pegadaian sebagai penjual dan mekanisme pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau pembayaran secara angsuran.<br />Tujuan dari produk Mulia :<br />1. Sebagai salah satu sarana edukasi pegadaian kepada masyarakat untuk menabung dalam bentuk emas.<br />2. Untuk menciptakan alternatif pilihan investasi untuk mempertahankan nilai asset.<br />3. Sebagai edukasi kepada masyarakat tentang emas dan nilai.<br /><br />Kemudian mengapa Pegadaian harus ikut terjun dalam bidang penjualan emas :<br />1. Karena emas identik dengan Pegadaian, merupakan keahlian pegadaian dan semakin banyaknya emas di masyarakat akan sangat mendukung core bisnis pegadaian.<br />2. Ada kesepakatan global bahwa emas adalah logam mulia dengan nilai estetitika yang tinggi.<br />3. Emas telah menjadi simbol status di berbagai suk-kultur masyarakat indonesia.<br />4. Emas juga mempunyai manfaat sebagai investasi yang nilainya sangat stabil, likuid dan aman secara riil serta dapat dikeola sendiridan tidak bergantung pada kinerja pihak ketiga.<br />5. Emas sangat layak menjadi salah satu bagian dari portfolio investasi mendampingi saham, obligasi, ORI, deposito, dll<br />6. Emas mempunyai suplai yang sangat terbatas dan permintaan yang tidak terbatas sehingga harga emas semakin hari semakin naik.<br /><br /> Jadi dapat disimpulkan bahwa produk Mulia yang diluncurkan Pegadaian ini merupakan produk yang benar-benar baru, menciptakan pasar yang baru. Yang sudah ada selama ini adalah pembiayaan untuk pembelian motor, mobil, rumah, sedangkan pembiayaan untuk pembelian emas ya baru Mulia ini.umarwibowohttps://www.blogger.com/profile/02041969073699475041noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-74958633150928418392010-04-24T21:18:14.521+07:002010-04-24T21:18:14.521+07:00Topik : Inovation
Nama : Umar Wibowo
NIM : P2CC080...Topik : Inovation<br />Nama : Umar Wibowo<br />NIM : P2CC08018<br /><br />MULIA (Murabahah Logam mulia untuk Investasi Abadi)<br />Sebuah inovasi produk dari Perum Pegadaian<br /><br /><br />Semakin kerasnya persaingan dunia usaha di masa sekarang ini menuntut inovasi dan kreatifitas dari para pelaku usaha untuk menciptakan produk yang unik dan sama sekali berbeda dari produk perusahaan lain.<br />Perum Pegadaian dengan core bisnisnya yaitu penyaluran pinjaman atas dasar hukum gadai (Kredit gadai) yang selama bertahun-tahun menjadi pemain tunggal juga harus mulai menghadapi tantangan persaingan yang sedemikian hebat apalagi setelah terbitnya undang-undang anti monopoli dan juga undang-undang perbankan syariah yang salah satu pasalnya memperbolehkan bank syariah untuk menyalurkan kredit dengan skim gadai ( istilah dalam syariah ”Rahn”).<br />Pasar kredit gadai sekarang mulai dimasuki oleh beberapa lembaga keuangan karena memang kredit gadai merupakan usaha yang sangat menguntungkan dengan resiko hampir mendekati nol karena barang jaminan dikuasai secara phisik dan bisa dilelang/dijual apabila nasabah wanprestasi. Pasar kredit gadai sudah menjadi ”red ocean” karyawan pegadaian sangat laku dan dicari oleh perusahaan lain baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun. <br /><br />Strategi pertama yang dijalankan pegadaian setelah melihat kondisi tersebut diatas adalah pegadaian ikut bersaing di ”lautan merah” yaitu masuk ke pasar kredit fidusia yang selama ini hanya dikuasai oleh dunia perbankan, walaupun pengalaman dalam bidang kredit fidusia sangat minim tetapi akhirnya pegadaian berhasil meluncurkan beberapa produk kredit dengan skim fidusia dan yang paling berhasil adalah produk yang dinamakan Kreasi yaitu pemberian kredit usaha untuk pengusaha mikro dan kecil dengan jaminan BPKB mobil/motor, walaupun dengan jatuh bangun dan terus belajar akhirnya produk ini bisa menjadi produk unggulan kedua setelah kredit gadai.<br /><br />Setelah melihat beratnya persaingan di ”red ocean” kredit fidusia, pegadaian sebagai pemain baru sangat merasakan bagaimana persaingan tersebut dan akan sangat sulit untuk dapat memenangkan persaingan tersebut. Maka kemudian merubah strategi untuk tidak masuk ke ”red ocean” lagi tetapi akan menciptakan pasar di ”blue ocean” dan akan menggunakan keahlian Pegadaian dalam bidang logam mulia emas.<br />Maka lahirlah inovasi produk dari Pegadaian yang dinamakan Mulia (Murabahah Logam Mulia Untuk Investasi Abadi).umarwibowohttps://www.blogger.com/profile/02041969073699475041noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-45664231637423310982010-04-24T04:32:53.644+07:002010-04-24T04:32:53.644+07:00lanjutan....
Manfaat
Dengan menggunakan PAS-SMA, ...lanjutan....<br /><br />Manfaat<br />Dengan menggunakan PAS-SMA, administrasi sekolah akan sangat terbantu khususnya dalam pendataan, pelaporan, dan pelayanan data dan informasi tentang sekolahnya kepada pihak luar yang membutuhkannya.<br /> Pendataan :<br />Administrasi sekolah dengan mudah dapat melakukan pendataan (perekaman dan peremajaan data) antara lain terhadap:<br />1. Identitas sekolah<br />2. Penerimaan siswa baru: calon siswa pendaftar, passing grade ditetapkan, dan siswa baru diterima<br />3. Data induk: siswa, guru dan tenaga administrasi<br />4. Kegiatan belajar-mengajar: wali kelas dan guru mata pelajaran ditugaskan, jadwal pelajaran, absensi, dan nilai prestasi belajar setiap individu siswa<br />5. Kebutuhann guru<br />6. Keuangan sekolah: penerimaan dan pengeluaran<br />7. Fasilitas sekolah: buku, alat pendidikan, perlengkapan sekolah, lahan, ruang kelas, dan utilitas<br />8. Bantuan-bantuan yang pernah diterima<br />Pelaporan :<br />Kebutuhan intern sekolah akan data dan informasi mengenai pendidikan yang diselenggarakannya dengan mudah dan cepat dapat dipenuhi. Keluaran-keluaran dalam bentuk laporan yang dapat dihasilkan melalui PAS-SMA antara lain adalah<br />1. Daftar siswa, daftar guru, dan daftar wali kelas<br />2. Jadwal pelajaran dan laporan absensi siswa<br />3. Raport siswa.<br />Pengiriman Data :<br />Sebelum menggunakan PAS-SMA, setiap SMA secara rutin tahunan harus mengisi empat rangkap kuesioner (LNS) dari Depdiknas, dan kemudian mendistribusikannya ke Depdiknas, Dinas Pendidikan Propinsi, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota. Setelah menggunakan PAS-SMA, setiap SMA tidak lagi harus mengisi kuesioner yang berjumlah halaman dan berangkap banyak itu, karena LISM yang harus didistribusikan dapat dihasilkan kapanpun secara otomatis.<br />Bagi SMA yang memiliki akses ke internet bahkan tidak perlu mencetak LISM untuk kemudian didistribusikan secara fisik, karena PAS-SMA dilengkapi dengan fasilitas Export LISM yang memungkinkan LISM secara elektronik diidtribusikan secara cepat dan langsung melalui internet dan email.<br />Pengiriman Data ke pelanggan ( Orang Tua siswa ) :<br />Dengan mengembangkan PAS on line maka dapat terlayani informasi ke orang tua siswa melalui tekhnologi SMS Gateway yaitu :<br />- Kedatangan putera dan puterinya di sekolah.<br />- Pembayaran Sumbangan sekolah.<br />- Nilai hasil ulangan putera dan peterinya.<br />Pengiriman data ke pelanggan Intern ( Guru dan Karyawan ) :<br />Dengan mengembangkan PAS on line dapat diketahui pula informasi :<br />- Kehadiran guru dan karyawan pada hari tertentu beserta durasinya.Eko Mujiyonohttp://maseko4368.blogspot.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-62355746698321271412010-04-24T04:29:13.768+07:002010-04-24T04:29:13.768+07:00lanjutan....
Manfaat
Dengan menggunakan PAS-SMA, ...lanjutan....<br /><br />Manfaat<br />Dengan menggunakan PAS-SMA, administrasi sekolah akan sangat terbantu khususnya dalam pendataan, pelaporan, dan pelayanan data dan informasi tentang sekolahnya kepada pihak luar yang membutuhkannya.<br /> Pendataan :<br />Administrasi sekolah dengan mudah dapat melakukan pendataan (perekaman dan peremajaan data) antara lain terhadap:<br />1. Identitas sekolah<br />2. Penerimaan siswa baru: calon siswa pendaftar, passing grade ditetapkan, dan siswa baru diterima<br />3. Data induk: siswa, guru dan tenaga administrasi<br />4. Kegiatan belajar-mengajar: wali kelas dan guru mata pelajaran ditugaskan, jadwal pelajaran, absensi, dan nilai prestasi belajar setiap individu siswa<br />5. Kebutuhann guru<br />6. Keuangan sekolah: penerimaan dan pengeluaran<br />7. Fasilitas sekolah: buku, alat pendidikan, perlengkapan sekolah, lahan, ruang kelas, dan utilitas<br />8. Bantuan-bantuan yang pernah diterima<br />Pelaporan :<br />Kebutuhan intern sekolah akan data dan informasi mengenai pendidikan yang diselenggarakannya dengan mudah dan cepat dapat dipenuhi. Keluaran-keluaran dalam bentuk laporan yang dapat dihasilkan melalui PAS-SMA antara lain adalah<br />1. Daftar siswa, daftar guru, dan daftar wali kelas<br />2. Jadwal pelajaran dan laporan absensi siswa<br />3. Raport siswa.<br />Pengiriman Data :<br />Sebelum menggunakan PAS-SMA, setiap SMA secara rutin tahunan harus mengisi empat rangkap kuesioner (LNS) dari Depdiknas, dan kemudian mendistribusikannya ke Depdiknas, Dinas Pendidikan Propinsi, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota. Setelah menggunakan PAS-SMA, setiap SMA tidak lagi harus mengisi kuesioner yang berjumlah halaman dan berangkap banyak itu, karena LISM yang harus didistribusikan dapat dihasilkan kapanpun secara otomatis.<br />Bagi SMA yang memiliki akses ke internet bahkan tidak perlu mencetak LISM untuk kemudian didistribusikan secara fisik, karena PAS-SMA dilengkapi dengan fasilitas Export LISM yang memungkinkan LISM secara elektronik diidtribusikan secara cepat dan langsung melalui internet dan email.<br />Pengiriman Data ke pelanggan ( Orang Tua siswa ) :<br />Dengan mengembangkan PAS on line maka dapat terlayani informasi ke orang tua siswa melalui tekhnologi SMS Gateway yaitu :<br />- Kedatangan putera dan puterinya di sekolah.<br />- Pembayaran Sumbangan sekolah.<br />- Nilai hasil ulangan putera dan peterinya.<br />Pengiriman data ke pelanggan Intern ( Guru dan Karyawan ) :<br />Dengan mengembangkan PAS on line dapat diketahui pula informasi :<br />- Kehadiran guru dan karyawan pada hari tertentu beserta durasinya.Eko Mujiyonohttp://maseko4368.blogspot.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-29670456298142163852010-04-24T04:26:27.869+07:002010-04-24T04:26:27.869+07:00Topik : Core Competency
Nama : Eko Mujiyono
NIM...Topik : Core Competency<br />Nama : Eko Mujiyono<br />NIM : P2CC08044<br /><br /><br /><br /><br />SMA Negeri 1 Majenang siap mengembangkan PAS On line<br /><br /> SMA Negeri 1 Majenang adalah sekolah yang berada di wilayah kabupaten Cilacap, terletak di ujung sebelah barat berbatasan dengan propinsi Jawa Barat. Sebagai sekolah yang cukup lama berkiprah di dunia pendidikan tentu saja merasa perlu untuk mengembangkan diri dalam pengelolaan sekolah. Sebagai pilihan untuk mengembangkan strategi manajemen sekolahnya, memilih penerapan PAS on line di organisasi sekolah tersebut. Untuk dapat diketahui ssebagai identitas sekolah tersebut adalah sebagai berikut :<br />1. Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Majenang<br />2. Tahun Berdiri : 1975<br />3. Nomor Statistik Sekolah (NSS) : 301030115014<br /><br /> Visi Sekolah : Unggul dalam mutu berwawasan IMTAQ , IPTEK dan <br /> SKILL <br /> Dengan indikator :<br /> Unggul dalam mutu kelulusan<br /> Unggul dalam lomba akademik mata pelajaran <br /> Unggul dalam mengikuti lomba seni, olahraga dan bahasa inggris<br /> Unggul menguasai teknologi informatika <br /> Unggul memiliki iman yang kuat, ilmu yang tinggi, akhlak yang <br />mulia <br /> Memiliki keunggulan kepedulian sosial <br /> Dalam rangka mencapai visi tersebut di atas tentu saja harus merealisasikan misi- misi yang telah ditetapkan. Merealisasikan misi berarti telah mengarahkan organisasi untuk mencapai visi. SMA Negeri 1 Majenang sebagai organisasi yang bergerak dalam dunia pendidikan, tidak ketinggalan dalam mengembangkan strategi manajemennya. Berupaya untuk merealisasikan misi :<br /> Menumbuhkan dan mengembangkan kegiatan yang berwawasan IPTEK<br /> Menerapkan managemen berbasis sekolah<br /> Meningkatkan pelayanan, <br />maka SMA Negeri Majenang siap mengembangkan PAS on line, yang selama ini telah diterapkan namun dalam penyempurnaan.<br /><br />Apakah PAS on line itu ?<br /><br /> Paket Aplikasi Sekolah Pendidikan Menengah Atas (disingkat: PAS-SMA) adalah piranti lunak sistem informasi manajemen pendidikan Menengah Atas untuk tingkat sekolah, yang secara khusus dirancang dan dibangun untuk dijalankan di setiap Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Indonesia.<br /><br />Latar Belakang<br /> Pada tahun 2002 bertempat di Jakarta, Dit. PSMA menyelenggarakan workshop yang bertema“Sosialisasi Sistem Informasi Pendidikan Menengah Atas (SI-SMA)”, dengan mengundang dinas-dinas pendidikan tingkat propinsi se-Indonesia. Salah satu yang dihasilkan dari workshop tersebut adalah berupa gagasan untuk membangun sistem informasi manajemen pendidikan tingkat sekolah pada jenjang pendidikan Menengah Atas. Sistem informasi manajemen pendidikan tingkat sekolah ini dinamakan Paket Aplikasi Sekolah. <br /> Pembangunan PAS-SMA diyakini sebagai solusi teknologi informasi (IT solution) terhadap masalah kualitas data dan informasi pendidikan yang selama ini menjadi salah satu kendala utama dalam perencanaan berbagai kegiatan dan perumusan berbagai kebijakan dalam rangka pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan Menengah Atas di Indonesia - baik di tingkat nasional maupun di tingkat regional (propinsi dan kabupaten/ kota). Gagasan untuk membangun PAS-SMA tidak semata-mata dimaksudkan hanya untuk memperbaiki kualitas data yang diperoleh dan informasi yang dihasilkan oleh Dit. PSMA dan dinas-dinas pendidikan baik di tingkat propinsi maupun di tingkat kabupaten/ kota, tetapi juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas manajemen pendidikan yang dijalankan setiap SMA se-Indonesia.<br /><br /><br />Keunggulan<br /><br />Ada tiga keunggulan yang dimiliki PAS-SMA, yaitu:<br />1. Sederhana. Tidak membutuhkan perangkat keras komputer dengan spesifikasi teknis yang tinggi.<br />2. Fleksibel. Dapat disesuaikan dan dikembangkan secara lebih lanjut dan mandiri, berdasarkan kebutuhan spesifik masing-masing sekolah.<br />3. Terpadu. Modular namun merupakan bagian integral dari sistem informasi pendidikan nasional.Eko Mujiyonohttp://maseko4368.blogspot.comnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-54973520204124855892010-04-21T20:46:01.508+07:002010-04-21T20:46:01.508+07:00Lanjutan lagi.......
Dengan 3 kondisi di atas, cu...Lanjutan lagi.......<br /><br />Dengan 3 kondisi di atas, cukup untuk berhipotesis bahwa strategi Speedy pada saat ini tidak akan efektif. Sebagai pemain pioneer dalam jasa akses internet, saya melihat bahwa Telkom terlalu lamban dalam menyiapkan strategi bersaingnya. Sebagai incumbent yang selalu dikeroyok pemain baru, seharusnya ada pre-emptive move yang dibangun di atas kewaspadaan dan kreativitas. Paling tidak, beberapa hal dibawah ini harus disiapkan:<br />• Strategi harga yang makin menurun untuk menggarap 5 segmen konsumen berdasarkan prilaku adopsinya (dari mulai innovator sampai dengan laggard). Di bisnis ini karena terjadi percepatan dalam perkembangan teknologi baru maka scenario penurunan harga harus disiapkan untuk 3-5 tahun mendatang. Namun perhitungan price – volumenya harus dilakukan secara akurat agar tetap dapat mengcover fixed cost dan initial investment yang sudah dikeluarkan. Jangan sekali-sekali bermimpi ada kenaikan harga atau ada harga yg tetap.<br />• Inovasi produk harus dilakukan, baik pada tatanan inovasi teknologi, pada tatanan (kosmetik) feature & service, maupun pada innovasi proses bisnis. Ini diperlukan untuk membangun perbedaan yang signifikan antara Speedy dengan para pesaingnya. Kalau perlu ADSL sebagai anchor technologinya harus di innovasi atau dikombinasikan dengan teknologi lain yang lebih maju (misalnya mengkonvergensikannya dengan mobile technology)<br />• Strategi untuk menggarap pasar late majority dan laggard harus disiapkan secara sangat fokus. Jika perlu untuk memperluas efek komoditisasi dan membangun kemassalan produk, mungkin harus dilakukan juga reformulasi dan repositioning termasuk melakukan perubahan bisnis proses.<br />Semoga ada angin dan nasib baik buat Telkom Speedy … terutama untuk menggarap pasar individual yang ukurannya masih seksi dan menggiurkan !!! Selamat bertarung sampai titik darah penghabisan Telkom …<br /><br />Oleh:<br />Nama : Sugiharto<br />NIM : P2CC08009<br />MM Angkatan 23<br />Konsentrasi : SDMAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-81882821311542353892010-04-21T20:43:31.603+07:002010-04-21T20:43:31.603+07:00Lanjutan........
Untuk kasus Speedy, bahwa mood p...Lanjutan........<br /><br />Untuk kasus Speedy, bahwa mood pasar pada saat ini sedang tidak kondusif. Oleh karena itu, strategi poliferasi produk Telkom Speedy saat ini, tidak akan berpengaruh banyak pada peningkatan kinerja Telkom, khususnya di wilayah-wilayah dimana pasar disana sudah dimasuki oleh layanan mobile internet access dari operator seluler. Ada beberapa alasan, mengapa menyangsikan keberhasilan Speedy (khususnya di pasar individual), antara lain:<br />• Kita tidak bisa menutup mata bahwa kondisi Speedy eksisting belum sesempurna yang diharapkan konsumen. Speedy masih sarat dengan kasus dan keluhan, khususnya yang terkait dengan konsistensi kualitas (tidak sesuai dengan yang dijanjikan), dan yang terkait dengan billing (khususnya yang terkait dengan paket volume dan time based). Bahkan ada yang pegawai Telkom pun masih sering terkaget-kaget dapet tagihan jutaan rupiah untuk bayar konsumsi speedy nya (yang mungkin dijual dedet). Kondisi ini membuat pelanggan worry/ khawatir dan terancam. Apalagi bagi pelanggan potensial, ini adalah sesuatu yang akan cenderung menakutkan.<br />• Fakta sekarang menunjukkan bahwa mobile internet access, lebih representatif buat para internet user. Paket-paket penawaran akses internet dari operator seluler, jelas lebih dekat dengan kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan. Trend mengakses internet dari gadget mobile adalah gaya hidup yang sedang bertransformasi menjadi sub kultur, bahkan kultur dari generasi internet (post 1980 birth decade), yang berpotensi menjadi kohort internet addicted. Bersusah payah mengakses internet dengan infrastruktur fixed, merupakan masa lalu yang sudah mulai ditinggalkan, dalam perjalanan sejarah yang linier. Akses fixed itu hanya akan menjadi kebiasaan cadangan (untuk bernostalgia) ketika Telkomsel Flash, Indosat IM2, dan produk-produk sejenis dari Excelcom, 3, dan Axis tidak bisa berfungsi secara optimal.<br />• Kompetisi memang tempat bergantungnya pelanggan untuk mendapatkan value produk yang sesuai harapan. Perbedaan harga antar operator dalam jasa akses internet pada saat ini tidak signifikan, Price doesn’t matter! Ada point of parity yang semakin besar dibandingkan dengan point of difference nya. Ini merupakan lubang galian kuburan yang menganga lebar, dan siap mengubur hidup-hidup produk lama yang kalah bersaing, karena kurang kosmetik dan tidak mau operasi plastik. Produk yang tidak bahenol dan tidak perez akan ditinggal konsumen yang sangat meterialistis dan duniawi. Jadi kalau tidak ada gap harga yang bikin ngiler pelanggan, jangan harap produk akan dibeli konsumen. Konsumen sekarang memang sangat pragmatis dan hedonis.<br /><br />Oleh:<br />Nama : Sugiharto<br />NIM : P2CC08009<br />MM Angkatan 23<br />Konsentrasi : SDMAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-89431647318778864112010-04-21T20:38:59.968+07:002010-04-21T20:38:59.968+07:00Analisa Efektivitas Strategi Produk Telkom Speedy ...Analisa Efektivitas Strategi Produk Telkom Speedy <br /><br />Hal menarik dari jasa akses internet broadband Speedy milik Telkom ini, terletak pada varian paket layanan yang ditawarkan ke konsumen beserta tingkat harganya yang jadi lebih beragam. Pada saat ini, Speedy di tawarkan oleh Telkom dengan rentang harga dan kualitas yang cukup lebar, dengan menggunakan uses sebagai basis offeringnya. Ini adalah kreativitas baru, dimana sebelumnya differensiasi layanan biasanya didasarkan pada user type. Namun intinya, perusahaan ingin melayani konsumen dari mulai yang terendah sampai dengan yang tertinggi. Ini adalah menebar jala yang diharapkan dapat menangkap berbagai ukuran ikan. Buat yang terbatas anggarannya, dapat mencoba paket mail sedangkan yang punya dana besar dapat menggunakan paket biz.<br /><br />Pertanyaan yang menggelitik adalah apakah strategi product proliferation (dimana produk dibuat berkembang biak menjadi lebih banyak) ini cukup efektif untuk meningkatkan revenue dan pertumbuhan Telkom yang sudah mulai redup? Banyak yang menyangsikan efektivitas strategi ini. Alasannya adalah efektivitas strategi tidak hanya tergantung pada substansi, profil, dan kontur dari strateginya, namun dipengaruhi juga oleh magnituge dan timing dalam mengeksekusinya. Strategi yang bagus secara substansi, belum tentu berhasil jika dieksekusi pada waktu dan tempat yang salah. Dengan kata lain, efektivitas strategi akan sangat tergantung pada momentumnya. Apabila momentumnya tepat, maka kinerja strategi dijamin akan maksimal. Dalam kasus speedy, gempuran speedy ke pasar jasa akses internet ini sudah kehilangan momentum! Khususnya untuk masuk ke pasar individual.<br /><br />Momentum masuk ke pasar sangat ditentukan oleh mood (suasana hati konsumen) yang terjadi dipasar. Jika mood pasar baik, maka tingkat penerimaan (market acceptance) terhadap produk akan bagus. Namun jika mood pasar sedang jelek, maka produk tidak akan dapat mendarat mulus di hati konsumen, malah minimal akan dicuekin, kalaupun tidak sampai dicemooh konsumen. Masalahnya, ada beberapa hal yang dapat membuat mood pasar menjadi tidak kondusif untuk memasarkan produk. Apa saja yang mempengaruhi mood konsumen? Setidaknya ada 3 hal yang sangat mempengaruhi mood pasar, antara lain yaitu :<br />• Tingkat kepuasan pasar terhadap customer value dari produk eksisting yang ditawarkan perusahaan<br />• Tingkat preferensi pasar terhadap produk kompetitor yang muncul belakangan (atau lebih baru), termasuk juga produk substitusinya<br />• Tingkat resiko yang akan dihadapi konsumen dari adanya gejolak lingkungan makro, yang dikhawatirkan akan menggerus customer value secar sistematis<br /><br />Oleh:<br />Nama : Sugiharto<br />NIM : P2CC08009<br />MM Angkatan 23<br />Konsentrasi : SDMAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-15841824360057764562010-04-19T08:00:02.794+07:002010-04-19T08:00:02.794+07:00Nama : Djasman
NIM : P2CC08028
Judul: Cost leader...Nama : Djasman<br />NIM : P2CC08028<br />Judul: Cost leadership SSN Vs Sekolah Gratis<br /> <br />SEKOLAH GRATIS <br />Sejak bulan Januari tahun lalu, siswa-siswi SD dan SMP di Indonesia dapat menikmati sekolah bebas SPP. Hal ini membuat impian bagi anak-anak Indonesia untuk dapat bersekolah tanpa harus terbebani oleh biaya besar semakin terwujud.<br />Sejak tahun lalu, pemerintah meningkatkan jumlah biaya santunan BOS (Biaya Operasional Sekolah) yang di dalamnya termasuk sumbangan pembiayaan pendidikan (SPP), uang penerimaan siswa baru (PSB), biaya ujian sekolah dan juga BOS buku. Dana BOS yang akan diterima oleh tiap siswa adalah sebesar Rp. 400.000/ tahun untuk SD / SDLB di wilayah kota, Rp. 397.000/ tahun untuk SD/ SDLB di kabupaten. Sedangkan untuk siswa SMP/ SMPLB/ SMPT di kota Rp. 575.000/ tahun dan SMP/ SMPLB/ SMPT di kabupaten Rp. 570.000/ tahun.<br />Diberlakukannya sekolah bebas SPP ini tidak hanya berlaku di sekolah negeri saja. Pemerintah pun sudah memberikan instruksi kepada sekolah swasta untuk mengurangi atau meniadakan biaya SPP bagi siswa yang kurang mampu. Jadi, siswa yang kurang mampu pun tetap dapat mengenyam pendidikan di sekolah swasta.<br />Selain biaya SPP, dana BOS tersebut juga harus dipergunakan sepenuhnya oleh sekolah untuk kegiatan-kegiatan yang krusial di sekolah, seperti penerimaan siswa baru, pembelian buku teks pelajaran, biaya ulangan harian dan ujian, serta biaya perawatan operasional sekolah. <br />Nah, untuk mengurangi biaya pembelian buku teks pelajaran, serta mengintegrasikan penggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan, tahun ini Departemen Pendidikan Nasional juga sudah menyediakan sebuah situs web di mana guru dan siswa bisa mengunduh berbagai buku teks pelajaran. <br />Berdasarkan informasi yang diperoleh dari InfoPendidikan.net, seiring dengan dinaikkannya BOS, anggaran pendidikan di APBN pun juga dinaikkan. Hal ini berimbas positif pada kesejahteraan para guru juga. Sejak tahun 2009, pemerintah sudah memutuskan untuk memenuhi ketentuan UUD 1945 pasal 31 tentang alokasi APBN untuk pendidikan sebesar 20%. Ini berarti akan ada anggaran untuk meningkatkan pendapatan guru, terutama guru PNS berpangkat rendah yang belum berkeluarga dengan masa kerja 0 tahun, sekurang-kurangnya berpendapatan Rp. 2 juta.<br />Berbagai program dan rencana pemerintah dalam bidang pendidikan ini sangat positif, dan tentunya disambut dengan hati terbuka oleh para pelaku pendidikan. Tetapi setelah satu tahun diberlakukan, bagaimana kah keadaannya? Apakah benar sekolah gratis sudah terwujud di Indonesia? Apakah kesejahteraan para guru sudah meningkat? Bagaimana pendapat rekan-rekan?Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-24685279215878488092010-04-19T07:53:20.852+07:002010-04-19T07:53:20.852+07:00SEKOLAH GRATIS
Sejak bulan Januari tahun lalu, si...SEKOLAH GRATIS <br />Sejak bulan Januari tahun lalu, siswa-siswi SD dan SMP di Indonesia dapat menikmati sekolah bebas SPP. Hal ini membuat impian bagi anak-anak Indonesia untuk dapat bersekolah tanpa harus terbebani oleh biaya besar semakin terwujud.<br />Sejak tahun lalu, pemerintah meningkatkan jumlah biaya santunan BOS (Biaya Operasional Sekolah) yang di dalamnya termasuk sumbangan pembiayaan pendidikan (SPP), uang penerimaan siswa baru (PSB), biaya ujian sekolah dan juga BOS buku. Dana BOS yang akan diterima oleh tiap siswa adalah sebesar Rp. 400.000/ tahun untuk SD / SDLB di wilayah kota, Rp. 397.000/ tahun untuk SD/ SDLB di kabupaten. Sedangkan untuk siswa SMP/ SMPLB/ SMPT di kota Rp. 575.000/ tahun dan SMP/ SMPLB/ SMPT di kabupaten Rp. 570.000/ tahun.<br />Diberlakukannya sekolah bebas SPP ini tidak hanya berlaku di sekolah negeri saja. Pemerintah pun sudah memberikan instruksi kepada sekolah swasta untuk mengurangi atau meniadakan biaya SPP bagi siswa yang kurang mampu. Jadi, siswa yang kurang mampu pun tetap dapat mengenyam pendidikan di sekolah swasta.<br />Selain biaya SPP, dana BOS tersebut juga harus dipergunakan sepenuhnya oleh sekolah untuk kegiatan-kegiatan yang krusial di sekolah, seperti penerimaan siswa baru, pembelian buku teks pelajaran, biaya ulangan harian dan ujian, serta biaya perawatan operasional sekolah. <br />Nah, untuk mengurangi biaya pembelian buku teks pelajaran, serta mengintegrasikan penggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan, tahun ini Departemen Pendidikan Nasional juga sudah menyediakan sebuah situs web di mana guru dan siswa bisa mengunduh berbagai buku teks pelajaran. <br />Berdasarkan informasi yang diperoleh dari InfoPendidikan.net, seiring dengan dinaikkannya BOS, anggaran pendidikan di APBN pun juga dinaikkan. Hal ini berimbas positif pada kesejahteraan para guru juga. Sejak tahun 2009, pemerintah sudah memutuskan untuk memenuhi ketentuan UUD 1945 pasal 31 tentang alokasi APBN untuk pendidikan sebesar 20%. Ini berarti akan ada anggaran untuk meningkatkan pendapatan guru, terutama guru PNS berpangkat rendah yang belum berkeluarga dengan masa kerja 0 tahun, sekurang-kurangnya berpendapatan Rp. 2 juta.<br />Berbagai program dan rencana pemerintah dalam bidang pendidikan ini sangat positif, dan tentunya disambut dengan hati terbuka oleh para pelaku pendidikan. Tetapi setelah satu tahun diberlakukan, bagaimana kah keadaannya? Apakah benar sekolah gratis sudah terwujud di Indonesia? Apakah kesejahteraan para guru sudah meningkat? Bagaimana pendapat rekan-rekan?Anonymousnoreply@blogger.com