Tuesday, April 9, 2013

Tugas 1 Akuntansi B Strategic Management 2013: Contoh Business Level Strategy


Saudara diminta memberikan contoh pada tiap-tiap business level strategy sebagai berikut:


1. Cost leadership strategy
2. Differentiation strategy
3. Focus cost leadership strategy
4. Focus differentiation strategy
5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.

Silakan kumpulkan pekerjaan Saudara disini sebagai COMMENT. Setiap mahasiswa memberikan satu contoh untuk satu strategy. Dengan demikian untuk 5 strategi juga harus diberikan 5 contoh. .

Jangan lupa menuliskan nama dan NIM Anda.
Paling lambat di publish 15 April 2013.

Thank you.

Mr. AP

80 comments:

  1. Radifan Noor Kusumajati
    C1C011032

    Cost Leadership Strategy

    Contoh dari strategi cost leadership, pada perusahaan penerbangan Air Asia, dimana strategi yang digunakan perusahaan tersebut yaitu dengan menawarkan harga yang sangat kompetitif walaupun fasilitasnya berbeda dengan perusahaan perusahaan penerbangan kelas tinggi seperti Garuda Indonesia.

    Differentiation Strategy

    Perusahaan yang melakukan strategi ini misalnya Digital Equipment Corporation (DEC). DEC menggunakan system pakar dengan nama X-Con untuk mengkonfigurasi system computer yang dipesan oleh pembeli. Dengan system ini DEC dapat menawarkan computer tetapi dengan spesifikasi konfigurasi yang berbeda sesuai dengan keinginan konsumen. Akan tetapi X-Con sekarang sudah ditinggalkan oleh DEC karena perkembangan konfigurasi yang sangat cepat dari industry computer yang mengakibatkan kombinasi konfigurasi computer menjadi banyak sekali.

    Focused Cost Leadership Strategy

    Big Cola adalah minuman soda berkarbonasi dari AJE Group. AJE Group fokus untuk memproduksi minuman bersoda saja. AJE Group mampu menjual produk Big Cola dengan harga yang rendah yakni Rp.3000 per botolnya. Hal ini menyebabkan para penikmat minuman bersoda beralih ke Big Cola.

    Focused Differentiation Strategy

    Ritz Carlton Hotel juga menerapkan strategi focus berbeda untuk melayani tamu-tamunya. Hotel ini menggunakan system teknologi informasi yang disebut “class” untuk mengidentifikasikan informasi tentang tamu-tamunya, termasuk pilihan merk anggur tertentu, Koran lokal asal tamu dan arah menghadap jendela. Preferensi dari tamu diperoleh saat check in dan dari lembaran komentar-komentar, saran-saran dan kritik yang disediakan didalam kamar. Misalnya preferensi tamu yang tersimpan di computer “class” adalah menyukai bunga mawar, maka hotel ini akan menyediakan bunga mawar sesuai dengan kesukaannya di dalam kamar tamu tersebut setiap menginap di hotel ini.

    Integration of Cost Leadership and Differentiation Strategy

    Mc Donald sebagai perusahaan yang sudah mendunia dengan merk yang sudah terkenal, menawarkan produknya dengan harga yang relatif terjangkau tapi dengan beberapa diferensiasi. Dengan skala global, membuat franchise dan mengawasinya sesuai standar yang berlaku dapat membuat harga ditekan serendah rendahnya.

    ReplyDelete
    Replies



    1. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

      Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

      saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

      Pembayaran yang fleksibel,
      Suku bunga rendah,
      Layanan berkualitas,
      Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

      Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

      Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

      Delete
  2. PRASETYO PAMBUDI
    C1C011037



    Cost Leadership Strategy

    PT Citilink Indonesia yang merupakan anak usaha PT Garuda Indonesia yang disiapkan bersaing dengan maskapai penerbangan lain di kelas penerbangan murah atau low cost carrier. Pangsa pasar penerbangan murah di Indonesia memang cukup potensial sejalan dengan meningkatnya kelompok masyarakat kelas menengah yang mulai melirik moda transportasi udara sebagai pilihan untuk berpergian. Untuk dapat menekan biaya dan bersaing dengan maskapai penerbangan lain, PT Citilink Indonesia menerapkan strategi berikut : tidak ada pelayanan gratis (untuk pelayanan seperti asuransi, pembelian tiket, pemilihan tempat duduk, serta fasilitas bagasi Citilink membebankan biaya tambahan yang bervariasi per penumpang); jaringan atau rute penerbangan jarak pendek (Citilink memilih rute penerbangan jarak pendek yang mempunyai durasi penerbangan tidak lebih dari 3 jam agar dapat menghemat biaya); fasilitas yang standar (salah satu strategi menghemat biaya operasional penerbangan adalah fasilitas yang sederhana); sistem operasional sederhana (Citilink berencana akan menggunakan pesawat baling baling atau propheler dalam menjalankan usahanya, hal ini dilakukan karena Citilink hanya melayani rute penerbangan jarak pendek); penghematan distribusi dan strategi promosi (promosi dilakukan dengan penjualan tiket murah yang bisa menarik perhatian calon penumpang, Citilink juga bekerjasama dengan perbankan dalam penyediaan layanan tiket agar Citilink tidak perlu mengeluarkan biaya distribusi penjualan tiket)

    Differentiation Strategy

    Strategi diferensiasi berfokus pada pengembangan produk atau pelayanan yang menawarkan keunikan agar disukai konsumen dan konsumen mau membayar harga lebih. Strategi ini dijalankan oleh perusahaan computer terkenal Apple Computer. Apple menawarkan desain komputer yang unik yang berbeda dengan para pesaing. Apple juga menjual system operasi, utilitas, bahasa, developer tools, dan software yang hanya tersedia di Apple Store. Untuk menarik konsumen ke “era Digital Lifestyle” Apple tidak hanya menjual perangkat computer, melainkan berbagai perangkat gadget terbaru. Agar dapat bersaing, Apple terus melakukan inovasi yang tidak dapat diperkirakan oleh para pesaing. Hal ini sesuai dengan slogan Apple Computer “Think Different.”

    ReplyDelete
  3. Focus Cost Leadership Strategy

    Produsen minuman soda Big Cola merupakan
    salah satu perusahaan yang menerapkan strategi ini. Meskipun memilih segmen pasar yang sama, Big Cola mampu menjual minuman soda dengan harga yang lebih murah dibandingkan produsen lain seperti Pepsi ataupun Coca Cola. Big Cola mampu menjual minuman soda yang lebih murah karena mereka menggunakan bahan – bahan local dan diawal kemunculannya untuk menghemat biaya pemasaran mereka tidak melakukan pemasaran melalui iklan di media cetak ataupun elektronik melainkan sengaja membuang botol kemasannya ke tempat sampah agar produknya dilihat orang.

    Focus Differentiation Strategy

    Strategi ini dilakukan oleh PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) dengan mengeluarkan motor matic wanita dengan teknologi injeksi. Di tengah persaingan motor matic wanita yang semakin ketat, PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) menerapkan teknologi injeksi pada sepeda motornya. PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) mengeluarkan Honda Vario PGM-FI yang diklaim memiliki akselerasi yang lebih cepat, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Meskipun untuk memperolehnya konsumen harus membayar dengan harga yang lebih mahal, motor dengan teknologi injeksi ini tetap laku di pasaran. Selain hemat bahan bakar, sepeda motor ini juga dilengkapi dengan bagasi yang super besar dan mampu menampung sebuah helm.

    Integration of Cost Leadership and Differentiation Strategy

    Quick Chicken merupakan waralaba yang menjual makanan cepat saji yang menerapkan strategi ini. Mereka menjual makanan cepat saji yang beraneka ragam seperti burger, kentang goreng, ayam goreng, dll. Kelebihan dari Quick Chicken adalah mereka mampu menyajikan makanan dengan cepat dan dengan harga yang jauh lebih murah. Rahasia Quick Chicken mampu menekan biaya dengan produk yang bermacam – macam adalah mereka menggunakan bahan – bahan local, kios yang banyak jumlahnya, dan mereka tidak ragu untuk mencontoh produsen lain lalu memodifikasinya agar mampu menekan biaya.

    ReplyDelete
  4. Nama : aldi surya pratama
    Nim C1C011031

    Strategi cost leadership
    Asustek Computer Inc. atau yang lebih dikenal dengan ASUS, adalah sebuah perusahaan berbasis diTaiwan yang memproduksi komponen komputerseperti papan induk, kartu grafis, dan notebook. Asus belakangan ini mulai memproduksi PDA, Telepon genggam, monitor LCD, tablet dan produk komputer lainnya. Produk produk asus ditawarkan dengan harga yang lebih murah dari pesaingnya hal ini disebabkan dalam setiap perakitan komponen produk nya asus tidak melibatkan pihak ke tiga sehingga mereka dapat menghemat biaya produksi.

    Strategi diferensiasi
    Foremost merupakan produsen sepatu asal bandung di setiap produk sepatunya mereka memberikan identitas tersendiri yakni alasnya yang bermotif peta Indonesia hal ini merupakan salah satu cirri yang membedakan foremost dengan produsen sepatu lainnya. Foremost juga menjual setiap disain sepaatunya dalam jumlah yang terbatas, sehingga menciptakan kesan eksklusif bagi pelanggannya. Setiap sepatu yang dibuat juga menggunakan bahan kulit pilihan dan menggunakan metode hand made. Walaupun harga yang ditawarkan foremost tidak lah murah namun penjualan produk mereka tidak pernah menurun sebab mereka dapat memenuhi kebutuhan unik para konsumennya.

    Strategi biaya rendah terfokus
    PT. MINERVA MOTOR INDONESIA adalah produsen motor sport, mereka telah mengeluarkan beberapa seri motor sport seperti Minerva R 150 vx dan Minerva magelli 250 se. kedua motor sport ini hanya di bandrol masing masing seharga Rp 16.000.000 dan Rp 30.000.000 harga ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan motor sport lain dikelasnya yang bisa mencapai Rp 50.000.000. dengan harga yang murah ini PT. MINERVA MOTOR INDONESIA berharap agar mampu menggaet konsumen kelas menengah. Sehingga konsumen kelas menengah yang biasanya hanya membeli motor bebek kini bisa memiliki sebuah motor sport dengan harga yang terjangkau.

    Integrated cost leadership dan diferensiasi
    Dengan strategi integrated cost leadership dan diferensiasi perusahaan harus mampu menyediakan bagi konsumennya produk yang dibedakan dengan harga yang relative murah. Hal ini memungkinkan perusahaan dapat memperoleh akses pasar yang lebih luas dengan tingkat keuntungan yang tinggi. Sebagai contoh adalah produk mie instan indomie dengan berbagai diferensiasinya yang memiliki beraneka ragam rasa .yang di produksi oleh pt. Indofood dapat dijual dengan harga yang rendah yakni 1200 per bungkus. Untuk memproduksi mie instan dengan biaya yang rendah tentu diperlukan system produksi yang berbiaya rendah. Dengan strategi itu perusahaan ini dapat menguasai pasar mie instan di Indonesia.

    Strategi fokus diferensiasi
    Google memproduksi sebuah kamera untuk para pecinta fotografi Polaroid. Kamera Polaroid SC1630 yang diproduksi google ini memiliki ke istimewaan tersendiri yakni menggunakan system operasi android kamera ini juga memiliki fitur wifi dan sudah menggunakan touch screen. Kamera Polaroid sendiri identik dengan foto langsung cetak. Dengan perkembangan kamera digital posisi kamera Polaroid pun semakin tergeser. Hal ini yang membuat produsen asal amerika ini mencari celah di jaman tekhnologi digital seperti ini.

    ReplyDelete
  5. Nama: Muhammad Firman Agustian
    NIM: C1C011008

    1. Cost leadership strategy
    Suzuki Titan 115.
    Pada tahun 2010. PT Suzuki Indomobil dalam usaha untuk menghadapi persaingan dengan Honda dan Yamaha meluncurkan produk Suzuki Titan 115 dengan menawarkan harga yang rendah tetapi dengan kualitas yang tidak kalah dengan kompetitornya di industri sepeda motor Indonesia.
    Suzuki Titan siap menggoda calon konsumen yang akan memilih Vega ZR atau Revo
    2. Differentiation Strategy
    Honda Scoopy.
    PT AHM meluncurkan sepeda motor matik yang bergaya retro dengan nama Honda Scoopy.
    Sepeda motor ini menawarkan desain yang belum pernah ada di antara para kompetitornya. Dengan desain klasiknya, produk ini berhasil meraih perhatian para calon konsumen.
    3. Focus cost leadership strategy
    IKEA
    IKEA merupakan sebuah perusahaan furnitur Belanda yang berasal dari Swedia menggunakan strategi focus cost leadership.
    IKEA menargetkan pembeli usia muda yang menginginkan gaya tetapi dengan harga yang tetap rendah. Untuk target konsumen ini, IKEA menawarkan furnitur yang mengombinasikan desain yang bagus, fungsi, dan kualitas yang bisa diterima pasar dengan harga yang rendah.
    4. Focussed differentiation
    Kazoo Toys
    Kazoo Toys merupakan perusahaan penjual mainan yang berpusat di Denver, Amerika Serikat.
    Kazoo Toys berbeda dengan para kompetitornya dalam beberapa hal. Contohnya, perusahaan tidak menyediakan merk produk mainan yang terkenal (Mattel and Fisher Price) yang biasanya tersedia di retailer kompetitor. Kazoo malah menyediakan produk yang sudah tergolong langka seperti produk buatan Jerman, Gotz Dolls.
    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.
    Amazon
    Amazon, menawarkan konsumen dengan slogan “Premium Products at Non Premium Prices” pada produk tabletnya Kindle series. Amazon menawarkan Kindle dengan harga rendah dengan produk yang memiliki perbedaan.
    Dengan strategi ini Amazon bisa bersaing dengan Apple iPad yang harganya lebih mahal daripada Kindle

    ReplyDelete
  6. NAMA : INKA GUSTIANA
    NIM : C1C011074

    Level business strategy
    1. Strategi Kepemimpinan Biaya
    contoh perusahaan yang melaksanakan strategi kepemimpinan biaya adalah Emerson Electric, perusahaan elektrikal dan elektronik senilai $ 16 miliar, mengikuti strategi kepemimpinan biaya (cost leadership strategy) dan melaporkan peningkatan yang terus-menerus dalam laba selama 43 tahun tanpa pernah terputus. Perusahaan menyatakan bahwa kesuksesannya yang luar biasa tersebut terletak pada proses perencanaannya. CEO perusahaan menghabiskan hampir 60 % waktunya untuk merencanakan pertemuan. Para kepala dari ke-65 divisi menyajikan rencana-rencana mereka kepada CEO tersebut.

    2. Strategi Diferensiasi
    Contoh perusahaan yang melaksanakan strategi diferensiasi adalah Madtari yang terletak di kota Bandung. Perusahaan ini menjual produk makanan yang unik dengan keju sebagai poin utamanya. Seperti indomie goreng kornet telur yang diberi keju yang banyak atau pisang bakar coklat dengan keju yang banyak juga. Sehingga orang-orang di Bandung, jika mengingat keju yang segunung, teringat kepada madtari.

    3. Strategi Fokus Kepemimpinan Biaya
    Contoh perusahaan yang melaksanakan strategi ini adalah dell inc adalah sebuah perusahaan yang memproduksi dan memasarkan pernagkat keras komputer dan juga menjual server, alat penyimpanan data, switch jaringan dan kluster komputer untuk perusahaan. Perusahaan ini menggunakan sistem informasi untuk membuat produk dan jasa pada harga yang lebih rendah dari pesaing dengan peningkatan kualitas dan pelayanan. Karna itulah dell mampu mengeliminasi biaya-biaya yang timbul dalam usahanya.

    4. Strategi Fokus Diferensiasi Biaya
    Contoh perusahaan yang melaksanakan strategi ini adalah starbucks. Perusahaan ini hanya fokus menjual minuman kopi dengan berbagai macam variasi rasa seperti caramel, vanilla latte atau cappucino. Seperti yang telah kita ketahui, Perusahaan ini telah sukses, terkenal dan perusahaan ini mempunyai banyak cabang yang tersebar di berbagai negara termasuk di Indonesia sendiri.

    5. Strategi Integratif Kepemimpinan Biaya/Diferensiasi
    Contoh perusahaan yang melaksanakan strategi ini adalah komatsu. Komatsu adalah sebuah perusahaan multinasional yang memproduksi konstruksi , pertambangan , dan militer peralatan, industri alat-alat seperti mesin press, laser, dan termoelektrik generator perusahaan ini berhasil melakukannya karena biaya tenaga kerja dan baja yang murah. Pada tahun 1970 dollar menguat, sehingga sehingga komatsu dapat berhasil menerapkan strategi ekspor.

    ReplyDelete
  7. NAMA : EKA YULIANTI
    NIM : C1C011046
    1. COST LEADERSHIP STRATEGY
    Cross Mobile merupakan sebuah perusahaan elektronik asal Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2008 di Jakarta. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam perlengkapan elektronik. Barang yang dihasilkan oleh Cross Mobile ialah handphone. Kebanyakan orang menyatakan bahwa handphone Cross ini dirakit di China dengan teknologi asal Jerman, jadi bisa dibilang merek asli Indonesia dan bukan handphone bikinan Indonesia sepenuhnya. Cross mobile menggunakan cost leadership strategy dalam penjualan produk. Terbukti HP Cross di pasaran harga jualnya termurah namun tidak mengurangi fitur-fitur yang harusnya ada di handphone.
    2. DIFFERENTIATION STRATEGY
    The Coca-Cola Company menjual empat dari lima top minuman non alkohol sedunia, diantaranya: Coca‐cola, Diet coke, Sprite, dan Fanta. kurang lebih memproduksi 400 merk yang terdiri lebih dari 2600 produk minuman. Produk‐produk coca cola didistribusikan melalui restoran dan toko makanan, serta pemasok. Coca Cola menciptakan perhatian konsumen dengan cara membuat berbagai macam benda-benda cinderamata berlogo Coca-Cola. Benda-benda tersebut kemudian dibagi-bagi di lokasi-lokasi penjualan penting yang berkesinambungan. Gaya periklanan yang inovatif, seperti desain warna-warni untuk bus, lampu gantung hias dari kaca, serta serangkaian cinderamata seperti kipas, tanggalan dan jam dipakai untuk memasyarakatan nama Coca-Cola dan mendorong penjualan di samping produk Coca Cola yang beragam.
    3. FOCUS COST LEADERSHIP STRATEGY
    PT. Buana Jialing Sakti Motor adalah salah satu perusahaan menggunakan strategi FOCUS COST LEADERSHIP STRATEGY. unit bisnis PT. Buana Jialing Sakti Motor bekerja keras mencapai biaya produksi dan distribusi terendah, sehingga harganya dapat lebih rendah daripada pesaing dan mendapat pangsa pasar yang besar. Perusahaan ini terampil dalam rekayasa (engineering), pembelian, produksi, maupun distribusi.
    4. FOCUS DIFFERENTIATION STRATEGY
    Hotel Amanjiwo di Borobudur Jawa Tengah harga per kamar per malam termurah lebih dari 2 juta rupiah. Sebuah sanctuary dengan pemandangan perbukitan Menoreh dan Candi Borobudur menjadi tempat pelarian sempurna. Kemewahan dan ekslusifitas kelas 1 bisa didapatkan. Beberapa penghargaan seperti Top 20 International Hideaways dari Andrew Harper's Hideaway Report 2011 Reader Survey Awards dan The 100 Best Hotels in the World 2011 dari The Sunday Times Travel Magazine, UK semakin menegaskan bahwa hotel ini begitu sempurna di mata tamunya. Hotel Amanjiwo menyediakan fasilitas seperti restoran, bar, perpustakaan, boutique, art-gallery, spa, kolam renang, pool dub, gym, lapangan tennis dan WiFi. Tersedia 36 kamar yang masing-masing dilengkapi dengan fasilitas melebihi hotel bintang 5. Harga kamar sudah termasuk airport transfer dan Bandara Adi Sutjipto dan Adi Sumarno.
    5. INTEGRATED COST LEADERSHIP / DIFFERENTIATION STRATEGY
    ZARA mempunyai keunggulan kompetitif di pasar karena dapat memodifikasi desain yang ada dan mengantarkan mereka ke rak-rak toko dalam sedikit sebagai dua minggu. Perusahaan lain memerlukan setidaknya dua kali lebih banyak waktu untuk memodifikasi dan menghasilkan suatu produk. Pada tahun 2007 perusahaan mulai menawarkan pakaian pria di samping lini mode perempuan. toko Zara juga menawarkan sepatu, kosmetik, aksesoris fashion dan telah mengembangkan garis pakaian anak-anak. Biaya upah rendah dan kontrol dari seluruh proses memungkinkan perusahaan untuk menawarkan produk lebih murah dari pengecer serupa lainnya.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. NAMA : ALFIAH RENI PRIYANTI
    NIM : C1C011103

    Level Business Strategy

    1. Strategi Kepemimpinan Biaya
    Contoh yang melaksanakan strategi kepemimpian biaya adalah Nexian yang masuk ke pangsa pasar Indonesia dengan menawarkan Handphone dengan harga murah dan fitur yang lengkap. Dengan Menerapkan strategi keunggulan biaya yang relatif rendah. Nexian berhasil merajai pangsa pasar masyarakat menengah ke bawah di Indonesia. Tapi tidak semudah itu mempertahankan kejayaannya, karena semakin lama banyak pesaing handphone merk china yang masuk dan menawarkan fitur yang lebih baik dan dengan harga yang relatif bersaing. Nexian terus berinovasi dengan mengeluarkan produk-produk yang terkesan elegant dan prestisius dengan harga yang miring. Dengan inovasi yang terus berlanjut dan pelayanan yang terus ditingkatkan, Nexian akan tetap bisa bertahan walaupun pesaing-pesaing masuk dengan berbagai ancaman.

    2. Strategi Differensiasi
    Contoh perusahaan yang melaksanakan strategi diferensiasi adalah Perusahaan kaos“JOGER” yang berpusat di Bali sudah sangat terkenal, mungkin bukan hanya oleh orang Indonesia, tapi hingga manca negara .JOGER sendiri telah mempunyai hak cipta, sehingga tidak bisa di bajak oleh perusahaan lain. Selain itu keunikan dari Joger berisi kata-kata yang nakal, lucu dan membuat orang menjadi penasaran akan maknanya.Setiap orang yang ingin mendapatkan kaos JOGER tersebut, ia mau tidak mau harus datang ke Bali walaupun dengan harga yang cukup mahal, namun tetap banyak diminati karena orang tidak bisa mendapatkan kaos tersebut di tempat lain.

    3.Strategi Focus Kepemimpinan Biaya
    Contoh perusahaan yang melaksanakan strategi ini adalah PT. Lion Wings yang mengeluarkan produk pasta gigi yang di beri merk “Zact”.Produk ini di keluarkan dengan harga pasar yang relative murah yaitu di bawah harga merk pasta gigi lain yang sudah muncul sebelumnya seperti pepsodent, formula, dsb. Produk “Zact” ini diformulasikan khusus untuk para perokok dan penggemar kopi sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pemasarannya adalah focus cost leadership yaitu produk berharga murah dengan focus segmentasi perokok dan penggemar kopi.

    4. Strategi Fokus Diferensiasi Biaya
    Contoh yang melaksanakan strategi ini adalah Produk switzal seperti yang kita ketahui merupakan produk yang mengeluarkan semua kebutuhan bayi, mulai dari alat mandi, lotion, sampai minyak wangi untuk bayi.Strategi ini memang membidik kebutuhan bayi khususnya untuk perlengkapan mandi dan sejenisnya.

    5. Strategi Intergratif Kepemimpinan Biaya/Diferensiasi
    Contoh yang melaksanakan strategi ini adalah Mustika Ratu merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik. Mustika Ratu menggunakan bahan alami untuk membuat produk kecantikannya. Bahan alami yang digunakan merupakan bahan yang asli dari Indonesia dan kebanyakan sudah dapat diketahui masyarakat fungsi dari bahan tersebut. Inilah pembeda Mustika Ratu dengan produk kosmetik yang lain yang kebanyakan menggunakan bahan kimia. Mustika Ratu juga mampu bersaing dengan harga yang dapat diterima di masyarakat. Dengan naturalism ala Indonesia, Mustika Ratu tetap mampu berdiri di kondisi yang modern karena terus selalu mengembangkan tekhnologi dalam produksinya sehingga tidak kalah bersaing dengan produk yang lain.

    ReplyDelete
  10. Nama: Megitha Pratiwi
    Nim: C1C011098

    1. Cost leadership strategy
    Contoh perusahaan yang menggunakan strategi ini adalah Carefour. Perusahaan ini merupakan salah satu ritel terbesar di dunia yang menjual berbagai macam produk dengan harga yang cukup kompetitif dibandingkan dengan toko lainnya karena Carrefour memperkenalkan konsep hipermarket untuk pertama kalinya, yaitu sebuah supermarket besar yang mengombinasikan department store (toko serba ada) yang pada zaman sekarang ini sudah sangat dikenal keberadaannya.

    2. Differentiation strategy
    Strategi ini digunakan oleh Sour Sally. Sour Sally adalah sebuah outlet yogurt beku tanpa lemak revolusiner pertama di Indonesia, yang didirikan di pada tahun 2008. memiliki berbagai varian rasa yogurt beku, aneka ragam topping dan aneka ragam smoothie.

    3. Focus cost leadership strategy
    Contoh perusahaan yang menggunakan strategi ini adalah ACE Hardware. ACE Hardware merupakan salah satu toko retail yang menjual berbagai peralatan rumah tangga dan dengan harga yang beragam juga dapat terjangkau oleh semua kalangan.

    4. Focus differentiation strategy
    Perusahaan yang menerapkan strategi ini adalah Harley Davidson. Harley Davidson memusatkan pada pemakai sepeda motor yang menginginkan sepeda motor yang bertenaga kuat dan hanya menjangkau untuk target pasar dalam kalangan konsumen menengah atas atau tertentu saja.

    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.
    Strategi ini digunakan oleh Levi’s. Levi’s menawarkan barang-barang fashion saat ini yang diinginkan dengan harga yang relatif standar dengan produk sejenis lainnya. Levi’s dapat merancang dan mulai manufaktur model baru dengan cepat, sehingga dapat dikatakan sangat fleksibel dan dapat beradaptasi dengan mudah terhadap perubahan di pasar atau dengan pesaing.

    ReplyDelete
  11. Nama : Linda Nurzakiah
    Nim : C1C011006

    1.STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA (COST LEADERSHIP)
    Nexian (nexianberry) merupakan salah satu handphone yang High-Tech namun memiliki pangsa pasar yang cukup luas karena harganya terjangkau. Tidak hanya itu, Nexian melakukan kerjasama dengan beberapa provider seperti Excelcomindo, Indosat, Telkomsel, dan lain-lain. Handphone pintar yang berteknologi tinggi ini sangat diminati karena banyak fitur yang dapat digunakan oleh konsumen, dengan harga yang murah Nexian tidak khawatir akan mengalami penyusutan laba, karena nexian melakukan penghematan biaya lewat marketing strategy. Adanya keputusan untuk bekerjasama dengan tiga provider terhebat di Indonesia, Nexian akan menghemat biaya pemasaran karena dari pihak provider tentu saja sudah memiliki strategi promosi dan pangsa pasar yang sangat besar.

    2.STRATEGI DIFERENSIASI (DIFFERENTIATION)
    Walls merupakan produsen Ice Cream terfavorit di dunia. Salah satu produk andalan dari walls adalah Magnum. Para pencinta Ice Cream sangat mengidolakan ice cream ini walaupun harganya relative mahal. Perbedaan yang mendasar adalah setiap gigitan dalam ice cream tersebut akan menimbulkan prestige tersendiri karena mahal namun sangat lezat dan tidak tanggung-tanggung produksinya pun menggunakan bahan dasar cokelat dari Belgia. Walls juga memproduksi berbagai jenis ice cream, namun hanya ada satu jenis ice cream yang memiliki cafƩ yakni magnum cafƩ yang telah tersebar di seluruh dunia. Hal ini yang mebuat berbeda, adalah adanya magnum cafƩ yang tidak dimiliki oleh kompetitornya. Dengan beberapa olahan dari ice cream magnum, maka konsumen sangat terbuai oleh lezatnya ice cream magnum yang hanya di magnum cafƩ.

    3.STRATEGI FOKUS DIFERENSIASI (FOCUSED DIFFERENTIATION)
    Perusahaan televise swasta , yaitu TV One hanya menyiarkan tanyangan berita saja, baik politik, sosial, budaya maupun ekonomi. Berbeda dengan stasiun televise lainnya yang mengkombinasikan acaranya dengan tayangan berupa sinetron, kuis, atau acara hiburan yang lain. TV One lebih menyoroti kejadian-kejadian yang ter-Up date dalam dunia politik, hukum, ekonomi, dan yang lainnya. Acara yang seperti itu hanya menarik kalangan orang-orang tertentu yang membutuhkan, bukan masyarakat awam. Namun hal ini membawa dampak yang positif karena kita bisa tahu berita apa saja yang sedang marak dibicarakan, terutama bagi pelaku bisnis juga karena bisa mengetahui berapa niali saham dari setia indeks saham, baik dari dalam maupun luar negeri.

    4.STRATEGI FOKUS KEPEMIMPINAN BIAYA (FOCUSED COST LEADERSHIP)
    Produk BNI 46 khusus mahasiswa, produk tersebut bernama tapma (tabungan mahasiswa). Tapma merupakan produk BNI 46 berupa tabungan yang diperuntukan bagi mahasiswa. MAhasiswa yang menggunakan produk Tapma hanya dikenakan biaya administrasi Rp. 250,- selain itu, mahasiswa yang menggunakan tapma hanya dikenakan setoran awal minimal Rp. 25.000,- setoran awal yang rendah dan biaya administrasi yang murah dikenakan pada produk ini sehingga sangat cocok untuk mahasiswa.

    5.STRATEGI INTEGRATED COST LEADERSHIP/DIFFEENTIATION
    Detol adalah merk sabun khusus yang mempunyai pembeda dengan yang lain berupa keunggulan dalam segi antiseptic dan perlindungan terhadap kumah dibandingkan sabun antiseptic lainnya. Konsumen merasa lebih terlindungi dan aman terhadap kuman dan bakteri yang menempel pada aktivitas sehari-hari karena telah memakai detol. Dengan aromanya yang khas merupakan ciri tersendiri bagi konsumen, disamping itu harganya yang terjangkau merupakan prioritas utama bagi konsumen.

    ReplyDelete
  12. WIKKY WIJAYANA
    C1C011053

    1. Cost leadership strategy
    Contohnya adalah Bus AKAP Sinar Jaya yang menetapkan tarif lebih rendah daripada Bus AKAP lainnya meskipun fasilitas yang diberikan kepada penumpangnya memang relatif lebih rendah misalnya makanan yang diberikan kepada penumpang kurang enak, atau tidak tersedianya toilet di dalam bus.

    2. Differentiation strategy
    Cotohnya adalah keripik Maicih, dimana produk ini melakukan kreasi dengan membuat kripik yang memiliki rasa pedas yang bertingkat-tingkat mulai dari level 1 sampai level 10 dengan cita rasa pedas yang khas dan berbeda dari kripik pedas lainnya.
    hasilnya keripik ini sempat merajai pasar keripik pedas di Indonesia.

    3. Focus cost leadership strategy
    contoh perusahaan yang menggunakan strategi ini adalah perusahaan saus yang biasa digunakan oleh pedagang bakso / mie ayam yang tidak terlalu mewah, misalnya perusahaan saus cap piring cabai.
    perusahaan seperti ini biasanya dalam pembuatan sausnya menggunakan bahan baku yang kualitasnya kurang baik untuk dapat menekan anggaran mereka, karena memang pasar yang menjadi target mereka adalah seperti para pedagang-pedagang bakso atau mie ayam yang juga menginginkan saus dengan harga yang murah.

    4. Focus differentiation strategy
    contohnya adalah perusahaan-perusahaan mobil mewah seperti ferrari, audi, mercedes benz, bmw, lamborghini, dll yang selalu mengutamakan keunikan dan fasilitas dari produk mereka dan cenderung tidak terlalu mempermasalahkan ketika mereka harus menetapkan harga yang tinggi pada produk mereka karena target pasar mereka emang pasar kelas atas.

    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.
    contohnya adalah Bebek Goreng Haji Slamet. dengan menggunakan resep rahasia, mereka menghasilkan produk bebek goreng dengan rasa yang berbeda dengan para pesaingnya tetapi dengan harga yang masih kompetitif, dan kini caabngnya sudah tersebar di berbagai kota dipulau Jawa.

    ReplyDelete
  13. RIANA ANUGRAH FITRI
    C1C011011

    1.COST LEADERSHIP STRATEGY
    Sampo Lifebuoy
    Sampo lifebuoy adalah salah satu produk dari PT. Unilever Indonesia Tbk. Sampo ini menawarkan berbagai keunggulan dan varian seperti Lifebuoy Strong and Shiny, Lifebuoy Anti Dandruff, dan Lifebuoy Anti Hair Fall. Sampo lifebuoy berslogan merawat kesehatan rambut keluarga. Walaupun terkesan modern dan menawarkan berbagai varian, sampo ini tetap dapat memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar sampo. Harga per sachet dari sampo ini hanya sebesar Rp. 250. Hal ini sangat berbeda dengan produk sampo lain yang harganya jauh di atas harga sampo lifebuoy.

    2.DIFFERENTIATION STRATEGY
    Innovation Store (IS)
    Innovation Store (IS) adalah chain shop yang diciptakan oleh DRTV Corporation untuk berada dekat dengan konsumen yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia serta memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang ingin melihat dan membeli produk secara langsung, baik melalui telepon, internet, maupun mengunjungi secara langsung outlet yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.
    "We Innovate For Life" telah menjadi slogan IS selama bertahun-tahun lamanya hingga sekarang. Kata inovasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari IS sehingga jelas terlihat melalui nama dan slogannya IS menyampaikan pesan mengenai komitmen serta identitas yang disandangnya. Sehingga produk yang di tawarkan di innovation store ini lain daripada yang lain. Di setiap produknya memiliki keunikan tersendiri dan mengandung unsur inovasi. Karena itulah, innovation store dapat membebankan harga-harga premium kepada pelanggan.

    3.FOCUSED COST LEADERSHIP STRATEGY
    Sirlo Steak
    Sirlo Steak adalah tempat kuliner yang menyediakan makanan lezat dengan menu utama steak. Selain itu, menu lain seperti nasi goreng, spaghetti, fetucinni, dan aneka sop juga tersedia disini. Uniknya, walaupun menu utamanya adalah steak, harga setiap menu di Sirlo Steak termasuk murah dan pas dengan kantong mahasiswa. Kebanyakan Sirlo Steak dibangun di sekitar daerah kampus, sehingga menjadi sasaran bagi para mahasiswa yang ingin makan steak bintang lima dengan harga kaki lima. Harga makanan mulai 8000an dan minuman mulai 2000an. Yang paling menarik adalah adanya promo setiap hari karena mottonya adalah SIRLO SELALU ADA PROMO!! promo selalu di update melalui jejaring sosial. Jadi, fokus dari Sirlo Steak adalah kalangan mahasiswa.

    4.FOCUSED DIFFERENTIATION STRATEGY
    Ferrari
    Ferrari adalah sebuah produsen mobil balap dan mobil sport Italia berperforma tinggi yang berbasis di Maranello, Italia. Perusahaan yang mensponsori para pembalap dan membuat mobil balap ini, pindah ke produksi kendaraan komersial yang dikenali sebagai Ferrari pada tahun 1947. Perusahaan ini kemudian juga mengembangkan produksi mobil independen pada 1946, dan kemudian menjadi Ferrari S.p.A., dan sekarang dikuasai oleh grup Fiat.
    Mobil Ferrari diperuntukkan bagi mereka yang menginginkan kemewahan dalam berkendara. Mobil ini berbicara soal hasrat, bukan transportasi.

    5.INTEGRATED COST LEADERSHIP / DIFFERENTIATION STRATEGY
    Depo Pelita
    Depo Pelita adalah sebuah Perusahaan Pertokoan Besar Ritel Bisnis dengan konsep ONE STOP SHOPPING dimana semua kebutuhan rumah semuanya tersedia lengkap. Material bangunan, Elektronik, Komputer dan Laptop, Stationery, Furniture, Fashion / Tas / Sepatu, Houseware, Nursery, Food Court, Tempat bermain anak-anak dan Games. Hal ini adalah suatu bentuk diferensiasi, dimana jarang ada pertokoan yang menyediakan segala jenis kebutuhan. Walaupun begitu, untuk setiap produk yang dijual di Depo Pelita dihargai dengan tingkat harga yang murah, bahkan lebih sering harganya justru di bawah harga di pasaran pada umumnya. Artinya, Depo Pelita juga menggunakan strategi kepemimpinan biaya karena harganya yang murah.

    ReplyDelete
  14. DWI SAPTYA RINI
    C1C010105

    1. Cost leadership strategy
    Contohnya adalah Wall-mart merupakan perusahaan retail terbesar didunia yang menerapkan strategi kepemimpinan biaya yaitu dengan menjual produk bermerk dengan harga rendah melalui penerapan sistem supply chain yang efektif dan efisien yang didukung oleh infrastruktur dan teknologi informasi yang canggih.

    2. Differentiation strategy
    Contohnya adalah Google yang merupakan mesin pencari terbesar di dunia sampai saat ini, Google telah merespon lebih dari 100 juta permintaan pencarian dalam sehari. Teknologi pencarian Google yang inovatif dan tata muka pemakainya yang elegan menempatkan Google pada posisi yang jauh berbeda dari mesin pencarian generasi pertama yang tersedia saat ini. Dibandingkan dengan hanya menggunakan teknologi kata kunci atau metasearch, Google memakai teknologi terbaru PageRank yang sedang dipatenkan, teknologi ini menjamin informasi-informasi yang terpenting akan ditampilkan dahulu

    3. Focus cost leadership strategy
    Contohnya adalah Dell Computer , perusahaan ini menggunakan sistem informasi untuk membuat produk dan jasa pada harga yang lebih rendah dari pesaing dengan peningkatan kualitas dan pelayanan. Karena itulah Dell mampu mengeliminasi biaya-biaya yang timbul dalam usahanya. Dell, Inc. adalah sebuah perusahaan berbasis di Round Rock, Texas, Amerika Serikat, memproduksi dan memasarkan perangkat keras komputer (kebanyakan klon IBM). Sebagian pasarnya berada di komputer pribadi, namun Dell juga menjual server, alat penyimpanan data, switch jaringan, dan kluster komputer untuk perusahaan. Pada tahun 2005 Dell Inc. telah menjadi salah satu perusahaan yang paling dipandang.Pada Februari 2005, Dell tampil di tempat pertama di dalam urutan Perusahaan Paling Dibanggakan majalah Fortune.

    4. Focus differentiation strategy
    Contohnya adalah Land’ End adalah perusahaan peritel pakaian yang bermarkas di Wisconsin. Perusahaan ini memfokuskan diri dalam bidang pakaian kasual, luggage, dan perabotan rumah tangga. Sebagian besar bisnis dilakukan lewat pesan surat dan penjualan lewat internet. Namun, perusahan juga menjalankan lebih dari selusin operasi ritel termasuk di luar Amerika yaitu di Inggris, Jerman,dan Jepang

    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.
    Contohnya adalah PT Indofood Sukses Makmur yang memproduksi mie instant dengan berbagai diferensiasinya dan dapat dijual dengan harga yang rendah (harga eceran Rp 1200,-) per bungkusnya. Untuk dapat membuat produk mie instan dengan harga jual yang rendah tentu harusmemiliki sistem produksi yang berbiaya rendah. Dengan strategi itu, perusahaan ini menguasai pasar mie instan di Indonesia bahkan mampu melebarkan produksi dan pemasarannya di luar negeri.

    ReplyDelete
  15. NAMA : DWINA ARHIYAN DHINI
    NIM : C1C011003

    1. Cost Leadership Strategy
    Perusahaan yang menggunakan cost leadership salah satunya adalah Mie Sedaap, yaitu merek mie instan populer kedua di Indonesia, diproduksi oleh Wings Food dan diluncurkan pada tahun 2003. Pada saat memasuki pasar, untuk dapat menembus pangsa pasar, mie sedaap menggunakan penetapan harga rendah yang akhirnya dapat menyaingi produk mie instan yang saat itu sangat dipercaya oleh masyarakat yaitu Indomie.

    2. Differentiation Strategy
    Progressive Insurance, merupakan perusahaan yang membedakan dirinya dari perusahaan-perusahaan asuransi mobil lainnya dengan kecepatan pelayanannya. Perusahaan ini menyediakan pelayanan 24 jam selama 7 hari / seminggu untuk merespon klaim pemegang asuransi. Pegawai yang bertanggung jawab pada klaim akan segera sampai di tempat kecelakaan dengan komputer portabel, perangkat lunak yang inteligen dan diberi wewenang penuh untuk memutuskan hasil dari klaim. Strategi ini membuat perusahaan asuransi ini tumbuh dan berkembang dengan cepat, serta meningkatkan marjin labanya.

    3. Focus Cost Leadership Strategy
    Rabbani, yang memproduksi berbagai perlengkapan muslim, toko-tokonya pun telah tersebar luas di hampir seluruh kota di Indonesia. Berbagai jenis kerudung, baju muslim, perlengkapan sholat juga tersedia dengan model yang bervariasi dan tentunya berbeda dengan yang lainnya ditambah lagi terdapat suatu ciri khas produk rabbani. Harganya juga terjangkau dan memiliki kualitas yang bagus.

    4. Focus Differentiation Strategy
    JOGER bali, merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan strategi diferensiasi terfokus. Mereka memasang harga yang cukup tinggi untuk produk-produknya, karena memang produk Joger sangat unik. Pembeli pun tidak segan untuk membayar mahal. Segmen pasar joger terfokus hanya pada wisatawan dan masyarakat sekitar Bali, karena JOGER tidak membuka cabang dimanapun.

    5. Integration of Cost Leadership and Differentiation Strategy
    Carrefour Indonesia, merupakan perusahaan retail yang cukup besar dengan berbagai kompetitornya. Carrefour menjadi departement store yang dapat mengena di hati masyarakat karena memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Hampir segala kalangan dapat dikuasai oleh carrefour. mulai dari harga yang terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah dan high price untuk kalangan menengah ke atas. Carrefour juga menjalin kerjasama dengan Trans Corp dan perusahaan besar lainnya sehingga Carrefour merupakan media, lifestyle, retail, serta entertainment. Dengan melakukan strategi bisnis tersebut, carrefour akan dapat memangkas biaya promosi dari berbagai media, sehingga dapat menjadi departemen store yang berbeda dan terjangkau.

    ReplyDelete
  16. Nama : Intan Puspita Dewi
    NIM : C1C011055

    1. STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA (COST LEADERSHIP)
    Caterpillar Company (CAT) merupakan perusahaan alat berat yang berada di Peorian Illinos. Perusahaan ini menghadapi persaingan berat dari perusahaan alat berat di Jepang yaitu Komatsu yang menawarkan bulldozer kepada Amerika Serikat dengan harga 40% lebih murah, sehingga pada tahun 1985 CAT kalah bersaing dan mengalami kerugian. Kemudian CAT memutuskan untuk memasang system teknologi informasi senilai $2 milyar dengan media satelit, sehingga menghasilkan pengurangan biaya sediaan dalam proses, waktu pemesanan. Dan CAT kembali menguasai persaingan sebesar 30%.

    2. STRATEGI DIFERENSIASI (DIFFERENTIATION)
    Digital Equipment Corporation (DEC) menggunakan system pakar dengan nama X-con untuk mengkonfigurasi system komputer yang dipesan oleh pembeli. Dengan system ini DEC dapat menawarkan komputer tetapi dengan spesifikasi konfigurasi yang berbeda sesuai dengan keinginan konsumen. Akan tetapi X-con sekarang sudah ditinggalkan oleh DEC karena perkembangan konfigurasi yang sangat cepat dari industry komputer yang mengakibatkan kombinasi konfigurasi komputer menjadi banyak sekali.

    3. STRATEGI FOKUS DIFERENSIASI (FOCUSED DIFFERENTIATION)
    Ritz Carlton Hotel menerapkan strategi focus diferensiasi untuk melayani tamu-tamunya. Hotel ini menggunakan system teknologi informasi yang disebut “class” untuk mengidentifikasikan informasi tentang tamu-tamunya, termasuk pilihan merk anggur tertentu, Koran lokal asal tamu dan arah menghadap jendela. Preferensi dari tamu diperoleh saat check in dan dari lembaran komentar-komentar, saran-saran dan kritik yang disediakan didalam kamar. Misalnya preferensi tamu yang tersimpan di computer “class” adalah menyukai bunga mawar, maka hotel ini akan menyediakan bunga mawar sesuai dengan kesukaannya di dalam kamar tamu tersebut setiap menginap di hotel ini.

    4. STRATEGI FOKUS KEPEMIMPINAN BIAYA (FOCUSED COST LEADERSHIP)
    Mobil Suzuki APV yang memimpin penjualan mobil keluarga. Artinya kendaraan yang diprodukai Suzuki ini mengisi pasar yang telah terlebih dahulu diisi Avanza dari Toyota dan kembarannya Xenia dari Daihatsu. Maven dari Mitsubishi dan yang lebih mewah dari Nissan. Ruangan penumpang yang lega membuat mobil ini cocok untuk keluarga berjumlah 6 orang. Barang-barang pun cukup banyak yang bisa dibawa dengan mobil ini. Dibandingkan dengan pabrikan lain mobil ini dipandang masih jauh lebih murah dan cocok sebagai mobil keluarga.

    5. STRATEGI INTEGRATED COST LEADERSHIP/DIFFEENTIATION
    Sejak 27 tahun yang lalu, Sariayu Martha Tilaar telah dikenal masyarakat luas sebagai salah satu kosmetik dekoratif dan skin care berbahan dasar alami. "Kita sebagai bangsa keempat terbesar di dunia marilah kita bersatu mencintai culture, kekayaan alam, tanah air, misalnya sumber daya laut, hutan, dan kebudayaan kita. Itu merupakan inspirasi yg luar biasa buat saya," papar Martha Tilaar, selaku pendiri Martha Tilaar Group. Inilah pembeda Sariayu Martha Tilaar dengan produk kosmetik yang lain yang kebanyakan menggunakan bahan kimia. Sariayu Martha Tilaar juga mampu bersaing dengan harga yang dapat diterima di masyarakat, juga tetap mampu berdiri di kondisi yang modern karena selalu mengembangkan tekhnologi dalam produksinya sehingga tidak kalah bersaing dengan produk yang lain.


    ReplyDelete
  17. STEFISANI NAULITA MANALU
    C1C011110

    1. Cost leadership strategy
    Perusahaan Johnson&Johnson menerapkan sistem desentralisasi untuk menekan biaya produksi dikarenakan Johnson&Johnson memiliki 250 cabang yang tersebar di 130 negara. Jika dibandingkan dengan sentralisasi, sistem desentralisasi lebih menguntungkan karena manajemen Johnson&Johnson terdiri dari orang-orang lokal yang benar-benar memahami konsumen, kebutuhannya, serta pemerintah di tempat tersebut. Jika manajemen menggunakan sistem sentralisasi, satu masalah dapat berpengaruh global ke semua lapisan manajemen. Akan tetapi dengan sistem desentralisasi, satu masalah di salah satu cabang tidak akan berpengaruh besar, sehingga sangat menghemat biaya.

    2. Differentiation strategy
    Rolex menerapkan suatu strategi diferensiasi. Jam tangan Rolex terbuat dari emas dan dibuat dengan tangan dan merupakan subjek dari pengujian kualitas dan keandalan. Reputasi perusahaan membuatnya mampu menetapkan harga ribuan dolar untuk produk jam tangannya.

    3. Focus cost leadership strategy
    Perusahaan Starbucks hanya fokus menjual minuman kopi . Starbucks melibatkan pelanggan dengan menampung ide-ide pengembangan produk baru maupun layanan dari pelanggannya. Ide-ide terbaik yang masuk kemudian dipollingkan ke pelanggan dan selanjutnya ide yang paling banyak dipilih pelanggan akan direalisasikan oleh Starbucks. Seperti yang telah kita ketahui, perusahaan ini telah sukses, terkenal dan perusahaan ini mempunyai banyak cabang yang tersebar di berbagai negara termasuk di Indonesia sendiri dengan berbagai macam variasi rasa seperti caramel, vanilla latte atau cappucino..

    4. Focus differentiation strategy
    Produk switzal merupakan perusahaan yang khusus memproduksi produk untuk bayi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan para bayi di seluruh dunia dengan memproduksi produk-produk dengan kualitas tinggi, tahan lama dan user-friendly untuk bayi dan toddlers. Selain memproduksi kebutuhan bayi, mulai dari sabun , lotion , sampai parfum untuk bayi juga tissue basah . Strategi ini memang membidik kebutuhan bayi khususnya untuk perlengkapan mandi dan sejenisnya.

    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.
    Kita tahu bahwa PT TOKOBAGUS adalah perusahaan yang menyediakan layanan on line dengan alamat website yang menawarkan berbagai kebutuhan perlengkapan rumah tangga, elektronik , mobil , motor , rumah, fashion , jasa , dan lain sebagainya. Barang yang diperjual belikan bisa dari barang bekas maupun baru. Setiap perusahaan atau perorangan bisa mendaftar menjadi member dan kemudian bisa memasang iklan tentang produk mereka dan harga yang ditawarkan .

    ReplyDelete
  18. NAMA : HUSNUDIN AZMI
    NIM : C1C011028
    1.Cost Leadership strategy
    Contoh dari cost leadership strategy salah satunya adalah Bus BUDIMAN.Dimana BUDIMAN menerapkan dengan kualitas dan fasilitas yang bagus dan nyaman dengan diberikannya makanan yang memuaskan dan tempat duduknya terdapat AC dengan tarif harga yang terjangkau oleh konsumen.
    2. diferentiation strategy
    Salah satu contoh dari Diferetation strategy adalah JNE. Dimana JNE memberikan jasa pelayanan dalam pengiriman sebuah barang, yang memiliki kualitas yang hampir sama dengan kantor pos.selain itu,penggunaan jasa JNE tidak mahal yang dimana masih bisa terjangkau oleh masyarakat.sehingga banyak yang menggunakan jasa JNE dalam mengirimkan sebuah barang.
    3. Focus cost leadership strategy
    Salah satu contohnya adalah usaha berdagang bakso malang pahariyangan yang dimana penjualannya sudah tersebar di berbagai tempat,yang memiliki ciri khas dalam menjual dagangan terdapat,siomay,tahu dan bentuk mienya bisa dibuat yamin atau kuah. Harganya juga masih bisa terjangkau oleh konsumen.
    4. Focus diferentation strategy
    Salah satu contohnya adalah perusahaan yang bergerak dalam penjualan baju yaitu CROCODILE. Dalam penjualannya lebih mengutamakan style dan keunikan bahan yang digunakan dalam pembuatan bajunya sehingga perusahaan lain akan sulit untuk menirunya.
    5. Integration of cost leadership and diferentation strategy
    Salah satu contohnya adalah tabloit pulsa. Menwarkan preview dan review perangkat komunikasi dan teknologi terbaru seperti gadget dan handpone secara lengkap dan menawarkan harga yang sama denga pesaing dengan kualitas yang lebih bagus seperti setiap halaman di tabloit tersebut seluruhnya berwarna.

    ReplyDelete
  19. BALQIS FAKHRANA QISTHI
    C1C011040

    CONTOH BUSINESS LEVEL STRATEGY

    1) Cost Leadership Strategy
    Matahari Department Store adalah sebuah jaringan toserba yang menjual baju dan pakaian lainnya. Matahari adalah salah satu perusahaan ritel terkenal di Indonesia. Ini karena harganya lebih murah dibandingkan dengan Sogo. Selain harga nya murah, produk yang di tawarkan juga bermacam-macam dan sering sekali terjadi diskon. Matahari department store menyediakan berbagai kebutuhan fashion dan pendukungnya. Kebanyakan konsumen nya adalah para keluarga yang berbelanja di Matahari Department Store ini.

    2) Differentiation Strategy
    Distro Bloop dan Endorse adalah pusat belanja anak muda yang terkenal di Jakarta tepatnya di daerah Tebet. Distro ini memproduksi berbagai macam produk yang unik dan mempunyai karakteristik tersendiri. Memang distro ini jauh lebih mahal dibanding distro-distro lain, karena distro ini mendesain sendiri produknya. Salah satu desainer BLOOP dan ENDORSE adalah URBIE. Bloop dan Endorse menawarkan berbagai macam fashion dan aksesoris lainnya untuk berbagai kalangan tidak hanya remaja saya dan bermacam-macam model dengan harga yang bervariasi pula. Mekipun harganya bisa dibilang lumayan mahal tetapi distro ini mempunyai ciri khas tersendiri dan tidak sama dengan distro-distro lainnya.


    3) Focus Cost Leadership Strategy
    Attack mengeluarkan produk terbarunya yaitu Attack Batik Cleaner. Sabun cair yang diciptakan khusus untuk mencuci batik dan bahan halus lainnya. Kandungan pembersihnya berasal dari bahan alami, sehingga baik untuk mencuci batik karena halus dan lembut. Sabun ini membuat warna batik menjadi tidak pudar atau luntur dan wangi nya segar alami.

    4) Focused Differentiation Strategy
    Produk Johnson’s Baby adalah produk perawatan yang dibutuhkan oleh bayi. Produk ini mengeluarkan berbagai macam varian yaitu di antaranya, sabun, sampoo, lotion, bedak dan minyak wangi untuk bayi. Produk ini sangat fokus kepada perawatan kulit untuk bayi agar kulit bayi tetap terjaga kelembutan nya.

    5) Integrated Cost Leadership/Differentiation Strategy
    Sariayu Martha Tilaar sudah hamir 25 tahun dikenal sebagai salah satu kosmetik berbahan dasar alami yang berasal dari bahan alami asli dari Indonesia dan sudah dapat diketahui oleh masyarakat indonesia fungsi dari bahan tersebut untuk mempercantik wanita Indonesia. Sariayu Martha Tilaar mampu bersaing dengan harga yang realtif murah yang dapat diterima oleh masyarakat. Sariayu Martha Tilaar ini tidak menggunakan produk kimia berbahaya karena produk ini mengembangkan teknologi tinggi pada setiap produksinya.

    ReplyDelete
  20. Gilang M. Nugraha
    C1C011042

    Business Level-Strategy

    1. Cost Leadership Strategy : Ryan Air
    Ryan Air menggunakan cost leadership strategy dengan menawarkan harga yang murah dibanding perusahaan airline lainnya di eropa bagi pelanggan, Ryan Air menekan biaya dengan tidak menyediakan penumpang fasilitas yang lengkap, pelanggan dikenangan charge untuk koper tambahan dan untuk pergi ke toilet saat di pesawat. Bahkan karyawannya pun tidak disediakan alat tulis.

    2. Differentiation : Apple
    Apple menawarkan produk yang berbeda dari produk PC dan samrtphone lainnya, dimana fitur dan inovasi yang apple miliki tidak dimiliki oleh perusahaan lainnya. Hal ini menjadikan produk apple uniqe dan memiliki value yang lebih dibanding PC dan smartphones lainnya sehingga walaupun harga nya di atas premium price tapi konsumen masih tetap berkinginan untuk membeli.

    3. Focused Cost Leadership : Daihatsu Xenia
    Perusahaan otomotif Daihatsu ,mengembangkan produk Mobil Xenia dimana pasarnya difokuskan kepada keluarga-keluarga di Indonesia, mobil yang cukup menampung 1 keluarga ini menjadi primadona karena harganya yang cukup terjangkau yang saat pertama di launch berharga Rp 90juta samapi sekarang Rp 150juta. Untuk kelas mobil harga tersebut masih terjangkau apalagi untuk pasar Keluarga yang memang mmbutuhkan mobil yang kapasitas besar namun harga terjangkau.

    4. Focused Differentiation strategy : Harley Davidson
    Market share Harley Davidson terfokus pada konsumen yang fanatik terhadap motor gede”MOGE”yang menginginkan kesan Masculine dan Macho. Produk nya pun berbeda dengan yang lain karena Harley Davidson menawarkan kualitas yang sangat bagus, penjualannya spareparts nya pun hanya dari perusahaan Harley Davidson ini yang bisa di dapat di Dealer Resmi PT. Mabua Harley Davidson

    5. Integrated Leadership : Converse
    Perusahaan sepatu ini sudah mendunia produknya banyak dipakai dimana-mana, meski pamornya sudah kalah oleh adidas, reebook dan nike. Untuk tetap diminati konsumen converse melakukan integrated Leadership dimana converse menawarkan harga yang cukup terjangkau bagi konsumen terutama Asia dan Indonesia tapi tetap memiliki value yaitu dengan bertahan pada model sepatu “Chuck Taylor” dan “Warior”.

    ReplyDelete
  21. NAMA : AWALIA NORMA SYAHIDA
    NIM : C1C011012
    1. Cost leadership business-level strategies
    Kaskus.us sebagai situs komunitas terbesar di Indonesia. Di dalamnya, kaskus memuat berbagai macam “kebutuhan”, dari mulai kebutuhan informasi, diskusi hingga jual beli. Banyak “perusahaan” dan freelancer yang menggunakan kaskus sebagai etalase jualan mereka. Dengan hanya mengisi informasi diri (bisa anonim/tidak sesuai aslinya) lalu anda akan mendapatkan akun dengan fasilitas interaktif dengan sesama pemilik akun di kaskus. Dengan membuka “lahan” sebesar - besarnya bagi para pemilik akun untuk berkreasi sesuka mereka dan penggunaan teknologi yang canggih, kaskus dapat menghemat biaya operasional dan telah mendapatkan keuntungan besar dengan banjirnya iklan dari pihak perusahaan yang melihat laman kaskus sebagai sasaran potensial untuk digunakan sebagai layar iklan produk mereka.
    2. Differentiation business-level strategies
    Mercedes-benz adalah perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi berbagai macam kendaraan, seperti mobil, truk, dan bus. Produk Mercedes-benz terkenal berteknologi dan memiliki tingkat keamanan tinggi. Hampir tiap tahun mengeluarkan produk mobil dengan berbagai inovasinya. Inovasi dapat dilihat dari segi desain, teknologi, kemewahan, nilai klasik dan terobosan di zamannya.
    3. Focused Cost leadership business-level strategies
    Southwest airlines merupakan perusahaan transportasi udara dengan konsep low-faredan kepuasan pelanggan. Southwest airlines memiliki struktur biaya operasi paling rendah dalam industri penerbangan domestik dan secara konsisten menawarkan biaya yang simple dan murah (low-rate). Southwest airlines menggunakan pendekatan trek pendek dan menggunakan bandara yang kurang padat. Southwest airlines konsisten untuk melakukan efisiensi dan cost saving dari kegiatan operasional yang ada.
    4. Focused Differentiation business-level strategies
    Lamborghini adalah pembuat mobil di Italia. Lamborghini menghasilkan mobil grand wisata yang dapat bersaing dengan mobil yang telah ada di pasaran. Mobil Lamborghini merupakan mobil yang unik serta mewah. Peminat mobil Lamborghini sudah sangat banyak jumlahnya, terutama kalangan atas. Semua desain mobil Lamborghini jenis apapun memang sangat bagus, baik bentuk interior maupun exteriornya yang akan memberikan kenyamanan saat dikendarai bagi siapapun.
    5. Integrated Cost leadership / Differentiation business-level strategies
    PT. LionWings merupakan perusahaan yang menerapkan Integrated Cost leadership / Differentiation business-level strategies. Hal ini dapat dilihat dari beragam produk seperti hair care ( emeron shampoo, botanical shampoo, zinc shampoo, kodomo shampoo), oral care(ciptadent pasta gigi & sikat gigi, komodo pasta gigi & sikat gigi, dll.), skin care, sabun mandi cair, pembersih wajah, mama lime, mama lemon yang telah mengalami kesuksesan dalam penjualannya. Selain dari diferensiasi produk, harga yang ditawarkan kepada pelanggan juga terjangkau, karena bisa menekan biaya produksi.Misalnya saja untuk emeron shampoo dan zinc shampoo tersedia ukuran sachet seharga Rp 250,00. Produk mama lime dan mama lemon juga tersedia dengan ukuran ekonomis pula dengan harga kisaran Rp 4.000,00.

    ReplyDelete
  22. NAMA : ROSA BERLIANA
    NIM : C1C011018

    CONTOH BUSINESS-LEVEL STRATEGY

    1. COST LEADERSHIP STRATEGY : Mandala Air
    Contoh perusahaan yang memakai strategi kepemimpinan biaya adalah perusahaan Mandala Air. Mandala Air memberikan harga tiket yang sangat murah untuk beberapa tiket. Hal ini sangat berhasil di dalam pasar ketika pembeli peka terhadap perubahan harga. Akan tetapi, strategi ini benar-benar berhasil jika perusahaan tersebut dapat merasakan keuntungan dari skala ekonomis. Karena jika menggunakan strategi ini, perusahaan tersebut harus memikirkan pengeluaran biaya lainnya dan dapat mengambil keuntungan dari memakai strategi ini.

    2. DIFFERENTIATION STRATEGY : Equil
    Equil merupakan air mineral murni asli Indonesia produksi PT. Equilindo Lestari milik Morgen Sutanto. Untuk menjamin kelayakan konsumsi, air diperiksa setiap satu jam sekali, mulai dari sumber sampai masuk dalam botol kemasan. Setelah dikemas, air dikarantina, dikultur selama 5 hari untuk mendeteksi bakteri. Inilah yang membedakan dengan AMDK yang bisanya melalui proses penyaringan atau pemurnian dengan distilasi atau oksidasi. Equil dikemas dalam botol kaca hijau dengan lekuk elegan. Ia memiliki dua varian produk yaitu natural (tawar) dan sparkling (bersoda). Harganya pun relatif lebih mahal, 1 botol Equil 380 ml setara dengan 20 kali harga air minum kemasan biasa. Karena kemurnian dan kandungan mineral anorganik yang dimiliki, produk Equil juga digunakan untuk berbagai terapi kesehatan. Hingga saat ini, Equil adalah produsen lokal satu-satunya yang memegang merk air mineral alami. Produk yang berasal dari mata air Gunung Salak ini mantap bersaing dengan merk air mineral impor asal Perancis, seperti Evian dan Perrier.

    3. FOCUSED COST LEADERSHIP STRATEGY : Carrefour
    Strategis focus cost leadership banyak dilakukan perusahaan retailer yang mengeluarkan produk privat label. Contohnya adalah Carrefour yakni sebuah kelompok supermarket internasional yang berkantor pusat di Perancis. Carrefour adalah kelompok ritel kedua terbesar setelah Wal-Mart. Perusahaan ini percaya masih terdapat sejumlah costumer yang mencari produk dengan mempertimbangkan harga murah sebagai factor utama dalam pengambilan keputusan.

    4. FOCUSED DIFFERENTIATION STRATEGY : BreadTalk.
    Contoh perusahaan yang memakai strategi focus diferensiasi adalah BreadTalk. Perusahaan ini hanya fokus menjual roti dengan berbagai macam variasi Konsepnya berbeda dibandingkan dengan toko-toko roti lainnya pada umumnya, dengan memperhatikan penampilan toko yang dirancang agar terlihat eksklusif serta memperlihatkan dapur pembuatan roti kepada para pengunjungnya melalui kaca transparan. Rotinya yang paling terkenal adalah roti yang dibubuhi abon di atasnya. Roti ini merupakan signature food BreadTalk. Perusahaan ini telah sukses, terkenal dan perusahaan ini mempunyai banyak cabang yang tersebar di berbagai negara termasuk di Indonesia sendiri.

    5. INTEGRATED COST LEADERSHIP / DIFFERENTIATION STRATEGY : Rumahwarna
    Contoh perusahaan yang memakai integrated Cost Leadership / differentiation adalah Rumahwarna. Rumahwarna adalah sebuah industri kreatif pernak pernik remaja putri dengan main producttas dan frame produk yang dihasilkan rumahwarna merupakan produk original yang dihasilkan dari pemikiran kreatif team, dengan menginspirasi dari dunia fashion, trend, gaya hidup dan perkembangan budaya pop sehingga lebih dinamis dan tidak lekang ditelan jaman. Produk yang dipasarkan sangat unik (jarang dipasaran). Harga yang ditawarkan pun murah dibanding merk tas dan aksesoris lainnya, namun tetap memperhatikan kualitas produknya. Selain itu rumahwarna memberikan garansi produk dan nilai tambah yang lain sehingga sebisa mungkin terhindar dari persaingan harga.

    ReplyDelete
  23. ESTIK LESTARI
    C1C011081

    Contoh Business Level Strategy:
    1. Cost Leadership Strategy
    salah satu perusahaan yang menggunkan strategy cost leadership ini adalah XL. perusahaan Xl menngunakan strategy ini untuk memperkuat jaringan XL, pemasaran dan konsolidasi internal perusahaan. Strategi inilah yang menghasilkan layanan bertarif rendah sehingga meningkatkan pangsa pasar,pendapatan, dan margin keuntungan perusahaan. secara umum strategi yang dipakai XL ini digunakan untuk menembak kepuasan pelanggan dengan menekan harga serendah-rendahnya, dengan demikian pelanggan akan banyak berpindah untuk menggunakan produk XL sehinggan volume (jumlah pemakai)Xl nmeningkat.
    2. Differentiation Strategy
    contohnya: yaitu Google
    Google menggunakan sistem informasi untuk membedakan produk, dan mengadakan produk dan jasa baru teknologi pencarian google yang inovatif dan tata muka pemakainya yang elegan menempatkan google pada posisi yang jauh berbeda dari mesin pencarian generasi pertama yang tersedia saat ini. Dibandingkan dengan hanya menggunakan teknologi kata kunci atau metasearch. Google memakai teknologi terbaru PageRank. inovasi yang dilakukan Google ini digunakan untuk mempertahankan pengguna.
    3. Focussed cost Leadership
    perusahaan Peritel perabotan Global IKEA. perusahaan berusaha memberikan pelanggannya 'solusi yang dapat dibeli untuk kehidupan yang lebih baik' melalui strategy focussed cost leadership. perusahaan menawarkan perabotan rumah yang mengkombinasikan desain yang bagus, fungsi, dan kualitas dengan harga murah. misalnya dengan para insinyur IKEA mendesai perabotan baya rendah. dan cara lainnya untuk menjaga biaya rendah IKEA menggunakan personel penjualan yang tidak terlalu banyak. untuk menarik pelanggan IKEA menggunakan berbagai ciri-ciri yang menarik pelanggannya selain karena harga produk yang murah.
    4. Focussed Differentiation strategy
    Ritz Carlton Hotel, menerapkan strategi focus berbeda untuk melayani tamu-tamunya. Hotel ini menggunakan system teknologi informasi yang disebut “class” untuk mengidentifikasikan informasi tentang tamu-tamunya, termasuk pilihan merk anggur tertentu, Koran lokal asal tamu dan arah menghadap jendela. perusahaan berusaha melengkapi berbagai aktivitas primer dan pendukung dalam cara yang secara kompetitif superior untuk mencapai dya saing strategy dan menghasilkan laba diatas rata-rata.
    5. Integrated Cost Leadership/ Differentiation Strategy
    Kosmo.com. perusahaan ini berusaha mencapai daya saing strategis dengan menggunakan strategi integrated cost leadership/ differentiation. melalui situs webnya, Kosmo.com, perusahaan ini mengirimkan "junk food" dan video kepada para pelanggannya. perusahaan ini berusaha mengikuti selera penduduk New York untuk memuaskan kebutuhan unik mereka melalui pengklikan mouse komputer. Oreos, popcorn, twizzlers, dan minuman soda, juga video, buku, dan DVD, serta majalah dapat dipesan pelanggan dan daapat dikirimkan ke pintu rumah mereka dalam waktu satu jam. pengiriman gratis adalah salah satu bentuk differensiasi utama perusahaan tersebut. cara tersebut digunakan Kosmo.com untuk menarik pelanggan dan menghasilkan laba diatas rata-rata, serta merupakan strategi daya saing untuk menguasai pangsa pasar.

    ReplyDelete
  24. Meiliyani BudiartiApril 13, 2013 at 9:01 PM

    NAMA : MEILIYANI BUDIARTI
    NIM : C1C011019
    Business-Level Strategy
    1. Cost Leadership Strategy
    PT Toyamilindo merupakan salah satu perusahaan air minum dalam kemasan yang berasalah dari Cirebon dan menerapkan staretegi harga yang lebih murah dibandingkan kompetitiornya. Air minum dalam kemasan perusahaan tersebut bermerk Mountoya. Jika dibandingkan dengan merk air minum kemasan lainnya seperti merk Aqua, produk perusahaan PT Toyamilindo harganya jauh lebih murah dan kualitasnya pun cukup dapat diperhitungkan.

    2. Differentiation Strategy
    PT Panasonic Gobel Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri elektronik. Merek atau brand yang digunakannya sesuai dengan nama perusahaan yaitu Panasonic, Brand elektonik tersebut termasuk brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari TV plasma, kamera, AC, kulkas, mesin cuci, dan lainnya. Produk AC keluaran Panasonic adalah contoh dari kemampuan Panasonic untuk merancang dan memproduksi produk dengan bentuk-bentuk diferensiasi yang dihargai oleh pelanggannya. Produk AC yang terbaru adalah AC Alowa+ yang diklaim sebagai AC sehat pertama di Indonesia. Jika pada produk AC yang pertama kali diluncurkan oleh Panasonic memakan daya listrik yang cukup besar pada saat ini AC keluaran Panasonic hemat listrik dan dilengkapi sunlight Detection juga Nanoe-G untuk menonaktifkan 99% bakteri diudara dan permukaan. Dengan berbagai keunggulan dan kualitas yang baik dimiliki oleh Panasonic maka konsumen akan tetap mau membeli walaupun harganya tergolong cukup mahal.

    3. Focused Cost Leadership Strategy
    Sinar Indonesia atau SINDO merupakan salah satu koran yang dapat dijumpai di hampir seluruh Indonesia dan menerapkam fokus kepemimpinan biaya pada usahanya. Koran tersebut berfokus dalam dunia media percetakan dengan pemasaran ke seluruh Indonesia. Koran SINDO menerapkan harga yang lebih murah dengan isi bacaan atau kualitasnya yang baik dan sama dengan pesaingnya seperti koran kompas.

    4. Focused Differentiation Strategy
    PT Nutrifood Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang secara inovatif memproduksi berbagai produk makanan dan minuman kesehatan berkualitas internasional dengan berbagai merk yang terpercaya. Salah satu produknya adalah susu L-Men yang segmen pasarnya dikhususkan untuk pria. Susu L-Men terdiferensiasi menjadi L-Men Amino , L-Men Hi-Protein 2 Go, L-Men Gain Mass, L-Men Gainmaxx, L-Men Hi-Protein, L-Men Hi-Protein Asiatix, L-Men Hi-Protein Daily Formula, L-Men Hi-Protein Egg, L-Men Isopower, L-Men Lose weight, L-Men Platinum, L-men Sixpack, L-Men Sixpack Tea. Dengan berbagai produk yang terdiferensiasi produk L-Men dapat menyajikan produk yang sesuai dengan kebutuhan di segmennya yaitu untuk kaum pria.

    5. Integrated Cost Leadership/Differentiation Strategy
    PT Santos Jaya Abadi merupakan perusahaan yang mengkombinasikan strategi integratif kepemimpinan biaya/diferensiasi dalam menjalankan usahanya. Sebagai perusahaan pemilik merek kopi terbesar di Indonesia salah satu produknya adalah kopi dengan Merek Good Day dan menewarkan dua jenis nilai yaitu diferensiasi dan harga murah, digunakan untuk menjaga keloyalan pelanggan. Kopi Good Day tergolong kopi instant yang cukup murah jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti Nescafe dari nestle. Merek Goood Day juga terdiferensiasi kedalam beberapa jenis varian rasa, selain itu juga terdapat produk yang sudah siap minum dalam kemasan botol siap minum sehingga memudahkan konsumen untuk mengkonsumsi kopi Good Day dimana pun mereka berada.

    ReplyDelete
  25. Anggita Yuni NastitiApril 13, 2013 at 9:02 PM

    NAMA : ANGGITA YUNI NASTITI
    NIM : C1C011002
    Business-Level Strategy
    1. Cost Leadership Strategy
    PT Smartfren Telekom Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang operator komunikasi yang menerapkan cost leadership. Salah satu produknya adalah USB Modem dengan merk Smartfren. Produk tersebut memilki harga yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kompetitor dari perusahaan lain seperti USB modem keluaran Telkomsel. Dikarenakan USB modem smartfren ini memilki harga yang lebih murah sehingga produk ini mudah diterima oleh masyarakat khususnya kalangan mahasiswa.

    2. Differentiation Strategy
    Philips meruapakan salah satu produsen elektronik konsumen terbesar didunia yang menggunakan diferensiasi sebagai strategi tingkat bisnisnya. Philips telah berkomitmen untuk memberikan inovasi – inovasi yang bermakna dan dapat meningkatkan kualitas kehidupan. Produk Philips didiferensiasikan dalam beberapa divisi yaitu Philips customer electronic, Philips semiconductor, Philips lighting , dan Philips medical system. Contoh produk philips yaitu berupa lampu, blender, Compact Disk, setrika, dan sebagainya. Sebagai salah satu perusahaan ligting nomor satu Philips menyadari penggunaan sumber daya listrik yang hemat energi, oleh karenanya Philips mengembangkan teknologi lampu LED agar memiliki tingkat efisiensi secara maksimal dan mengkonversikan lampu pijar ke lampu hemat energy. Karena produk lampu Philip yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya , pelangganpun akan tetap setia pada produk Philip walaupun terjadi kenaikan harga.

    3. Focused Cost Leadership Strategy
    Contoh dari perusahaan yang menerapkan Focused Cost Leadership Strategy dalam menjalankan usahanya yaitu PT Tiki. Dimana, PT Tiki adalah satu jasa expedisi atau kurir yang fokus pada pengiriman barang baik dalam negri atau bisa juga internasional. PT Tiki menawarkan harga yang lebih rendah dibanding dengan pesaingnya seperti JNE namun tetap memiliki kualitas yang sama seperti JNE.Hal ini merupakan strategi yang digunakan Tiki untuk menarik pelanggannya.

    4. Focused Differentiation Strategy
    WRP adalah salah satu produk dari PT Nutrifood yang menerapkan strategi diferensiasi fokus. Dimana produk WRP itu memang dirancang untuk melayani kebutuhan segmen tertentu yaitu wanita. WRP menyediakan program penurunan berat badan,program pembentukan tubuh, dan penjagaan bentuk tubuh yang sudah ideal. WRP sendiri produknya terdiri dari beberapa diferensiasi yaitu WRP 6 Day, WRP Nutritious Drink, WRP Cookies, WRP Diet Tea, WRP Jelly Drink, WRP Diet To Go, WRP Body Shape Balanced Vanila , WRP Stay Slim, WRP vanilla Peach, WRP New Mom, dan WRP skin 2 C. Dengan berbagai macam diferensiasi ini pelanggan bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan masing masing pelanggan yang unik.

    5. Integrated Cost Leadership/Differentiation
    Contoh perusahaan yang menerapkan Integrated Cost Leadership/Differentiation yaitu PT Unilever dengan produk RINSO . Dimana Rinso menggabungkan pendekatan kepemimpinan biaya dan diferensiasi dalam mempertahankan keunggulan kompetitifnya. Rinso merupakan produk yang menawarkan dua jenis nilai kepada pelanggannya yaitu menawarkan diferensiasi beberapa diferrensiasi yaitu Rinso bubuk, rinso cair dan rinso khusus mesin cuci serta memiliki harga atau biaya yang relative lebih murah dibanding pesaingnya seperti daia atau attack. Penggabungan strategi tersebut adalah salah satu cara perusahaan untuk menjaga loyalitas pelanggan dan mengembangkan inovasi.

    ReplyDelete
  26. Nama :Rendy Yunanto
    NIM :C1C011022

    CONTOH BUSINESS-LEVEL STRATEGY
    1.Cost Leadership Strategy: POLYTRON
    POLYTRON yang merupakan perusahaan terbesar dan terkemuka di Indonesia dalam bidang elektronik.Dengan menawarkan kualitas yang bagus seperti yang terlihat dalam setiap desain dan suara produknya.POLITRON juga menawarkan harga yang cukup murah dibanding para pesaing.

    2. Diferentiation Strategy: Distro CLOWOR
    Merupakan toko sekaligus produsen distro clotings yang cukup terkenal di jejaring social Facebook maupun komunitas seperti Indowebster dan Kaskus.Distro CLOWOR menawarkan disain khas anime dan tokusatsu jepang yang membuatnya unik dibandingkan distro lain.Mereka juga melakukan inovasi terhadap desain produk menyesuaikan minat pasar yang biasanya dari kalangan anak SMA dan Mahasiswa.

    3. Focus Cost Leadership Strategy:Nexus Family dari Google
    Google baru baru ini mengeluarkan line up Flagships gadget andalannya yaitu Nexus 4,Nexus 7,Nexus 10 yang digadang-gadang untuk bersaing dengan para produsen besar lainnya seperti Apple dengan Iphone dan Ipadnya,Samsung dengan Galaxy Seriesnya.Kelebihan dari Nexus Family adalah dengan harga yang relative murah tapi menawarkan spesifikasi highend dan premium dan dijanjikankan mendapatkan full support berupa update OS dan lain-lain dari Google.

    4. Focussed Differentiation:NINTENDO
    Perusahaan produsen Console Game asal Jepang,menawarkan inovasi yang ditujukan untuk kelas gaming keluarga.Dengan menelurkan produknya yaitu Nintendo Wii dan Penerusnya Nintendo Wii U yang memberikan pengalaman bermain game yang lebih interaktif menggunakan controller yang menggunakan hampir seluruh anggota tubuh seperti tangan dan kaki.Dan juga menawarkan berbagai game olahraga dan keluarga.

    5. Integration of Cost Leadership and Diferentation Strategy:SEGA
    Pada tahun 2009 SEGA mengumumkan sekaligus menampilkan mahakarya yang disebut PROJECT DIVA yaitu sebuah grup band yang dimana vokalisnya adalah sebuah Hologram Vocaloid 4 dimensi yang canggih bernama Hatsune Miku.Dengan biaya produksi yang dapat ditekan dan murah dalam menjalankan berbagai konser.Membuat Vocaloid Hatsune Miku menjadi terkenal tidak hanya di jepang tetapi juga di berbagai negara didunia yang membuat SEGA meraup untung yang fantastis .Dengan menggunakan teknologi hologram dan suara Vocaloid membuatnya amat sangat sulit ditiru

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Nama ; Noviana Dwi Ratnasari
    NIM : C1C011038


    1. Cost Leadership Strategy
    Contoh perusahaan yang menggunakan jenis strategi ini adalah DELL inc.
    Salah satu contoh perusahaan yang menggunakan jenis strategi ini adalah DELL inc, DELL inc merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang elektronik tepatnya Personal Computer (PC), perusahaan ini bentuk oleh Michael Dell pada tahun 1984, dalam mempromosikan produknya DELL inc melakukan penjualannya secara langsung kepada konsumen atau calon pelanggan lebih gencar melalui katalog-katalog yang kemudian dikirimkan melalui kantor pos, dengan menggunakan metode penjualan semacam itu membuat harga yang dipatok untuk mendapatkan seperangkat komputer lebih murah dibandingkan dengan pesaing lainnya, ini merupaka awal dari pertumbuhan DELL Inc.

    2. Differentiation Strategy
    Contoh perusahaan yang menggunakan jenis strategi ini adalah GOOGLE.
    Google menggunakan sistem informasi untuk membedakan produk, dan mengadakan produk dan jasa baru. Google mempunyai misi untuk memberikan pengalaman pencarian di Internet yang terbaik dengan mewujudkan informasi dunia yang mudah diakses dan bermanfaat. Google, pembuat mesin pencarian terbesar di dunia, menawarkan kecepatan, kemudahan pencarian informasi di internet. Dengan mengakses lebih dari 1.3 milyar halaman web, Google mengantarkan hasil yang relevan dengan semua pemakai di seluruh dunia kurang dari setengah detik.
    3. Focused Cost Leadership Strategy
    Contoh perusahaan yang menggunakan jenis strategi ini adalah RS. Shouldle.
    Rumah Sakit Shouldle dekat Taronto khusus untuk operasi Hernia. RS dan staffnya memberikan apa yang dibutuhkan pasien Hernia. Pasien dibiarkan berjalan untuk melihat TU, makan bahkan ke dan dari ruang operasi. Berjalan merupakan terapi yang baik. Tidak perlu mengantar makanan ke ruang-ruang atau memberikan fasilitas kursi roda. Panjang RS hampir separuh dari RS biasa lainnya. Tidak ada anestheia yang diadministrasikan sebab anesthesia lebih semangat dan murah untuk operasi Hernia.
    4. Focused Differentiation Strategy
    Contoh perusahaan yang menggunakan jenis strategi ini adalah Harley-Davidson.
    Harley-Davidson memusatkan pada pemakai sepeda motor yang menginginkan sepeda motor “macho” yang bertenaga hebat. Menurut perkiraan, di seluruh Indonesia kini ada sekitar 2.500 unit motor Harley-Davidson dari berbagai tipe. Sementara itu, jumlah pemiliknya diperkirakan sekitar 1.500 orang. Tipe terbaru yang ada di negeri ini diperkirakan hanya 500 unit, selebihnya motor Harley tua.
    Boleh dibilang, hanya mereka yang fanatiklah yang memiliki motor ini, mengingat harga dan biaya perawatannya sangat mahal.

    5. Integrated Cost Leadership/Differentiation Strategy
    Contoh perusahaan yang menggunakan jenis strategi ini adalah Toyota Motor Corporation.
    Toyota Motor Corporation adalah perusahaan yang menjalankan bisnis dalam bidang industri otomatif, selain itu Toyota juga melakukan bisnis di bidang keuangan dan industri lainnya. Industri otomotifnya meliputi desain, manufaktur, perakitan, dan penjualan mobil penumpang, minivan, suv, truk, serta penjualan spare part dan aksesoris mobil lainnya. Dalam menjalankan bisnisnya, Toyota menggunakan gabungan dari strategi strategi biaya rendah dan diferensiasi.

    ReplyDelete
  29. Nama : KARTIKA PUJI DEWANTI
    NIM : C1C011009

    1. Cost leadership strategy
    Roadway Express , perusahaan angkutan truk yang mempunyai pompa bahan bakar tersendiri secara nasional. Dengan menggunakan computer, perusahaan membandingkan harga-harga bahan bakar yang ditawarkan oleh pemasok dan membeli bahan bakar yang terendah.

    2. Differentiation strategy
    JCO Donuts, Untuk memuaskan dan memanjakan para pelanggannya J CO menciptakan20 varian donat plus 20 varian minuman yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan seleranya.
    J.CO. Donuts menjadi berbeda dari produk donat lain di tanah air karena diposisikan sebagai produk lifestyle dan disasarkan untuk konsumen dari segmen menengah keatas dengan gaya hidup dinamis, muda dan modern. Untuk menggarap segmen pasar ini, J.CO. membuat donat yang tidak mengenyangkan, lebih tipis dan teksturnya lebih lembut, bisa dimakan kapan saja dan dimana saja, berbeda dengan donat yang ada di pasar sebelumnya, yang porsinya cenderung lebih besar dan mengenyangkan. Sementara J.CO.,dari ukuran dan bentuknya, lebih cocok disebut camilan atau makanan selingan pengantar makan besar.

    3. Focus cost leadership strategy
    IKEA merupakan salah satu perusahaan swasta peritel furniture global yang sukses menjual produk furniture yang dikemasan secara flat di setiap tokonya diseluruh dunia. IKEA memasarkan produk furniture tersebut dengan harga yang lebih murah dan terjangkau, desain sederhana namun elegan. Keberhasilan produk tersebut menobatkan IKEA sebagai peritel dunia terbesar untuk produk furniture.

    4. focus different strategy
    Perusahaan otomotif BMW berfokus pada konsumen berpenghasilan menengah ke atas dengan harga jual lebih mahal dibandingkan dengan rata-rata harga mobil Jepang. BMW melakukan diferensiasi dengan memproduksi dan memasarkan beberapa seri BWM dan juga sepeda motor. Strategi ini tidak dilakukan oleh perusahaan Toyota Jepang karena perusahaan ini memasarkan produknya di berbagai segmen pasar.

    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy
    Mc Donald sebagai perusahaan yang sudah mendunia dengan merk yang sudah terkenal, menawarkan produknya dengan harga yang relatif terjangkau tapi dengan beberapa diferensiasi. Dengan skala global, membuat franchise dan mengawasinya sesuai standar yang berlaku dapat membuat harga ditekan serendah rendahnya.

    ReplyDelete
  30. NAMA : WENING PRASETIA
    NIM : C1C011104

    1. Cost Leadership Strategy
    Contoh perusahaan yang menerapkan Cost Leadership Strategy adalah Dell, Inc. Dell, Inc adalah sebuah perusahaan berbasis di Round Rock, Texas, Amerika Serikat, memproduksi dan memasarkan perangkat keras komputer (kebanyakan klon IBM). Sebagian pasarnya berada di komputer pribadi, namun Dell juga menjual server, alat penyimpanan data, switch jaringan, dan kluster komputer untuk perusahaan.
    Pada tahun 2005 Dell, Inc. telah menjadi salah satu perusahaan yang paling dipandang. Pada Februari 2005, Dell tampil di tempat pertama di dalam urutan "Perusahaan Paling Dibanggakan" majalah Fortune. Dell Inc. tampaknya lebih memfokuskan pada usaha-usaha untuk mengurangi biaya ketimbang mengeluarkan inovasi baru. Hal ini sejalan dengan sejarah perusahaan dalam memasarkan unit-unit dengan biaya yang seminimal mungkin melalui penjualan langsung ke konsumen. Dalam interview dengan Business Week, Tuan Dell mengatakan, "Perusahaan ini tahu bagaimana caranya melakukan sesuatu yang pernah dilakukan sebelumnya dengan baik."

    2. Differentiation Strategy
    Contoh perusahaan yang menerapkan Differentiation Strategy adalah Perusahaan kosmetik Perancis L’Oreal yang mampu memberikan citra prestisius terhadap produknya melalui iklan dan tindakan lainnya, dan kosmetik Perancis L’Oreal mampu membebankan hanya yang lebih tinggi untuk kosmetik sehari-hari. Nilai prestise yang ditawarkan produk tersebut terhadap konsumen kelihatan signifikan, walaupun disaat resesi. Catatan penjualan L’Oreal memperlihatkan bahwa walaupun menghadapi lingkungan ekonomi yang sulit, konsumen masih bersedia membelanjakan $75 keatas untuk sebotol parfum. Dengan demikian upaya untuk mengelola citra perseptual produk dapat menciptakan pembedaan dan loyalitas konsumen.

    3. Focused Cost Leadership Strategy
    Contoh perusahaan menggunakan Focused Cost Leadership Strategy adalah Southwest Airlines, dengan menyediakan jarak pendek point-to-point penerbangan berbeda dengan model hub-dan-berbicara tentang operator utama, dan Dollar Keluarga, yang menargetkan keluarga miskin perkotaan di Amerika yang tidak bisa mengemudi Wal-Mart di pinggiran kota karena mereka tidak memiliki mobil. Southwest mengejar biaya rendah. Tarif rendah membuat pejalanan udara terjangkau dari segmen luas dan memberikan substansi dari penduduk AS untuk tag line peusahaan “ The Freedom To Fly“.

    4. Focused Differentiation strategy
    Sebagai contoh perusahaan yang menerapkan Focused Differentiation strategy adalah Mercedes-Benz.Mercedes-Benz adalah salah satu perusahaan mobil paling dikenal di dunia dan juga perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan sampai saat ini. Selain terkenal berteknologi tinggi, Mercedes-Benz juga memiliki tingkat keamanan tinggi. Mercedes-Benz terus menciptakan produk unggulan dengan teknologi terbaik dan selalu berusaha menjadi yang terdepan di kelasnya. Slogan produsen mobil Jerman Mercedez Benz yang berbunyi “The best or nothing”, “This is Mercedes-Benz”, “Unlike Any Other”, dan terutama “Engineered like no other car in the world” semuanya mengkomunikasikan pesan yang hendak disampaikan yaitu bahwa Mercedez Benz menawarkan keunggulan prestise serta teknologi yang terbaik. Nilai itulah yang menjadi diferensiasi dari Mercedez Benz dan menjadi bagian dari merk itu sendiri.

    5. Integrated Cost Leadership/Differentiation Strategy
    Sebagai contoh perusahaan yang menerapkan Integrated Cost Leadership/Differentiation Strategy adalah Mc Donald sebagai perusahaan yang sudah mendunia dengan merk yang sudah terkenal, menawarkan produknya dengan harga yang relatif terjangkau tapi dengan beberapa diferensiasi. Dengan skala global, membuat franchise dan mengawasinya sesuai standar yang berlaku dapat membuat harga ditekan serendah rendahnya.

    ReplyDelete
  31. Nama : Angga Pramudia
    NIM : C1C011005

    Cost Leadership Strategy

    Perusahaan yang menerapkan strategi ini adalah PO Efisiensi (Purwokerto-Jogjakarta). Dimana perusahaan ini menawarkan harga tiket yang cukup terjangkau namun dengan fasilitas bus yang sangat berkualitas dibandingkan dengan para pesaingnya.

    Differentiation Strategy

    Federal Express (FedEx).
    FedEx adalah perusahaan internasional yang memproduksi barang dan jasa di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan tahun 1971 oleh Angkatan Laut Amerika Serikat. Di Formula Satu sponsor ini dipakai untuk tim WilliamsF1. Federal Express merupakan yang pertama menerapkan pengiriman cepat satu malam di industri pengiriman barang. Target dari FedEx adalah pelanggan karena strateginya adalah untuk menciptakan jasa baru pengiriman yang sensitif terhadap waktu. Strategi yang digunakan adalah strategi diferensiasi, yaitu membuat pengiriman cepat satu malam yang berbeda dengan pesaing- pesaingnya.

    Focused Cost Leadership Strategy

    Big Cola merupakan perusahaan yang menerapkan strategi ini. Perusahaan yang memproduksi minuman bersoda ini mampu bersaing dengan pesaing-pesaingnya terutama Pepsi dan Coca-Cola. Dengan harga yang murah dan rasa yang sama, maka membuat orang akan pindah untuk mengkonsumsi Big Cola.

    Focus Differentiation Strategy

    Handphone Sony Ericsson, yang memberikan kode yang berbeda untuk setiap perbedaan jenis spesifikasi produk. Seri K untuk handphone dengan keunggulan kamera, seri W untuk handphone dengan aplikasi walkman (music player), serta seri M untuk spesifikasi smartphone. Dengan pemberian kode tersebut, konsumen akan mudah ingat dan paham dengan produk Sony Ericsson.

    Integrated Cost Leadership/Differentiation Strategy

    PT. Telkom khususnya untuk produk Speedy, menawarkan produk-produk jasa internet yang variatif. Selain menyediakan paket yang mahal, speedy juga menyediakan paket murah yang dapat dijangkau berbagai kalangan. Jadi kecepatan internetnya ditentukan oleh paket tersebut apakah menggunakan paket murah ataukah paket yang mahal.


    ReplyDelete
  32. NAMA : NUR AULIA RAHMAWATI
    NIM : C1C011050


    1. Cost Leadership Strategy ( AXIS )
    Ditengah tingginya kebutuhan masyarakat akan telekomunikasi, bermunculan banyak provider yang berlomba merebut hati para pelanggan. AXIS muncul sebagai provider yang menggunakan cost leadership strategy. Demi mendapatkan pangsa pasar yang luas, AXIS memberikan penawaran yang sangat murah. Sasaran utama mereka adalah masyarakat kelas bawah yang masih sangat sensitif soal harga. Selain dengan permainan harga, AXIS juga memberikan begitu banyak bonus kepada pelanggannya, dengan harapan agar para pelanggan bisa tertarik dan beralih menggunakan AXIS.

    2. Differentiation Strategy ( PT. Djarum )
    PT. Djarum yang terkenal dengan produksi rokoknya ternyata memiliki strategi pembeda pada salah satu jenis produknya yaitu sigar atau cerutu. Sigar merupakan produk sejenis rokok tetapi bahan-bahanya tersusun dari tembakau pilihan yang berkualitas. Sejak tahun 1990, PT Djarum telah memproduksi kombinasi cerutu dan rokok kretek dengan nama Cigarillos.. Cerutu buatan tangan dari PT Djarum itu menggunakan paduan yang seimbang tembakau-tembakau berkualitas prima. Sigar buatan PT Djarum ini lebih banyak dinikmati oleh turis mancanegara, meskipun banyak juga penikmat dalam negri khususnya dikalangan masyarakat middle and high class. Ini disebabkan karena harganya yang relatif mahal yaitu berkisar Rp 50 ribu sampai Rp 120 ribu per batang.

    3. Focus Cost Leadership ( SGM )
    Susu SGM merupakan salah satu produk susu formula untuk bayi dan balita yang tergolong murah dibandingkan dengan produk yang lain. Didalam produk-produk tersebut tidak hanya mengandung nutrisi yang diperlukan saat kondisi buah hati terganggu, tapi juga mengandung nutrisi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang kecerdasan dan kesehatannya. Oleh karena itulah susu SGM termasuk produk dengan fokus kepemimpinan biaya.

    4. Focus Differentiation Strategy (Amanjiwo Borobudur Resort)
    Amanjiwo Borobudur Resort adalah sebuah hotel mewah di Bukit Menoreh dekat Magelang, Jawa Tengah, Indonesia terletak di daerah candi Borobudur. Hotel ini menggunakan focus differentiation strategy dalam memberikan fasilitas untuk pelanggan. Hotel ini dibangun dalam bentuk seperti candi dalam sebuah stupa berpilar dari batu lokal yang disebut batu paras yogya dan 15 besar kamar memiliki kolam renang pribadi, dan memiliki kolam renang utama yang sangat luas yang dikenal sebagai danau hijau dengan batu hijau berasal dari batu lokal yang mencerminkan perladangan sawah.
    Hotel ini memiliki 36 kamar suite yang mewah berada dalam dua sisi lingkaran sekitar pusat rotunda. Suite tersebut berdindingkan dari batu kapur lokal, beratapkan berbentuk kubah (beberapa diantaranya beratapkan jerami) dengan berlangit-langit yang tinggi, pintu sliding glass, tempat tidur berpilar utama empat bercorakkan kayu sungkai, kayu kelapa dengan perabotan berbahan rotan, bantal-bantal dengan corak batik kuno, dan kaca lukis bercorak traditional. Restoran utama hotel ini berarsitektur neo-klasik berbentuk setengah lingkaran dan terbuka hingga pengunjung dapat berasakan angin sejuk secara bebas. Harga sewa kamar termurah untuk adalah kisaran 2 juta rupiah untuk satu malam.

    5. Integrated Cost Leadership / Differentiation Strategy ( Molto )
    Molto, brand pelembut dan pewangi pakaian terkemuka di Indonesia merupakan salah satu produk dari PT. Unillever yang pada awal boomingnya hanya memiliki varian wangi. Karena semakin banyak pesaing yang memproduksi pewangi pakaian, sekarang Molto terus berinovasi dengan menghadirkan Molto Ultra Sensations, Molto Ultra Sekali Bilas, dan produk terbarunya adalah Molto Ultra Anti-Bakteri dan Molto Ultra Aroma Essence. Walaupun Molto memiliki berbagai varian, harga Molto sangat terjangkau untuk semua kalangan. Produk Molto tersedia dalam kemasan botol 300 ml, pouch (300 ml dan 900 ml) serta sachet (15 ml dan 30 ml).

    ReplyDelete
  33. NAMA : OSYANE LAKSMI TANAYA
    NIM : C1C011034

    CONTOH BUSINESS LEVEL STRATEGY

    1.COST LEADERSHIP STRATEGY
    AIR ASIA
    Maskapai penerbangan yang memfokuskan diri pada segmen dengan biaya terjangkau dan jarak penerbangan jauh .AirAsia didirikan pada tahun 2007 untuk memberikan jaringan titik-ke-titik dan frekuensi penerbangan tinggi pada bisnis penerbangan jarak jauh. Biaya efisien AirAsia dicapai dengan mengoperasikan armada pesawat yang sederhana dan jaringan rute yang berdasarkan pada bandara berbiaya terjangkau - tanpa sistem saling berbagi kode yang rumit dan berbagai ongkos biaya tambahan yang membengkakkan biaya penerbangan tradisional tanpa menyesuaikan dengan faktor keselamatan.Penumpang terus menikmati biaya hemat, melalui penghematan biaya dan berbagai promo murah yang diadakan setiap tahunnya.

    2.DIFFERENTIATION STRATEGY
    L’OREAL
    L’Oreal merupakan perusahaan kecantikan dan kosmetik terbesar di dunia yang berasal dari Perancis.Produk-produk yang ditawarkan mulai dari Maybelline, perawatan rambut Redken,parfum Ralph Lauren hingga perawatan kulit Vichy.Strategi diferensiasi L’Oreal berusaha memikat kebudayaan yang berbeda dari produk-produknya (seperti mengangkat tema keanggunan Italia,kecerdasan New York,dan lain-lain ) dan berusaha memuaskan kebutuhan unik pelanggannya dengan kualitas dan harga premium yang sebanding.

    3.FOCUSED COST LEADERSHIP STRATEGY
    IKEA
    Ikea adalah sebuah peritel perabot untuk rumah dari Swedia yang memiliki 202 toko di 32 negara diberbagai belahan dunia. Ikea menawarkan peralatan rumah tangga yang desain,fungsi dan kualitasnya bagus dengan harga terjangkau. Beberapa praktik digunakan untuk menjaga biaya tetap murah,misalnya : mendesain perabotan dengan biaya rendah,dan melayani sendiri dengan tidak menggunakan petugas.

    4.FOCUSED DIFFERENTIATION STRATEGY
    HONDA FIT FOR WOMEN
    Perusahaan Honda di Jepang telah mendesain sebuah mobil untuk pertama kalinya yang dikhususkan secara eksklusif untuk para wanita. Honda Fit yang datang dalam warna yang terinspirasi dari nuansa eyeshadow popular yaitu merah muda,dan memiliki kaca depan windscreen yang membantu mencegah keriput. Kendaraan seharga $ 17.500 ini juga memiliki sistem AC yang tampaknya meningkatkan kualitas kulit pengemudi. Desain yang menampilkan bezels pink pada dashboard dan sulaman hot pink pada roda setir dan kursi,disebut sebagai adult cute oleh produsen. Honda Fit juga memberikan beberapa fitur lain, seperti kaca jendela khusus memblok sinar Ultra Violet yang dapat merusak kulit. Ia juga memiliki fitur kontrol sistem iklim "Plasmacluster", yang diklaim dapat meningkatkan kualitas kulit.

    5.INTEGRATED COST LEADERSHIP/DIFFERENTIATION STRATEGY
    UNILEVER INDONESIA
    Unilever Indonesia telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan terdepan untuk produk Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia yang menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau .Rangkaian Produk Unilever Indonesia mencangkup brand-brand ternama yang disukai di dunia seperti Pepsodent, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Walls, BlueBand, Royco, Bango, dan lain-lain. Selama ini, tujuan perusahaan adalah menciptakan masa depan yang lebih baik setiap hari; membuat pelanggan merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan melalui brand dan jasa yang memberikan manfaat untuk orang lain; menginspirasi masyarakat untuk melakukan tindakan kecil setiap harinya yang bila digabungkan akan membuat perubahan besar bagi dunia dan senantiasa mengembangkan cara baru dalam berbisnis yang memungkinkan perusahaan ini tumbuh sekaligus mengurangi dampak lingkungan.


    ReplyDelete
  34. 1. COST LEADERSHIP STRATEGY
    7-ELEVEN
    Perusahaan yang melakukan strategi ini misalnya adalah 7-Eleven Jepang perusahaan jaringan ritel. 7-Eleven merupakan perusahaan jaringan ritel di Amerika Serikat berkantor pusat di Huston, Texas. 7-Eleven Jepang merupakan franchise di Jepang oleh perusahaan Ito-Yokado. 7-Eleven Jepang pada tahun 1992 mendapatkan laba 40% sebesar $680 juta dari penjualan $1.44 milyar. 7¬Eleven menggunakan sistem teknologi informasi senilai $200 juta. Tujuan utama dari sistem teknologi informasi ini adalah untuk menemukan keingingan pelanggan dan menentukan produk yang harus disediakan di toko. Karena tanah sangat mahal di Jepang, ruang toko juga sangat mahal. Oleh karena itu, 7-Eleven mencoba mengurangi biaya ruangan dengan menggunakan ruang yang tidak luas tetapi dapat menampilkan produk yang diinginkan oleh pelanggan. Cara ini sangat menghemat biaya tempat tetapi tidak mengurangi keinginan pelanggan, karena apa yang pelanggan butuhkan tetap tersedia. Untuk menghemat biaya sehingga menghasilkan laba yang luar biasa tersebut, 7-Eleven juga menghubungkan sistem sediaannya secara elektronik dengan pemasok¬pemasok untuk menerapkan pendekatan just-in-time, sehingga mendapatkan penghematan biaya sediaan yang sangat signifikan.

    2. DIFFERENTATION STRATEGY
    COCA – COLA COMPANY
    Dijual di Amerika Serikat sejak tahun 1886, sekarang telah dijual di lebih dari 200 negara di dunia. Coca – Cola di Indonesia sendiri, merupakan salah satu produsen dan distributor minuman ringan terkemuka. Produk Coca – Cola pun mudah ditemukan di berbagai tempat, warung, kios kecil, sampai supermarket pun menyediakan produk Coca – Cola. Coca - Cola menghabiskan sejumlah besar uang dalam iklan untuk membedakan dan menciptakan citra yang unik untuk produk mereka. Coca – Cola menyediakan produk yang berbeda kepada pelanggan dan telah sangat sukses dalam mendapatkan posisi terdepan di antara para pesaing.

    3. FOCUS COST LEADERSHIP STRATEGY
    JOGJA AGENCY PURWOKERTO
    Toko buku Jogja Agency Purwokerto atau yang biasa dikenal dengan sebutan toko buku JAP. JAP adalah toko buku termurah di Purwokerto yang menyediakan diskon sampai 50%. Toko buku yang beralamat di Jl.DR.SOEPARNO.22 Karang Wangkal-Purwokerto, Jawa Tengah, tepatnya di belakang Universitas Jenderal Soedirman ini memang menjadi sasaran bagi para mahasiswa yang senantiasa memerlukan buku-buku bacaan atau buku-buku perkuliahan. Karena harganya yang terbilang miring dan pastinya selalu ada diskon disetiap jenis buku apapun inilah yang tidak akan membuat kantong bolong terutama bagi kalangan mahasiswa.

    4. FOCUSED DIFFERENTIATION STRATEGY
    LAMBORGHINI
    Automobil-Lamborghini S.p.A., sering disebut Lamborghini adalah sebuah pembuat mobil di Italia. Perusahaan ini didirikan oleh Ferruccio Lamborghini pada tahun 1963, dengan tujuan untuk menghasilkan mobil grand wisata yang dapat bersaing dengan penawaran didirikan dari Marques seperti Ferrari. Lamborghini merupakan mobil mewah sebagai kendaraan sehari-hari karena harga serta biaya pemeliharannya yang mahal. Produksinya pun sangat terbatas dan diperuntukan untuk kalangan atas yang suka konsep mewah dan bertenaga, karena mobil ini mampu mencapai 100 km/jam hanya dengan 2,5 detik.

    5. COST LEADERSHIP – DIFFERENTIATION INTEGRATED STRATEGY
    KIMIA FARMA
    PT. KIMIA FARMA tbk, perusahaan ini berfokus pada penjualan produk-produk kesehatan dengan harga yang rendah. PT. Kimia Farma Tbk. Merupakan sebuah perusahaan pelayanan kesehatan yang terintegrasi, bergerak dari hulu ke hilir, yaitu : industri, marketing, distribusi, ritel, laboratorium klinik dan klinik kesehatan. Dengan dukungan kuat Riset dan Pengembangan, segmen usaha yang dikelola oleh perusahaan induk ini memproduksi obat jadi dan obat tradisional, yodium, kina dan produk-produk turunannya, serta minyak nabati. Sebagai bagian dari tanggung jawab sosialnya Kimia Farma berkomitmen untuk memastikan pasokan obat generik yang tetap ke pasar dalam negeri sesuai dengan misi perusahaan

    ReplyDelete
  35. NAMA : RIA ADHI PRAMESTI
    NIM : C1C011033
    1. Cost Leadership Strategy
    PT Lion Mentari Airlines , beroperasi sebagai Lion Air adalah maskapai penerbangan swasta terbesar di Indonesia dimana maskapai penerbangan ini menguasai sebagian besar pangsa pasar domestic . Ada beberapa poin mengenai strategi bisnis yang bisa diambil dari kisah spektakuler Lion Air ini. Yang pertama, negara kepulauan seperti Indonesia memang sebuah lokasi yang nyaris sempurna bagi kehadiran sebuah bisnis penerbangan,dan Lion Air memasuki pasar yang amat menggiurkan itu dengan strategi bisnis yang tergolong baru pada zamannya : low cost airline. Melalui strategis bisnis low cost itulah, Lion Air kemudian mampu mengejawantahkan tagline-nya yang brilian itu : we make people fly - membuat setiap orang, mulai dari pedagang kain dari Ternate, ibu-ibu rumah tangga dari Medan, petani jeruk dari Pontianak, atau mahasiswa dari Papua, bisa punya kesempatan terbang menembus langit nusantara.
    2. Differentiation strategy
    BlackBerry adalah telepon seluler yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, BlackBerry Messenger (BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Penggunaan gawai canggih ini begitu fenomenal belakangan ini, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion,blackberry berbeda dengan produk lainnya, produk selain BlackBerry aplikasinya membutuhkan koneksi GPRS/EDGE/3G maka koneksi akan dikenakan biaya GPRS sesuai operator. Sekitar tahun 2004 produsen handphone berusaha membuat handphone yang semakin kecil. Tetapi RIM membuat handphone dengan keyboard QWERT. Artinya, dengan disain keyboard tersebut tentu membuat handphone tidak bisa kecil. Inilah yang membuat BlackBerry beda dengan lainnya, dan membuatnya mudah dikenal masyarakat. Dengan harga yang relatif mahal, tidak membuat BlackBerry ditinggal pelanggannya.
    3. Focus cost leadership strategy
    Perusahaan IKEA ditemukan pada sebuah perusahaan furniture dengan harga jual yang sangat rendah, digambarkan dengan gaya penjualan “ambisi sosial” Konsumen akan terkagum-kagum dan sangat excited dengan banyaknya jenis furnitur dengan harga yang terjangkau. Mulai dari meja, kursi, tempat tidur, lemari, peralatan dapur, kamar mandi, perabot anak, dan masih banyak lagi yang lainnya..

    4. Focus differentiation strategy
    Vertu sebuah Handphone dengan balutan keindahan dan kemewahan asal inggris. Handphone yang sangat berkelas ini dibuat limited edition dan setiap Handphone dirakit dengan tangan seorang ahli satu persatu setiap detail begitu apik. Disetiap bagiannya dibalut dengan material berharga seperti emas , berlian, batu safier, dan material berharga lain. Hp ini juga sangat mengagumkan karena hp ini tahan banting dan bandel.
    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.
    Contohnya pada Rumah makan Ayam kosek, dengan menu yang bermacam –macam dan dengan sambal yang khas serta harga yang murah membuat rumah makan ini selalu ramai dikunjungi konsumen. Rumah makan ini sudah tersebar di beberapa kota besar di pulau jawa.

    ReplyDelete
  36. MUFID JAKA ADILAGA
     C1C011044

    1. Cost leadership strategy
    Perusahaan Motor Suzuki yang mengeluarkan Suzuki titan 115
    Suzuki Titan 115 resmi di launching pada hari Selasa, 25 Mei 2010. Titan yang berarti kepanjangan dari Tiada Tanding ini otomatis akan menggantikan varian Smash 110 yang akan memasuki masa pensiun, hal tersebut dilakukan salah satunya untuk menghadapi persaingan dengan Honda dan Yamaha. Suzuki Titan 115 dengan kapasitas mesin yang naik menjadi 115 cc & harga yang ditawarkan cukup menggiurkan (Rp10,675 juta untuk velg jari2 teromol, Rp11,7 juta untuk Titan 115R & Rp12,7 juta Titan 115SR). Bandingkan harganya dengan bebek2 low end lainnya seperti Yamaha Vega ZR (hanya ada SW Rp11,850 juta), Honda Absolute Revo (SW Rp11,865 juta / CW Rp13,215 juta). Dengan strategi tersebut Suzuki siap membuat para calon konsumen yang akan meminang Vega ZR ato Revo untuk berpindah ke kuda besi berlogo S tersebut.
    2. Differentiation strategy
    Google
    Google menggunakan sistem informasi untuk membedakan antar produk ,dan mengadakan produk dan jasa baru. Misi dari Google untuk memberikan pengalaman pencarian di Internet yang terbaik dengan mewujudkan informasi dunia yang mudah diakses dan bermanfaat. Google, pembuat mesin pencarian terbesar di dunia, menawarkan kecepatan, kemudahan pencarian informasi di internet. Dengan mengakses lebih dari 1.3 milyar halaman web, Google mengantarkan hasil yang relevan dengan semua pemakai di seluruh dunia kurang dari setengah detik.Teknologi pencarian Google yang inovatif dan tata muka pemakainya yang elegan menempatkan Google pada posisi yang jauh berbeda dari mesin pencarian generasi pertama yang tersedia saat ini. Dibandingkan dengan hanya menggunakan teknologi kata kunci atau metasearch, Google memakai teknologi terbaru PageRank yang sedang dipatenkan, teknologi ini menjamin informasi-informasi yang terpenting akan ditampilkan dahulu.Intinya, Google menginterpretasikan sebuah keterkaitan dari Halaman I ke Halaman II sebagai sebuah suara oleh Halaman I untuk Halaman II. Google menganalisa halaman yang memberikan suara. Metode-metode pencarian Google yang otomatis dan kompleks tidak membolehkan adanya gangguan dari manusia. Tidak seperti mesin pencari yang lain, Google disusun agar tak seorangpun dapat membeli tempat yang lebih tinggi di hasil pencarian atau mengubah hasil pencarian untuk tujuan komersial. Pencarian Google adalah pencarian yang jujur dan obyektif dalam mencari website yang bermutu tinggi dengan cara yang mudah.

    ReplyDelete
  37. 3. Focus cost leadership strategy
    Pasar deterjen sangat banyak diperebutkan. Selain nilai pasarnya besar, deterjen termasuk kategori produk yang mutlak dibutuhkan oleh rumah tangga. Tak heran setiap pemain yang sudah ada akan mempertahankan posisinya, sembari melebarkan pasar dengan merebut pasar pemain lain.
    Attack mengeluarkan produk Attack Batik Cleaner dengan mencoba memanfaatkan momentum berbatik di Indonesia. Dengan menanamkan persepsi yang sangat kuat bahwa batik tidak bagus dicuci dengan deterjen biasa. Analisisnya bahwa pembuatan batik yang berbeda dengan tekstil pada umumnya, membutuhkan deterjen yang khusus untuk batik. Attack Batik Cleaner menciptakan pasar bagi pemakai batik. Attack batik menggunakan strategi focus cost leadership dengan menciptakan produk spesialisasi.

    4.Focus differentiation strategy
    Lamborghini
    Lamborghini adalah sebuah pembuat mobil di Italia. Perusahaan ini didirikan oleh Ferruccio Lamborghini pada tahun 1963, dengan tujuan untuk menghasilkan mobil grand wisata yang dapat bersaing dengan penawaran didirikan dari Marques seperti Ferrari. Lamborghini merupakan mobil mewah sebagai kendaraan sehari-hari karena harga serta biaya pemeliharannya yang mahal. Produksinya pun sangat terbatas dan diperuntukan untuk kalangan atas yang suka konsep mewah dan bertenaga, karena mobil ini mampu mencapai 100 km/jam hanya dengan 2,5 detik.

    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.
    Perusahaan komputer HP-Compaq
    Merupakan perusahaan akuisisi antara HP dan Compaq. Nama “COMPAQ” adalah singkatan dari “Compatibility and Quality” (kompatibilitas dan mutu), Compaq memproduksi sejumlah komputer kompatibel IBM PC. Komputer yang diproduksi termasuk dalam komputer yang berkualitas. Meskipun berkualitas, namun harganya sangat bervariatif. Ada yang mahal dan ada juga yang murah tergantung tipe komputernya. Komputer dijual dengan kisaran harga 7 juta sampai 2 juta-an.

    ReplyDelete
  38. MAHARANI UTAMI
    C1C011001

    1. Cost Leadership Strategy
    Contoh : Nokia Lumia 510
    Di awal Februari, Nokia telah mengumumkan akan memecat karyawan sebagai strategi untuk memangkas biaya produksi. Dengan strategi tersebut, Nokia dapat lebih berfokus pada peningkatan kualitas produknya dengan harga jual yang terjangkau. Seperti produk Nokia Lumia 510 memakai OS Microsoft Windows Phone 7.5 Mango, Internal 4 GB storage, kamera Primary 5 MP dan masih banyak lagi kelebihan lainnya, Nokia Lumia masih bisa bersaing dengan produk lain yang sejenis. Harga Lumia 510 terbilang murah jika kita menilik dari spesifikasi teknik yang sudah sangat mumpuni sekali. Lumia 510 dibandrol dengan harga Rp. 1.900.000,- dan jika dibeli di distributor bisa dibandrol dengan harga Rp. 1.425.000,-.

    2. Differentiation Strategy
    Contoh : Cheesecake Factory
    Perusahaan yang bergerak di bidang kuliner ini mengedepankan kualitas, keindahan dan cita rasanya yang berbeda daripada kuliner lain. Produk yang dihasilkan berupa cakes, french pastries, cookies dan lain-lain. Dengan kualitas dan cita rasanya yang berbeda dan lebih enak, membuat produk - produknya lebih mahal dari yang lain. Seperti cakes Red Velvet dengan harga Rp. 140.000,- dan Yin Yang cake dengan harga Rp. 200.000,-.

    3. Focus Cost Leadership Strategy
    Contoh : IKEA
    Perusahaan yang bergerak dalam bidang furniture yang menjual produk furniture yang dikemasan secara flat di setiap tokonya yang memiliki 202 toko di 32 negara diberbagai seluruh dunia. Produk furniture tersebut memiliki harga yang lebih murah dan terjangkau, namun fungsi dan kualitasnya bagus dan elegan.

    4. Focus Differentiation Strategy
    Contoh : Sensodyne
    Sensodyne merupakan produk pasta gigi sensitif no.1 di Indonesia. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1961, mengandung formulasi khusus untuk gigi sensitif. Sensodyne telah terbukti secara klinis mampu memberikan perlindungan pada gigi sensitif. Jika dilihat dari segi harga, pasta gigi Sensodyne memang jauh lebih mahal dibandingkan pasta gigi pada umumnya. Ukuran produk Sensodyne ada 25 gr dan 100 gr, masing-masing Rp 5.500 dan Rp 19.600. Tapi produsen percaya bahwa harga premium sebanding dengan manfaat yang didapat.

    5. Integrated Cost Leadership / Differentiation Strategy
    Contoh : Heartwarmer
    Heartwarmer merupakan suatu toko yang menyediakan barang – barang seperti accessories. Toko ini berbeda dari toko accessories lainnya, karena hanya khusus menjual barang – barang untuk perempuan yang hampir seluruh barangnya berwarna pink. Konsumen tertarik dengan produk – produk Heartwarmer karena produknya memiliki harga yang murah, kualitas dan seni barangnya bagus dan toko tersebut nyaman untuk konsumen yang berbelanja.

    ReplyDelete
  39. ALAN PRIAMBODO
    C1C011043

    1. Cost Leadership Strategy
    MITO Mobile
    Perusahaan ini merupakan salah satu pelopor vendor lokal(Indonesia) semenjak 2006. MITO Mobile telah mendapat prestasi 3 vendor terbesar di Indonesia. Beragam jenis handphone telah dikeluarkan MITO Mobile, selalu berinovasi,stylish,berteknologi tinggi dan dengan harga yang sangat terjangkau untuk masyarakat Indonesia.
    2. Differentiation Strategy
    PT. Arthabuana Margausaha Finance (PT. AMF)
    Perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pembiayaan konsumen,anjak piutang,dan leasing. Karena terjadi krisis ekonomi di tahun 90-an, perusahaan ini sempat dinyatakan non-aktif. Namun ditahun 2002,perusahaan kembali beroperasi dengan pengurus dan direksi yang baru. Dengan mengalihkan usaha utamanya yaitu anjak piutang ke kegiatan pembiayaan konsumen khususnya pembiayaan kendaraan bermotor. Selain itu juga memberikan pembiayaan untuk mobil bekas dan sepeda motor besar,seperti Honda Sport CBR 150,Kawasaki Ninja 150 RR dan Kawasaki Ninja 250R. Kemudian ditahun 2005 perusahaan ini mulaimelakukan diversifikasi pembiayaan sewa guna usaha terutama untuk alat-alat berat.
    3. Focus Cost Leadership Strategy
    Indomaret
    Merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200m2. Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai yang didasarkan dengan motto “mudah dan hemat”. Didukung dengan harga yang bersaing dengan perusahaan minimarket lain,serta pusat distribusi yang menggunakan teknologi mutakhir.
    4. Focus Differentiation Strategy
    Hummer (otomotif)
    Perusahaan yang memproduksi jenis mobil yang sangat berbeda dengan yang lain. Awalnya Hummer hanya memproduksi truk saja. Mobil jenis H1 di buat untuk kepentingan militer. Namun tipe H2 dan H3 di iklankan sebagai mobil sipil. Mobil-mobil ini sangat terkenal dikalangan atas, mereka menggunakan teknologi canggih dan produsen pun tak segan-segan menampar harga yang sangat tinggi. Penggemar mobil ini membeli karena tema yang mewah dan teknologi mobil yang high-end.
    5. Integration of Cost Leadership and Diferrentiation Strategy
    NOKIA
    Pada tahun 2011, perusahaan dari Findland ini menyatakan telah bergabung dengan microsoft untuk memperkuat posisinya dipasar smartphone. Tujuannya untuk membangun ekosistem persaingan dengan iOS dan android. Smartphone Nokia cenderung berbeda OS dengan smartphone lain. Dengan menggunakan OS windows, Nokia menawarkan harga yang cenderung lebih murah dibanding harga dari smartphone dari iOS dan android.

    ReplyDelete
  40. NAMA : AJENG ANUGRAHENI
    NIM : C1C011083

    Contoh Level Business Strategy

    1. COST LEADERSHIP STRATEGY
    Kebanyakan pemain bisnis Cina memang masih mengandalkan harga ketimbang citra merek.
    Karena konsumer negara umumnya lebih mempertimbangkan gaya hidup dalam memilih produk (dan jasa) yang akan dibeli,
    mereka umumnya belum mampu menembus pasar negara maju. Kendati demikian, ada juga pemain yang cukup berhasil
    memanfaatkan basis bisnis yang kokoh dan besar di dalam negeri sebagai landasan untuk terbang menyerbu pasar mancanegara.
    Dalam kemitraan, faktor Huawei terbukti ikut memberikan keandalan, setidaknya dari segi efisiensi biaya.
    Pada 2003, misalnya, aliansi Huawei-Cisco berhasil mengalahkan setengah lusin nama besar, termasuk Alcatel dan Siemens,
    dalam tender untuk pembangunan jaringan nirkabel 3G di Emirat Arab.

    2. DIFFERENTIATION LEADERSHIP:
    PT.Telekomuniksi Tbk, Telkom merupakan perusahaan informasi dan telekomunikasi serta menyediakan jasa dan jaringan telekomunikasi yang lengkap. Dengan 15 juta pelanggan tetap dan 50 juta pelanggan telepon seluler Telkom mengklaim dirinya sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.
    Produk yang dihasilkan Telkom dikemas secara baik dan masing- msing memiliki segmen yang berbeda-beda sehingga strategi yang digunakan telkom adalah strategi diferensiasi.
    Perusahaan ini memiliki jasa seperti jasa telepon tetap kabel, telepon nirkabel, mobile service, dan internet.
    Untuk Telpon ada telpon tetap dan telpon flexi.
    sedangkan untuk internet seperti :
    TelkomNet Instan, TelkomNet Astinet, Speedy, TELKOMWEB Plazatron, e-business,TELKOM ISDN.
    Produk yang ditawarkan telepon tidak lain adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan pada segmen yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan yang berbeda pula.

    3. FOCUS COST LEADERSHIP
    Toko perlengkapan muslim Umi yang ada di purwokerto menawarkan beraneka macam kebutuhan muslim khususnya muslimah. toko ini menyediakan berbagai macam kerudung,baju muslim,dan aksesoris-aksesoris.
    harga yang ditawarkan sangan murah dibandingkan dengan toko srupa lainnya yang ada di purwokerto. Hl ini dikarenakan toko umi telah memiliki tempat pasokan barang yang murah dan berkualitas tinggi.
    usahanya pun berkembang pesat dengan terbukanya 2 cabang lainnya yang salah satunya ada di purbalingga.

    4. FOCUS DIFFERENTIATION LEADERSHIP
    Tropicana Slim mengeluarkan produk di pasaran dengan menghadirkan produk yang mengandung gula rendah kalori yang lebih sehat. Produk ini dikhususkan bari para konsumen yang menderita diabetes. Sehingga para penderita diabetes yang dianjurkan untuk menghindari gula (atau produk yang mengandung kalori berlebih) dapat mengkonsumsi produk ini dengan aman.

    5. INTEGRATED COST LEADERSHIP AND DIFFERENTIAL STRATEGY
    tas merek LV dan tas merek Eksport adalah perusahaan yang menerapkan strategi pembedaan. Di lain pihak. Eksport menjual tas dengan harga yang murah yang dapat dijangkau oleh mahasiswa atau kalangan menengah ke bawah. Sedangkan LV menawarkan produk dengan harga tinggi, yang disediakan untuk masyarakat kalangan menengah keatas, sehingga tercipta nilai prestise yang tinggi. sehingga tas merek eksport dapat bersaing dengan mengandalkan biayanya yang murah.

    ReplyDelete
  41. NAMA : ELISABET NOVITA
    NIM : C1C011057

    CONTOH :
    1. Cost leadership strategy
    smartfren merupaka provider seluler CDMA yang paling diminati untuk akses internet. selain modem smarfren mengeluarkan telepon genggam dengan basis android yang dapat dijadikan modem dengan pulsa paket yang sangat murah serta unlimited dalam penggunaannya selama 1 bulan penuh, ditambah dengan bonus-bonus kuota yang menguntungkan dan sudah dapat diakses hampir diseluruh pelosok negeri. sinyal yang sudah semakin baik membuat para pelanggan sangat tertarik dengan layanan ini.
    2. Differentiation strategy
    joger bali, merupakan pabrik kata-kata dan tempat penjualan dan pusat oleh-oleh yang pasti harus dibeli saat pergi berlibur ke pulau bali. joger hanya dibuat dibali dan hanya ada di bali. selain bali joger tidak membuat toko cabang dimanapun. dan barangnya tidak dijual diluar pulau bali sendiri . harga yang ditawarkan berfariasi walaupun sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang lain tapi karena produk yang ditawarkan sangat berbeda wisatawan pasti datang dan membeli untuk oleh-oleh.
    3. Focus cost leadership strategy
    inovation store melayani pembelanjaan secara online via telepon untuk pemesanan dan langsung mengantarnya ke tujuan dengan penawaran kredit juga serta sistem yang mudah. berbgai macam barang dijual, dari perabotan rumah tangga, alat kecantikan, hingga aksesoris. harga yang ditawarkan juga sangat menarik dengan banyaknya potongan dan barang import yang hanya dijual inovation store dan menyiapkan demo-demo untuk pengenalan produknya. membuat para pembeli mudah memahami dan dapat secara langsung memesan via telepon ketika iklan berlangsung atau mengunjungi counternya.
    4. Focus differentiation strategy
    dalam hal ini taman wisata Mekar sari di jakarta menyediakan rumah pohon yang hanya beberapa saja untuk para wisatawan yang ingin menginap. pohon yang asli , dibuat dengan sangat mewah. yang hanya dapat di tempati beberapa orang saja. di Indonesia masih sangat jarang preusahaan wisata yang menawarkan fasilitas seperti ini. harga yang tinggi dan fasilitas yang cukup mewah membuat wisatawan yang menginginkan kemwahan alam pasti ingin mencobanya.
    5. Integration of cost leadership and
    differentiation strategy.
    k-link, merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan. k-link menyediakan berbagai obat-obatan serta ada beberapa kosmetik yang bermanfaat untuk kesehatan. harga yang murah namun kualitas yang sangat baik membuat k-link dikenal d seluruh negeri. perusahaan ini menyediakan produk yang banyak di jual dalam apotik atau supermarket serta membuka counter sendiri, sehingga pelanggan dapat berkonsultasi dan memlih produk sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  42. NAMA : MUTIARA DALILA BAKKAH
    NIM : C1C011048

    1. COST LEADERSHIP STRATEGY
    7-Eleven merupakan perusahaan jaringan ritel di Amerika Serikat berkantor pusat di Huston, Texas. 7-Eleven Jepang merupakan franchise di Jepang oleh perusahaan Ito-Yokado. 7-Eleven Jepang pada tahun 1992 mendapatkan laba 40% sebesar $680 juta dari penjualan $1,44 milyar. Laba seperti ini merupakan laba yang luar biasa walaupun juga di Jepang. 7-Eleven menggunakan sistem teknologi informasi untuk menemukan keinginan pelanggan dan menentukan produk yang harus disediakan di toko. 7-Eleven juga menghubungkan sistem sediaannya secara elektronik dengan pemasok-pemasok untuk menerapkan pendekatan just-in-time, sehingga mendapatkan penghematan biaya yang sangat signifikan.

    2. DIFFERENTIATION STRATEGY
    CV Maika Mandiri adalah sebuah perusahaan yang memproduksi tas bermerek Maika yang dibordir dan diperca dengan menggunakan tenaga manual jahitan tangan-tangan kreatif. Di saat kebanyakan produsen tas menggunakan mesin dan komputer untuk membuat desain corak fashion, Maika lebih memilih dengan cara manual (handmade). Keunikan tersebut membuat Maika menjadi satu-satunya produsen tas yang berani tampil beda. Harganya cukup terjangkau mengingat produk tas tersebut merupakan handmade yang membutuhkan ketelatenan dalam pembuatannya. Omsetnya tiap bulan rata-rata berkisar antara 200-250 juta dengan margin keuntungan sebesar 20%. Kini perusahaan tersebut telah menjalin kerja sama dengan 22 distributor exclusive yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan satu distributor di Malaysia.

    3. FOCUS COST LEADERSHIP STRATEGY
    Nexian merupakan salah satu penyedia perangkat telekomunikasi yang menjadi pelopor ponsel lokal Indonesia. Nexian adalah market leader di bidang perangkat telekomunikasi tetap (fixed) dan bergerak (mobile) di Indonesia sejak 2006. Kehandalan kualitas produk membuat Nexian dipercaya oleh berbagai operator telekomunikasi sebagai mitra penjualan produk bundling. Ponsel Nexian dibekali fitur-fitur yang tak kalah lengkap dengan ponsel brand internasional dengan harga yang tetap terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah yang ingin dapat berkomunikasi secara mudah sekaligus bergaya.

    4. FOCUS DIFFERENTIATION STRATEGY
    Dream of Doll (D.O.D) merupakan perusahaan boneka asal Korea Selatan yang berdiri tahun 2003. Berbeda dengan Mattel yang memproduksi Barbie atau perusahaan pembuat boneka lainnya, boneka yang diproduksi D.O.D adalah boneka jenis ball jointed doll yang memiliki kerumitan desain bentuk tubuh boneka (menggunakan sendi sehingga dapat secara luwes ditekuk atau diposekan dengan bermacam gaya), mimik yang menyerupai ekspresi wajah manusia, sampai detail desain pakaian yang tergolong stylish. Beberapa boneka di antaranya dikhususkan dibuat menyerupai wajah idol Korea. Dari segi harga cukup tinggi mengingat rumitnya proses pembuatan boneka sampai ke detail-detailnya. Namun mungkin, harga tinggi tak jadi masalah bagi mereka yang memang kolektor boneka atau penyuka fashion.

    5. INTEGRATED COST LEADERSHIP / DIFFERENTIATION STRATEGY
    PT Java Prima Abadi adalah perusahaan yang memproduksi Kopi Luwak. Perbedaan proses dari kopi luwak dengan kopi biasa menjadikan kopi ini tergolong unik dan membuat banyak orang penasaran ingin merasakannya. Produk lain yang diproduksi perusahaan ini adalah Kopi Luwak White Koffie yang low acid dimana aman bagi jantung dan lambung. Saat ini sudah dibuka banyak gerai Kopi Luwak yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, menjadikan kopi ini semakin dikenal oleh publik terlebih harganya yang terjangkau dan mudah didapat.

    ReplyDelete
  43. NAMA : HINDUN YUSIYANTI
    NIM : C1C011026


    1. COST LEADERSHIP STRATEGY
    -Kemasan Kecap Bango-
    Kecap bango Adalah kecap yang menekankan pada cita rasa. Melihat potensi besar kecap ini, pada tahun 2001, PT Unilever Indonesia melamar Bango sebagai salah satu merek yang kemudian dikembangkan di bawah divisi makanan. Sejak mengakuisisi merek tersebut, terus menggeber inovasi pada kecap Bango. Salah satunya dengan memproduksi berbagai kemasan dan ukuran untuk membidik pasar kelas ekonomi yang lebih luas. Produk Kecap bango meluncurkan kemasan plastik isi ulang, dengan harga yang lebih ekonomis. Tujuan dikeluarkanya Kemasan Isi Ulang kecap bangau adalah agar, tetap bisa bersaing dan berkembang dengan merk-merk kecap lain yang saat ini masih menjadi sainganya.


    2. DIFFERENTIATION STRATEGY
    -Pocari Sweat-
    Sebagai penggerak pertama dalam industry minuman penggantu ion tubuh, Pocari Sweat hingga saat ini tetap mempertahankan karakteristik dari produknya yang seolah-olah ingin memperlihatkan kepada konsumen bahwa Pocari Sweat adalah minuman ion yang original yang diproduksi dengan teknologi tinggi sebagai pengganti ion terbaik bagi tubuh. Ketika produk-produk baru bermunculan dengan harga yang jauh lebih murah, Pocari Sweat tetap dengan harga yang lebih mahal dari pesaing tersebut, juga ketika produk lain muncul dengan inovasi rasa yang berbeda-beda seperti rasa buah, Pocari Sweat tetap dengan varian rasa yang original sepert saat pertama produk ini muncul dipasaran. Sehingga harga yang mahal seolah-olah mencerminkan teknologi yang canggih bagi orang-orang yang benar-benar memperhatikan kesehatan mereka.


    3. FOCUS COST LEADERSHIP STRATEGY
    -Pasta Gigi Zact-
    PT. Lion Wings yang mengeluarkan produk pasta gigi yang diberi merk “Zact”. Produk ini dikeluarkan dengan harga pasar yang relative murah yaitu dibawah harga merk pasta gigi lain yang sudah muncul sebelumnya seperti pepsodent, formula, dsb. Produk “Zact” ini diformulasikan khusus untuk para perokok dan penggemar kopi sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pemasarannya adalah focus cost leadership yaitu produk berharga murah dengan focus segmentasi perokok dan penggemar kopi.


    4. FOCUS DIFFERENTIATION STRATEGY
    -Domino’s Pizza-
    Perusahaan ini memfokus­kan kepada penjualan pizza yang dikirim tepat waktu, yaitu akan mengirim Pizza yang dipesan kurang dari 15 menit dan akan gratis jika lebih dari waktu itu. Pengiriman pizza cara ini adalah sesuatu yang hal berbeda yang tidak dapat dilakukan oleh pesaing-pesaingnya. Dengan demikian Domino’s Pizza telah menerapkan strategi fokus berbeda (differentiation focus).


    5. INTEGRATED COST LEADERSHIP/DIFFERENTIATION STRATEGY
    -Pizza Hut-
    Untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia, pizza hut menerapkan dua strategi sekaligus dalam produk-prok yang dihasilkannya. Strategi diferensiasi yang menonjolkan keunikan produk terwujud dalam pizza-pizza unik dengan masing-masing pilihan rasa, keju, makaroni, nanas, dll. Harga yang dibandrol lumayan mahal untuk kekhasan ini. Sedangkan strategi cost leadership diwujudkan dalam produk pizza mini nya, dengan harga yang terjangkau, masyarakat kalangan menengah ke bawah bisa menikmati lezatnya produk pizza hut.

    ReplyDelete
  44. Nama : Boerman A Hutapea
    NIM : C1C011060
    1. Cost Leadership Strategy
    NEXIAN dan CROSS adalah perusahaan yang menyediakan ponsel buatan lokal (Indonesia). Nexian dan Cross menyediakan ponsel dengan fitur – fitur yang standar serta tampilan dan cover yang menarik seperti ponsel buatan Blackberry dan Samsung. Strategi ini membuat nexian dan cross diminati pelanggan berpendapatan menengah kebawah.

    2. Differentiation Strategy
    RIM (Research In Motion) adalah server aplikasi Blackberry Messenger dalam ponsel Blackberry yang khusus menghubungkan pengguna – pengguna Blackberry. Strategi ini sangat efektif, dapat dilihat dari permintaan dan penjualan ponsel Blackberry sangat tinggi. Dengan aplikasi tersebut, sesama pengguna dapat dengan mudah berkomunikasi dan juga berbagi file dan foto.

    3. Focused Cost Leadership Strategy
    PT. Lion Wings adalah perusahaan yang mengeluarkan produk pasta gigi “Zact”. Produk ini memiliki harga yang rendah dan murah dibandingkan dengan harga pasta gigi lain seperti pepsodent, colgate. Produk “Zact” dipasarkan difokuskan pada pasar konsumen yang merupakan perokok dan penggemar kopi.

    4. Focused Differentiation Strategy
    Perusahaan otomotif Mercedez-Benz dan BMW fokus pada segmen pasar dimana penghasilan rata-rata segmen tersebut tinggi dengan harga jual lebih mahal dibandingkan harga mobil Jepang, dan Cina. Mercedez-Benz dan BMW memasarkan mobil yang berkualitas tinggi dan mempunyai keunikan di bidang mesin dan interior dengan kesan mewah dan elegant.

    5. Integrated Cost Leadership – Differentiation Strategy
    Smartfren adalah perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan jasa internet. Smartfren menyediakan jasa internet dengan tarif yang berbeda-beda dan terjangkau serta koneksi yang cepat. Smartfren menyediakan paket internet dengan harga yang murah dan kecepatan internet yang cepat serta dengan tidak ada kuota yang diberikan kepada pelanggan.

    ReplyDelete
  45. Nama : Zainab Mustaqimah
    Nim : C1C011087

    1. Cost Leadership
    Smatfren menggunakan strategi cost leadership yakni menjual produk provider di bundling dengan handphone dengan harga yang lebih murah. Selain itu, fitur internet speed booster nya terbilang lebih murah dan baik kinerjanya disbanding provider yang sama-sama berada di jalur CDMA yaitu AHA
    2. Differentiation
    Pengusaha muda di Bogor membuat kreasi kue lapis bogor. Berbeda dengan lapis Surabaya yang memang sudah cukup terkenal, lapis bogor dibuat dengan bahan dasar ubi ungu sehingga warna dan rasa kue yang unik membuat produk ini laris di pasaran dan permintaannya terus meningkat
    3. Focused cost leadership
    Di bekasi pernah ada sebuah toko yang bertempat di salah satu kios mall. Toko itu bernama “serbu” -serba lima ribu- barang yang dijual di toko itu adalah barang dengan kisaran harga lima ribu rupiah.Perusahaan berfokus pada barang dengan kisaran harga itu.
    4. Focused differentiation
    Seorang pengusaha mendirikan toko baju khusus untuk orang bertubuh besar. Toko baju itu menjual semua jenis pakaian namun dengan ukuran sangat besar,karena pangsa pasarnya terfokus pada orang-orang bertubuh besar
    5. Integrated cost leadership /differentiation
    Shopie martin membuat sepatu yang lentur mengikuti bentuk kaki dan bisa dilipat serta dimasukkan ke dalam tas, produk ini berkualitas namun dijual dengan harga relative murah dan terjangkau

    ReplyDelete
  46. Nama :Merizky Dianisa Nabilah
    NIM :C1C011112

    1. COST LEADERSHIP STRATEGY
    *Mandala Airlines
    Mandala Air mengajak pilot, pramugari, dan karyawan Batavia Air yang sedang tak jelas nasibnya untuk bergabung dan bekerja sama dengan Mandala Air. Cara itu dilakukan untuk memperbaiki kinerja Mandala Air yang dahulu tidak stabil agar menjadi lebih baik dan maju. Strategi kepemimpinan biaya yang dilakuakn oleh Mandala Air adalah menjual tiket dengan harga yang sangat murah untuk beberapa tiket. Strategi ini berhasil ketika pembeli peka terhadap perubahan harga dan perusahaan tersebut dapat merasakan keuntungan dari skala ekonomis.

    2. DIFFERENTIATION STRATEGY
    *Google
    Google menggunakan sistem informasi untuk membedakan dan mengadakan produk serta jasa baru. Google mempunyai misi untuk memberikan pengalaman pencarian di internet yang terbaik dengan mewujudkan informasi dunia yang mudah diakses dan bermanfaat. Google merupakan pembuat mesin pencarian yang tercepat dan terbesar di dunia. Dengan mengakses lebih dari 1,3 milyar halaman web, Google mengantarkan hasil yang relevan dengan semua pemakai di seluruh dunia kurang dari setengah detik. Teknologi pencarian Google yang inovatif dan tata muka pemakaianya yang elegan menempatkan Google pada posisi yang jauh berbeda dari mesin pencarian generasi pertama yang tersedia saat ini.

    3. FOCUS COST LEADERSHIP STRATEGY
    *Anderson Windows
    Anderson Windows dari Bayport, Minnesota, pabrikan jendela dan pintu yang terkemuka di industri bahan bangunan. Anderson menyusun versi katalog komputer interaktif bagi para distributor dan pengecer yang terhubung langsung ke pabrik tersebut. Sistem itu dapat membantu pelanggan mendesain sendiri jendelanya, mengecek rancangan ketangguhan struktur, dan melakukan penawaran harga. Anderson mengembangkan proses manufaktur, pembuatan jendela hanya berdasarkan pesanan dan menurunkan persediaan akhir(merupakan biaya utama perusahaan).

    4. FOCUS DIFFERENTIATION STRATEGY
    *Jilbab Rabbani
    Jilbab Rabbani adalah salah satu strategi diferensiasi fokus yang khas dengan model jilbab super simpel tetapi elegan. Model jilbab selalu update dan bervariasi. Jilbab Rabbani menawarkan kenyamanan dan keluwesan sehingga pemakai jilbab dapat percaya diri di setiap jenis cuaca dan berbagai macam aktivitas. Yang membedakan Jilbab Rabbani dengan jilbab lain adalah logo dari Jilbab Rabbani yang selalu ada di setiap model jilbab.

    5. INTEGRATED COST LEADERSHIP / DIFFERENTIATION STRATEGY
    *YouTube
    Berbeda dengan situs web yang lain, YouTube adalah sebuah situs web video sharing paling populer saat ini. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. membeli YouTube dengan haraga yang sangat tinggi yaitu sejumlah Rp 15,67 triliun dalam bentuk transaksi saham.

    ReplyDelete
  47. Abdussyakur MarzuqApril 14, 2013 at 7:41 PM

    Nama : Abdussyakur Marzuq
    NIM : C1C011021

    1. Cost Leadership Strategy
    Perusahaan Otobus (PO) EFISIENSI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi darat trayek Cilacap-Yogyakarta. Perusahaan ini memberikan fasilitas super mewah dan nyaman dengan armada kelas SUPER EKSEKUTIF kursi 2-1 yang menjadikan dapat lebih leluasa bergerak dengan harga yang murah. yang mana perusahaan sejenis dengan kelas Super Eksekutif mempunyai tarif yang sangat mahal.

    2. Differentiation Strategy
    MITO adalah produsen Handphone yang dimiliki PT. Maju Ekspress Indonesia. Mito menawarkan handphone dengan inovasi yang lain dari yang lain, yakni Handphone dengan bentuk jam tangan, juga Handphone yang dapat berbicara dan membaca SMS dalam bahasa indonesia.

    3. Focus Cost Leadership Strategy
    Kecap Ribbet adalah kecap yang diproduksi oleh Perusahaan Ribbet (anak Riboet) di Purwokerto. kecap ini dijual dengan harga yang murah dibanding dengan para pesaingnya di pasaran, dimana penjualannya memfokuskan kepada para pedagang kaki lima, seperti pedagang bakso, mie ayam, soto, sate, dll, yang umumnya mencari kecap untuk dagangannya dengan harga murah.

    4. Focus Differentiation Strategy
    CROCS adalah produsen sepatu yang didirikan di Amerika. Crocs menjual produk sepatu yang mempunyai model yang berbeda dan unik dibanding dengan sepatu lainnya karena dapat dipakai langsung sehingga tidak ribet, juga terbuat dari bahan yang nyaman. crocs lebih memfokuskan target sasaran kepada para remaja yang umumnya menyukai model-model sepatu yang simple, tanpa perlu ribet dalam memakainya, juga berbahan nyaman dan ringan.

    5. Integrated Cost Leadership – Differentiation Strategy
    So Nice adalah Produk sosis yang diproduksi PT Japfa Comfeed Indonesia. So nice memberikan inovasi produk sosis baru, karena dapat langsung dimakan begitu membuka bungkusnya tanpa perlu digoreng atau diolah terlebih dahulu, dan so nice ini pun dijual dengan harga yang sangat murah yang umumnya menargetkan produknya ke anak-anak.

    ReplyDelete
  48. FIRDHANELIS DWI A.
    C1C011108

    1. Cost Leadership Strategy
    PT. Sang Hyang Seri adalah perusahaan agribisnis nasional bergerak di bidang pembenihan yang mempunyai misi memproduksi dan memasarkan benih unggul tanaman pangan dan tanaman pertanian lainnya ke seluruh wilayah tanah air. PT. SHS mendukung kemajuan agribisnis, perwujudan swasembada pangan, peningkatan produktivitas, dan pendapatan petani dengan menyediakan benih unggul dengan
    kemurnian fisik dan genetik tinggi. PT. SHS menjalankan usaha secara bertanggung jawab utnuk menghasilkan keuntungan yang tinggi bagi shareholder dengan pertumbuhan jangka panjang, dan memenuhi komitmen perusahaan terhadap stakeholder, masyarakat dan lingkungan. PT SHS adalah perusahaan benih yang tertua, dengan banyak pengalaman. Dalam hal ini telah terjadi learning curve yang tinggi sehingga mass production benih menghasilkan harga pokok produksi yang rendah dibanding kompetitornya yang sejenis.

    2. Differentiation Strategy
    samsung berusaha menjadi unik dalam industri elektronik dan telepon dengan memperkenalkan pembelian yang sangat dihargai oleh pembeli serta garansi bahwa tidak ada industri automobile yang mempunyai inovasi teknologi dalam desain, kemampuan kenyamanan dan stabilitas sebaik yang diberikan dan dilakukan oleh samsung serta harga produk yang bersaing.

    3. Focus Cost Strategy
    Rabbani merupakan perusahaan garment yang bergerak dalam bidang retail busana muslim dengan tagline Professor Kerudung Indonesia. Rabbani merupakan salah satu perusahaan kerudung instan pertama dan terbesar di Indonesia dengan mengeluarkan produk andalan berupa kerudung instan dan produk lain yang juga telah dikembangkan. Harga produk rabbani pun tergolong terjangkau untuk masyarakat Indonesia. Berbagai produk yang ditawarkan rabbani pun banyak diminati masyarakat.

    4. Focus Differentiation Strategy
    Sebuah produsen produk kesehatan asal Malaysia, Kontra Pharma telah menciptakan sebuah susu formula yang diciptakan khusus untuk meningkatkan berat badan. Adalah Appeton Weight Gain yang diutus oleh produsen produk kesehatan tersebut untuk mengatasi ketidakpercayaan diri setiap pria kurus.

    5. Integrated cost leadership/differentiation
    strategy
    PT.Indofood Sukses Makmur Tbk-Salah satu produsen yang akan sering anda temukan produknya di toko anda adalah PT.Indofood Sukses Makmur Tbk atau lebih sering disebut Indofood. Produk Indofood yang sudah sangat dikenal masyarakat diantaranya adalah Indomie, susu Indomilk, Segitiga Biru, Bomoli, Chiki, Chitato, Indoeskrim, Bubur Promina dan masih banyak lagi. Harga dari produk-produk Indofood pun terjangkau oleh masyarakat.
    Indofood didirikan yang pada tahun 1990 awalnya bernama PT.Panganjaya Inti kusuma kemudian berganti nama menjadi PT.Indofood Sukses Makmur Tbk pada tahun 1994.Kini perusahahan tersebut telah bertransformasi menjadi perusahaan Total Food Solution dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku sampai menjadi produk yang tersedia di Pasar.Saat ini Indofood dikenal sebagai perusahaan yang mapan dan terkemuka disetiap kategori bisnisnya.

    ReplyDelete
  49. Nama : Yusi Arum Pratiwi
    NIM : C1C011029

    CONTOH :
    1. COST LEADERSHIP STRATEGY
    PT. Metrotech Jaya Komunika Indonesia (NEXIAN)
    Dalam mengatasi persaingan global pada zaman sekarang diperlukan suatu kejelihan dalam melihat peluang pasar. Di Indonesia, dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, ini merupakan suatu pasar yang kompetitif dengan banyak pesaing yang ada, Nexian sangat jelih memlihat kondisi perekonomian penduduk Indonesia yang relative rendah tetapi sangat membutuhkan suatu teknologi komunikasi. Dengan Strategy Cost Leadership yang dilakukan Nexian ini dapat menarik para konsumen dari komputitor usaha yang sejenis, karena harga sangat relative lebih murah dari pada harga produk competitor lain. Hal ini disebabkan oleh biaya produksi yang murah denga kualitas yang hampir sama dengan produk lainya.

    2. DIFFERENTIATION STRATEGY
    PT Djarum
    Memang dalam segmen pasar yang diproduksi PT. Djarum seperti cerutu atau sigar diperlukan penawaran yang unik dan berkualitas dari produknya. Dengan menerapkan strategi ini maka perusahaan (unit bisnis) akan mengembangkan produk yang menawarkan keunikan yang akan dinilai oleh pelanggan, pelangganlah yang akan merasa apakah produk tersebut lebih baik atau memiliki sesuatu yang berbeda dari produk kompetitor. Nilai tambah yang dimiliki produk ini memungkinkan perusahaan untuk menjual produk tersebut dengan harga tinggi, yang diharapkan dapat menutup kos ekstra yang ditimbulkan karena menghasilkan produk yang unik tadi. Karena produk yang unik inilah jika tiba-tiba suplier meningkatkan harga bahan produksi maka perusahaan dapat membebankan pertambahan kos tersbut kepada kustomer yang tidak dapat menemukan produk substitusi dengan mudah.

    3. FOCUS COST LEADERSHIP STRATEGY
    IKEA
    Berbasis di Swedia, IKEA, sebuah pengecer furnitur global dengan lokasi di 24 negara dan teritori
    dan pendapatan penjualan 21,1 miliar euro pada 2008, menggunakan kepemimpinan biaya terfokus
    strategi. Pembeli muda yang menginginkan gaya dengan biaya rendah adalah target pelanggan IKEA. untuk
    pelanggan ini, perusahaan menawarkan perabot rumah yang menggabungkan desain yang baik, fungsi,
    dan kualitas yang dapat diterima dengan harga rendah.

    4. FOCUS DIFFERENTIATION STRATEGY
    Ritz Carlton Hotel
    Hotel ini menggunakan sistem tekhnologi informasi yang disebut "class" untuk mengidentifikasi informasi tamunya, termasuk merk anggur tertentu, koran lokal asal tamu dan arah menghadap jendela. Prefrensi dari tamu diperoleh saat check in tamu dan dari lembaran komentar, saran dan kritik yang disediakan dalam kamar. Misalnya preferensi tamu yang disimpan dalam komputer "class" adalah menyukai bunga mawar, maka hotel akan nenyediakan bunga mawar kesukaannya di kamar setiap tamu itu menginap di hotel ini.

    5. INTEGRATED COST LEADERSHIP / DIFFERENTIATION STRATEGY
    Mc Donald
    Mc Donald sebagai perusahaan yang sudah mendunia dengan merk yang sudah terkenal, menawarkan produknya dengan harga yang relatif terjangkau tapi dengan beberapa diferensiasi. Dengan skala global, membuat franchise dan mengawasinya sesuai standar yang berlaku dapat membuat harga ditekan serendah rendahnya.

    ReplyDelete
  50. Mayda Istianah (C1C011051)

    1. Cost leadership strategy
    Timex, Perusahaan jam tangan yang produknya telah dipasarkan diseluruh dunia dengan basis pasar terbesar adalah Amerika Serikat dan Kanada. Namun untuk Timex sendiri memiliki strategi bisnis yang berbeda dengan perusahaan jam tangan lain seperti Rolex. Timex sendiri menjual jam tangan berbiaya rendah dan handal di outlet-outlet yang bervariasi, dari toko serba ada hingga toko obat (drugstore). Namun, hal ini tidak mengurangi fungsi dan keunikan serta durabilitas Timex itu sendiri sebagai jam tangan.

    2. Differentiation strategy
    Ford Motor Company merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang otomotif serta menjadi raksasa pemegang pasar untuk kendaraan pribadi yakni mobil. Dan Ford bahkan memperluas pasarnya hingga ke luar benua Amerika, hal itu karena kemampuan Ford dalam melihat potensi pasar otomotif untuk kalangan menengah ke atas yakni mobil mewah dan mobil sport. Dan saat ini Ford pun mampu bersaing dengan perusahaan otomotif raksasa lainnya seperti Toyota. Dengan produknya yang unik dan sulit dicari penggantinya, serta kualitas yang tidak diragukan lagi. Kecenderungan konsumen untuk membeli semakin tinggi. Bukan hanya sebagai kebutuhan, tapi juga keinginan memiliki barang-barang mewah yang ternama.

    3. Focused Cost leadership strategy
    USSA (United Service Automobile Association) merupakan perusahaan jasa keuangan besar terdiri dari kesatuan layanan berserikat dan beberapa anak perusahaan, termasuk sebuah grup reksa dana, perusahaan asuransi jiwa, dan investasi. Namun, USSA berhenti dan fokus menjadi sebuah perusahaan asuransi mobil yang memberikan biaya rendah namun dengan kualitas pelayanan tertinggi yang tersedia dimana saja, dan itulah yang menjadi komitmen USSA hingga saat ini.

    4. Focused Differentiation strategy
    Produsen tas wanita Furla yang sukses mengoleksi tas berwarna-warni yang terinspirasi dari permen, merupakan brand tas asal Italia. Candy Bag dari Furla pun mendapatkan banyak penggemar bahkan konsumen dari Singapura rela berbelanja di Milan demi mendapatkan Furla koleksi terbaru yang belum sampai ke Asia. Inilah strategi Furla dalam memasarkan produknya. Furla tampil dengan sophisticated desain kendati tidak lepas dari sisi playful dan permainan warna yang colourful. Walaupun tidak seterkenal Gucci atau Louis Vuitton, namun Furla mampu untuk tetap fokus memproduksi tas wanita dan aksesorisnya dengan desain yang eye catching dan unique. Walaupun untuk harga tidak dapat dikatakan murah, namun Furla berkembang luas dan menjadi brand internasional favorit para fashionista dengan butik yang tersebar di New York, Tokyo, hingga Singapura.

    5. Integrated Cost leadership/differentiation strategy
    Rabbani Store, ini adalah produsen jilbab yang praktis dalam penggunaannya sehari-hari. Saat ini telah banyak pesaing Rabbani yang sama-sama mengeluarkan produk serupa seperti Zoya, Dannis, dll. Namun Rabbani tetap fokus pada kerudung instannya dengan harga yang terjangkau di kalangan siswa, mahasiswa ataupun kalangan umum. Dengan fokusnya pada produk jilbab instan dengan differensiasi dalam desain dan warna yang bervariasi, tidak membuat Rabbani tertinggal, ia pun dapat bersaing dengan produsen jilbab lainnya yang harganya lebih mahal bila dibandingkan bila kita membeli di outlet-outlet Rabbani yang telah tersebar diseluruh Indonesia, termasuk salah satunya di Purwokerto. Dan Rabbani pun mempunyai karakteristik tersendiri bila dibandingkan dengan Zoya, Dannis,dll.

    ReplyDelete
  51. NAMA: BAGAS DWI SEPTYAN
    NIM : C1C011039


    Cost Leadership Strategy

    Contoh perusahaan yang menerapkan strategi cost leadership yaitu Bursa Kampus. Bursa Kampus merupakan perusahaan yang bergerak dibidang ritel yang memiliki pasar utama mahasiswa, dimana harga produk yang dijual lebih murah dibanding pesaingnya, seperti Alfamart, Indomaret, dan Kopkun.

    Differentitation Strategy

    Contoh perusahaan yang menerapkan strategi diferensiasi yaitu Bvlgari. Bvlgari meruapakan perusahaan yang awalnya hanya memproduksi perhiasan di Roma, Italia yang akhirnya memproduksi parfum, jam tangan, kacamata, hingga kosmetik. Bvlgari termasuk perusahaan yang istimewa di dunia karena produknya terkenal karena produknya yang berkualitas dan mahal. Produk-produk yang di produksinya memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan pesaingnya, Tifffany & Co.

    Focused Cost Leadership Strategy

    Perusahaan yang menerapkan strategi ini yaitu PT Elang Group yang berbisnis dibidang properti/perumahan yang murah di kawasan Bogor. PT Elang Group terfokus pada perumahan tipe 36 dengan total harga Rp 20 jutaan. Disamping itu, tawaran kreditnya pun rendah, yaitu sekitar Rp 124 ribu per bulan. PT Elang Group memiliki segmentasi pasar keluarga berpenghasilan rendah, seperti tukang ojek, supir angkutan, hingga pegawai rendah dan memang sebelumnya PT ini mendapat subsidi dari pemerintah.

    Focused Differentiation Strategy

    Perusahaan yang menerapkan strategi ini yaitu Audi AG. Audi AG merupakan perusahaan yang memproduksi mobil untuk kalangan menengah ke atas yang berpusat di Jerman. Audi memiliki beberapa pesaing, diantaranya Mecedes, BMW, dan Porsche. Salah satu variant terbaiknya yaitu Audi A variants dan RS variants. Audi memiliki keunggulan dalam teknologi, baik teknologi pada mesin maupun pada body. Audi R 8 merupakan varian supercar Audi yang bersaing dengan Mercedes SLS AMG dan Porsche 911 GT3.

    Integrated Cost Leadership/Differentiation Strategy

    PT Panatride Caraka, produsen apparel Specs merupakan salah satu perusahaan yang mengusung strategi ini. Specs sendiri telah dikenal masyarakat sebagai sepatu bola asli buatan dalam negeri dengan harga yang terjangkau. Namun, akhir-akhir ini PT Panatride Caraka mengusung strategi baru, yaitu mulai membidik pasar menengah ke atas. Bahkan, Specs sendiri memiliki tagline produk nasional yang berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau. Hingga saat ini Specs telah merambah hingga pasar regional Asia Tenggara.

    ReplyDelete
  52. Eko Hari Suryono
    C1C011047

    Cost Leadership Strategy:
    Mc Donald, perusahaan ini bergarak di industi makanan cepat saji. Mc Donald berupaya menjaga harga produknya tetap rendah diantaranya dengan menyediakan divisi tenaga kerjanya untuk disewa dan memberikan pelatihan kepada tenaga kerja yang kurang pengalaman daripada memberi pelatihan measak.

    Differentiation Strategy:
    NIKE, perusahaan yang bergerak di industry sepatu. NIKE memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk mendesign sendiri sepatu meraka dari design katalog tang disediakan perusahaan. Pelangga bisa memilih warna dan mascot yang mereka inginkan untuk dicetak di sepatu pribadi pelanggan. Dan berinovasi pada tali sepatu karet yang dapat mengikat secara otomatis.

    Focused Cost Leadership Strategy:
    Smartfren, salah satu provider CDMA di Indonesia. Smartfren merupakan provider pertama di duniayang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev.B. Berbeda dengan operator lain, operator ini memberikan servis dengan biaya rendah sebagai contoh menyediakan layana data Unlimited yang murah sehingga tarifnya terjangkau terutama untuk anak muda.

    Focused Differentation Strategy:
    Astra Honda, di Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di pada perakitan sepeda motor. Teknologi motor hondasekarang menggunakan Injection. Salah satu produknya pada motor matic sebagi contoh Vario PGM-FI yang memiliki banyak keunggulan seperti akselerasi yang cepat,hemat bahan bakar, ramah lingkungan, serta bagasi yang luas dan bisa untuk menyimpan helm. Meskipun harganya mahal namun banyak pelanggan yang meminatinya karena keunggulannya.

    Integration of Cost Leadership/Differentiation Strategy:
    Tropicana Slim, perusahaan industri makanan. Tropicana Slim menawarkan gula yang rendah kalori sehingga pelanggan tidak perlu khawatir akan tingkat guladarah pada dirinya serta dipasarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

    ReplyDelete
  53. SONIA TJANDRA
    C1C011010

    Cost Leadership Strategy
    Contohnya adalah online shop yang meniru barang buatan Korea Selatan seperti kaos, jaket, sepatu, tas, dll dengan bahan dan sablonan yang kualitasnya rendah untuk merendahkan biaya sehingga harganya pun jadi murah.

    Differentiation Strategy
    Contohnya adalah desaigner terkenal Ivan Gunawan yang merancang dan membuat busana atau gaun pengantin untuk wanita yang beratnya di atas rata-rata berat wanita dewasa biasa (gemuk). Barang tersebut unik dan juga memenuhi kebutuhan wanita yang beratnya di atas rata-rata.

    Focused Cost Leadership Strategy
    Contohnya adalah meubel merk Activ tidak menggunakan biaya untuk iklan di TV dan menggunakan bahan baku serbuk kayu, yang lebih murah dari kayu jati atau kayu yang masih utuh, serta model produknya adalah model minimalis. Sehingga harga lebih murah dari meubel yang terbuat dari kayu jati (atau semacamnya) tapi juga dapat memenuhi pelanggan yang suka gaya minimalis.

    Focused Differentiation Strategy
    Contohnya adalah HP Samsung produknya ada yang dibuat khusu untuk orang-orang yang menderita buta dan orang-orang yang menderita tuli (di Korea Selatan). HP tersebut sangat unik tapi juga memenuhi kebutuhan orang-orang yang tidak dapat melihat dan orang-orang yang tidak dapat mendengar.

    Integrated Cost Leadership/Differentiation Strategy
    Contohnya adalah Toko Roti Roen yang menyediakan burger isi tempe. Di satu sisi itu merupakan produk dan idenya yang unik tapi di sisi lain juga menghemat biaya bahan daging sapi menjadi tempe.

    ReplyDelete
  54. Amellya Ganesha
    C1C011085
    • Cost Leadership Strategy

    Air Asia
    Air Asia merrupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri penerbangan yang telah menerapkan strategi penerapan harga murah dibandingkan dengan kompetitornya. Strategi ini dipilih karena sesuai dengan target market yang dipilih oleh Air Asia yaitu konsumen penerbangan yang sangat aware terhadap harga dan hanya membutuhkan maanfat utama dari produk dan pelayanan industri penerbangan yaitu transportasi yang memindahkan konsumen dari satu tempat ke tempat lain.

    • Differentiation Strategy

    Cimory
    Cimory berinovasi dengan memiliki berbagai varian produk yang menghindari kejenuhan pelanggan. Hal ini terlihat dari berbagai jenis rasa Fresh Milk & Yoghurt yang ditawarkan, bahkan untuk Yoghurt, Cimory memberikan 2 (dua) jenis Yoghurt (Yoghurt drink & Stirred Yoghurt).. Cimory juga melakukan inovasi dengan memiliki outlet pertamanya di Jalan Raya Puncak No. Bogor, dan menjadikannya Cimory Resto. Ini merupakan salah satu inovasi produk yang dilakukan Cimory dengan menawarkan konsep restoran keluarga bernuansa pegunungan dan alam terbuka yang memiliki latar belakang pegunungan. Selain itu, Cimory juga menawarkan pengalaman edukasi kepada anak-anak (Cimory Dairy Tour). Konsep resto dan edukasi ini merupakan inovasi produk yang tidak dimiliki oleh Produk olahan susu lainnya.

    • Focused Cost Leadership Strategy

    Jogja Chicken
    Jogja Chicken menawarkan berbagai produk makanan dan minuman dengan kategori junk food dengan harga yang sangat murah, yaitu hanya berkisar antara Rp 2000 – Rp 11000. Strategi bersaing yang diterapkan berfokus pada kelompok pembeli atau pasar geografis tertentu yaitu mahasiswa , tetapi tidak menutup kemungkinan untuk orang dewasa dan anak-anak pun dapat menikmatinya.

    • Focused Differentiation Strategy

    The Valley Restaurant
    The Valley adalah sebuah restaurant yang terletak di daerah Dago, Bandung. Produk diferensiasi yang ditawarkan oleh The Valley tidak hanya terletak pada jenis makanannya saja, tetapi juga terletak pada suasana restaurant. Di The Valley, pengunjung dapat menikmati makanan yang dibuat khusus oleh chef ahli sambil menikmati gemerlap lampu Kota Bandung. Hal ini menyebabkan sensitivitas konsumen terhadap harga menjadi berkurang, sehingga konsumen bersedia mengeluarkan biaya yang diatas rata-rata.

    • Integrated Cost Leadership and Differentiation Strategy

    7 eleven
    7-Eleven adalah convenience store yang fokus terhadap produk mereka,khusunys produk makanan dan minuman siap saji. Produk makanan dan minuman siap saji 7-Eleven memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan kompetitornya. Contohnya saja minuman slurpee yang hanya dimiliki oleh 7-Eleven. Produk – produk gerai 7-Eleven juga relatif terjangkau bagi pelanggan. Selain slurpee, 7-Eleven juga menawarkan berbagai macam makanan seperti Big Bite, Chicken Katsu, dan lain lain. Begitu juga dengan produk kebutuhan sehari – hari 7-Eleven memiliki harga yang standar yang mirip dengan produk – produk yang dimiliki oleh bisnis ritel lainnya (Indomaret, Alfamart, dan lainnya).

    ReplyDelete
  55. ELI KURNIA
    C1C011056

    1.Cost Leadership Strategy
    Lincoln Electric Company merupakan sebuah bisnis yang memiliki strategi Cost Leadership. Lincoln sangat bagus dalam mengaplikasikan strategi ini, Lincoln mampu menjadi pemimpin dalam industri ini dengan harga produk terendah namun memiliki kualitas yang tinggi. Lincoln bergerak di industri manufaktur peralatan las, motor listrik, dan peralatan listrik lainnya.

    2. Differentiation Strategy
    Coca Cola menerapkan strategi diferensiasi, bentuk diferensiasi yang dilakukan oleh Coca Cola adalah dengan menghabiskan sejumlah besar uang dalam bentuk periklanan (advertising), dengan tujuan untuk membedakan produk mereka dengan produk dari perusahaan lain dan untuk membuat citra yang unik pada produk-produknya. Coca Cola menyediakan berbagai jenis produk minuman kepada para pelanggan dan strategi mereka sangat berhasil sehingga mendapat posisi yang terkemuka di antara para pesaingnya.

    3. Focus Cost Leadership Strategy
    Fadal Engineering. Fadal memfokuskan upaya-upayanya pada pembuatan dan penjualan peralatan mesinnya kepada produsen kecil. Fadal mencapai fokus biaya dengan berfokus pada upaya pemasaran yang murni hanya untuk ceruk pasarnya.

    4. Focused Differentiation Strategy
    Hotel Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sebuah hotel yang memepertahankan diri sebagai khasnya sebagai Boutique Hotel yang memiliki tema dan menawarkan ambience yang berbeda dari hotel pesaingnya dengan kekhasan yang dirasakan pelanggan.Fokus kepada kelompok pembeli. Strategi ini di dasarkan atas pemikiran bahwa perusahaan dengan demikian mampu melayani target strategisnya yang sempit secara lebih efektif dan efisien ketimbang pesaing yang bersaing dalam skala yang lebih luas.


    5.Integrated Cost Leadership and Differentiation Strategy
    Kosmo.com menggunakan strategi integratif kepemimpinan biaya/diferensiasi. Melalui situs webnya, Kosmo.com ini mengirimkan “junk food” dan video kepada para pelanggannya. Bentuk diferensiasi Kosmo.com meliputi bentuk belanja online yang nyaman dengan pengiriman ke rumah. Pengiriman gratis adalah salah satu bentuk diferensiasi utama perusahaan tersebut. Item makanan dihargai dengan tingkat harga yang sama dengan toko-toko bahan pangan lokal.

    ReplyDelete
  56. NAMA: DESSY AMELIA
    NIM : C1C11007

    1. Cost Leadership Strategy
    (Rand McNally)
    Sebagai penerbit peta cetak, Rand McNally telah memiliki peta dan informasi-informasi terkait lainnya yang dapat digunakan untuk peta online. Karena kualitas peta yang dimiliki sangat baik, hal tersebut menambah daya saing yang cukup kuat bagi perusahaan. Dengan bekerjasama dengan perusahaan penyedia produk dan jasa lainnya, perusahaan mampu memberikan kualitas terbaik dengan harga yang layak bagi pelanggan.


    2. Differentiation Strategy
    PT Santa Malang , menjelaskan penerapan differensiasi service untuk meningkatkan penjualan. PT Santa merupakan dealer motor Roda Tiga yang berlokasi di Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan dan wawancara dengan pemilik. Data yag telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Temuan lapangan menunjukkan bahwa PT Santa mengalami penurunan penjualan yang disebabkan oleh faktor eksternal yaitu tidak adanya manajemen teritorial dan price regulatory oleh pabrikan. Hal ini menyebabkan posisi tawar menawar pembeli dan pemasok kuat, sehingga strategi yang sesuai dengan kondisi PT Santa adalah strategi diferensiasi layanan. Strategi diferensiasi layanan ini bisa diterapkan melalui penerapan pemasaran relasional, yaitu meningkatkan hubungan dengan pemasok dan pelanggan, dan peningkatan kualitas layanan.

    3. Focus Cost Leadership Strategy
    Strategi ini banyak dilakukan oleh perusahaan retailer (seperti coles, Woolworth, hypermart, Carrefour) yang mengeluarkan produk private label. Perusahaan perusahaan ini percaya masih terdapat sejumlah customer yang mencari produk dengan mempertimbangkan harga murah sebagai faktor utama dalam pengambilan keputusan.

    4. Focus Differentiation Strategy
    J.W Marriott Hotel menerapkan strategi focus berbeda untuk melayani tamu-tamunya. Hotel ini menggunakan system teknologi informasi yang disebut “class” untuk mengidentifikasikan informasi tentang tamu-tamunya, termasuk pilihan merk anggur tertentu, Koran lokal asal tamu dan arah menghadap jendela. Preferensi dari tamu diperoleh saat check in dan dari lembaran komentar-komentar, saran-saran dan kritik yang disediakan didalam kamar. Misalnya preferensi tamu yang tersimpan di computer “class” adalah menyukai bunga mawar, maka hotel ini akan menyediakan bunga mawar sesuai dengan kesukaannya di dalam kamar tamu tersebut setiap menginap di hotel ini.

    5. Integrated Cost Leadership – Differentiation Strategy
    Sony Playstation, Dengan menerapkan strategi biaya yang sangat terjangkau terhadap customer gamer dari pada pesaing serta game ini terus melakukan perubahan inovasi dari tiap produk terbarunya, dari mulai Playstation X, PS one, PS 2, PS Portable, dan bahkan yang terbaru PS 3. Diferensiasi yang di terapkan pada game konsol ini mulai dari PS one yang langsung terdapat monitor seperti halnya PSP (portable) hingga sampai stick dengan memakai bluetooth. Namun dalam cost leadership dan diferentiation pabrikan Sony Playstation ini masih sangat memimpin terutam di pangsa pasar (area market) Asia.

    ReplyDelete
  57. NAMA: RINI NURDINI
    NIM: C1C011014

    1. Strategy Cost Leadership
    Contoh : PT Siantar Top, Tbk perusahaan yang menciptakan produk-produk makanan dan minuman berkualitas dengan mengutamakan cita rasa terbaik. Komitmen dan dedikasi tinggi terhadap konsumen diwujudkan dengan menghadirkan produk sehat seperti biskuit dan wafer dengan harga relatif murah.

    2. Strategy Differentiation
    Contoh : “number61”, adalah perusahaan yang memproduksi pakaian yang beda dari yang lain, mereka mempunyai cirri khas tersendiri baik itu dalam hal bahan, motif, bahkan pemasarannya. Selain itu produk ini sangat terkenal, banyak digunakan oleh kalangan selebritis, bahkan banyak menjadi sponsor acara-acara besar.

    3. Strategy Focusssed Cost Leadership
    Contoh : “Charm”, salah satu produk pembalut yang tentunya khusus untuk wanita, pemasrannya pun terfokus pada wanita usia produktif. Selain itu, harga produk ini sangat terjangkau.

    4. Strategy Focussed Differentiation
    Contoh : “Nike”, produk-produk Nike mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja dalam menciptakan sepatu dengan gaya sporty, pemasarannya terfokus pada segmen olahraga/atlet.

    5. Strategy Integrated Cost Leadership Differentiation
    Contoh : “Mustika Ratu”, merupakan perusahaan kosmetik. Produk mustika ratu berbeda dari produk kosmetik lainnya, karena produk tersebut berbahan alami dari rempah-rempah. Selain itu produk mustika ratu mampu bersaing dengan prodk lain, dan mustika ratu menawarkan harga yang terjangkau.



    ReplyDelete
  58. Ibrahim Nurdin
    C1C011049

    1. Cost leadership strategy
    Axioo, axioo merupakan merk dagang asli indonesia. Dimana memiliki beberapa produk diantaranya laptop, lcd, tablet, dll. Dalam produk laptop contohnya, laptop axioo ini dibandrol dengan harga yang relatif murah dibanding merk merk lainnya. Dengan spesifikasi laptop yang sama maka anda akan mendapatkan harga yang lebih murah. Hebatnya, axioo ini sudah memenuhi standar internasional, terbukti dengan diekspornya produk axioo ke singapura, thailand, malaysia, dan vietnam.

    2. Differentiation strategy
    Blackberry, merupakan sebuah device ciptaan Research In Motion atau RIM. Dimana smartphone ini memiliki perbedaan diantara smartphone lainnya. Memiliki OS sendiri, tidak seperti OS smartphone pada umumnya. Yang paling berbeda adalah memiliki aplikasi messeging sendiri, yaitu Blackberry Messenger dimana aplikasi tersebut hanya bisa digunakan oleh device Blackberry saja. Strategi ini cukup menarik minat pembeli, di Indonesia misalnya.

    3. Focus cost leadership strategy
    Apache, rokok bawaan gudang garam ini memiliki harga yang murah dipasaran. Dengan harga 500/batang rokok ini mencoba manarik perhatian para perokok. Khususnya pada kalangan menengah kebawah, sasarannya seperti mahasiswa, para pekerja, dll. Lakunya rokok Apache ini didasari oleh marketing yang bagus, selain juga karena rasa rokok dan harganya yang sangat ramah kantong.

    4. Focus differentiation strategy
    HTC Corporation, adalah sebuah perusahaan multinasional yang berbasis di Taiwan. Produk smartphone contohnya. Smartphone berbasis Android pertama merupakan produk dari HTC, yaitu HTC Dream. Merupakan terobosan baru yang berbeda dengan lainnya, dimana pada waktu itu gadget yang sedang populer adalah Blackberry. HTC mengeluarkan smartphone pertama berbasis android, yang pada masa masa sekarang ini diikuti oleh beberapa pesaing lainnya. HTC kemudian mengeluarkan produk produk smartphone yang berbeda dengan yang lainnya yaitu smartphone yang dibekali dengan Beats Audio™. Dengan harga yang relati mahal, HTC terfokus untuk para pecinta gadget kalangan menengah keatas.

    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.
    First media, merupakan penyedia layanan internet kabel untuk rumahan. Berbeda dengan ISP yang memakai teknologi wireless pada umumnya, disamping itu Firstmedia juga memiliki layanan tv kabel. Layanan internet dan tv kabelnya cukup memuaskan, dengan internet berkecepatan tinggi dan tv kabel kualitas full HD. Harga yang ditawarkan pun cukup murah mulai 200rb perbulan sudah bisa menikmati internet berkcepetan tinggi unlimited, dan menyaksikan siaran tv mancanegara melalui layanan tv kabelnya.

    ReplyDelete
  59. NAMA: NAGRIANA r. H.
    NIM: C1C011052

    1. Cost Leadership Strategy
    Contoh: Lifebuoy Shampoo merupakan shampo keluarga. Dapat digunakan oleh laki-laki maupun perempuan, dewasa maupun anak-anak diatas 5 tahun. Shampo ini tidak memiliki khasiat khusus seperti anti rontok, anti ketombe, atau shampo untuk rambut berwarna. Harganya yang terjangkau cocok untuk segala kalangan.

    2 Differentiation Strategy
    Contoh: Akhir-akhir ini Samsung meluncurkan produk barunya yaitu Smart TV. TV ini mengungguli TV merek lain dengan kecanggihan voice dan motion control. Ini merupakan terobosan baru bagi para pecinta elektronik canggih.

    3. Focused Cost Leadership Strategy
    contoh: PT. Danone memiliki produk olahan susu diantaranya Milkuat. Dengan tingkat kesadaran masyarakat indonesia yang rendah dalam minum susu terutama bagi anak-anak, produk ini sangat sesuai. Milkuat dikemas dengan menarik, memiliki rasa yang bervariasi dan harga yang murah.

    4. Focused Differentiation Strategy
    Contoh: PT. Indofood memproduksi mi instan yang telah terkenal hingga di luar negeri yaitu Indomie. Indomie yang khusus dipasarkan di Indonesia memiliki variasi rasa yang disesuaikan dengan selera nusantara seperti rasa rendang, soto banjar, soto betawi, empal gentong dan lain-lain. Untuk Produk indomie yang dipasarkan di luar neregi juga menyesuaikan selera masyarakat setempat.

    5. Inregrated Cost Leadership/ Differentiation Strategy
    contoh: Elizabeth dikenal mempunyai banyak pilihan produk fashion berkualitas dengan harga terjangkau. Berbagai produk seperti tas tangan, tas pesta, aksesories, dompet dibuat dengan model dan kualitas yang bagus namun dengan harga terjangkau.

    ReplyDelete
  60. Nama : WULAN JENIAR SUBKHI
    Nim : C1C011004

    1. Contoh cost leadership strategy

    Roadway Express juga perusahaan angkutan truk yang mempunyai pompa bahan bakar tersendiri secara nasional. Dengan menggunakan computer, perusahaan membandingkan harga-harga bahan bakar yang ditawarkan oleh pemasok dan membeli bahan bakar yang terendah.

    2. Contoh differentiation strategy

    Digital Equipment Corporation (DEC). DEC menggunakan system pakar dengan nama X-Con untuk mengkonfigurasi system computer yang dipesan oleh pembeli. Dengan system ini DEC dapat menawarkan computer tetapi dengan spesifikasi konfigurasi yang berbeda sesuai dengan keinginan konsumen. Akan tetapi X-Con sekarang sudah ditinggalkan oleh DEC karena perkembangan konfigurasi yang sangat cepat dari industry computer yang mengakibatkan kombinasi konfigurasi computer menjadi banyak sekali.

    3. Contoh focused cost leadership

    DellComputer
    Perusahaan ini menggunakan sistem informasi untuk membuat produk dan jasa pada harga yang lebih rendah dari pesaing dengan peningkatan kualitas dan pelayanan. Karena itulah Dell mampu mengeliminasi biaya-biaya yang timbul dalam usahanya.


    4. Contoh focused differetiation strategy

    Ritz Carlton Hotel juga menerapkan strategi focus berbeda untuk melayani tamu-tamunya. Hotel ini menggunakan system teknologi informasi yang disebut “class” untuk mengidentifikasikan informasi tentang tamu-tamunya, termasuk pilihan merk anggur tertentu, Koran lokal asal tamu dan arah menghadap jendela. Preferensi dari tamu diperoleh saat check in dan dari lembaran komentar-komentar, saran-saran dan kritik yang disediakan didalam kamar. Misalnya preferensi tamu yang tersimpan di computer “class” adalah menyukai bunga mawar, maka hotel ini akan menyediakan bunga mawar sesuai dengan kesukaannya di dalam kamar tamu tersebut setiap menginap di hotel ini.

    5.Contoh integrated cost leadership/differentiation

    PT. Indofood Sukses Makmur dapat dijual dengan harga yang rendah (harga eceran Rp 1200,-) per bungkusnya. Untuk dapat membuat produk mie instan dengan harga jual yang rendah tentu harus memiliki sistem produksi yang berbiaya rendah. Dengan strategi itu, perusahaan ini menguasai pasar mie instan di Indonesia bahkan mampu melebarkan produksi dan pemasarannya di luar negeri.

    ReplyDelete
  61. EVILYANI TRIBUANA
    C1C011092

    1. Cost leadership strategy
    PT. Metrotech Jaya Komunika Indonesia (NEXIAN)
    Nexian yang merupakan pelopor ponsel lokal di Indonesia dengan berbagai fitur yang ada dan penggunaan sparepart yang cenderung murah menjadi alasan untuk masyarakat membeli produk ini. Nexian melihat peluang yang ada pada pendapatan masyarakat Indonesia pada umumnya yang tergolong rendah ditambah dengan kebutuhan akan telekomunikasi masyarakat Indonesia. Strategy cost leadership yang digunakan nexian yaitu dengan menawarkan ponsel yang lebih murah dibanding usaha sejenis lainnya. Dengan peluang tersebut nexian mampu bersaing dengan merek ponsel lainnya.

    2. Differentiation strategy
    PT. DJARUM
    Strategi pembeda yang dilakukan PT. Djarum ialah dengan adanya produk berbeda dibanding usaha sejenis lainnya yaitu terdapatnya cerutu dan sigar. Dengan komposisi yang berkualitas prima yang didatangkan dari dalam negeri yaitu dari Deli, Sumatera Utara; Besuki, Jawa Timur yang sudah terkenal dan tak kalah nikmatnya dengan bahan-bahan dari luar. Dengan adanya cerutu dan sigar PT. Djarum menawarkan keunikan yang akan dinilai sendiri oleh pelanggan karena produk tersebut berbeda dengan produk kompetitior lainnya. Nilai tambah yang dimiliki produk ini dengan menjual produk dengan harga yang tinggi diharapkan dapat menutup biaya dalam pembuatan produk unik tersebut.

    3. Focus cost leadership strategy
    PT.INDOFOOD
    PT. Indofood menerapkan strategi ini khususnya pada produk mi instan sarimi isi 2. Mi instan ini mampu bersaing dengan pesaingnya dikarenakan kuantitasnya yang lebih banyak dibanding mi instan pada umumnya serta harga yang tak jauh berbeda dengan mi instan lainnya. sarimi mampu bersaing dengan produk sejenis lainnya karena harga yang cukup terjangkau. Dengan strategi ini sarimi telah melihat peluang yang ada. Umumnya sarimi isi 2 dikonsumsi oleh masyarakat yang membutuhkan makanan yang lebih mengenyangkan tetapi dengan harga yang murah. Maka dari itu sarimi merupakan salah satu pilihan mi instan yang dipilih konsumen terutama anak kost karena harganya yang terjangkau.

    ReplyDelete
  62. EVILYANI TRIBUANA
    C1C011092


    4. Focus differentiation strategy
    Rumah Sakit Jantung Harapan Kita
    Yang menerapkan strategi ini ialah Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, dengan perbedaan yang dimiliki yaitu penggunaan peralatan kedokteran yang canggih dibanding rumah sakit lainnya yaitu dengan Absorp Bioresorbable Vascular Scaffold (BVS) yang digunakan untuk operasi melebarkan pembuluh darah dengan sistem balonisasi dibuat dengan bahan utama tepung jagung. Alat yang sudah digunakan di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta ini menurut Direktur Utama Rumah Sakit Harapan Kita, dr. Hananto Adriantoro SpJP (K), tidak memiliki efek samping. "Kita tidak kalah dengan dunia kedokteran internasional karena pemasangan ini untuk pertama kalinya diperkenalkan di Indonesia. Bahkan Korea dan Jepang pun belum ada," jelas Hananto saat jumpa pers di Ritz Carlton, Jakarta ( 4/4/2013). Dengan perbedaan yang dimiliki rumah sakit Harapan Kita ini yang berfokus pada penyakit jantung membuat pasien tidak perlu pergi ke luar negeri untuk melakukan pengobatan karena didalam negeri sudah ada, bahkan beberapa negara maju belum memilikinya.

    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.
    Caterpillar tractors
    Caterpillar Inc, juga dikenal sebagai “CAT” adalah manufaktur yang menjual mesin menjual produk-produk keuangan dan asuransi kepada nasabah di seluruh dunia melalui dealer jaringan. Caterpillar adalah dunia produsen terbesar peralatan berat konstruksi dan pertambangan, diesel dan mesin gas alam dan turbin gas industri. Perbedaan yang menjadi unggulan dibanding produsen tractors lain adalah:
    •Engine Caterpillar yang tangguh, bertenaga dan mudah diservis, memiliki kenaikan torsi yang tinggi serta memenuhi bahkan melampaui persyaratan emisi.
    •Advanced Modular Cooling System (AMOCS) menggabungkan kemampuan pendinginan yang lebih efisien dengan servis yang lebih mudah sehingga memungkinkan alat berat untuk dioperasikan dalam lingkungan yang paling menantang.
    •Stasiun operator yang efisien dan nyaman mendorong produksi tinggi dengan alat kontrol yang mudah digerakkan, kursi Caterpillar Contour Series dan jangkauan pandang yang baik.
    •Transmisi planetary powershift Caterpillar memiliki keistimewaan berupa kopling berkapasitas tinggi dan berdiameter besar yang didinginkan oli.
    •Rangka utama Track-Type Tractor Besar Caterpillar sangat kokoh, kuat dan tahan lama.
    •Komponen modular utama dirancang demi kemudahan servis yang baik.
    •Layanan dari dealer Cat membantu alat berat beroperasi lebih lama dengan biaya lebih rendah. Dealer memiliki ketersediaan sukucadang terbaik serta kemudahan servis terbaik.

    ReplyDelete
  63. Nama : Citra Anggun Pertiwi
    NIM : C1C011094

    1. Strategi Kepemimpinan Biaya
    Adalah serangkaian tindakan integratif yang dirancang untuk memproduksi atau mengirimkan barang atau jasa pada biaya paling rendah, relatif terhadap pesaing, dengan ciri-ciri yang dapat diterima oleh para pelanggan. Contohnya XL merupakan perusahaan layanan jasa telekomunikasi yang memiliki banyak pelanggan karena jaringannya menjangkau seluruh Indonesia dengan harga murah.

    2. Strategi Diferensiasi
    Adalah serangkaian tindakan integratif yang untuk dirancang memproduksi barang atau jasa yang dianggap pelanggan berbeda dalam hal-hal yang penting bagi mereka.
    Strategi diferensiasi memampukan perusahaan untuk menyediakan produk-produk yang memiliki ciri-ciri berbeda (dan nilai) kepada para pelanggan. Karena keunikannya, produk-produk dan jasa diferensiasi dijual dengan harga premium. Semakin sedikit kemiripan dengan produk-produk pesaing, semakin perusahaan itu bertahan dari persaingan dengan lawan-lawannya. Contoh perusahaan yang melakukan strategi ini : Maytag (peralatan), Mercedez (otomotif) dan WordPerfect (perangkat lunak).
    Risiko yang berkaiatan dengan strategi diferensiasi meliputi :
    • keputusan kelompok pelanggan tertentu yang merasa bahwa perbedaan antara produk diferensiasi dan barang-barang dan jasa pemimpin biaya tidak lagi bernilai untuk harga premium,
    • ketidakmampuan produk diferensiasi untuk menciptakan jenis nilai yang mau dibayar pelanggan dengan harga premium,
    • kemampuan para pesaing untuk menyediakan produk-produk yang berciri sama dengan produk-produk diferensiasi, tapi dengan biaya yang lebih rendah,
    • ancaman pemalsuan, di mana perusahaan memproduksi barang-barang dan jasa diferensiasi dengan harga murah dan ‘mematikan’.
    3. Strategi Fokus Kepemimpinan Biaya
    Toko perlengkapan muslim Umi yang ada di purwokerto menawarkan beraneka macam kebutuhan muslim khususnya muslimah. toko ini menyediakan berbagai macam kerudung,baju muslim,dan aksesoris-aksesoris. Harga yang ditawarkan sangan murah dibandingkan dengan toko srupa lainnya yang ada di purwokerto. Hl ini dikarenakan toko umi telah memiliki tempat pasokan barang yang murah dan berkualitas tinggi. Usahanya pun berkembang pesat dengan terbukanya 2 cabang lainnya yang salah satunya ada di purbalingga.

    ReplyDelete
  64. 4. Strategi Fokus Diferensiasi
    Starbucks merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan strategi fokus diferensiasi yaitu fokus pada minuman terutama kopi dengan cita ras tinggi. Starbucks barangkali layak disebut sebagai contoh yang paling fenomenal. Ditopang dengan strategi manajemen jempolan, Starbucks tiba-tiba merebak bagai virus dan gerainya memenuhi setiap sudut kolong langit :
    Mulai dari keramaian di kota Chicago hingga di pinggir jalan tol Cikampek, mulai dari Plaza Senayan hingga Plaza Del Toro di Barcelona, mulai dari sudut kota di negri Tibet hingga di depan jalanan padat daerah Tebet Pancoran.
    Visi dan filosofi Starbucks pada dasarnya ditautkan pada satu konsep yang simple :
    Bagaimana membangun sebuah kedai dengan sajian kopi berkualitas nomer satu, disertai dengan atmosfer kafe yang hangat nan bersahabat, lalu disajikan dengan pelayanan yang menyenangkan. Dan persis disitulah sesungguhnya Starbuck menemukan maknanya, ia hadir sebagai sebuah tempat dimana racikan kopi terbaik bersenyawa dengan kehangatan pertemuan bisnis/sosial.
    Lima pilar dimana Starbucks dibangun dan dibesarkan. Pilar yang pertama adalah menumbuhkan sense of ownership yang kuat pada segenap jajaran karyawannya, dari level atas hingga level paling bawah. Spirit ini lalu mendorong setiap pekerja memiliki dedikasi dan tanggungjawab untuk memekarkan keberhasilan perusahaan.
    Pilar kedua adalah keyakinan bahwa dalam bisnis retail seperti kedai kopi, everything matters. Segala detil mesti diperhatikan dan dijaga untuk menghasilkan proses yang sempurna. Segenap pernik mengenai kebersihan outlet, desain kursi, keragaman produk, dan pelayanan pelanggan mesti dieksekusi secara tepat untuk mencapai proses bisnis yang ekselen.
    Pilar ketiga adalah surprise dan delight. Setiap pegawai Starbuck, terutama yang ada di bagian frontline didorong untuk menciptakan serangkaian tindakan yang mampu membikin pelanggan menjadi terkesan (surprise dan delight). Contoh, jika ada pelanggan yang sudah antri di didepan kedai pada jam 6.30, maka kedai kopi bisa langsung dibuka, meskipun aturannya mestinya baru buka jam 7 (dus, para pelanggan tidak mesti dibiarkan menunggu sekitar 30 menit untuk menunggu hanya demi memenuhi prosedur pembukaan kedai).
    Pilar keempat adalah terbuka dan mendengarkan sepenuh hati kritik dan masukan dari para pelanggan. Starbucks selalu mencoba membangun dialog yang konstruktif untuk mendapatkan umpan balik dari para pelanggannya. Dan dari sini, mereka kemudian memperlakukan masukan tersebut sebagai satu elemen penting untuk memperbaiki kinerja pelayanannya.
    Dan pilar terakhir yang dilakukan oleh Starbukcs untuk membangun kejayaan adalah memperlakukan karyawan mereka seperti raja. Sebab mereka percaya, kepuasan karyawan sesunguhnya merupakan kunci dari kepuasan pelanggan. Tanpa happy employees, Anda pasti tak akan mampu menciptakan happy customers. Dengan prinsip inilah, Starbucks kemudian menciptakan serangkaian kebijakan yang mampu membuat karyawan mereka senang bekerja didalamnya – mulai dari kebijakan remunerasi yang atraktif, lingkungan kerja yang friendly, hingga jam kerja yang fleksibel.

    5. Strategi Integrated Cost Leadership
    Strategi ini merupakan gabungan dari strategi yang ada,misal saja tempat karaoke Happy Puppy yang ada di Purwokerto.
    Happy Puppy menerapkan tarif yang berbeda-beda tergantung ruangan yang dipilih. Small tentu saja dengan harga yang paling murah yaitu 22.500.Medium 45.000, Large 75.000, dan yang paling besar bisa mencapai 150.000.
    harga yang ditawarkan tergantung dari kebutuhan masing-masing pelanggan.

    ReplyDelete
  65. HAFIDH ROKHMAN ROLDI
    C1C011059

    1.Cost leadership strategy
    Malindo Air, Malindo Air adalah maskapai penerbangan yang berbasis di Malaysia. Maskapai ini merupakan perusahaan patungan antara Malaysia National Aerospace and Defence Industries (NADI) (51%) dengan Lion Air Indonesia (49%). Maskapai ini didirikan untuk melayani penerbangan dari Indonesia-Malaysia dan sebaliknya karena banyaknya mobilitas antara kedua penduduk. Mengingat mayoritas penumpangnya para pekerja dan wisatawan maka harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau dan bersahabat dibandingkan maskapai lainnya.

    2. Differentiation strategy
    Bali Orchid Garden merupakan produsen sekaligus penjual kopi luwak. Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran/musang kelapa. Biji kopi ini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Cita rasa Kopi ini membuat kualitas kopi luwak pun berbeda dengan kopi-kopi lainnya. Karena cita rasa yang berbeda inilah membuat harga Biji kopi luwak menjadi biji kopi termahal di dunia,bahkan bisa mencapai USD100 per 450 gram.

    3. Focus cost leadership strategy
    Tossa, Perusahaan ini khusus membuat dan menjual sepeda motor roda tiga yang dijual dengan harga murah tapi tetap bisa membawa banyak muatan. mahalnya harga kendaraan yang bisa mengangkut barang seperti pickup dan mobil-mobil sejenisnya, membuat tossa menciptakan kendaraan roda tiga dengan biaya produksi rendah yang memudahkan bongkar muat barang khususnya bagi para pedagang, distributor, dan perusahaan.

    4. Focus differentiation strategy
    Automobili Lamborghini S.p.A., adalah produsen mobil sport Lamborghini. Berbeda dengan pabrikan mobil lainnya seperti audi atau BMW. Lamborghini hanya memproduksi mobil berjenis sport. Yang menarik adalah Lamborghini bukan hanya selalu mengadepankan kualitas dan tampilannya yang sporty, tapi Lamborghini menjual produknya dalam jumlah terbatas. Sehingga hanya beberapa kalangan saja yang bisa membeli tentu dengan harga yang mewah.

    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.
    PT. Pindad adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial. PT.PINDAD memproduksi dan menjual alat-alat militer dengan kualitas bagus tapi dengan harga murah dibanding dengan kompetitornya seperti dari rusia atau amerika. Produknya pun terdeferensiasi seperti panser, senapan, granat, amunisi, genset dan lain-lain yang bisa dibilang kualitasnya High.

    ReplyDelete
  66. Nama : Alif Ridlo Saputra
    Nim : C1C011058
    1. Cost leadership strategy
    Southwest Airlines
    Industri penerbangan yang biasanya menjadi sebuah industri di mana keuntungan yang sulit didapat tanpa pengisian harga tiket tinggi. Southwest Airlines menantang konsep ini dengan memasarkan dirinya sebagai pemimpin biaya. Southwest berusaha untuk menawarkan harga serendah mungkin dengan menjadi lebih efisien daripada maskapai penerbangan tradisional. Mereka meminimalkan waktu yang mereka habiskan pesawat di landasan dalam rangka untuk mereka tetap terbang dan untuk menjaga keuntungan meningkat. Mereka juga menawarkan sedikit di jalan dari sensasi tambahan kepada pelanggan, tetapi lulus penghematan biaya pada mereka.


    2. Differentiation strategy
    Dell
    Banyak produsen komputer yang menggunakan kanal Internet untuk pemasaran dan penjualan mereka. Tapi, ketika itu hanya Dell yang meraih pasar tertinggi. Hal ini dikarenakan Dell melakukan hal yang berbeda. Dell dalam layanan situs-nya, tidak hanya menampilkan katalog produk dan kemudian memproses order seperti yang kompetitor lakukan. Dell menyediakan opsi untuk pelanggannya untuk dapat meng-kustomisasi produk sesuai dengan yang mereka inginkan.

    3. Focus cost leadership strategy
    USAA (The United Services Automobile Association)
    Perusahan jasa keuangan yang berbasis di Texas yang menawarkan perbankan, investasi, dan asuransi kepada orang-orang dan keluarga militer Amerika Serikat.

    4. Focus differentiation strategy
    Aston martin
    Produsen mobil sport mewah Inggris. Memproduksi mobil yang berbeda dengan pesaingnya dan target kalangan atas.

    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.
    Singapore Airlines
    Maskapai ini memberikan tarif rendah dengan gantinya menghapus beberapa layanan penumpang yang biasa. Melalui berbagai media, cara ini menghasilkan banyak maskapai dengan harga tiket yang rendah dan layanan yang terbatas karena biaya operasinya.
    Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan SIA antara lain: brand reputation, armada pesawat baru, biaya staf yang rendah, mampu berespon baik terhadap krisis, strategi aliansi dan akuisisi yang berhasil, kemampuan untuk responsif terhadap persaingan serta mampu mengedepankan pelayanan prima.

    ReplyDelete
  67. Nama : Gunadi Setyawan
    Nim : C1C011013

    1. Cost leadership strategy
    PT Lion Mentari Airlines
    Karena memiliki struktur biaya yang sangat ketat dan rendah, perusahaan yang menerapkan strategi ini mampu memberikan harga yang lebih rendah bagi produknya dibanding para pesaing, namun tetap mendapatkan laba yang memuaskan. Pangsa pasar yang besar memberikan kekuatan penawaran yang menguntungkan bagi para pemasok/suplier, karena adanya pembelian dalam jumlah besar. Harga yang rendah (murah) berfungsi sebagai “hambatan” bagi pesaing untujk masuk kedalam persaingan, dan hanya sedikit yang bisa menandingi keunggulan biaya ini.

    2. Differentiation strategy
    PT Jarum
    Memang dalam segmen pasar yang diproduksi PT. Djarum seperti cerutu atau sigar diperlukan penawaran yang unik dan berkualitas dari produknya. Dengan menerapkan strategi ini maka perusahaan (unit bisnis) akan mengembangkan produk yang menawarkan keunikan yang akan dinilai oleh pelanggan, pelangganlah yang akan merasa apakah produk tersebut lebih baik atau memiliki sesuatu yang berbeda dari produk kompetitor. Nilai tambah yang dimiliki produk ini memungkinkan perusahaan untuk menjual produk tersebut dengan harga tinggi, yang diharapkan dapat menutup kos ekstra yang ditimbulkan karena menghasilkan produk yang unik tadi. Karena produk yang unik inilah jika tiba-tiba suplier meningkatkan harga bahan produksi maka perusahaan dapat membebankan pertambahan kos tersbut kepada kustomer yang tidak dapat menemukan produk substitusi dengan mudah.

    3. Focus cost leadership strategy
    The Ritz Carlton
    Ritz Carlton Hotel juga menerapkan strategi focus berbeda untuk melayani tamu-tamunya. Hotel ini menggunakan system teknologi informasi yang disebut “class” untuk mengidentifikasikan informasi tentang tamu-tamunya, termasuk pilihan merk anggur tertentu, Koran lokal asal tamu dan arah menghadap jendela. Preferensi dari tamu diperoleh saat check in dan dari lembaran komentar-komentar, saran-saran dan kritik yang disediakan didalam kamar. Misalnya preferensi tamu yang tersimpan di computer “class” adalah menyukai bunga mawar, maka hotel ini akan menyediakan bunga mawar sesuai dengan kesukaannya di dalam kamar tamu tersebut setiap menginap di hotel ini.

    4. Focus differentiation strategy
    Adidas-Salomon AG
    Adidas, produk-produk Adidas mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja dalam menciptakan sepatu dengan gaya sport, pemasarannya terfokus pada segmen olahraga/atlet.

    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.
    Yum! Brands, Inc (KFC)
    Sebagai perusahaan yang sudah mendunia dengan merk yang sudah terkenal, menawarkan produknya dengan harga yang relatif terjangkau tapi dengan beberapa diferensiasi. Dengan skala global, membuat franchise dan mengawasinya sesuai standar yang berlaku dapat membuat harga ditekan serendah rendahnya.

    ReplyDelete
  68. Nama : Novia Forenti
    NIM : C1C011099
    Contoh Business Level Strategy
    1. Cost Leadership Strategy
    Pada saat ini banyak sekali teknologi komunikasi yang canggih dan modern. Salah satunya adalah blackberry, namun harga yang ditawarkan cukup mahal. Dari hal tersebut itulah perusahaan yang memproduksi handphone menciptakan suatu produk handphone yang memiliki bentuk hampir sama dengan blackberry, tetapi ditawarkan dengan harga yang relatif lebih murah yaitu seperti handphone nexian. Nexian ditawarkan dengan harga terjangkau mulai dari harga 600 ribuan hingga 900 ribuan sehingga banyak konsumen yang tertarik dengan nexian . Hal tersebut merupakan strategi yang digunakan perusahaan dalam menarik perhatian konsumen terutama dalam hal harga. Konsumen bisa mendapatkan handphone serupa blackberry dengan harga yang begitu terjangkau.
    2. Differentiation Strategy
    Federal Express atau yang biasa dikenal dengan FedEx merupakan perusahaan multinasional yang secara khusus bergerak di bidang pelayanan logistik dimana selain menyediakan jasa pengiriman logistik, FedEx juga menyediakan jasa penyimpanan logistik. FedEx membangun pusat distribusi FedEx express di 11 negara di seluruh Asia. Selain itu, FedEx juga menyediakan fasilitas FedEx yang disediakan di website FedEx. FedEx Track dapat membantu pelanggan untuk melacak status logistik atau barang yang dikirim apakah sudah sampai ke tempat tujuan atau belum. Dengan menggunakan jasa pengiriman logistik FedEx, pengiriman dapat diantar ke tempat tujuan dengan cepat dan aman. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa FedEx mempunyai kemampuan unik untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang menghendaki kecepatan dan ketepatan jasa pengiriman.
    3. Focused Cost Leadership Strategy
    Mandala Airlines merupakan maskapai penerbangan yang menggunakan strategi manajemen focused cost leadership. Mandala Airlines untuk saat ini hanya melakukan penerbangan dalam negeri. Hal ini dilakukan karena menyesuaikan dengan karakteristik pesawat yang dimiliki oleh Mandala, kapasitasnya tidak melebihi lima jam penerbangan. Selain itu Mandala Airlines pun menerapkan strategi cost (harga) yang bersaing, yang relative terjangkau. Seperti bunyi Tagline-nya “Keep Fly With Smart Fare”.
    4. Focused Differentiation Strategy
    Canon pixma adalah mesin pencetak berwarna keluaran perusahaan Canon yang dikhususkan untuk kecepatan. Seri-seri baru mesin pencetak Canon hampir rata-rata sekarang ini adalah seri Pixma. Pertama kali keluar pada tahun 2002 dan berkembang cepat pada tahun 2003. Canon Pixma sudah tidak menggunakan lagi jenis tinta seri BC, tetapi sudah menggunakan jenis tinta Canon generasi baru seperti Cli, Bci, dan sebagainya. Dari keterangan diatas canon pixma adalah salah satu bisnis yang menggunakan focused differentiation karena mesin pencetak berwarna yang di keluarkan canon dikhususkan pada kecepatannya.
    5. Integrated Cost Leadership/Differentiation Strategy
    Pizza Hut adalah bisnis restoran franchise makanan internasional yang mengkhususkan pada pizza. Kunci kesuksesan Pizza Hut dapat menembus pasar internasional merupakan hasil kerja keras yang didasari empat nilai budaya kerja yaitu integritas, keunggulan, pengembangan usaha dan keuntungan. Pizza Hut meluncurkan produk baru dengan menyajikan menu lengkap dan trendi, termasuk menciptakan berbagai pizza dan pasta rasa baru disertai aneka macam minuman. Kempleksitas dan ragam menu baru yang disediakan akan menjadikan proses pembuatan lebih lama dari biasanya. Pizza Hut memperluas sebaran penetrasi secara geografis untuk merespon industri yang kompetitif dengan cara membangun lebih banyak gerai dengan atmosfer yang lebih bersahabat dan berkesan restoran keluarga. Selain itu, dalam meraih pelanggan baru Pizza Hut menawarkan berbagai paket makanan dengan harga terjangkau dengan tujuan membuat konsumen merasa senang dan ingin datang lagi.

    ReplyDelete
  69. NAMA : MOHMAD YANUAR SRI
    NIM : C1C011023


    1.COST LEADERSHIP-STRATEGY
    Contoh perusahaan yang menggunakan strategi ini adalah McDonald’s yang mampu memberikan pelayanan makanan cepat saji dengan tingkat harga yang rendah. Mereka bisa menekan biaya dengan menyewa/merekrut dan mengadakan training tenaga kerja sendiri kepada yang kurang ahli. Hal ini lebih menguntungkan daripada harus merekrut tenaga kerja yang sudah ahli.

    2.DIFFERENTIATED STRATEGY
    Contohnya yaitu pada harian San Fransisco, surat kabar ini lebih banyak dibeli oleh masyarakat daripada rivalnya, Times walaupun pada tingkat harga yang hampir sama. Yang menjadikan harian ini mendapat nilai lebih yaitu karena adanya konten-konten berisi kartun dan artikel unik yang tidak terdapat pada surat kabar yang lain.

    3.FOCUS COST LEADERSHIP STRATEGY
    Contohnya perusahaan yang menggunakan strategi ini yaitu Redbox. Mereka menyediakan pelayanan yang unik, yaitu dengan memakai vending machine yang diletakkan pada toko dan outlet-outlet dngan biaya sewa per DVD yaitu $1. Tarif yang lebih murah jika dibandingkan rivalnya, Netflix.

    4.FOCUSED DIFFERENTIATION STRATEGY
    Contohnya yaitu Whole Foods, perusahaan yang khusus menyediakan produk (buah-sayur) organik. Walaupun dengan tingkat harga yang premium namun konsumen tetap mau membelinya, khususnya bagi mereka yang menjaga pola hidup sehat.

    5.INTEGRATED COST LEADERSHIP AND DIFFERENTIATION STRATEGY
    Contohnya yaitu amazon.com, perusahaan mampu menjual barang-barangnya dengan tingkat harga yang bervariasi, salah satunya yaitu produk Kindle dengan tingkat harga lebih rendah dari Apple dan Androids. Selain harga mereka juga memaksimalkan kepuasan konsumen yaitu dengan menyediakan basis daftar produk yang sedang trend dan yang terbaru tiap bulannya.


    ReplyDelete
  70. Nama : Siska Try Pamungkas
    NIM : C1C011054

    TUGAS MANAJEMEN STRATEGIK

    1. Strategy Cost Leadership
    Contohnya : SEVEN ELEVEN, adalah sejenis supermarket yang menjua produk makanan, barang-barang dan sebagainya dengan harga yang lebih murah dibandingkan ditempat lain yang menjual barang sejenis.

    2. Strategy Differentiation
    Contohnya : BLACKBERRY, Perusahaan ini menciptakan handphone dengan berbagai fitur yang berbeda dengan handphone lain. Misalnya BBM (Blackberry Messanger) yang merupakan salah satu fitur yang hanya digunakan sesama pengguna Blackberry.

    3. Strategy Focussed Cost Leadership
    Contohnya : Produk LAURIER, yaitu salah satu produk pembalut yang tentunya khusus untuk wanita. Jadi pemasarannya pun fokus pada segmen wanita di usia produktif, dan harganya juga sangat terjangkau.

    4. Strategy Focussed Differentiation
    Contohnya : NIKE, misalnya dalam menciptakan sepatu menggunakan gaya sporty, dan pemasarannya terfokus pada segmen olahraga.

    5. Integration of cost leadership and differentiation strategy.
    Contohnya : PT. Indofood Sukses Makmur dapat menjual dengan harga yang rendah (harga eceran Rp 1200,-) per bungkusnya. Perusahaan ini menguasai pasar mie instan di Indonesia bahkan sampai ke Luar Negri.

    ReplyDelete
  71. NAMA : GABRIELE NADIA KUNADI
    NIM : C1C011020

    Contoh perusahaan yang menerapkan :

    1. Cost Leadership Strategy
    -PT Changhong Indonesia-
    Berasal dari Cina, perusahaan yang memproduksi alat elektronik ini sangat populer bagi masyarakat Indonesia, khusunya produk TV dan AC. Smart TV Changhong misalnya, dibandrol dengan harga lebih murah 10% hingga 20% dari produk serupa merk lain namun dengan kualitas hampir sama dengan merk lain tersebut, sehingga banyak yang berminat pada produk ini.

    2. Differentiation Strategy
    -Rolex-
    Merupakan produsen jam tangan Swiss terbaik yang sudah mendunia atas kualitas dan tingkat presisinya. Walaupun dibandrol dengan harga tinggi, Rolex memberikan inovasi serta kreativitas yang khusus dan menggunakan bahan dengan kualitas terbaik. Pemakai menjadi merasa 'bangga' saat memakai jam tangan ini.

    3. Focused Cost Leadership
    -PT Kao Indonesia-
    Terfokus pada segmen pasar wanita dengan produk pembalut Laurier. Produk ini memiliki harga medium namun tetap menawarkan inovasi tinggi dengan memberi manfaat namun tidak menyebabkan efek samping bagi pengguna. Selain itu juga memberi layanan konsultasi dokter gratis melalui situs webnya.

    4. Focused Differentiation Strategy
    -Edible-
    Produsen kopi luwak asal Inggris. Dengan fokus pada para penggemar kopi, Edible menawarkan citarasa kopi luwak orisinil tak terhingga bagi penikmatnya. Walaupun perlu membayar mahal (113gr = sekitar 1 juta rupiah), para penikmat tidak akan kecewa dengan rasa yang diminumnya.

    5. Integrated Cost Leadership/Differentiation Strategy
    -Depo Pelita-
    Merupakan perusahaan pertokoan ritel yang menyediakan semua kebutuhan rumah tangga dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga pasar. Depo Pelita juga menyediakan fasilitas antar barang ke rumah tanpa dikenakan biaya pengiriman.

    ReplyDelete
  72. Nama : Nisita Anggi Nugraheni
    NIM : C1C011105

    1.Cost Leadership Strategy
    Perusahaan Unilever Indonesia menggunakan cost leadership strategy, dimana perusahaan tidak lagi mereka berpikir hanya untuk mencari keuntungan semata, saat ini mereka harus berpikir secara strategis untuk mempertahankan produknya agar tetap eksis. Kata kunci setiap produk untuk tetap bertahan tergantung seberapa inovatif sebuah produk mengikuti produk life cycle (PLC) yang harus diperbaharui memenuhi selera konsumen yang berubah, berkembang dan tumbuh bersama dengan pola-pola perilaku dan tuntutan masyarakat.

    2.Differentiation Strategy
    Produk Tupperware merupakan produk yang memenuhi kebutuhan alat makan, minum dan masak yang cukup berkelas di antara produk lain. Dalam hal ini Tupperware selalu menciptakan produk berkualitas prima. Tapi dengan proses yang baik, Tupperware dapat menjadi wadah plastic yang ringan dan anti pecah. Dan harganya bukan murah karena sasarannya merupakan masyarakat kelas menengah ke atas. Dan siapa yang menggunakan produk Tupperware akan lebih merasa puas dibanding dengan produk lain.

    3.Focus Cost Leadership Strategy
    Contoh dari focus cost leadership strategy adalah Dell Computer. Perusahaan ini menggunakan sistem informasi untuk membuat produk dan jasa pada harga yang lebih rendah dari pesaing dengan peningkatan kualitas dan pelayanan. Karena itulah Dell mampu mengeliminasi biaya-biaya yang timbul dalam usahanya.

    4.Focus Differentiation Strategy
    Dalam focus differentiation strategy, produk My Baby seperti yang kita ketahui merupakan produk yang mengeluarkan semua kebutuhan bayi, mulai dari alat mandi, lotion, sampai minyak wangi untuk bayi. Strategi ini memang membidik kebutuhan bayi khususnya untuk perlengkapan mandi dan sejenisnya.

    5.Integration of Cost Leadership and Leadership Strategy
    Contoh perusahaan yang memakai integrated Cost Leadership / differentiation adalah Jogja Chicken. Produksi ayam olahan ini sudah mempunyai banyak cabang. Jogga Chicken menawarkan produknya dengan harga yang relatif terjangkau tapi dengan beberapa diferensiasi. Dengan skala global, membuat franchise dan mengawasinya sesuai standar yang berlaku dapat membuat harga ditekan serandah mungkin.

    ReplyDelete
  73. Nama : Adimas Annas Purnomo
    NIM : C1C011024

    1.Cost Leadership strategy
    Sebuah strategi biaya terkemuka untuk McDonalds adalah kemampuan untuk membeli tanah dan bangunan restoran. McDonalds juga mengembangkan divisi yang kuat kerja untuk proses produksinya, pengendalian manajemen yang ketat dan strategi pengembangan produk. Menciptakan gaya top-down yang kuat dari manajemen strategi biaya terkemuka untuk McDonalds. Menggunakan manajer di dalam toko yang lebih sedikit memungkinkan perusahaan untuk mempekerjakan pekerja dengan upah yang lebih rendah untuk menyelesaikan tugas. Membatasi otonomi juga pusat untuk menghindari pengeluaran restoran mahal dan tidak perlu seperti perbaikan atau mengubah proses bisnis.

    2.Differentiation strategy
    FedEx adalah perusahaan internasional yang memproduksi barang dan jasa di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. Di Formula Satu sponsor ini dipakai untuk tim WilliamsF1. Federal Express merupakan yang pertama menerapkan pengiriman cepat satu malam di industri pengiriman barang. Target dari FedEx adalah pelanggan karena strateginya adalah untuk menciptakan jasa baru pengiriman yang sensitif terhadap waktu. Strategi yang digunakan adalah strategi diferensiasi, yaitu membuat pengiriman cepat satu malam yang berbeda dengan pesaing- pesaingnya. Strategi- strategi lainnya yang digunakan adalah inovasi dan bertumbuh. Inovasi dilakukan dengan menciptakan jasa baru dan unik.

    3.Focus cost leadership strategy
    Dengan riset dan pengembangan seksama lahirlah duet maut Avanza Xenia. Menjawab himbauan bu menteri produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu langsung mengeluarkan prototype kendaraan jenis MPV untuk keluarga. Bukan rahasia lagi kalau mayoritas masyarakat Indonesia menggemari jenis ini. Model bagus, daya tampung besar, handal, ekonomis dan harga terjangkau. Tuntutan konsumen akan sebuah produk yang fungsional, ekonomis, praktis, berdaya angkut, handal namun harganya terjangkau terjawab pada produk ini. Itulah cerminan sebuah produk dengan kompromi terbaik yang berujung minimnya kelemahan dan praktisnya perawatan. Ground clearance cukup tinggi dan memadai untuk melibas jalan jelek maupun banjir. Penataan interior efisien namun tetap fungsional menampung penumpang di ketiga baris kursinya. Dengan harga jual mulai di bawah seratus juta rupiah sambutan pasar begitu antusias.

    4.Focus differentiation stratefy
    Automobil-Lamborghini S.p.A., sering disebut Lamborghini adalah sebuah pembuat mobil di Italia. Perusahaan ini didirikan oleh Ferruccio Lamborghini pada tahun 1963, dengan tujuan untuk menghasilkan mobil grand wisata yang dapat bersaing dengan penawaran didirikan dari Marques seperti Ferrari. Lamborghini merupakan mobil mewah sebagai kendaraan sehari-hari karena harga serta biaya pemeliharannya yang mahal. Produksinya pun sangat terbatas dan diperuntukan untuk kalangan atas yang suka konsep mewah dan bertenaga, karena mobil ini mampu mencapai 100 km/jam hanya dengan 2,5 detik.

    5.Integration of cost leadership and differentiation strategy
    Media komunikasi saat ini berkembang dengan pesat. Terkait dengan itu, Integrated marketing Communication ( IMC ) menawarkan konsep dalam mengelola seluruh bentuk dan media komunikasi secara efektif. Tentunya media yang digunakan haruslah dipilih supaya bisa menjadi media yang terbaik untuk dapat menjangkau pelanggannya. Semua komunikasi bekerja secara bersama-sama sebagai suatu kekuatan yang terintegrasi. IMC fokus untuk mengendalikan semua bentuk komunikasi yang disebarkan perusahaan kepada publik. Perusahaan yang andal dalam menggunakan IMC adalah perusahaan yang fokus untuk menyediakan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya, masing-masing pelanggan berbeda dan mereka semua bisa mendapatkan informasi yang relevan dengan kebutuhan mereka. Contoh perusahaan yang piawai dalam menerapkan IMC adalah Amazon.com.

    ReplyDelete
  74. Safiera Faradila AzzahraApril 15, 2013 at 10:01 PM

    NAMA : Safiera Faradila Azzahra
    NIM : C1C011045

    1. Cost Leadership Strategy :
    -Smartfren Andromax-
    Tablet murah dan kualitasnya nggak kalah sama Samsung dll. Fitur – fiturnya juga nggak kalah lengkap.
    2. Differentiation Strategy :
    -Mont Blanc-
    Memproduksi pena dengan kualitas tinggi, terbuat dari platinum, solid gold, sterling silver. Meski dijual dengan harga tinggi, barang ini banyak diminati.
    3. Focused Cost Leadership Strategy :
    -Claire’s-
    Menarik pembeli yang targetnya adalah para wanita dengan menjual perhiasan, aksesoris dan tindik dengan harga murah.
    4. Focused Differentiation Strategy
    -Tyrrels Crisps-
    Focused on the smaller hand-fried, premium segment of crisps industry.
    5. Integrated Leadership
    -Converse-
    Meski produknya masih di bawah Adidas dan Nike, namun dapat menembus pasar global karena menawarkan harga yang terjangkau dengan model klasik dan ikonik berupa model ‘Chuck Taylor’ dan ‘Warrior’.

    ReplyDelete
  75. Salam sejahtera!
    Nama saya Dewi Rumapea, saya berasal dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan medium ini untuk memaklumkan semua dalam kumpulan ini mencari pinjaman yang sangat berhati-hati kerana ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya secara kewangan turun dan saya memutuskan untuk mendapatkan pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh pemberi pinjaman palsu di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sehingga seorang kawan saya merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat dipercayai dan tulen yang dipanggil Puan Glory, seorang pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan saya pinjaman sebanyak Rp500,000,000 tanpa tekanan, pada kadar faedah 2% yang merupakan kadar yang berpatutan untuk saya.

    Selepas memindahkan kredit saya ke akaun bank saya, saya sangat terkejut apabila saya menyemak baki akaun bank saya dan mendapati bahawa jumlah saya memohon, telah dipindahkan terus ke akaun saya, oleh puan Glory, tanpa berlengah-lengah. Jadi saya berjanji kepada puan Glory bahawa saya akan berkongsi berita baik agar orang ramai mendapat pinjaman mudah tanpa tekanan. Jadi, jika anda memerlukan sebarang pinjaman, sila hubungi Puan Glory melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    Saya menggunakan masa ini untuk memaklumkan kepada anda semua bahawa anda boleh menghubungi saya melalui e-mel saya: dewiputeri9@gmail.com atau anda boleh menghubungi Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan memberitahu saya mengenai Puan Glory, Dia juga mendapat pinjaman dari Puan Glory, Anda juga boleh menghubunginya melalui e-mel: utariwirmayaty@gmail.com Kini, semua yang saya lakukan adalah cuba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya hantar terus ke akaun bulanan.

    Nota: Tiada yuran insurans, yuran pendaftaran atau yuran pemindahan.

    Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT kerana menggunakan puan Glory untuk mengubah kisah kewangan saya dan kini saya seorang pemilik perniagaan saya yang bangga, semoga Allah terus memberkati Puan Glory dan terus menggunakannya untuk membantu kita semua dalam kesulitan kewangan

    ReplyDelete
  76. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete
  77. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  78. Assalamu`alaikum

    ANNISA AHMAD LOAN COMPANY


    Halo, saya. Annisa Ahmad, kredit pribadi bagi kreditor untuk meminjamkan uang
    Saat yang tepat Anda membutuhkan pinjaman untuk uang Anda atau
    pinjaman Anda ingin Mengisi bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank
    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Awal
    lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memiliki pinjaman atau hipotek?
    Mencari lebih banyak, karena ini adalah tempat Kami melakukan segalanya untuk menjaga masalah keuangan kami tetap rendah
    ke masa lalu Kami meminjamkan uang kepada orang yang membutuhkan Keuangan,
    kredit macet atau uang untuk uang
    Bisnis di level 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda
    Kami memberikan bantuan dan penerimaan yang dapat diandalkan, dan siap menawarkan pinjaman.
    Tidak ada jumlah yang Anda butuhkan, kami hadir untuk menawarkan Anda membuat Anda datang, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda bagaimana sevice dijamin 100%, kami akan dengan jumlah yang Anda dapatkan dari negara manapun dengan EUR / USD 1M jadi com dan mendapatkan pinjaman Anda di sini dengan 2 Tuhan memberkati Anda semua saat Anda datang dan mendapatkan milik Anda.

    Jadi hubungi kami hari ini melalui email:
    (annisaahmadlaoncompany@gmail.com)
    TambiƩn puede contactarnos por Pin BBM:
    (DB5121C1)
    Anda dapat menghubungi kami di FACE BOOK:
    (Annisa Ahmad)
    Apa yang salah:
    (+393511318582)

    ReplyDelete