tag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post7518795740983410466..comments2024-02-23T15:58:59.712+07:00Comments on AP STRATEGIC MANAGEMENT: Tugas 2 Akuntansi B Strategic Management 2013: Contoh Corporate Level StrategyAGUNG PRAPTAPAhttp://www.blogger.com/profile/03026833344862257601noreply@blogger.comBlogger73125tag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-39133225972667040762013-04-29T10:03:34.353+07:002013-04-29T10:03:34.353+07:00Maaf pak, saya lupa menuliskan NIM saya :
NIM : C1...Maaf pak, saya lupa menuliskan NIM saya :<br />NIM : C1C011020<br /><br />Terima KasihGabriele NKnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-49581029653518359992013-04-22T20:48:57.534+07:002013-04-22T20:48:57.534+07:001. SINGLE BUSINESS CORPORATE STRATEGY
Exxon-Mobil...1. SINGLE BUSINESS CORPORATE STRATEGY <br />Exxon-Mobil yang bergerak dalam industri minyak bumi, sekitar 95% pendapatan perusahaan nya berasal dari bisnis tersebut.<br />2. DOMINANT BUSINESS CORPORATE STRATEGY<br />Inul vista, merupakan tempat karaoke, dimana pendapatan dominannya berasal dari bisnis karaoke, tetapi disana juga disediakan makanan ringan atau snack serta minuman sebagai bisnis lainnya.<br />3. RELATED CONSTRAINED CORPORATE STRATEGY<br />Procter & Gamble (P&G) adalah salah-satu contoh dari perusahaan dengan diversifikasi yang berhubungan; perusahaan ini memiliki unit-unit bisnis dalam popok (Pampers), deterjen (Tide), sabun (Ivory), pasta gigi (Crest), Shampo (Head & Shoulders), dan produk konsumen bermerek lainnya.<br />4. RELATED LINK CORPORATE STRATEGY <br />Honda menggunakan kompetensi ini awalnya untuk memasuki bisnis sepeda motor. Sejak itu, Honda meningkatkan kompetensinya dalam teknologi mesin kecil di berbagai bisnis seperti mobil, bengkel, pemotong rumput, mesin penyapu salju (snow blower), mobil salju (snowmobiles), dan perangkat-perangkat luar ruang. Antara bisnis sepeda motor, dan begkel saling berhubungan, akan tetapi dengan alat-alat lain seperti produk pemotong rumput tidak berhubungan.<br />5. UNRELATED CORPORATE STRATEGY<br />Textron, perusahaan ini beroperasi dalam bisnis yang sangat terdiversifikasi seperti dalam alat tulis, helicopter, gergaji besar, komponen mesih pesawat terbang, forklift, alat mesin, penghubung khusus, dan mesin-mesin turbin gas. Bisnis-bisnis tersebut satu sama lain tidak saling berhubungan.<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10887484491716829098noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-79971524527367902132013-04-22T20:31:02.087+07:002013-04-22T20:31:02.087+07:001.SINGLE BUSINESS ORPORATE
Contohnya yaitu PT Aqua...1.SINGLE BUSINESS ORPORATE<br />Contohnya yaitu PT Aqua Golden Mississippi, perusahaan air mineral yang terbesar Indonesia. Perusahaan ini memproduksi air mineral dalam kemasan dan profit perusahaan hampir seluruhnya disumbang dari penjualan produk air mineral.<br /><br />2.DOMINANT BUSINESS CORPORATE<br />Contohnya yaitu Alfamaret, Indomaret, dan 7eleven. Ketiga perusahaan retail tersebut bergerak pada bisnis utama yaitu menjual barang kembali/ retailer. Mereka memperoleh dari penjualan barang-barang tersebut. Selain itu mereka juga menyewakan tempat bisnis mereka kepada umum untuk berjualan atau mendirikan kafe. Dari sewa inilah mereka juga mendapat tambahan laba walaupun laba utama tetap didominasi oleh retail-nya.<br /><br />3.RELATED CONSTRAINED ORPORATE <br />Contohnya yaitu perusahaan PT Heinz ABC, perusahaan ini memproduksi kecap, saus, dan sambal kemasan. Ketiga produk tersebut adalah pendapatan utama perusahaan, ketiga-tiganya saling berkaitan erat. Misalnya saja dalam produksinya (jenis kemasan yang hampir sama) ataupun dari skill distribusinya (karena hampir setiap ada saus/sambal ABC juga bisas terdapat kecap ABC di tempat yang sama) <br /><br />4.RELATED LINK CORPORATE<br />Contohnya yaitu KompasGramedia, perusahaan ini mempunyai banyak cabang serta anak usaha, ada yang saling berkaitan, misalnya saja adanya anak perusahaan di bidang penerbitan, toko buku, majalah, surat kabar. Selain itu juga ada yang tidak berkaitan secara langsung, misalnya saja hotel dan unit usaha di bidang EO yang tidak ada kaitannya dengan media massa.<br /><br />5.UNRELATED CORPORATE<br />Contohnya yaitu Rajawala Nusantara Indonesia (Rajawali Group), perusahaan ini mempunyai banyak anak perusahaan yang terfokus pada bisnis dan segmen pasar yang berbeda, seperti anak perusahaan yang bergerak di bidang media, bidang pertanian/ agrobisnis, di bidang farmasi dan alat kesehatan serta di bidang perdagangan efek/surat berharga.yanuhttps://www.blogger.com/profile/13576487404222621225noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-38593946860458542132013-04-22T15:30:46.927+07:002013-04-22T15:30:46.927+07:00Safiera Faradhila Azahra
C1C011045
1. Single Bus...Safiera Faradhila Azahra<br />C1C011045<br /><br /><br />1. Single Business Corporate Strategy: <br />Saudi Aramco<br />Saudi Aramco adalah perusahaan yang terintegrasi, perusahaan minyak global dan pemimpin dunia dalam eksplorasi dan produksi, penyulingan, distribusi, pengiriman dan pemasaran, dan 100% dimiliki oleh Kerajaan Arab Saudi. Ia mengatur cadangan 260 miliar barel minyak mentah dan mengelola cadangan gas terbesar keempat di dunia, 239,5 kubik.<br />Pendapatan Aramco Saudi semuanya berasal dari produksi minyak tanpa sumber penghasilan lainnya. lebih dari 95% pendapatan Saudi Aramco berasal dari penjualan minyak.<br /><br />2. Dominant Business Corporate Strategy Toyota Motor corporation<br />Toyota adalah salah satu perusahaan yang menjalankan bidang usaha mereka dalam mobil. Tetapi mereka juga mengembangkan bisnis mereka melalui layanan keuangan yang disediakan oleh industri keuangan, yang meliputi berbagai organisasi yang mengelola uang, termasuk serikat kredit, bank, perusahaan kartu kredit, perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan konsumen, broker saham, dana investasi dan beberapa perusahaan yang disponsori pemerintah. Selain itu Toyota telah mengembangkan robot multitask yang berfungsiuntuk perawatan lansia, manufaktur, dan hiburan. Toyota dikategorikan sebagai bisnis yang dominan, hampir 90% dari pendapatan didapat dari mobil<br /><br /><br />3. Related Constraint Corporate Strategy<br />Efisiensi Bus<br />Efisiensi adalah bisnis yang mengkhususkan diri dalam transportasi khususnya transportasi bus, tetapi mereka juga menyediakan beberapa restoran jalanan di beberapa tempat, tempat istirahat yang dilengkapi dengan pasar dan juga bus kecil untuk menyediakan orang di dalam kota<br /><br />4. Related Link Corporate Strategy<br />Ripcurl<br />Rip Curl adalah salah satu merek gaya hidup terkemuka di dunia untuk surfing, snowboarding, dan banyak lagi. boardshorts, papan selancar, pakaian selam, jaket, kemeja, dan peralatan besar lainnya untuk berselancar. Tapi hari ini, Rip Curl juga memproduksi sepatu, tas, jaket dan lain-lain hal yang sebenarnya tidak dapat digunakan untuk berselancar. Meskipun beberapa dari mereka masih dapat digunakan untuk berselancar, untuk celana misalnya.<br />Jadi, rip curl adalah salah satu perusahaan yang dapat dikatakan berkaitan berhubungan.<br /><br />5. Unrelated Corporate Strategy<br />PT CIPUTRA GROUP.<br />Ciputra Group adalah salah satu perusahaan yang terbesar dalam pengembang properti perumahan di Indonesia. Tetapi juga memiliki bisnis lainnya. Misalnya dalam bidang Pendidikan (Berkat Sekolah Citra, Citra Kasih School, Universitas Ciputra Surabaya), real estate (CitraGarden Kota Jakarta, Surabaya Citraland). Hotel (Somerset Grand Citra, Hotel Ciputra Jakarta). Rekreation & Sport (Ciputra Golf, Club & Hotel Surabaya, Ciputra Waterpark). Dan juga dalam bidang Jaringan Telekomunikasi seperti Ciptakom.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-5344282922755778502013-04-22T14:52:37.486+07:002013-04-22T14:52:37.486+07:00Nama: HAFIDH ROKHMAN ROLDI
NIM : C1C011059
1. Sin...Nama: HAFIDH ROKHMAN ROLDI<br />NIM : C1C011059<br /><br />1. Single business corporate strategy<br />Philip Morris International adalah perusahaan rokok terbesar pertama di dunia dengan penjualan 10 miliar batang per merek per tahun. Merek-merek Philip Morris International antara lain Benson & Hedges (bersama British American Tobacco, Gallaher Group, dan Japan Tobacco), Dji Sam Soe, L&M, Longbeach, Marlboro, ST Dupont Paris, U Mild, dan Sampoerna. Penghasilan Philip Morris International hanya memproduksi dan menjual rokok di seluruh belahan dunia.<br /><br />2. Dominant business corporate strategy<br />PT. Dirgantara Indonesia (DI) adalah perusahaan industry pesawat terbang yang produksi utamanya adalah membuat dan menjual pesawat terbang. Tapi selain itu PT.DI juga melayani jasa perawatan pesawat dan menjual suku cadang pesawat ke maskapai-maskapai atau ke perusahaan seperti Airbus, Boeing, Fokker, dan perusahaan-perusahaan sejenis.<br />3. Related constrained corporate strategy<br />Canon Inc. bermarkas di Tokyo, Canon adalah produsen produk-produk imaging yang mencakup printer, scanner, teropong, kamera digital, film dan kamera digital SLR, lensa dan perekam video. Bagian Solusi Bisnis menawarkan solusi cetak dan dokumen untuk usaha kecil dan menengah, perusahaan besar dan pemerintah. Termasuk printer multi-fungsi, printer kantor hitam putih dan warna, printer ukuran besar, scanner, printer produksi hitam putih dan warna, serta perangkat lunak untuk mendukung produk tersebut. Lesser dikenal sebagai produk Canon produk ,mencakup bidang medis, produk optik dan siaran, termasuk peralatan oftalmik dan x-ray, lensa siaran, semikonduktor, dan lain - lain. Semua produk dari Canon Inc. selalu mengkhususkan dalam produk gambar dan optik, yang saling terkait.<br /><br />4. Related link corporate strategy<br /><br />Jawa Timur Park Group, adalah pemilik sekaligus pengelola tempat rekreasi dan taman belajar Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Selain itu Jawa Timur Park Group juga menerapkan Related link corporate strategy dimana kini Jawa Timur Park Group mulai bergerak di bisnis perhotelan seperti Pohon Inn Hotel dan Pondok Jatim Park.<br /><br />5. Unrelated corporate strategy.<br /><br />Berkshire Hathaway Inc. adalah perusahaan induk konglomerat multinasional Amerika yang berkantor pusat di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, yang mengawasi dan mengelola sejumlah anak perusahaan. Perusahaan yang dimiliki antara lain GEICO, Dairy Queen, Buah Loom, Helzberg Diamonds dan NetJets, juga memiliki setengah dari Heinz dan memiliki kepemilikan minoritas yang signifikan dalam American Express, M & T Bank, Procter & Gamble, dan IBM. Perusahaan ini dikenal untuk kontrol oleh investor Warren Buffett, yang adalah ketua dan CEO perusahaan. Pada bagian awal dari karirnya di Berkshire, ia berfokus pada investasi jangka panjang dalam saham dikutip publik, tetapi baru-baru ia telah berbalik untuk membeli seluruh perusahaan. Berkshire kini memiliki beragam bisnis termasuk gula, ritel, kereta api, perabot rumah tangga, ensiklopedi, produsen pembersih vakum, penjualan perhiasan, penerbitan surat kabar, pembuatan dan distribusi seragam, serta beberapa utilitas listrik dan gas regional<br /> Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14210284483487248196noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-17333852376195862802013-04-22T11:23:37.460+07:002013-04-22T11:23:37.460+07:00Nama : Citra Anggun Pertiwi
NIM : C1C011094
1. B...Nama : Citra Anggun Pertiwi<br />NIM : C1C011094<br /><br /><br />1. Bisnis tunggal<br />PLN merupakan perusahaan yang hanya mendapatkan penghasilan dari satu bisnis saja yaitu jasa listrik.<br /><br />2. Bisnis Dominan<br />Merupakan suatu strategi perusahaan dimana antara 70% hingga 95% pendapatan yang di dapat berasal dari bisnis tunggal.<br />Seringkali perusahaan dengan bisnis dominan memiliki integrasi vertikal.<br />Contoh : seperti pada perusahaan microsof tidak heran bahwa perusahaan yang dominant seperti microsof memilki berbagai strategi dan perilaku bisnis dalam mempertahankan pangsa pasar dan tingkat laba yang selama ini telah dimiliki dan bahkan microsof mencapai katagori perusahaan yang dominant di kalangan pasar global / pasar internasional. <br /><br />3. Berkaitan terbatas<br />PT. Eka Sari Lorena Transport merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang bergerak di bidang jasa transportasi. Bisnisnya dalam jasa angkutan umum bus Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ). Bisnis lainnya bergerak di bidang jasa penyewaaan Transportasi Darat dan telah berkembang melayani kendaraan Big Bus (kapasitas 30 seat ,40 seat dan 53 seat ) dan Medium Bus (kapasitas 27 seat ). Dan juga terdapat SPBU dan rumah makan <br /><br />4.Berkaitan Berhubungan<br />Kurang dari 70% pendapatan datang dari bisnis-bisnis dominan, dan terdapat hubungan terbatas di antara bisnis-bisnis tersebut. Contohnya Dunlop raket tenis dan Dunlop bola tenis mempunyai hubungan atau saling berkaitan tetapi Dunlop ban tidak berhubungan dengan kedua bisnis tersebut. <br /><br />5. Tidak berkaitan<br />Contoh: Grup Salim merupakan perusahaan konglomerat terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Sudono Salim. Perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk Indofood, produsen mi instan terbesar dunia dan Bogasari, perusahaan operasi tepung terbesar. Selain itu terdapat juga Indosiar, Salim Palm Plantation, Yakult, Indofood, IndoAgri, Indomaret, Indomobil, Indocement, Nippon Indosari Corpindo (40%), Bogasari, BCA, Djarum.<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/01335259337336048099noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-65780771032371367512013-04-22T09:46:31.267+07:002013-04-22T09:46:31.267+07:00Contoh dari:
1. Single Business Corporate Strateg...Contoh dari:<br /><br />1. Single Business Corporate Strategy<br />-PT Intercallin-<br />Merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi 1 jenis produk saja yaitu batu baterai ABC.<br /><br />2. Dominant Business Corporate Strategy<br />-PT Rita Ritelindo-<br />Perusahaan ini memiliki supermarket sebagai bisnis utamanya. Namun disamping itu juga memiliki bisnis lain berupa outlet makanan yaitu Buntos Chicken.<br /><br />3. Related Constrained Corporate Strategy<br />-PT Holcim-<br />Merupakan produsen semen asal Cilacap. Namun disamping itu juga memproduksi beton. Beton memiliki keterkaitan dengan semen dimana beton dibuat dari semen, selain itu penggunaannya juga bersama saat proses pembangunan bangunan. PT Holcim juga mempunyai bisnis jasa yaitu Solusi Rumah yang menyediakan jasa konsultasi & pembangunan rumah dimana pada proses pembangunannya digunakan bahan-bahan dari PT Holcim sendiri.<br /><br />4. Related Linked Corporate Strategy<br />-Garuda Indonesia Group-<br />Bisnis utamanya dalah jasa angkutan pesawat terbang. Disamping itu juga memiliki bengkel pesawat terbang yang dapat digunakan untuk memperbaiki pesawat miliknya. Disamping itu memiliki jasa tour & travel 'Aerotravel'. Jasa ini berhubungan dengan jasa pesawat terbang Garuda Indonesia. Namun antara jasa tour & travel dengan bengkel pesawat tidak memiliki keterkaitan.<br /><br />5. Unrelated Corporate Strategy<br />-Salim Group-<br />Memiliki beberapa macam bisnis. Pada bidang makanan terdapat Indofood dan Bogasari. Selain itu memiliki bisnis dibidang otomotif, semen, peritel waralaba, dan lain-lain. Salim Group juga memiliki perkebunan kelapa sawit. Disamping itu, Salim Group juga merupakan pendiri dari Bank BCA. Antara bisnis satu dengan yang lainnya tidak memiliki keterkaitan.Gabriele NKnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-63776021737162847862013-04-21T23:11:27.878+07:002013-04-21T23:11:27.878+07:00Nama : WULAN JENIAR SUBKHI
Nim : C1C011004
1. S...Nama : WULAN JENIAR SUBKHI<br />Nim : C1C011004<br /><br />1. Single Business Corporate Strategy<br />PT. Ford Motor Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif, yang menjual kendaraan dengan merk Amerika . <br /><br />2. Dominant Business Corporate Strategy<br />Contoh perusahaan yang tergolong bisnis dominan dimana 70% sampai 95% revenue berasal dari bisnis tunggal adalah McDONALD’S. Usaha utama yang dominan dalam menyumbang revenue terhadap perusahaan adalah usaha makanan . namun, disisi lain McDONALD’S juga membuka bisnis lain tetapi revenue yang tetapi revenue yang berasal dari jenis usaha tersebut tidak dominan yaitu transportasi. <br /><br />3. Related constrained Corporate Strategy<br />LG yang merupakan perusahaan elektronik yang memproduksi alat-alat elektronik seperti televisi , handphone, lemari es, AC , mesin cuci. Teknologi yang digunakan hampir sama karena berproduksi di produk-produk elektronik dan pendistribusiannya pun masih saling berkaitan. <br /><br />4. Related Link Corporate Strategy<br />PT Sarinah . <br />PT Sarinah memilih usaha titel sebagai core bisnisnya . selain usaha ritel , PT sarinah juga memiliki unit bisnis yang lain seperti bisnis perhotelan , alat kantor, toko buku, impor buku-buku asing dan money changer. Bisnis-bisnis tersebut ada yang saling berkaitan dan ada pula yang tidak berkaitan sama sekali .<br /><br />5. Unrelated Corporate Strategy<br />PT WINGS <br />PT WINGS , Kurang dari 70% pendapatan dari bisnis-bisnis dominan dan tidak ada hubungan diantara bisnis itu. Contoh produksi dari PT WINGS adalah Mie sedap , Sabun Colek Wings Biru , Detergen Daia , Wipol pembersih lantai , dan Ciptadent. <br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/02302088561468007402noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-4678331331601966512013-04-21T22:02:59.747+07:002013-04-21T22:02:59.747+07:001.Single Business Corporate Strategy
PURIMAS BAKER...1.Single Business Corporate Strategy<br />PURIMAS BAKERY. Purimas Cake & Bakery, hanya berfokus pada penjualan berbagai macam roti dan cake.<br /><br />2.Dominant Business Corporate Strategy<br />RITA RITELINDO. RITA RITELINDO mempunyai bisnis di bidang retail yaitu RITA PASARAYA, mempunyai rumah makan yaitu BUNTOS CHICKEN, dan mempunyai toko bakery yaitu Rita Bakery. Akan tetapi bisnis yang paling dominan adalah RITA PASARAYA (70% – 95%).<br /><br />3.Related Constrained Corporate Strategy<br />GETUK EKA SARI SOKARAJA. Selain memproduksi dan menjual getuk asli buatan sokaraja,eka sari juga menyediakan berbagai makanan khas daerah lainnya dan ruang pertemuan, dimana kita bisa menikmati makanan khas sambil share. Selain itu eka sari juga melayani pesanan getuk untuk berbagai acara<br /><br />4.Related Link Corporate Strategy<br />PETRONAS. Petronas (Petrolium Nasional Behard), adalah perusahaan minyak dan gas di Malaysia yang berdiri tahun 1974. Bisnis utamanya adalah pada minyak dan gas dan usaha bisnis lainnya yang berhubungan yaitu Petronas Dagangan Behard (pelayanan di stasiun pom bensin), Petronas Gas Behard, Misc Behard (pelayanan logistic untuk kapal dan LNG ). Sedangkan unit bisnis yang tidak berhubungan yaitu Petronas University of Technology karena bergerak dalam bidang pendidikan.<br /><br />5.Unrelated Corporate Strategy<br />MUTIARA PURWOKERTO. Selain hotel, Mutiara juga memiliki bisnis alat tulis kantor. Keduanya tidak saling berkaitan.Rosy Puspita Sarihttps://www.blogger.com/profile/10514110326595924031noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-10860400521574493732013-04-21T19:40:15.579+07:002013-04-21T19:40:15.579+07:00SONIA TJANDRA
C1C011010
Single business corporate...SONIA TJANDRA<br />C1C011010<br /><br />Single business corporate strategy<br />Contohnya adalah helm bermerk INK. INK hanya memproduksi dan menjual 1 produk saja, yaiti helm. Dan INK berkonsentrasi hanya pada produk tersebut karena helm INK sedang booming terkhusus pada remaja.<br /><br /> Dominant business corporate strategy<br />Contohnya adalah Olympic. Olympic memproduksi dan menjual meubel sebagai produk atau usaha dominannya tapi Olympic juga memproduksi spring bed dalam perkemabangannya. Tapi banyak orang tahunya Olympic hanya memproduksi meubel saja.<br /><br />Related constrained corporate strategy<br />Contohnya adalah Adidas. Adidas adalah merk yang sangat terkenal dan berkualitas. Barang yang diproduksi ada jaket, sepatu, kaos, tas, dll. Semua barang tersebut saling berhubungan supaya jika orang beli kaos merk Adidas maka konsumen tersebut juga bisa memadukan dengan jaket dan sepatu serta tas yang bermerk Adidas juga.<br /><br /> Related link corporate strategy<br />Contohnya adalah Samsung. Produknya adalah DVD RW, CPU, dan handphone. Antara DVD RW dan CPU berhubungan yaitu CPU merk Samsung bisa dilengkapi dengan DVD RW merk Samsung. Antara CPU dan handphone juga berhubungan, yaitu dengan saling mengisi data. Tetapi antara handphone dan DVD RW tidak saling berhubungan.<br /><br />Unrelated corporate strategy<br />Contohnya adalah PT.ABC. produk PT. ABC ada batu baterai, syrup, dan kecap. Ketiganya tidak saling berhubungan dan usahanya berjalan masing-masing.<br />Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-22492957254382596442013-04-21T15:46:18.565+07:002013-04-21T15:46:18.565+07:00Mayda Istianah,C1C011051
CORPORATE-LEVEL BUSINESS...Mayda Istianah,C1C011051<br /><br />CORPORATE-LEVEL BUSINESS<br />1. SINGLE BUSINESS STRATEGY<br />Contohnya: BAKPIA PATHOK “25” merupakan produsen bakpia yang sangat terkenal sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta, dulunya bakpia banyak diproduksi di kampong Pathok Yogyakarta sejak tahun 1948. Produksi bakpia dilakukan oleh bapak Arlen Sanjaya yang merupakan generasi penerus pembuat Bakpia Pathok “25” yang dahulu berasal dari bisnis keluarga. Saat ini Bakpia Pathok 25 hanya memproduksi Bakpia saja namun dengan varian rasa yang berbeda. Dan Perusahaan Bakpia Pathok “25” mempunyai 5 toko cabang di Yogyakarta.<br /><br />2. DOMINANT BUSINESS STRATEGY<br />Contohnya: SINAR JAYA GROUP, Sinar Jaya Group merupakan perusahaan yang bergerak dibidang otobus berdiri sejak 1982. Perusahaan ini berdiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum akan kenyamanan transportasi umum yang Aman, Terjangkau dan Terpercaya. 21 tahun sudah Sinar Jaya bergerak dalam pelayanan antar kota antar provinsi (AKAP). Selain Sinar Jaya bus, Sinar Jaya Group pun mengeluarkan armada untuk antar jemput karyawan dan wisata yaitu Starbus, untuk perjalanan diluar pulau, tak ketinggalan Sinar Jaya juga mengeluarkan bis DMI. Walaupun sebagian besar profit didapatkan dari bisnis otobis, Sinar Jaya Group mengeluarkan produk yang masih berkaitan dengan otobus yaitu Sinar Jaya Shuttle atau semacam travel ada pula Sinar Express yang bergerak pada perusahaan pengiriman paket satu malam.<br /><br />3. RELATED CONSTRAINED STRATEGY<br />Contohnya: PT INSERA SENA, merupakan perusahaan sepeda local merek Polygon yang bermarkas di Desa Wadungasih, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur. Perusahaan nasional ini tidak hanya memproduksi sepeda yang merupakan kendaraan yang sedang tren saat ini tetapi juga memproduksi suku cadang sepeda itu sendiri bahkan mereka pun mengekspor suku cadang itu sendiri hingga ke Eropa. Insera pun menerima perakitan dan permintaan ekspor suku cadang dari perusahaan sepeda merek terkenal di luar negeri seperti Scott (Belgia), Raleigh (Inggris), Berg(Portugal), Mustang (Denmark) dan Araya (Jepang). Ya, Polygon merupakan sepeda Sidoarjo yang Go Internasional dengan produksi sepeda, suku cadang dan perakitan yang patut dibanggakan.<br /><br />4. RELATED LINKED STRATEGY<br />Contohnya: KINO GROUP, dimulai sebagai sebuah perusahaan distribusi kecil bernama Duta Lestari Sentratama kembali pada tahun 1991. Saat ini Kino Sentra Industrindo terus aktif menciptakan berbagai macam produk seperi makanan ringan, coklat, dan permen. Kemudian melangkah lebih lanjut , Kino mengeluarkan minuman seperti Panther Energy Drink, Cincau Cap Panda, dll. Langkah besar lainnya diambil pada tahun 1999 mengeluarkan produk yang tidak berkaitan dengan produk sebelumnya, Kinocare Era Kosmetindo yang memproduksi produk perawatan pribadi untuk semua jenis kelamin dan umur, lebih jauh tahun 2003 Kino menyediakan produk homecare, seperti Sleek.<br /><br />5. UNRELATED STRATEGY<br />Contohnya: SALIM GROUP, Salim Group merupakan perusahaan konglomerat terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Sudono Salim. Perusahaan ini juga memiliki beberapa anak perusahaan yang tidak berkaitan satu sama lain, salah satunya Perusahaan Indofood, produsen mi instan terbesar dunia dan Bogasari, perusahaan operasi tepung terbesar. Tidak hanya diproduksi makanan, lainnya seperti bagian perkebunan yaitu Salim Palm Plantation, dibagian broadcasting ada Indosiar, dibagian otomotif ada Indomobil, bagian retail ada Indomaret, bagian asuransi ada Indolife, serta anak-anak perusahaan lainnya seperti Indocement, Wings Co., Super Indo, Indo Agri.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-45562176985758500052013-04-21T12:27:11.652+07:002013-04-21T12:27:11.652+07:00NAMA :RENDY YUNANTO
NIM :C1C011022
1.Single Busin...NAMA :RENDY YUNANTO<br />NIM :C1C011022<br /><br />1.Single Business Corporate Strategy (PT.Pura Barutama)<br />PT.Pura Barutama merupakan perusahaan yang bergerak dibidang percetakan dan pengepakan yang memiliki pasar domestik hingga kawasan Asia Tenggara.Perusahaan ini hanya berfokus pada bisnis percetakan dan pengepakan saja sebagai bisnis utama<br /><br />2. Dominant Business Corporate Strategy (NVIDIA)<br />NVIDIA merupakan perusahaan yang terkenal dengan produk kartu grafis untuk pc.Perusahaan ini memperoleh 70% labanya dari jajaran produk kartu grafisnya yang digunakan di pc maupun perangkat notebook seperti Geforce,ION,dan Quadro.Sedangkan sisanya diperoleh dari divisi processor untuk perangkat mobile seperti tablet dan smartphone dengan produknya yaitu Nvidia Tegra yang sekarang sudah mencapai generasi ketiga Nvidia Tegra 3.<br /><br />3. Related Constrained Corporate Strategy (Microsoft Corporation)<br />Microsoft merupakan perusahaan software multinasional.Microsoft melalui produk OS dan Officenya yaitu Microsoft Windows dan Microsoft Office mampu menguasai pasar OS dan Office didunia.Microsoft juga memproduksi perangkat gaming console XBOX dan pada tahun 2012 untuk pertama kalinya mulai terjun di bisnis pasar vendor pc dengan produknya Microsoft Surface tablet computer adalah tablet computer bersistem operasi windows.Dengan produknya di bidang software dan hardware,Microsoft menciptakan environment (lingkungan) yang saling terhubung satu sama lain.Misalnya dengan XBOX LIVE konsumen bisa saling berinteraksi dengan pengguna lainnya melalui perangkat XBOX ,pc dan tablet windows atau untuk membeli game dan layanan music,film,tv online semua dalam satu layanan yang terintegrasi.<br /><br />4. Related Link Corporate Strategy (PO Nusantara)<br />PO Nusanatara merupakan perusahaan bus antar kota antar provinsi yang melayani destinasi yaitu di pulau jawa sampai pulau dewata bali.Selain itu PO Nusantara juga melayani perjalanan wisata dengan armada sendiri yaitu symphonie dan Courier Service yang juga memiliki armada sendiri.<br /> <br />5. Unrelated Corporate Strategy (CT Corp)<br />CT Corp yang sebelumnya bernama Para Group merupakan kelompok perusahaan yang dimiliki oleh konglomerat Chairul Tanjung yang didirikan sejak tahun 1987.CT Corp mempunyai beberapa unit usaha diantaranya seperti dalam bidang perbankan Bank Mega dan Bank Mega Syariah Indonesia,dalam pertelevisian Trans TV dan Trans 7,dalam sumber daya alam PT Kaltim CT Agro,PT Kalbar CT Agro,PT Kalteng CT Agro dan lain sebagainya.Unit bisnis yang dimiliki memiliki kecenderungan tidak mempunyai keterkaitan satu sama lain.<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/15614929207403039877noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-67182788021482197772013-04-21T12:03:40.217+07:002013-04-21T12:03:40.217+07:00Nama : Zainab Mustaqimah
NIM : C1C011087
1. Singl...Nama : Zainab Mustaqimah<br />NIM : C1C011087<br /><br />1. Single Business Corporate Strategy<br />Contoh : PT KAI <br />yaitu perusahaan kereta api di indonesia. perusahaan ini fokus pada bidang transportasi darat berupa kereta api.<br /><br />2. Dominant business corporate strategy<br />contoh :Inul Vista.<br />bisnis utama nya adalah karaoke keluarga yang menghasilkan 70% keuntungan. Dan keuntungan lain yang mereka dapatkan berasal dari restoran keluarga yang menjadi fasilitas tambahan dalam bisnis ini.<br /><br />3. Related constrained corporate strategy<br />contoh : .Kompas Gramedia (KG). <br />Perusahaan yang mempekerjakan 12.000 karyawan ini memang awalnya hanya bergerak di bidang media massa cetak. Semula, produk unggulannya hanyalah harian Kompas yang terkenal itu. Namun seiring dengan kemajuan di perusahaan ini, KG mulai merambah bisnis sektor komunikasi. Kini bisnis media elektronik pun dijamah oleh mereka, seperti Radio (Otomotion & Sonora). Tidak puas sampai di situ, mereka juga memiliki percetakan dan Event Organizer (EO) sendiri.<br />bidang EO dan jaringan radio(komunikasi) tidak terlalu berhubungan dengan bisnis yang lain (koran dan percetakan)<br /><br />4. Related link corporate strategy<br />contoh : Google.<br />perusahaan ini berbisnis pada bidang Internet search, cloud computing, dan teknologi periklanan. kemudian Google berkembang dan membuat bisnis yang saling berkaitan yakni, gmail(layanan pengiriman email), Google+ (social network), Google Chrome (web browser),Picasa (photo organizing and editing software) dan Google Talk (instant messaging application) <br /><br />5. Unrelated link corporate strategy<br />contoh : produk Unilever. <br />Melakukan bisnis pada sektor makanan, minuman, bahan pembersih dan produk perawatan pribadi. Perusahaan ini memiliki lebih dari 400 merek.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-59061943565506699162013-04-21T12:00:24.181+07:002013-04-21T12:00:24.181+07:00NAMA : MUTIARA DALILA BAKKAH
NIM : C1C011048
CONT...NAMA : MUTIARA DALILA BAKKAH<br />NIM : C1C011048<br /><br />CONTOH CORPORATE-LEVEL STRATEGY<br /><br />1. Single Business Corporate Strategy<br />PT. Maspion adalah salah satu produsen perkakas yang cukup besar di Indonesia yang didirikan oleh Alim Husein. Perusahaan ini memiliki keahlian yang kuat di bidang pemasaran dan manufaktur berbagai rangkaian produk peralatan rumah tangga kualitas baik di peralatan dapur, peralatan rumah tangga plastik, barang pecah belah, dan peralatan listrik rumah. Pipa PVC dan PE juga tersedia untuk keperluan perumahan dan rumah tangga. Produknya antara lain Uchida, Maxim, Maspion Electric, Tivoli, Maspion Plastic, Plasticwares, Vanda Melamine, Panda, Maslon, Aubecq, Logam Jawa, Ishizuka, PVC, Doff, Meglio. 95% atau lebih pendapatan yang diterima PT. Maspion berasal dari bisnisnya di bidang produksi peralatan rumah tangga.<br /><br />2. Dominant Business Corporate Strategy<br />Republik Cinta Management (RCM) adalah sebuah perusahaan musik Indonesia yang melakukan aktivitas me-manage para musisi, penyanyi, band dan para seniman lain berhubungan dengan musik, selain itu kegiatan lain adalah melaukan perekaman melalui Republik Cinta Record. Didirikan pada Maret 2007 oleh Ahmad Dhani, saat ini RCM juga mengembangkan bisnis The Rock Cafe di Jakarta dan Bandung. Termasuk ke dalam dominant business corporate strategy karena pendapatan dominan yang diterima RCM berasal dari bisnis me-manage para musisi dibandingkan dari bisnis cafenya. <br /><br />3. Related Constrained Corporate Strategy<br />PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasari yang merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 1971. Perusahaan ini umumnya menghasilkan berbagai produk terigu antara lain Cakra Kembar, Segitiga Biru, Kunci Biru, Cakra Kembar Emas, Lencana Merah serta produk pasta La Fonte Pasta, La Fonte Quick n' Eazy, dan La Fonte Saus Pasta. Produk yang dihasilkan saling terkait dimana terigu merupakan bahan dasar pembuatan pasta. Selain itu beberapa produk PT Indofood sendiri juga menggunakan terigu produksi Bogasari.<br /><br />4. Related Linked Corporate Strategy<br />Kompas Gramedia, disingkat KG, adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang media massa yang didirikan pada tanggal 28 Juni 1965 oleh P.K. Ojong dan Jakob Oetama. Pada tahun 1980-an perusahaan ini mulai berkembang pesat, terutama dalam bidang komunikasi. Saat ini, KG memiliki beberapa unit bisnis yang bervariatif dari media massa (Kompas Warta Kota, Tribun, Nova, Kawanku, Bobo, dll), toko buku (TB. Gramedia, Trimedia Book Store), percetakan (Gramedia Printing Group), penerbitan (Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, M&C, dll), stasiun TV (Kompas TV), radio (Sonora, Motion Radio), hotel (Santika Indonesia Hotels & Resorts), lembaga pendidikan, event organizer (Dyandra Promosindo), hingga universitas (Universitas Multimedia Nusantara, ELTI Gramedia). Ada beberapa bisnis yang dijalankan Kompas Gramedia saling terkait seperti percetakan, penerbitan, dan toko buku. Namun, ada beberapa pula bisnis yang tidak saling terkait dengan bisnis lainnya seperti universitas dan hotel.<br /><br />5. Unrelated Corporate Strategy<br />Lotte Co., Ltd. adalah perusahaan multinasional yang bergerak di banyak bidang. Didirikan pada Juni 1948 di Tokyo oleh seorang pengusaha Jepang keturunan Korea, Shin Kyuk-Ho di Korea atau Takeo Shigemitsu. Lotte Group terdiri lebih dari 60 unit usaha dan mempekerjakan 60.000 orang yang terlibat dalam berbagai industri. Bisnis utamanya adalah produk makanan (Lotte Confectionery, Lotte Chilsung, Lotte Samkang, Lotteria, E Wedel), perbelanjaan (Lotte Shopping, Lotte Mart, Lotte Department Store, Lotte-Assi Plaza), keuangan (Lotte Insurance, Lotte Card, Lotte Capital), konstruksi (Lotte Castle High Rise Apartment Complex), taman hiburan (Lotte Cinema, Lotte World di Seoul), hotel (Lotte Super Tower 123, Busan Lotte Tower), perdagangan (Lotte International), minyak (Honam, KP Chemical), dan olahraga (Chiba Lotte Marines di Jepang, Lotte Giants di Busan).<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/16079250877901709969noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-36864665559677944952013-04-21T11:58:24.379+07:002013-04-21T11:58:24.379+07:00Abdussyakur Marzuq
C1C011021
1. Single Business ...Abdussyakur Marzuq<br />C1C011021<br /><br /><br />1. Single Business Corporate Strategy<br />Alexandre Christie Company, merupakan perusahaan yang terfokus untuk memproduksi hanya satu barang saja, yakni Jam Tangan. Alexandre Christie telah menjadi jam tangan terkenal dan telah memiliki banyak cabang di dunia.<br /><br />2.2. Dominant Business Corporate Strategy<br />PO Sumber Alam, merupakan Perusahaan Otobus asal Purworejo, Jawa Tengah, yang 70%-90% penerimaannya berasal dari usaha angkutan Bus antar kota. Namun PO Sumber Alam mempunyai usaha lain yakni Sumber Alam Shuttle yang merupakan perusahaan Travel yang baru ada di beberapa kota di Jawa Tengah dan DIY. Usaha travel ini memberikan masukan tambahan untuk PO Sumber Alam meskipun usahanya masih didominasi dengan usaha BPU Bus Besar Antar Kota Antar Provinsi.<br /><br /><br />3. Related Constrained Corporate Strategy<br />Kenko merupakan perusahaan yang memproduksi segala macam alat tulis kantor, seperti kertas, buku tulis, pensil, penghapus, rautan pensil, dan macam-macam. Yang tentunya setiap produk tersebut saling terkait.<br /><br /><br />4. Related Link Corporate Strategy<br />Po. Rosalia Indah, adalah perusahaan bus antar kota antar provinsi yang berasal asal Solo, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Rosalia Indah Group. Untuk menunjang tingkat keefektifan dan keefisienan perusahaan, Rosalia Indah mempunyai usaha SPBU sendiri, yang tentunya juga dibuka untuk umum. Perusahaan ini juga mempunyai usaha Laundry bernama Central Laundry yang tidak terkait dengan dunia biro perjalanan.<br /><br /><br />5. Unrelated Link Corporate Strategy<br />Bridgestone Group, merupakan perusahaan yang usaha utamanya memproduksi ban segala macam kendaraan. Baik ban mobil, motor, alat-alat berat dan juga ban pesawat. Namun selain usaha utamanya tersebut, Bridgestone memiliki Anak Perusahaan yang secara terpisah memproduksi peralatan golf. Juga memiliki anak perusahaan yang memproduksi sepeda, produk-produk industri, komponen-komponen kendaraan otomotif, hingga perusahaan yang memproduksi material elektro, seperti panel pencipta energi surya.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-47447345180246557132013-04-21T08:59:04.731+07:002013-04-21T08:59:04.731+07:00ELI KURNIA
C1C011056
1.Single Business Corporate ...ELI KURNIA<br />C1C011056<br /><br />1.Single Business Corporate Strategy<br />Contoh : PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk<br />PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk. berdiri pada tahun 1995 di kawasan industri Jababeka, Cikarang, sebagai perusahaan roti dengan merk Sari Roti. Perusahaan hanya memproduksi roti. Strategi PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk strategi bisnis tunggal, lebih dari 95 % penerimaan berasal dari bisnis tunggal yaitu bisnis roti.<br /><br />2.Dominant business corporate strategy<br />Contoh : PT. Sari Incofood Corporation<br />Merupakan sebuah perusahaan yang berdiri dengan penjualan produk minuman kopi , salah satunya kopi indocafe coffemix 3 in 1. Indocafe coffeemix 3 in 1 merupakan kopi 3 in 1 pertama di Indonesia , yang mulai dipasarkan pada tahun 1985. Perusahaan juga memproduksi Max-Creamer dan Maxtea ( rasa lemon ) produk minuman yang terkenal pas rasa nya dengan lidah orang Indonesia. Dominant business, antara 70% dan 95% penerimaan berasal dari bisnis tunggal yaitu kopi indocafe coffemix 3 in 1.<br /><br />3.Related constrained corporate strategy<br />Contoh : PT Viva Pharm<br />Perusahaan memproduksi produk di bidang kosmetik yang berkaitan dengan perawatan dan kecantikan tubuh. Produk-produknya seperti Viva Cosmetics (Viva Cosmetics menyediakan produk perawatan dan kecantikan tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki dan tiap produk tersebut memiliki beberapa macam jenis yang disesuaikan dengan kondisi fisik penggunanya), Viva Queen (produk perawatan dan kecantikan yang didesain untuk memenuhi kebutuhan wanita dengan desain elegan dan mewah), Red-A (target utama Red-A adalah para remaja putri), Viva White (produk-produk perawatan kulit seperti facial wash maupun beberapa jenis lotion). Jenis produk-produknya pun dapat dikatakan cukup lengkap dan beragam. Kurang dari 70% penerimaan berasal dari bisnis dominan dan seluruh bisnis berbagi produk, teknologi dan rangkaian distribusi<br /><br />4.Related link corporate strategy<br />Contoh : Transcorp<br />Transcorp, yaitu bisnis media PT Media Corpora yang melipui penyiaran(TransTV dan Trans7) lalu ada juga bisnis rumah produksi yang bernama Transinema Picture. Selain bisnis dibidang media,Transcorp juga mempunyai bisnis di bidang restoran,properti dan hotel. Kurang dari 70% penerimaan berasal dari bisnis dominan yaitu bisnis media, antara bisnis media dan bisnis di bidang restoran, property, dan hotel hanya ada hubungan terbatas antar bisnis.<br /><br />5.Unrelated link corporate strategy<br />Contoh : Textron<br />Perusahaan dengan bisnis yang tidak berhubungan beroperasi dalam bisnis yang tidak saling berhubungan satu sama lain.Textron, perusahaan ini beroperasi dalam bisnis yang sangat terdiversifikasi seperti alat tulis, helicopter, gergaji besar, komponen mesih pesawat terbang, forklift, alat mesin, penghubung khusus, dan mesin-mesin turbin gas. Kurang dari 70% penerimaan berasal dari bisnis dominan, dan tidak ada hubungan umum antar bisnis<br /><br /><br />Eli Kurnianoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-7183416762472267372013-04-21T05:59:41.686+07:002013-04-21T05:59:41.686+07:00IBRAHIM NURDIN
C1C011049
1. Single business corpo...IBRAHIM NURDIN<br />C1C011049<br /><br />1. Single business corporate strategy<br />HTC, merupakan perusahaan yang memproduksi handphone dari taiwan, perusahan ini hanya memiliki satu bisnis yaitu berkonsentrasi pada produk handphone kelas menengah keatas.<br /><br />2. Dominant business corporate strategy<br />AXIOO, perusahaan yang pendapatan dominannya berasal dari penjualan laptop, namun disamping itu axioo juga memiliki service center yang juga sebagai pendapatan keduanya, namun diantara keduanya hasil penjualan laptop lah yang lebih dominan.<br /><br />3. Related constrained corporate strategy<br />DANONE, adalah perusahaan multinasional yang memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman, yang mana semuanya saling keterkaitan karena berada dalam satu pasar yaiutu pasar makanan dan minuman, produk dari danone diantaranya adalah activia, milkuat, aqua, biskuat, dll.<br /><br />4. Related link corporate strategy<br />KOMPAS GRAMEDIA, yang pada awalnya hanyalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang media massa, namun sekarang sudah merembahke berbagai pasar, diantaranya media massa, toko buku, perecetakan, radio, televisi, dimana antara percetakan, toko buku dan media massa memiliki suatu hubungan, namun tidak memiliki hubungan dengan bisnis televisi dan radionya.<br /><br />5. Unrelated corporate strategy.<br />SONY, perusahaan dari jepang yang biasa dikenal elektroniknya, namun tidak hanya elektronik sony juga memiliki beberapa bisnis lain yang berbeda yaitu Sony pictures entertainment, Sony Music, dan Sony mobile, SOny playstation, dll dimana semuanya tidak ada kaitannya satu sama lain, sehingga sony bisa disebut juga bergerak dibidang industri konglomerat.Ibrahim Nurdinnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-14318898476828083812013-04-20T20:46:02.033+07:002013-04-20T20:46:02.033+07:00NAMA : YUSI ARUM PRATIWI
NIM : C1C011029
1. Singl...NAMA : YUSI ARUM PRATIWI<br />NIM : C1C011029<br /><br />1. Single business corporate strategy<br />Wm. Wrigley Jr Company, produsen permen karet terbesar di dunia. Hanya menggunakan satu strategi bisnis saat beroperasi di pasar. Merek dagang permen karet Wrigley meliputi Spearmint, Doublemint, dan Juicy Fruit, meskipun perusahaan memproduksi produk lain juga. Ekstra bebas gula, yang saat ini memegang pangsa terbesar dari pasar permen karet AS, diperkenalkan pada tahun 1984.<br /><br />2. Dominant business corporate strategy<br />United Parcel Service (UPS) menggunakan strategi ini. UPS menghasilkan 61 persen dari total pendapatan dari bisnis pengiriman paket AS dan 22 persen dari bisnis paket internasional, dengan sisanya 17 persen berasal dari bisnis non-paket perusahaan. Meskipun bisnis pengiriman paket AS saat ini menghasilkan persentase terbesar dari pendapatan penjualan UPS, perusahaan mengantisipasi bahwa di masa depan dua bisnis lain akan menjelaskan sebagian dari pertumbuhan pendapatan. Harapan ini menunjukkan bahwa UPS dapat menjadi lebih beragam, baik dari segi barang dan jasa dan dalam jumlah negara-negara di mana barang-barang dan jasa yang ditawarkan.<br /><br />3. Related constrained corporate strategy<br />Campbell Soup, Procter & Gamble, dan Merck & Company semua menggunakan strategi terkendala terkait, melakukan beberapa perusahaan kabel besar. Dengan dibatasi strategi terkait, sumber daya perusahaan saham dan kegiatan antar usahanya.<br /><br />4. Related link corporate strategy<br />General Electric (GE) menggunakan corporate-level diversification strategy. Dibandingkan dengan perusahaan dibatasi terkait, perusahaan terkait terkait berbagi sumber daya dan aset antara bisnis mereka, berkonsentrasi hanya pada transfer pengetahuan dan kompetensi inti antara bisnis. Seperti perusahaan menggunakan setiap jenis diversification strategy, perusahaan menerapkan strategi terkait terkait terus-menerus menyesuaikan campuran dalam portofolio bisnis mereka serta membuat keputusan tentang bagaimana mengelola bisnis ini.<br /><br />5. Unrelated corporate strategy<br />United Technologies, Textron, Samsung, dan Hutchison Whampoa Terbatas (HWL) adalah contoh perusahaan yang menggunakan jenis ini strategi ini. Umumnya, perusahaan menggunakan strategi ini disebut konglomerat. HWL adalah perusahaan internasional terkemuka berkomitmen inovasi dan teknologi dengan bisnis mencakup dunia. Pelabuhan dan jasa terkait, telekomunikasi, properti, dan hotel, ritel dan manufaktur, dan energi dan infrastruktur Lima bisnis inti HWL ini. Usaha ini tidak berhubungan satu sama lain, dan perusahaan tidak membuat upaya untuk berbagi kegiatan atau untuk mentransfer kompetensi inti antara atau di antara mereka. Masing-masing dari lima bisnis cukup besar, misalnya, lengan ritel dari ritel dan manufaktur bisnis memiliki lebih dari 6.200 toko di 31 negara. Bahan makanan, kosmetik, elektronik, anggur, dan maskapai tiket adalah beberapa kategori produk yang ditampilkan di toko-toko tersebut. Namun, Hutchison CEO Li Ka-shing telah berhasil karena tidak hanya melakukan akuisisi cerdas, tetapi juga pada divestasi bisnis dengan waktu yang baik.Yusi Arum Pratiwinoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-91051431930666648032013-04-20T20:11:49.144+07:002013-04-20T20:11:49.144+07:00NAMA : DESSY AMELIA
NIM : C1C011007
1. Single bu...NAMA : DESSY AMELIA<br />NIM : C1C011007<br /><br />1. Single business corporate strategy<br />“Rumah Makan Ayam Goreng Ny.Suharti” Rumah makan ini menawarkan makanan berbahan dasar ayam yang disajikan dalam bentuk ayam goreng. Rumah makan ini hanya memfokuskan kepada salah satu bahan utama karena selera makanan khasnya orang Indonesia pada umumnya adalah ayam. Sumber pendapatan yaitu semuanya berasal dari rumah makan yang bahan utamanya adalah ayam tanpa ada sumber pendapatan lain.<br /><br />2. Dominant business corporate strategy<br />“Intel Corp” yang memproduksi processor untuk desktop dan notebook yang 70% -95% dari bisnis tunggal dan intel juga memproduksi produk lainnya seperti software dan processor untuk handphone.<br /><br />3. Related corporate strategy constrained <br />“PT Gudang Garam Tbk” perusahaan produsen rokok ternama di Indonesia. Dan PT Gudang Garam internasional adalah perusahaan yang memproduksi rokok, selain itu perusahaan ini memiliki pabrik kertas rokok di afrika dan juga memiliki pabrik kertas rokok di Kediri yaitu PT Surya Zig Zag.<br /><br />4. Related link corporate strategy<br />“Procter & Gamble (P&G)” perusahaan ini berpartisipasi dalam bisnis yang beragam tetapi masih terkait dengan produk yang dihasilkan. Perusahaan ini memilikin unit – unit bisnis yaitu popok (Pampers), detergen (Tide), sabun (Ivory), pasta gigi (Crest) dan shampoo (Head & Shoulders). P&G mempunyai dua kompetensi inti yang menguntungkan semua unit bisnisnya, yaitu keterampilan inti dalam beberapa teknologi kimia dan keahlian distribusi dan pemasaran produk konsumen dengan harga rendah melalui supermarket.<br /><br />5. Unrelated corporate strategy.<br />“Textron” perusahaan ini berpartisipasi dalam bisnis yang beragam yang tidak saling terkait antar produk yang dihasilkan. seperti alat tulis, helicopter, gergaji besar, komponen mesin pesawat terbang, forklift, alat mesin dan mesin – mesin turbo gas.<br /><br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/05490460170192297677noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-20836657950753928642013-04-20T17:38:16.738+07:002013-04-20T17:38:16.738+07:00NAMA : NOVIA FORENTI
NIM : C1C011099
CONTOH CORP...NAMA : NOVIA FORENTI<br />NIM : C1C011099<br /><br />CONTOH CORPORATE LEVEL STRATEGY<br /><br />1. SINGLE BUSINESS<br />Adalah bisnis yang memfokuskan usaha pada bisnis tunggal dengan lebih 95% penerimaan berasal dari bisnis tunggal. Contohnya: PT PERKEBUNAN NUSANTARA merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang perkebunan. PTPN digolongkan dalam diversifikasi bisnis tunggal karena perusahaan ini 95% penghasilannya berasal dari satu unit bisnis tunggal yaitu perkebunan.<br /><br />2. DOMINANT BUSINESS<br />Adalah bisnis yang penerimaan berasal dari 75% sampai 95% dari bisnis tunggal. Contohnya: PERTAMINA mempunyai bisnis utama yaitu minyak dan gas bumi sekitar 95% tetapi mempunyai bisnis lain yaitu Rumah Sakit dan Hotel sekitar 5%.<br /><br />3. RELATED CONSTRAINED CORPORATE STRATEGY<br />Adalah strategi perusahaan dimana revenue berasal dari bisnis dominan kurang dari 70% dan didalam bisnisnya ada keterikatan antara unit bisnis yang satu dengan yang lainnya (produk, teknologi, dan distribusi). Contohnya: LG yang merupakan perusahaan elektronik yang memproduksi alat-alat elektronik seeperti televisi, handphone, lemari es, AC, dan mesin cuci. Teknologi yang digunakan hampir sama karena berproduksi di produk-produk elektronik dan penditribusiannya pun masih saling berkaitan.<br /><br />4. RELATED LINKED CORPORATE STRATEGY<br />Selain bisnis utama yang dijalani, perusahaan juga memiliki unit-unit bisnis lain, sebagian berhubungan namun ada juga yang tidak berkaitan sama sekali dengan bisnis utamanya. Contohnya: JOHNSON AND JOHNSON. JnJ ini memiliki banyak unit bisnis yang hampir semuanya berusaha di bidang healthcare product and pharmaceuticals, namun ada satu unit bisnis yang melenceng dari main business-nya, yaitu bisnis penyedia domain internet.<br /><br />5. UNRELATED CORPORATE STRATEGY<br />Adalah unit-unit bisnis yang dimiliki perusahaan tidak berhubungan dekat, bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan bisnis lainnya. Contohnya: GRUP MASPION memiliki lima bidang bisnis yang menjadi andalannya. Yang pertama adalah bidang produk konsumen yang memproduksi panci teflon, termos plastik, kulkas, kompor gas, pompa air, kipas angin dan sebagainya. Yang bergerak dalam bidang ini paling tidak PT Maspion, PT Trisula Pack Indah, PT Royal Chemical, PT Maspion Flatware, dan PT Indofibre Mattres Indonesia. Bidang bisnis kedua adalah bidang konstruksi material dan industri di mana Maspion memiliki tujuh anak perusahaan. PT Maspion, PT Maspion Kencana, PT Indal Steel Pipe, PT Alumindo Light Metal Industry, PT Aneka Kabel Cipta Guna, PT Indal Aluminium Industry, dan PT Indalex.<br />Bisnis properti juga digeluti oleh kelompok usaha raksasa ini. Beberapa proyek yang bisa disebutkan di sini adalah Maspion Mall, Wisma Maspion, Wisma Moneter, Pondok Maspion, CIMAC, PT Bintang Osowilangun, PT Maspion Industrial Estate, PT Alumindo Industrial Estate, PT Altap Prima Industrial Estate. Akhir April ini, Grup Maspion akan mempertegas kehadirannya di Jakarta dengan meresmikan gedung perkantoran dan bisnis yang diberi nama Plaza Maspion. Dan tak ketinggalan pula adalah bisnis keuangan dan finansial di mana grup ini menonjol dengan Bank Maspion, Maspion Securities, dan Maspion Money Changer.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/04856742625376752971noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-66551779561301985442013-04-20T16:52:00.692+07:002013-04-20T16:52:00.692+07:00NAMA : GUNADI SETYAWAN
NIM : CIC011013
SINGEL B...NAMA : GUNADI SETYAWAN<br />NIM : CIC011013<br /><br /><br />SINGEL BISNIS<br /><br />Contoh Perusahaan<br />PT. PLN Persero<br />yang mana BUMN ini hanya bergerak pada pelayanan listrik kepada Masyarakat yang menguasai Indonesia.<br /><br />DOMINANT BISNIS<br /><br />Contoh Perusahaan<br />Hershey Foods Corp<br />perusahaan manisan coklat dan non-coklat terbesar di Amerika, ini adalah contoh perusahaan bisnis dominan. Walupun perusahaan ini menjual makanan beberapa produk makanan seperti spagheti dan pasta, tetapi besarnya penghasilan perusahaan lebih banyak didapat dari penjualan produk manisannya tersebut. Untuk selalu meningkatkan minat terhadap produk manisannya, perusahaan ini memperkenalan produk barunya dengan sangat hati-hati dan perhitungan.<br /><br />RELATED CONSTRAIN <br /><br />Contoh Perusahaan<br />PT AHM Indonesia<br />bergerak pada penjualan motor Honda serta Suku cadang Honda Ini ternyata juga mempunyai bisnis Pelayanan jasa Kredit pembelian motor, pinjaman uang, serta asuransi pada FIF, juga bergerak pada industri pembuatan dan pengembangan oli mesin motor yang produknya berupa AHM oil.<br /><br />RELATED LINKED<br /><br />Contoh Perusahaan<br />PT Garuda Indonesa (Persero) Tbk<br />PT Garuda Indonesia memiliki jaringan hotel di Indonesia yaitu PT Aerowisata. Ada sedikit keterkaitan dalam bisnis tersebut, dimana jika orang bepergian, rata-rata mereka membutuhkan penginapan. Namun, disisi lain, keterkaitan tersebut terbatas dikarenakan, pembagian (sharing) sumber daya hanya dapat dilakukan dalam beberapa segmen (terbatas), misalnya nomor hotline (call center) yang sama.<br /><br />UNRELATED <br /><br />Contoh Perusahaan<br />PT. Sayap Mas Utama (WINGS GROUP)<br />Strategi yang diterapkan Grup Wings untuk corporatenya adalah unrelated diversification, industri utamanya adalah bisnis toiletries dan personal care, namun Wings juga merambah ke bidang Agrobisnis, yaitu membuka perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Selatan yang menyediakan bahan baku bagi sebagian besar industri kimia dasarnya. Bank dan Lembaga Keuangan, Wings mempunyai Bank Ekonomi yang merangkul para pedagang skala kecil dan menengah. Sementara bahan bangunan yang diproduksi oleh Wings adalah Milan Ceramics, gypsum dan plester gypsum.<br />Gunadi Setyawanhttps://www.blogger.com/profile/08548056632028114792noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-64453127560244550082013-04-20T16:31:15.946+07:002013-04-20T16:31:15.946+07:00NAMA : Nisita Anggi Nugraheni
NIM : C1C011105
1. ...NAMA : Nisita Anggi Nugraheni<br />NIM : C1C011105<br /><br />1. Single Business<br />Perusahaan yang menggunakan single business misalnya PT.Dirgantara. perusahaan tersebut hanya fokus pada bidang dirgantara. PT.Dirgantara hanya memproduksi bagian-bagian pesawat terbang dan tidak mempunyai bisnis dibidang lain.<br /><br />2. Dominant Business<br />Perusahaan yang menggunakan dominant business adalah perusahaan Konimex. Perusahaan tersebut mempunyai bisnis tunggal yang terkenal dan menyumbang pendapatan 70-90% yaitu dalam bidang farmasi. Perusahaan Konimex memiliki produk-produk andalan berupa obat-obatan seperti konidin dan konimag. Tetapi disamping itu Konimex juga memproduksi dibidang lain ,yaitu makanan seperti permen Nano-nano.<br /><br />3. Related Constrained<br />Bisnis yang menggunakan related constrained contohnya adalah BeBe Corner. Usaha ini merupakan tempat penjulan berbagai Smartphone seperti Blackberry , Samsung Android dan Apple. Akan tetapi di BeBe Corner juga melayani service untuk Smartphone tersebut. Di tempat tersebut juga menjual berbagai perlengkapan untuk Smartphone seperti charger, casing, sparepart dan sebagainya.<br /><br />4. Related Linked<br />Perusahaan yang menggunakan related linked misalnya adalah Google.Inc, dimana perusahaan ini menyediakan layanan internet secara global. Google.Inc terkenal dengan browser (google crome) dan google mail (Gmail).<br /><br />5. Unrelated<br />Perusahaan yang menggunakan unrelated misalnya adalah perusahaan Canon. Perusahaan tersebut awalnya hanya memproduksi mesin fotokopi, namun sekarang Canon merambah ke produk yang tidak berkaitan ddngan mesin fofokopi. Seperti kamera, printer, dan komouter.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17788331516226295936noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-62365461704307159342013-04-20T16:03:47.543+07:002013-04-20T16:03:47.543+07:00Amellya Ganesha
C1C011085
• Single business corpo... Amellya Ganesha<br /> C1C011085<br />• Single business corporate strategy<br />Perusahaan dengan industri tunggal beroperasi dalam satu lini bisnis. Strategi diversifikasi bisnis tunggal adalah suatu strategi level korporasi dimana 95% atau lebih revenue penjualan berasal dari bisnis inti Exxon-Mobil yang bergerak dalam industri minyak bumi merupakan salah-satu contohnya. <br />• Dominant business corporate strategy<br />Contoh dalam bisnis dominan yang penerimaan antar 70% dan 95% berasal dari bisnis tunggal. Yaitu PT TRANS corp. PT TRANS corporation yang memiliki mayoritas perusahaan pada Industri Pertelevisian ini ternyata juga memiliki Industri Hiburan Pariwisata (Indoor) Studio Trans (Seperti Dufan) yang terletak di Kota Makasar dan Kota Bandung<br />• Related constrained corporate strategy<br />Apabila revenue yang berasal dari bisnis dominan kurang dari 70% dan di dalam bisnisnya ada keterkaitan antara unit bisnis yang yang satu dengan yang lainnya (produk, teknologi dan distribusi) maka perusahaan tersebut dikategorikan sebagai perusahaan yang melaksanakan strategi diversifikasi related constrained. Contohnya adalah PO SUMBER ALAM merupakan perusahaan bus yang berpusat di kutoarjo. PO sumber alam selain mengoperasikan bus juga mendirikan rumah makan dan SPBU lokasinya di ajibarang dan di daerah kebumen. Rumah makan dan SPBU tersebut didirikan untuk tempat istirahat penumpang bus dan SPBU tempat pengisian bahan bakar Bus itu sendiri. Rumah makan dan SPBU itu sendiri jg di buka untuk umum.<br />• Related link corporate strategy<br />Perusahaan dengan revenue kurang dari 70% berasal dari bisnis dominan dan hanya ada keterkaitan terbatas diantara bisnis yang ada, maka perusahaan tersebut diklasifikasikan sebagai perusahaan yang melaksanakan strategi diversifikasi related linked. Contoh : “Yamaha”. Yamaha memiliki bisnis dominan sebagai produsen kendaraan bermotor. Selain bisnis tersebut, bisnis lain yang berkaitan adalah bisnis onderdil sepeda motor, seperti oli Yamalube, dll. Yamaha juga memiliki bisnis lain yaitu bisnis alat musik seperti gitar, piano, biola, harpa, drum, dll yang memiliki hubungan terbatas di antara bisnis tersebut.<br />• Unrelated corporate strategy<br />Artinya unit-unit bisnis yang dimiliki perusahaan tidak berhubungan dekat, bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan bisnis lainnya. Sebagai contoh, PT. Bakrie & Brothers Tbk. adalah perusahaan perdagangan Indonesia yang didirikan pada 1942 dan menjadi sebuah grup perusahaan yang bergerak di banyak bidang. Sekarang ini, perusahaan ini bergerak di bidang telekomunikasi, media, produksi pipa, bahan bangunan, komponen otomotif, dan investasi dalam pertambangan batu bara.<br /><br />Amellya Ganeshahttps://www.blogger.com/profile/17419317630006269709noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-37407788229063044542013-04-20T15:01:59.640+07:002013-04-20T15:01:59.640+07:00STEFISANI NAULITA M
C1C011110
1.Single Business C...STEFISANI NAULITA M<br />C1C011110<br /><br />1.Single Business Corporate Strategy<br />Contohnya adalah PT L’Oréal Indonesia adalah perusahaan yang bergerak hanya di satu bidang usaha saja, yaitu kosmetik, dimana 95% lebih revenue penjualan berasal dari bisnis kecantikan. Merek-mereknya antara lain adalah: L’Oréal Paris , Maybelline New York, Garnier , Matrix , Biotherm , Shu Uemura, Yves Saint Laurent, Kiehl’s, parfum Ralph Lauren, Giorgio Armani,dll.<br /><br />2.Dominant Business Corporate Strategy<br />Contohnya adalah perusahaan label Aprilio Kingdom yang didirikan oleh Kevin Aprilio. Kegiatan bisnis utama Aprilio Kingdom adalah memproduseri girlband yang bernama Princess. Selain itu, guna meningkatkan keuntungan secara financial, Kevin Aprilio juga memiliki bisnis lain, yakni memiliki group band Vierra.<br /><br />3.Related Constrained Corporate Strategy<br />Contohnya adalah Hairdresser terkenal Rudy Hadisuwarno, kurang dari 70% pendapatannya berasal dari Beauty and Bridal Salon, produk kecantikan, sekolah kecantikam. Diantara ketiganya saling berkaitan namun terbatas.<br /><br />4.Related Link Corporate Strategy<br />Contohnya adalah Yahoo! Inc. yaitu merupakan sebuah perusahaan publik Amerika yang menyediakan layanan internet secara global. Perusahaan ini terkenal dengan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Directory, iklan, Yahoo! Maps, dan website media social dan jasa.<br /><br />5.Unrelated Corporate Strategy<br />Contohnya adalah dari perusahaan yang tidak berkaitan yaitu Canon. Canon yang tadinya hanya memproduksi mesin fotocopy, namun juga merambah ke produk yang tidak berkaitan dengan mesin fotocopy, seperti kamera, laser printer, dan computer.<br />Stefisani Naulita Mhttps://www.blogger.com/profile/06959347609102963978noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6999073296005187349.post-24070516587225099712013-04-20T11:32:55.409+07:002013-04-20T11:32:55.409+07:00NAMA : HUSNUDIN AZMI
NIM : C1C011028
Contoh Corp...NAMA : HUSNUDIN AZMI<br />NIM : C1C011028<br />Contoh Corporate Strategy<br />1.Single business<br />Contoh dari single business salah satunya adalah Blackberry. Perusahaan asal Canada ini memproduksi hanya satu jenis produk yaitu smart phone blackberry dan hampir seluruh pendapatannya didapat dari hasil penjualan produk tersebut tanpa ada bisnis samping.<br />2. Dominant business<br />Salah satu yang menggunakan strategy ini adalah tempat karaokean seperti Inul Vizta, antara 70-95% pendapatannya berasal dari karaokean yang menjadi bisnis utama dan sisanya berasal dari penjualan makanan dan minuman yang ada di dalamnya.<br /><br />3. Related Constrained<br />Salah satu contoh yang menggunakan strategy tersebut adalah PT. Holcim atau yang dulunya bernama semen Nusantara. PT. Holcim memilki usaha di bidang kontruksi bangunan yang dimana produknya berupa semen. Selain itu, Holcim memilki usaha kontraktor bangunan yang mana ketiga usaha tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain.<br />4. Related link corporate strategy<br />Salah satu contoh dari strategy ini adalah Royal Philips adalah perusahaan ketiga di dunia elektronik terbesar, berikut pemimpin pasar Matsushita dan Sony. Merek Philips termasuk Philips, Norelco, Marantz dan Magnavox. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1891 di Eindhoven, di wilayah selatan Belanda, terutama sebagai produsen lampu pijar dan produk listrik lainnya. Perusahaan ini pertama menghasilkan karbon lampu pijar dan, pada pergantian abad, itu telah menjadi salah satu produsen terbesar di Eropa. Kemudian, perusahaan melakukan diversifikasi ke bidang-bidang lainnya seperti peralatan elektronik kecil, pencahayaan semikonduktor, sistem medis dan produk perawatan rumah tangga, antara lain.<br />5. Unrelated corporate strategy<br />Salah satu contoh yang menggunakan Unrelated corporate strategy adalah PT. Bank Lippo, Tbk sebagai cikal bakal Groub Lippo memutuskan untuk bergerak di sektor properti seperti Lippo karawaci, Lippo Cikarang, dan Lippo Development.<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/05768966264499888338noreply@blogger.com