Tuesday, April 9, 2013

Tugas 2 Akuntansi B Strategic Management 2013: Contoh Corporate Level Strategy


Saudara diminta memberikan contoh pada tiap-tiap business level strategy sebagai berikut:


1. Single business corporate strategy
2. Dominant business corporate strategy
3. Related constrained corporate strategy
4. Related link corporate strategy
5. Unrelated corporate strategy.
Silakan kumpulkan pekerjaan Saudara disini sebagai COMMENT. Setiap mahasiswa memberikan satu contoh untuk satu strategy. Dengan demikian untuk 5 strategi juga harus diberikan 5 contoh. .

Jangan lupa menuliskan nama dan NIM Anda.
Paling lambat di publish 22 April 2013.

Thank you.

Mr. AP

73 comments:

  1. saya MUFID JAKA ADILAGA nim C1C011044 pak
    selamat malam pak

    saya akan memberikan contoh untuk 2 strategi terlebih dahulu pak
    1. singgle business corporate strategy
    contohnya adalah Research In Motion (RIM) atau yang sekarang telah diganti nama menjadi Blackberry selaku produsen smartphone dan penyedia layanan BlackBerry.

    2. dominant business corporate strategy
    contohnya adalah MITSUBISHI dimana sekitar 70%-95% pendapatanya berasal dari penjualan barang atau produk kendaraannya dan sebagian lainnya berasal produk ponselnya yang diluncurkan di indonesia pada sekitar tahun 2003 dengan nama produk MITSUBISHI M320.

    untuk 3 contoh lainnya akan saya berikan pada komentar saya selanjutnya pak, sekian dan terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. NAMA : INKA GUSTIANA
    NIM : C1C011074
    Corporate level strategy
    1. Bisnis tunggal (single business)
    Contohnya: perusahaan yang melaksanakan strategi ini adalah produsen Teh Botol Sosro merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang agro industri yang memproduksi berbagai macam produk dengan menggunakan pucuk daun teh sebagai salah satu bahan baku utamanya, dimana salah satu produknya adalah Teh Botol Sosro. Teh Botol Sosro merupakan produk teh siap minum pertama di Indonesia yang di kemas dalam botol dan telah dikenal oleh masyarakat luas. sebagai perusahaan yang melaksanakan diversifikasi bisnis tunggal. Revenue perusahaan ini 95% atau lebih berasal dari bisnis inti, yaitu teh mulai dari perkebunan sampai miuman teh dalam kemasan.

    2. Bisnis dominan (Dominant business)
    Contoh perusahaan yang melaksanakan strategi ini adalah farmasi PT. Kalbe Farma merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi farmasi , suplemen, nutrisi dan layanan kesehatan dapat dikategorikan sebagai perusahaan yang melaksanakan diversifikasi bisnis dominan. Revenue perusahaan ini 70 sampai dengan 95% berasal dari single busines area yaitu produk farmasi.

    3. Related Constrained
    Contoh perusahaan yang melaksanakan strategi ini antara lain ialah Cambell Soup, Procter & Gamble dan Kodak. Cambell soup sebagai perusahaan sup menyusun gizi makanan menjanjikan pengobatan yang disebut Intelligent Quisine (IQ). IQ populer sebagai produk yang mengandung lemak rendah, yang dapat memecahkan masalah: makanan utama yang menyediakan kadar lemak tinggi, gula darah dan tekanan darah. Procter & gamble merupakan perusahaan internasional yang memproduksi barang konsumen yang bergerak cepat produknya shampo, ivory, crisco, dll. Kodak adalah perusahaan yang menemukan film gulung, serta berjasa menyebarluaskan fotografi dan memperkenalkan kamera sederhana pertama didunia. Perusahaan yang melaksanakan strategi diversifikasi related constrained melakukan sharing dalam penggunaan sumber daya dan aktivitasnya. Dengan melakukan sharing sumber daya dan aktivitas ini seringkali korporasi memperoleh keunggulan bersaing karena efisiensi yang tinggi dan keunikan yang sulit ditiru oleh kompetitornya.

    4. Related linked
    Contoh perusahaan yang melaksanakan strategi ini adalah perusahaan Jhonson & Jhonson adalah perusahaan multinasional produsen farmasentika, peralatan medis, dan barang konsumsi. Produk-produknya dijual di lebih dari 175 negara. perusahaan yang melaksanakan strategi diversifikasi related linked melakukan sharing sumber daya dan aset diantara bisnis yang ada.

    5. Diversifikasi Level Tinggi (Related unrelated)
    Contoh perusahaan yang melaksanakan strategi ini adalah perusahaan Australia Pacific Brand yang semula adalah pabrik ban karet kemudian mengakuisisi perusahaan kabel listrik (Olex), manufaktur sepatu (Winestock and Desco) dan Pacific Polymers. Diantara unit bisnis yang diakuisisi tersebut tidak ada kaitan dalam operasionalisasinya.

    ReplyDelete
  3. Nama: Muhammad Firman Agustian
    NIM: C1C011008


    1. Single business corporate strategy
    JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengirimandan logistik dan merupakan salah satu perusahaan kurir terbesar di Indonesia. Kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantaranya dari luar negeri ke Indonesia.

    2. Dominant business corporate strategy
    Trans Corp merupakan perusahaan yang bergerak di bidang media, gaya hidup dan hiburan. Usaha utamanya adalah di bidang media (Trans TV, Trans 7, detikcom). Selain itu juga memiliki usaha di bidang properti (PT Trans Property) dan ritel (PT Trans Ritel)

    3. Related constrained corporate strategy
    PT. Yamaha Motor Indonesia melakukan bisnis utama yaitu produksi sepeda motor. Selain itu PT YMI mengeluarkan Yamaha Genuine Part (YGP) sebagai penyedia suku cadang yang direkomendasikan bagi motor Yamaha. Selain itu juga mengeluarkan produk oli berstandar kualitas Yamaha, Yamalube. Perusahaan melakukan efisiensi dan bisa memperoleh keunggulan dari kompetitor.

    4. Related link corporate strategy
    Google Inc adalah perusahaan yang menyediakan pelayanan dan produk yang berhubungan dengan internet. Google Inc meluncurkan berbagai produk sebagai penunjang seluruh usaha bisnisnya seperti browser Google Chrome, Google Search, Google Cloud, AdWords (penyedia layanan iklan online).

    5. Unrelated link corporate strategy
    Yamaha Corporation memiliki perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan alat instrumen musik. Yamaha Motor Company sebagai produsen berbagai alat transportasi (sepeda motor, perahu, mesin angkutan laut, snowmobile, apparel, dll). Di bidang instrumen musik Yamaha juga dikenal sebagai salah satu perusahaan manufaktur instrumen alat musik (piano, drums, guitar & bass, brass instruments, dll) yang sudah diakui kualitasnya. Meskipun sama-sama mengandung nama merk Yamaha, kedua perusahaan ini tidak saling berkaitan.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. PRASETYO PAMBUDI
    C1C011037



    Single Business Corporate Strategy

    PT Dirgantara Indonesia (Persero) yang dahulu bernama IPTN merupakan perusahaan yag bergerak hanya dalam bidang dirgantara. PT Dirgantara Indonesia (Persero) hanya memproduksi bagian bagian pesawat terbang dan tidak memiliki bisnis dibidang lain.

    Dominant Business Corporate Strategy

    Perusahaan yang melakukan strategi bisnis dominan yaitu PT Semen Padang (Persero). PT Semen Padang (Persero) selain sebagai produsen semen juga memiliki usaha di bidang lain yaitu dengan membentuk tim sepakbola professional Semen Padang FC. Meskipun begitu penerimaan dominan PT Semen Padang (Persero) yaitu berasal dari produksi semen (70% dan 95%)

    Related Constrained Corporate Strategy

    PD Owabong merupakan perusahaan daerah asal Purbalingga yang menjalankan usaha bisnisnya di bidang pariwisata. Pendapatannya berasal dari bisnis dominan yaitu Waterboom Owabong, dan usaha lainnya yang masih berkaitan dengan dunia pariwisata, yaitu Hotel Owabong, Biro Perjalanan Wisata, dan pabrik souvenir khas Owabong

    Related Link Corporate Strategy

    PT. Holcim Indonesia Tbk. (sebelumnya bernama PT. Semen Cibinong Tbk), PT. Holcim Beton (sebelumnya bernama PT. Trumix Beton), dan waralaba Solusi Rumah Holcim. Holcim merupakan satu-satunya produsen yang menyediakan produk dan layanan terintegrasi yang meliputi 10 jenis semen, beton dan agregat. Kini tengah dikembangkan usaha waralaba yang unik, yakni Solusi Rumah Holcim, yang menawarkan solusi perbaikan dan pembangunan rumah dengan biaya terjangkau dengan dukungan lebih dari 9.200 ahli bangunan binaan Holcim. Holcim Beton adalah perusahaan produsen beton.

    Unrelated Corporate Strategy

    Bakrie Brothers yang merupakan group usaha yang dimiliki oleh keluarga Bakrie. Group ini memiliki beberapa perusahaan yang bergerak di beberapa bidang, antara lain : Bakrie Power (Infrastruktur), Bumi Resources (pertambangan), Bakrie Telecom (komunikasi), Bakrie Sumatra Plantations (agribisnis), CS Vise (klub sepakbola), dll.

    ReplyDelete
  7. Nama : Angga Pramudia
    NIM : C1C011005

    Single Business Corporate Strategy

    PT. KAI merupakan perusahaan BUMN yang hanya bergerak dibidang transportasi darat khususnya Kereta. PT. KAI tidak menjalankan usaha lainnya, hanya terfokus pada usaha Perkeretaan.

    Dominant Business Corporate Strategy

    MNC Group merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang. Mulai dari bidang news & media seperti (MNC TV, RCTI, Global TV, SINDOtv) ada juga dibidang lainnya seperti asuransi (MNC Insurance), rumah produksi (PT. MNC Picture, SinemArt).

    Related Constrained Corporate Strategy

    Perusahaan bus PO Pahala Kencana merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi yakni bus. Selain jasa transportasi, PO Pahala Kencana juga bergerak dibidang jasa pengiriman baranag yakni Paha Express.

    Related Link Corporate Strategy

    PT. Astra Honda merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan alat transportasi yaitu motor. Penjualan motor merupakan pendapatan utamanya, namun kini PT. Astra Honda memproduksi spare part motor Honda dan oli khusus motor Honda.

    Unrelated Corporate Strategy

    Perusahaan milik Bakrie Group bergerak di berbagai sektor industri. Di sektor industri perhotelan Bakrie Group mempunyai PT Bakrieland Development Tbk, disektor industri Telekomunikasi mempunyai PT Bakrie Telecom Tbk, dalam sektor pendidikan Bakrie Group mempunyai BSM (Bakrie Scholl of Management) / Universitas Bakrie.




    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. NAMA : ROSA BERLIANA
    NIM : C1C011018

    CONTOH CORPORATE-LEVEL STRATEGY

    1. Single Business Corporate Strategy : PT. Djarum
    PT. Djarum adalah sebuah perusahaan rokok di Indonesia yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah. Djarum merupakan salah satu dari tiga perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Sejak awal PT. Djarum terus mencengkeram seluruh aspek produksi rokok kretek, rumusan campuran tembakau Djarum tersendiri, campuran cengkeh Djarum tersendiri untuk memastikan bahwa kualitas dari rokok kreteknya berbeda dengan yang lain dan bisa dipertahankan. Perusahaan merek pertama adalah Djarum dan Kotak Adjaib dan awalnya mereka hanya dijual di wilayah Kudus.

    2. Dominant Business Corporate Strategy : Indofood
    Indofood sebagai perusahaan dominan dalam industri mie instant menerapkan berbagai strategi agar tetap memiliki pangsa pasar yang paling besar. Berbagai strategi yang diterapkan berupa strategi pemasaran yang gencar melalui periklanan dan promosi serta melakukan berbagai starategi untuk membendung serangan kompetitor potensial dengan Cara melakukan integrasi vertikal. Cara ini tentu saja akan menguasai seluruh sektor dari hulu (produksi) ke hilir (pemasaran) dalam industri mie instan. Perilaku PT. Indofood Sukses Makmur sebagai perusahaan dominan yang menerapkan berbagai strategi untuk mempertahankan dan memperbesar pangsa pasar serta upaya memenangkan persaingan.

    3. Related Constrained Corporate Strategy : Orang Tua
    Orang Tua adalah salah-satu contoh dari perusahaan dengan related constrained corporate strategy. Perusahaan ini memproduksi berbagai produk-produk makanan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Beberapa contoh inovasi produk yang dilakukan oleh PT. Orang Tua adalah Biskuit / Wafer (Wafer Tango, Tango Waffle, Oops Wafer, Mio, Fullo, Fullo Bitz, Oops, Fugu, Oops 100K, Oops HOTSA, KLOP), Cake (Mama Bene), Permen (MintZ, Blaster, Kurang Asem, Oops Keju Kunyah, Oops Coklat Kunyah, Capilano's, Station Rasa, Maxx Coffee), Chocolate (Cannon Ball, Olezzo Krezz), Kacang (Kayaking), Minuman Sehat (Balancea, Kiranti), Jelly & RTD (Truzz, Frutz, Teh Gelas, Vita Jelly, Vita Jelly Drink, Vita Pudding), Dairy (VitaCharm, VitaMilk), Minuman Nutrisi (FitActive), Oral Care (Formula Toothbrush, Toothpaste & Mouthwash, ABCdent). Strategi Diversifikasi ini dilakukan dengan tujuan menganekaragamkan produk yang terkait dengan rantai nilai dalam rangka mengurangi resiko. Strategi Diversifikasi Terkait dengan menambah produk baru, namun masih terkait akan meningkatkan penjualan produk yang ada saat ini secara signifikan yang ditawarkan dengan harga yang sangat bersaing.

    4. Related Linked Corporate Strategy : Unilever
    Salah satu contoh perusahaan yang dengan related linked corporate strategy adalah Unilever. PT Unilever Indonesia didrikan pada tanggal 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn. A.H Van Ophuijsen, notaris di batavia. Perusahaan Unilever melakukan diversifikasi produk untuk memenuhi selera kebutuhan dan harapan konsumen. Berikut ini adalah beberapa produk-produk Unilever, seperti : Blue band (Margarine), Lifebuoy (Shampo), Pepsodent (Pasta Gigi), Sariwangi (Teh), Rexona (Deodorant), dll.

    5. Unrelated Corporate Strategy : PT. Bakrie & Brothers Tbk
    PT. Bakrie & Brothers Tbk adalah perusahaan perdagangan Indonesia yang didirikan pada 1942 dan menjadi sebuah grup perusahaan yang bergerak di banyak bidang. Sekarang ini, perusahaan ini bergerak di bidang telekomunikasi, media, produksi pipa, bahan bangunan, komponen otomotif, dan investasi dalam pertambangan batu bara. Infrastruktur (Bakrie Indo Infrastructure, Bakrie Power, Bakrie Building Industries), Industri Metal (Bakrie Metal Industries, Bakrie Corrugated Metal Industry, Seamless Pipe Indonesia Jaya, Bakrie Tosanjaya), Agribisnis (Bakrie Sumatra Plantations), Telco (Bakrie Telecom, Bakrie Communications, Trans-Bakrie, Visi Media Asia), Tambang dan Migas (Bumi Resources, Energi Mega Persada Properti, Bakrieland Development), Klub Sepakbola (Arema Indonesia, Brisbane Roar FC, C.S. Visé).

    ReplyDelete
  10. NAMA : DWINA ARHIYAN DHINI
    NIM : C1C011003

    CONTOH CORPORATE LEVEL STRATEGY

    1. Single Business Corporate Strategy
    PT Krakatau Steel, yang merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang industri. PT KS yang menjadi primadona negeri dan menjadi satu-satunya perusahaan yg menyuplai kebutuhan besi dan baja baik untuk dalam maupun luar negeri.

    2. Dominant Business Corporate Strategy
    PT. Trans Corporation, perusahaan ini awalnya hanya bergerak dalam bidang broadcast yaitu Trans TV dan Trans7. Namun kini perusahaan ini lebih mengembangkan usahanya dalam bisnis pusat hiburan, yaitu Trans Studio yang terdapat di daerah Bandung. Meskipun mempunyai dua bidang bisnis, tetapi hampir antara 70 %- 95% penghasilan yang didapat perusahaan ini berasal dari bisnis tunggalnya yaitu bisnis broadcast dan sisanya berasal dari bisnis pusat hiburannya, sehingga perusahaan ini digolongkan sebagai bisnis dominan.

    3. Related Constrained Corporate Strategy
    PT AHM Indonesia, yang memusatkan bisnisnya pada bisnis penjualan motor dan juga suku cadangnya. Disamping bisnis yang dijalankannya tersebut, PT ini juga menyelenggarakan berbisnis jual-beli kredit motor, bisnis asuransi FIF sampai bisnis oli mesin motor AHM Oil.

    4. Related Link Corporate Strategy
    Perusahaan Garuda Indonesia Airlines, merupakan maskapai penerbangan internasional dan domestik utama yang telah menjadi unggulan dari saluran udara Indonesia. Selain bisnis utamanya tersebut, Garuda Indonesia juga telah mendirikan beberapa anak perusahaan seperti Merpati Nusantara Airlines, PT Aero Catering, PT Satriavi Tours and Travel, dan Aerowisata Hotel Garuda yang telah memperluas jangkauannya ke layanan makanan penerbangan, akomodasi, dan pariwisata.

    5. Unrelated Corporate Strategy
    Contohnya adalah PT. Sinarmas Group. Unit-unit bisnis yang dimiliki perusahaan Sinarmas Group tersebut tidak saling berhubungan dekat, atau bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan bisnis lainnya Unit bisnis yang dimilikinya diantaranya yaitu bergerak di bidang pulp and paper product, agribusiness, financial services, dan developer & real estate.

    ReplyDelete
  11. WIKKY WIJAYANA
    C1C011053

    1. Single business corporate strategy
    PLN merupakan BUMN yang bergerak dibidang pelayanan listrik bagi masyarakat yang hampir seluruh pendapatannya berasal dari usaha pelayanan listrik tersebut.

    2. Dominant business corporate strategy
    RAJAWALI CINEMA, Bioskop yang ada di Purwokerto ini pendapatan utamanya berasal dari penjualan tiket film yang diputarnya, selain itu Rajawali juga mendapat pendaptan tambahan dari penjualan snack, minuman atau makanan yang dijualnya.

    3. Related constrained corporate strategy
    NIKE, produsen produk-produk olahraga ini memiliki beberapa produk seperti sepatu sepakbola, sepatu futsal, jersey, jaket, dan produk-produk olahraga lainnya yang saling berhubungan, baik produk, pemasaran, maupun pendistribusiannya.

    4. Related link corporate strategy
    WINGS, penghasil produk-produk rumah tangga dan pemeliharaan kesehatan diri ini memiliki tiga cabang produk utama yaitu wings household (boom, daia, so klin, mama lemon), wings care (ciptadent, close up, giv, nuvo, zinc,dll) dan wingsfood (ale-ale, floridina, jas jus, mie sedap, top coffee, dll). Ketiganya hanya memiliki hubungan keterkaitan yang terbatas karena produk-produknya memang tidak seluruhnya saling berhubungan satu samalain, begitu pula dengan pendistribusiannya.

    5. Unrelated corporate strategy.
    YAMAHA, produsen dibidang otomotif atau kendaraan bermotor ini juga memproduksi alat-alat musik seperti gitar, keyboard, drum, dll yang tidak memiliki keterkaitan dengan produk-produknya dibidang otomotif atau kendaraan bermotor.

    ReplyDelete
  12. NAMA : AWALIA NORMA SYAHIDA
    NIM : C1C011012

    a.Diversifikasi level rendah :
    1.Single business Corporate Strategy
    Contoh perusahaan dengan single business adalah PT Ford Motor. PT Ford Motor adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif yang menjual kendaraan dengan merk Amerika.
    2.Dominant business Corporate Strategy
    Contoh dari bisnis dominan adalah McDONALD’S. McDONALD’S adalah perusahaan yang bergerak pada bisnis makanan dan transportasi. Namun, bisnis makananlah yang mendominasi total penjualannya.

    b.Diversifikasi level moderat sampai tinggi :
    1.Related Constrained Corporate Strategy
    The Gillette Company merupakan perusahaan yang memfokuskan usahanya dalam pengembangan produksi dan penjualan produk-produk konsumen seperti produk perawatan dan kebutuhan pribadi. Produk The Gillette Company adalah pisau, gagang cukur, juga alat cukur elektronik. The Gillette Company juga memproduksi sikat gigi Oral B.
    2.Related Linked Corporate Strategy
    Contohnya adalah Cussons. Cussons merupakan sebuah perusahaan dari Inggris yang menjadi produsen produk kebersihan dan perlengkapan kesehatan bayi. Beberapa produk Cussons antara lain powder, oil, soap, shampoo, cream, soap+shampoo, cologne, baby package, sanitation, baby needs, baby first year, baby households. Selain itu, terdapat pula produk perawatan untuk ibu yang sedang hamil maupun setelah melahirkan yaitu Cussons First Years Mom.

    c.Diversifikasi level tinggi (Unrelated Corporate Strategy)
    Contohnya adalah Canon. Canon adalah perusahaan Jepang yang mengkhususkan dalam produk gambar dan optik, termasuk kamera digital, mesin fotokopi, printer komputer, scanner, teropong, lensa dan perekam video


    ReplyDelete
  13. Nama : Gilang M. Nugraha
    NIM : C1C011042

    Corporate-Level Strategy

    - Low Levels Of Diversification
    1. Single Business : P.T Java Prima Abadi (Luwak White Koffie)
    P.T Java Prima Abadi bergerak dalam produk kopi instant bagi masyarakat Indonesia bahkan sudah Export ke Malaysia,Singapore dan Thailand. Sebagian besar revenue PT Java Prima Abadi melebihi % diperoleh dari produk Luwak White Koffie yang menjadi white kopi pertama di Indonesia.

    2. Dominant Business : P.T Intigarmindo Persada (Lois Jeans)
    Perusahaan yang bergerak di bidang garmen ini memiliki brand Louis Jeans yang berasal dari Spanyol. Beberapa produk yang dimiliki adalah celana jeans (pria & wanita), t-shirt dan kemeja. Namun sahre product yang tersebar banyak adalah celana jeans,. Meskipun memiliki produk T-shirt dan kemeja tetapi yang menjadi pendapatan utama bagi PT.Intigarmindo Persada berasala dari celana Jeans Lois nya.

    -Moderate to High Levels Of Diversification
    3. Related Constrained : PT. Cipaganti Citra Graha
    PT. Cipaganti pada awalnya bergerak pada rental mobil namun sampai sekarang perusahaan ini mengembangkan bisnisnya seperti Travel, Rental Mobil, Rental Mini Bus Pariwisata, Shuttle, dan Sewa Alat berat. Dari kesemua bisnis yang dikembangkan Revenue terbesar datang dari bisnis Travel. Travel Cipaganti menjadi brand award karena mendapat sambutan yang sangat baik dari konsumen dan menjadi travel yang paling sering digunakan oleh konsumen Jawa-Bali. Share product dan teknologi antar bisnis yang dimiliki Cipaganti pun berhubungan erat (Linkages)seperti teknologi reservasi tiket dan treatment untuk setiap unit mobil baik travel, shuttle maupun rental mobil.

    4. Related Linked : SC Johnson
    SC johnson memiliki 2 unit perusahaan yatu SCJI dan JHHP. Kedua perusahaan tersebut berbasis Home Hygiene Product. Ada sub sub dari SC Johnson JHHP dan SCJI seperti product insectiside yaitu Baygon dan Autan dan noninsectiside seperti KIWI, Bayfresh, Baycline dan yang konsen di keperluan rumah tangga seperti Glade, Mr.Muscle, dan Kit. Profit margin terbesar JHHP datang dari KIWI lebih dari 50%.Kesemua kategori produk yang dimiliki SC johnson memiliki hubungan yang terbatas (Related Link) seperti Kiwi yang merupakan semir sepatu dan Baygon obat serangga, teknologi dan share productnya cukup berbeda.

    -Very High Levels of Diversification
    5. Unrelated : CT Corp
    CT Corp yang merupakan perusahaan milik Chairul Tanjung ini memiliki 3 perusahaan inti yaitu Mega Corp, Trans Corp dan CT Global Resourches.
    Ketiga perusahaan tersebut memiliki category masing masing dan diversifikasi produk yang sangat berbeda dan tidak berhubungan. Seperti Bank Mega, Asuransi Mega, Perusahaan Energi, Carrefour, Perusahaan televisi (Trans 7 & Trans TV), dan Trans Studio yang merupakan sarana hiburan. Dari kesmuanya revenue terbesar datang dari Trans Corp.


    ReplyDelete
  14. NAMA : LINDA NURZAKIAH
    NIM : C1C011006
    1.SINGLE BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    Perusahaan yang memproduksi telepon genggam terlaris di dunia khususnya di kawasan Asia Pasifik, yaitu Nokia. Omset nokia secara keseluruhan di dapat dari penjualan ponselnya yang memiliki semua jenis level, harga, dan kebutuhan, sehingga menjadikan Nokia sebagai penguasa pasar ponsel untuk saat ini.

    2.DOMINANT BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    PT. Telkomsel merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia media telekomunikasi tersebar di Indonesia karena memiliki pelanggan lebih dari 50%. Produk yang dihasilkan Telkomsel adalah provider komunikasi dan internet yang berteknologi tinggi. Selain itu juga ada satu bisnis yang dilakukan oleh Telkomsel yaitu membuka jasa periklanan. Jika kita perhatikan sering ada pesan singkat lewat SMS atau hanya muncul di Walpapper utama yaitu iklan iklan yang memuat promosi diskon dari took-toko atau perusahaan yang membeli jasa itu. Namun, bisnis itu tidak sebanding dengan bisnis provider yang mencapai 90%.

    3.RELATED CONSTRAINED CORPORATE STRATEGY
    Perusahaan pada level ini adalah MNC Group. Beberapa unit bisnis perusahaan ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Pada segmen broadcasting media adalah RCTI dan Global TV, dari unit print mendia ada PT Nusantara Infoyang menerbitkan berbagai majalah seperti Genie, Realita dan Mom and Kiddie . Unit bisnis lainnya adalah radio yaitu Tri Jaya FM dan Woman Radio.

    4.RELATED LINKED CORPORATE STRATEGY
    Cipaganti Group perusahaan yang bergerak pada penyedia jasa layanan public ini memiliki berbagai unit. Diantaranya adalah travel, car rent, tours and ticketing, tourism bus yang saling terkait. Namun Cipaganti group juga memiliki unit bisnis yang tidak terkait dengan jasa transportasi yang umumnya disediakan. Yaitu sector property, Cipaganti group membangun beberapa kompleks perumahan dikawasan Bandung.

    5.UNRELATED CORPORATE STRATEGY
    Bumiputera merupakan perusahaan dibidang asuransi tetapi ia juga mempunyai Wisma bumiputera, Informatik OASE, Bumiputera multimedia , Mitrasarana, dan Hotel Bumi Wiyata pada awalnya didirikan untuk melayani kebutuhan internal. Bumiputera-BOT Financial dan Bapindo-Bumi sekuritas didirikan sebagai strategi aliansi penyaluran excessive financial.

    ReplyDelete
  15. NAMA : NUR AULIA RAHMAWATI
    NIM : C1C011050

    1. Single business corporate strategy
    Perusahaan yang menerapkan bisnis tunggal misalnya PT. PLN Persero. PLN adalah sebuah BUMN yang mengurusi dan menguasai semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia.

    2. Dominant business corporate strategy (Cineplex 21 Group)
    Bioskop 21 (Cineplex 21 Group) adalah sebuah jaringan bioskop di Indonesia, dan merupakan pelopor jaringan cineplex di Indonesia. Jaringan bioskop ini tersebar di beberapa kota besar di seluruh Indonesia dan sebagian besar di antaranya terletak di dalam pusat perbelanjaan, dengan film-film Hollywood dan Indonesia sebagai menu utama. Seiring dengan tuntutan perkembangan zaman, Cineplex 21 Group telah melakukan sejumlah pembenahan dan pembaharuan, di antaranya adalah dengan membentuk jaringan bioskopnya menjadi 3 merek terpisah, yakni Cinema 21, Cinema XXI, The Premiere,IMAX untuk target pasar berbeda. Cineplex 21 juga memberikan fasilitas seperti games, cafe, lounge tetapi pendapatan utama mereka tetap dari bioskop.

    3. Related constrained corporate strategy
    Salah satu perusahaan yang menerapkan strategi related constrained adalah Procter & Gamble Co. P&G merupakan perusahaan internasional yang memproduksi barang konsumen yang bergerak cepat. Beberapa merek produk P&G adalah (Crest/Oral B) merek produk pasta dan pemutih gigi, (Downy/Lenor) merek pelembut pakaian, (Gillette) merek alat cukur pria dan wanita, (Head & Shoulders) merek shampoo anti-ketombe dan kondisioner, (Olay) merek produk perawatan kulit wanita, (Pampers) merek popok sekali pakai, (Pantene) merek produk perawatan rambut, (Tide) merek deterjen.

    4. Related link corporate strategy
    General Electric Company, atau GE adalah sebuah perusahaan multinasional teknologi dan jasa Amerika Serikat yang bermarkas di New York. GE adalah salah satu perusahaan yang menjadi pilar pembangunan bagi Amerika Serikat sendiri dan bagi dunia akibat inovasi dan teknologi yang mereka ciptakan. Bagaimana mereka mengelola sumber daya energi yang terbatas di dunia ini dan bagaimana mereka menciptakan alat kesehatan yang digunakan dokter untuk mengobati pasien semua terus dikembangkan demi kehidupan manusia yang lebih baik. Oleh karena itu GE memiliki 4 sektor utama dalam perjalanannya, produk yang mereka hasilkan adalah GE Capital (sarana investasi), GE Energy (sumber daya energi), GE Technology infrastructure (teknologi transportasi dan kesehatan), dan GE Home & Business Solutions (penelitian dan sofware)

    5. Unrelated corporate strategy
    Sinar Mas Group adalah salah satu konglomerasi terbesar di Indonesia. Perusahaan ini dibentuk tahun 1962 dan memiliki banyak anak perusahaan seperti Asia Pulp & Paper dan produsen minyak sawit PT SMART TBK. Jaringan Sinar Mas Group tersebar dalam beberapa industri, seperti: Industri Kertas - Asia Pulp Paper, Agribisnis dan Makanan - PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk atau yang lebih dikenal dengan PT SMART Tbk, Jasa Keuangan - PT Sinar Mas Multiartha Tbk, Industri Real Estate - Sinar Mas Land yang memiliki kota BSD City, Industri lain - PT Smartfren Telecom Tbk untuk telekomunikasi, PT Golden Energy Mines Tbk untuk pertambangan dan PT Super Wahana Tehno untuk bisnis air minum dalam kemasan.

    ReplyDelete
  16. MUFID JAKA ADILAGA
    NIM C1C011044


    3.Related constrained Corporate Strategy

    Contoh dari perusahaan yang terolong related constrain adalah perusahaan Nestle, perusahaan ini memproduksi minuman dan makan sarat energy, selain itu juga memproduksi minuman khusus bayi.
    4.Related Link Corporate Strategy

    PT Holcim Indonesia Tbk merupakan produsen semen, beton jadi dan aggregate yang terkemuka dan terintegrasi. Selain meproduksi semen, Holcim juga mempunyai usaha waralaba yang menawarkan solusi menyeluruh untuk pembangunan rumah yang kita kenal dengan Solusi Rumah. Namun, Holcim juga memberikan pelayanan yang tidak berhubungan dengan bisnis utamanya (menghasilkan semen dan beton), yaitu Geocycle yang merupakan pelayanan untuk menangani semua jenis limbah industri. Pelayanan yang diberikan berupa konsultasi cara menangani limbah, jasa pengangkutan limbah, serta penanganan limbah dengan Co-Processing yang dinilai sebagai metode paling aman bagi masyarakat dan lingkungan hidup.
    5. Unrelated corporate strategy.
    Bakrie memiliki Perusahaan bakrie group yang bergerak di berbagai sector industry. Di sector industry perhotelan bakrie group mempunyai PT Bakrieland Development Tbk, disektor industry telekomunikasi bakrie group mempunyai PT Bakrie Telecom Tbk, dalam sector pendidikan bakrie group mempunyai BSM (Bakrie Scholl of Management), kemudian dalam bidang Asuransi dan masih banyak lagi perusahaan bakrie grup yang termasuk dalam bisnis unrelated.

    ReplyDelete
  17. NAMA : AJENG ANUGRAHENI
    NIM : C1C011083

    Contoh CORPORATE LEVEL STRATEGY

    1. BISNIS TUNGGAL
    Perusahaan yang melakukan strategi bisnis tunggal yaitu PT INKA. PT INKA merupakan perusahaan rekanan PT Kereta Api Indonesia yang hanya memiliki usaha tunggal. Perusahaan ini bergerak pada usaha konstruksi gerbong dan komponen kereta api.

    2. BISNIS DOMINAN
    Contohnya adalah tempat karaokean seperti Happy Family antara 70-95% pendapatannya berasal dari karaokean yang menjadi bisnis utama dan sisanya berasal dari penjualan makanan dan minuman yang ada di dalamnya.

    3. BERKAITAN TERBATAS
    Perusahaan Merck & company membeli Medco Containment Service, Inc. Medco, adalah sebuah perusahaan penyalur obat dimana dapat membuat Merck & Company dapat menciptakan lebih banyak nilai dengan memiliki sumber distribusinya sendiri, karena melalui Medco, Merck memastikan bahwa produk-produknya akan disalurkan ketika ia mengelola perencanaan resep obat.

    4. BERKAITAN BERHUBUNGAN
    Contohnya adalah Johnson yang merupakan perusahaan manufacture yang bergerak dalam pembuatan dan pemsaran obat-obatan dan alat kesehatan lainnya di banyak negara di dunia.

    5. TIDAK BERKAITAN
    Ciputa Group adalah jenis diversifikasi yang tidak barkaitan. Fokus utamanya adalah di bidang properti hunian. Tapi juga memilki bidang lain dalam usahanya. Kurang dari 70% pendapatan berasal dari bisnis-bisnis dominan, dan memiliki beberapa bisnis yang di antaranya tidak berhubungan atau tidak berkaitan. Bindang bisnisnya yaitu TOWNSHIP & HOUSING: CitraGarden City Jakarta, Citraland Surabaya, CitraRaya Tangerang, dan Citra Indah Timur Cibubur. COMMERCIAL PROPERTY : Apartment UC, Somerset Grand Citra, Ciputra Hotel Jakarta dan lainnya. ENTREPRENEURSHIP EDUCATION : Citra Berkat School, Citra Kasih School, Universitas Ciputra Surabaya, dan Ciputra School Surabaya. RECREATION & SPORT : Ciputra Golf, Club & Hotel Surabaya, Ciputra Waterpark dan The Taman Dayu Pandaan.

    ReplyDelete
  18. NAMA : ELISABET NOVITA
    NIM : C1C011057

    1.single business:
    PT Gajah Tunggal Tbk
    PT Gajah Tunggal Tbk adalah perusahaan yang memproduksi ban. Strategi diversifikasi bisnisnya tunggal, karena 95% atau lebih revenue penjualan berasal dari bisnis inti yaitu produksi ban.

    2.Dominant business :
    AMD corporation
    AMD membagi dua perusahaannya. Satu perusahaan khusus menangani desain dan pengembangan prosesor serta kartu grafis dan satu perusahaan lagi yaitu perusahaan manufaktur yang akan memproduksi prosesor untuk perusahaan-perusahaan lainnya selain tentunya untuk AMD. 70 sampai dengan 95% dari revenue secara keseluruhan berasal dari area bisnis tunggal yaitu prosesor sebagai produk utama. Oleh karena itu AMD dapat dikategorikan sebagai perusahaan yang melaksanakan diversifikasi bisnis dominan.

    3.Related constrained corporate strategy :
    Contoh dari related constrained adalah perusahaan yg bertanggung jawab mengelola minyak dan gas di Indonesia, Pertamina, Yakni Premium, Pertamax, Solar, Bio Solar, Oli, Pertamina Dex .

    4. Related link corporate :
    Contoh :
    Orang Tua (OT) adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia. Perusahaan ini memproduksi berbagai produk-produk makanan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Tetapi Selain memproduksi makanan OT jg mempunyai produk lain seperti minuman susu cair VitaMilk Prebiotik, Susu Fermentasi yaitu VitaCharm . Ada jg Permen seperti permen MintZ, Cannon Ball, Blaster, Kurang Asem. Dan juga mempunyai produk lain seperti pasta gigi yaitu Formula

    5.unrelated corporate strategy
    Contohnya : Sinar Mas Grup . Perusahaan ini bekerja di bidang utama Jasa Keuangan yaitu Asuransi . Tetapi memilik bisinis lain berupa pabrik kertas dan tisu, pabrik makanan, dan Developer property .

    ReplyDelete
  19. BALQIS FAKHRANA QISTHI
    C1C011040

    1) SINGLE BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (TELKOM) merupakan Badan Usaha Milik Negara dan penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon kabel tidak bergerak (fixed wireline) dan telepon nirkabel tidak bergerak (fixed wireless), layangan telepon seluler, data dan internet (Speedy) , serta jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan.

    2) DOMINANT BUSNINESS CORPORATE STRATEGY
    PERTAMINA, mempunyai bisnis dminan yaitu pertambangan minyak dan gas bumi. Sebesar 90% bisnis Pertamina adalah pertambangan minyak dan gas bumi. Disamping bisnis minyak dan gas bumi, Pertamina juga mendirikan 2 Rumah Sakit besar yaitu Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dan Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ). Sebesar 10% Pertamina menanamkan bisnis nya untuk mendirikan 2 Rumah Sakit besar di wilayah Jakarta.

    3) RELATED CONSTRAINED CORPORATE STRATEGY
    Martha Tilaar Group of Companies. Martha Tilaar adalah salah satu produsen kosmetik terkemuka di Indonesia. Selain perusahaan kosmetik, Martha Tilaar juga memiliki unit bisnis yang lain seperti salon dan spa (Martha Tilaar Saloon & Spa), spa training center (Balisari Spa Training Center), sekolah kecantikan (Puspita Martha Beauty School), dan beauty center (Puri Ayu Beauty Center). Bisnis-bisnis tersebut berkaitan dengan bisnis utamanya yaitu berkaitan dengan kecantikan.

    4) RELATED LINK CORPORATE STRATEGY
    Blue Bird Group merupakan perusahaan transportasi terbesar yang telah berkembang di Indonesia terutama di Jakarta. Awal mulanya perusahaan ini hanya mengeluarkan taksi reguler, seiring dengan perkembangannya yang cukup pesat kemudian perusahaan ini mengeluarkan berbagai alternatif, mulai dari Taksi Alphard, Taksi Limousine, dan Taksi Eksekutif Silver Bird dengan Mercedes Benz dan perusahaan ini mengembangkan Bus Carter dan Big Bird. Tidak hanya fokus pada bisnis transportasi tetapi Blue Bird Group juga membuka bisnis Resort di Lombok yang diberi nama Holiday Resort Lombok.

    5) UNRELATED CORPORATE STRATEGY
    CIPUTRA GRUP merupakan perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha yaitu diantaranya tidak berkaitan, antara lain Ciputra Hospital (healt care facilities), Ciputra school (edication), Universitas Ciputra, Ciputra Golf, Club & Hotel (recreational & sport), Bintang / Aura (magazine), Citra Garden City (township & housing).

    ReplyDelete
  20. NAMA : ALDI SURYA PRATAMA
    NIM : C1C011031

    SINGLE BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    PT. Pindad adalah perusahaan industri dan manufaktur yang hanya bergerak dalam bidang pembuatan produk militer di Indonesia dan memperkerjakan sekitar 3000 karyawan. PT PINDAD hanya memproduksi produk militer seperti senjata api dan kendaraan perang.

    DOMINANT BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    Microsoft adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan dan pengembangan software komputer. Namun Microsoft juga memiliki bisnis lainnya yaitu pembuatan console game yang diberi nama xbox. Pendapatan Microsoft masih jauh lebih besar berasal dari pembuatan dan pengembangan software computer ketimbang pembuatan console game

    UNRELATED LINK CORPORATE STRATEGY
    Grup Lippo adalah sebuah perusahaan besar di Indonesia yang didirikan oleh Mochtar Riady. Grup ini memulai usaha dengan Bank Lippo yang kini telah berganti nama dan berubah posisi sahamnya menjadi Bank CIMB Niaga. Perusahaan ini kemudian mengembangkan diri di usaha properti yang kemudian berkembang di Indonesia, Cina dan beberapa negara lainnya. Selain di usaha properti juga melakukan pengembangan bisnis eceran, telekomunikasi, dan berbagai jenis usaha lainnya. Di bisnis eceran menguasai beberapa usaha seperti Matahari Putra Prima meliputi Foodmart, Matahari Dept. Store dan Hypermart serta eceran di produk kesehatan dan kecantikan. Usaha lain lippo grup adalah rumah sakit siloam, first media dan lippo karawaci



    RELATED CONSTRAINED CORPORATE STRATEGY
    PT SINARJAYA LANGGENG UTAMA adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi. Bisnisnya antara lain adalah sebagai penyedia jasa angkutan bus antar kota antar provinsi. Bisnis lainnya adalah bisnis travel dan bisnis penyewaan kendaraan baik big bus maupun medium bus. Bisnis yang dimiliki oleh pt sinarjaya langgeng utama memungkinkan terjadinya share di antara produk produk mereka .dengan melakukan sharing sumberdaya dan aktivitas ini seringkali perusahaan memperoleh keunggulan bersaing karena efisiensi yang tinggi dan keunikan yang sulit ditiru pesaingnya

    RELATED LINK CORPORATE STRATEGY
    Telkom group adalah gabungan seluruh anak perusahaan yang dimiliki oleh PT TELKOM INDONESIA TBK yang berjumlah sebanyak 12 anak perusahaan yang sebagian besar hanya memilki sedikit hubungan denga perusahaan induk. Anak perusahaan Telkom antara lain telkomsel,METRA,SIGMA,FIN@NET,mojopia,TELIN,PINs,infomedia,mitratel,telkomvision,GDS,napsindo

    ReplyDelete
  21. Nama: Intan Puspita Dewi
    NIM : C1C011055

    CONTOH CORPORATE-LEVEL STRATEGY

    1. SINGLE BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    Sosro Group merupakan pionir minuman teh botol siap saji pertama di Indonesia, bahkan di dunia. Revenue perusahaan ini 95% bahkan lebih berasal dari bisnis inti, yaitu proses pengolahan daun teh dari perkebunan shingga akhirnya menjadi minuman teh dalam kemasan. Kesegaran, rasa serta higinitas dari produk menjadi salah satu konsentrasi PT. SINAR SOSRO dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Masyarakat mulai merasa mendapatkan manfaat berupa praktis, enak dan dingin. Teh Botol sangat populer di Indonesia dan kini juga dijual di berbagai negara di luar Indonesia. Menurut hasil penelitian majalah SWA, Teh Botol bahkan lebih digemari masyarakat Indonesia daripada Coca-Cola.

    2. BUSINESS CORPORATE STRATEGY :
    PT Nyonya Meneer telah dianggap sebagai sebuah ikon industri nasional jamu tradisional terbesar dan tertua ditanah air. Nyonya meneer sebagai produk utamanya memproduksi minuman jamu, Diversifikasi produk Jamu Cap Potret Nyonya Meneer dibagi menjadi: (1) jamu untuk wanita, (2) jamu untuk pria, (3) jamu untuk perawatan dan penyembuhan, namun selain itu juga nyonya meneer memproduksi produk-produk lain seperti Minyak Telon, Awet Ayu Buste Cream, Singkir Angin Cair Madu, Singkir Angin Cair Flu, dll. Produknya telah merambah pasar internasional, dan dipasarkan ke 12 negara yang terdapat di tiga benua yaitu Asia, Eropa, dan Amerika.

    3. RELATED CONSTRAINED CORPORATE STRATEGY
    Canon adalah sebuah perusahaan Jepang yang memiliki cabang diberbagai negara termasuk Indonesia yang diberi nama Canon Indonesia. Canon memfokuskan produksinya dalam bidang gambar dan optik yang mencakup printer komputer, scanner, teropong, kamera digital, film dan kamera digital SLR, lensa dan perekam video termasuk mesin fotokopi. Perusahaan ini menawarkan solusi cetak dan dokumen untuk usaha kecil dan menengah, perusahaan besar dan pemerintah. Penawaran Ini termasuk printer multi-fungsi, printer kantor hitam putih dan warna, printer ukuran besar, scanner, printer produksi hitam putih dan warna, serta perangkat lunak untuk mendukung produk tersebut. Semua produk yang dikeluarkan memiliki kaitan fungsi.


    4. RELATED LINK CORPORATE STRATEGY
    Asustek Computer Inc (ASUS) adalah sebuah perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komputer desktop sekaligus memproduksi komponen komputer yang menunjang penggunaan desktop tersebut seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook. Asus belakangan ini mulai memproduksi PDA, Telepon genggam, monitor LCD, tablet dan produk komputer lainnya. Asus juga memproduksi komponen untuk perusahaan lain, termasuk PS2 Sony dan Apple Ipod, iBook, dll.

    5. UNREALATED CORPORATE STRATEGY
    Maspion adalah salah satu produsen perkakas yang cukup besar di Indonesia. Perusahaan ini memiliki keahlian yang kuat di bidang pemasaran dan manufaktur berbagai rangkaian produk peralatan rumah tangga kualitas baik di peralatan dapur, peralatan rumah tangga plastik, barang pecah belah, dan peralatan listrik rumah. Selain itu nama merek dagang ini juga merupakan nama grup usaha, yakni Maspion Group yang juga memiliki usaha perbankan, industrial estate, ritail trading, ritail square, industri aluminium, dan industri berat lainnya yang pada hakikatnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan produk peralatan rumah tangga.

    ReplyDelete
  22. NAMA : OSYANE LAKSMI TANAYA
    NIM : C1C011034

    Contoh Corporate Level Strategy

    1.SINGLE BUSINESS
    Strategi diversifikasi bisnis tunggal adalah suatu strategi level korporasi dimana 95% atau lebih revenue penjualan berasal dari bisnis inti.
    Contohnya : Perusahaan Senator Frozen yang menjual produk es krim bernama Häagen-Dazs. Toko ritel pertamanya berdiri pada 15 November 1976 di Brooklyn, New York. Berkat cita rasa segarnya yang alami, es krim itu lantas mendapat tempat tersendiri di hati konsumen sehingga Mattus memutuskan untuk mewaralabakannya ke seluruh AS dan sejumlah negara di dunia. Tak berhenti di situ, Häagen-Dazs yang kini tak sekadar menawarkan es krim saja tapi juga ice cream cakes, sorbet dan frozen yogurt, sukses melintasi Samudra Atlantik menuju Eropa dan Asia.

    2.DOMINANT BUSINESS
    Strategi diversifikasi bisnis dominan adalah strategi level korporasi dimana 70 sampai dengan 95% dari revenue secara keseluruhan berasal dari area bisnis tunggal.
    Contoh : PT Kalbe farma Tbk merupakan perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara. antara 70%-90% penerimaannya berasal dari produk-produk farmasinya. lainnya berasal dari suplemen,nutrisi seperti susu untuk bayi,anak-anak, remaja, ibu hamil dan menyusui, beberapa kebutuhan khusus kaum manula, serta biskuit dan sereal bayi yang diproduksi oleh PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutrilionals) sebagai anak perusahaannya. selain itu juga PT Kalbe Farma memiliki anak perusahaan dibidang pelayanan kesehatan yaitu PT Bintang Toedjoe. Kalbe OTC, PT Saka Farma Lab., Kalbe Internasional Pte.Ltd.

    3.RELATED CONSTRAINED CORPORATE STRATEGY
    Apabila revenue yang berasal dari bisnis dominan kurang dari 70% dan di dalam bisnisnya ada keterkaitan antara unit bisnis yang yang satu dengan yang lainnya (produk, teknologi dan distribusi) maka perusahaan tersebut dikategorikan sebagai perusahaan yang melaksanakan strategi diversifikasi related constrained.
    Contoh : PT. Sunter Agung merupakan perusahaan pengembang real estate yang juga perusahaan induk dari Agung Podomoro Group, yang telah terjun dalam bisnis properti selama lebih dari 40 tahun. Baik perusahaan maupun semua anak perusahaan memiliki kepentingan besar dalam pengembangan real estate dan properti seperti hunian (perumahan, apartemen, townhouse), komersial (mall, ruko), perkantoran, dan pengembangan superblok inovatif multifungsi di daerah-daerah bisnis yang strategis.
    Mewujudkan visi, APG membangun kompleks perumahan dengan fasilitas lengkap untuk para penghuninya, seperti sekolah, pusat rekreasi, tempat ibadah, rumah sakit, dan pasar. Kemudian, grup mulai melebarkan usahanya dengan menggandeng beberapa perusahaan seperti PT Indofica.

    4.RELATED LINKED CORPORATE STRATEGY
    Perusahaan dengan revenue kurang dari 70% berasal dari bisnis dominan dan hanya ada keterkaitan terbatas diantara bisnis yang ada, maka perusahaan tersebut diklasifikasikan sebagai perusahaan yang melaksanakan strategi diversifikasi related linked.
    Contohnya : PT. Media Nusantara Citra Tbk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang media yang berpusat di Jakarta Indonesia. Bisnisnya meliputi berbagai macam bidang diantaranya MNC TV (Rcti,Global TV,SindoTv),Media Cetak(Sindo,Genie ),Radio,Online shop (Okezone.com),Agensi Periklanan,dan lain-lain.

    5.UNRELATED CORPORATE STRATEGY
    Perusahaan yang memiliki revenue kurang dari 70% yang berasal dari bisnis dominan dan tidak ada keterkaitan diantara bisnis yang ada, maka perusahaan tersebut diklasifikasikan melaksanakan strategi diversifikasi unrelated, yang disebut juga sebagai konglomerasi.
    Contohnya : PT. Bakrie & Brothers Tbk. adalah perusahaan perdagangan Indonesia yang didirikan pada 1942 dan menjadi sebuah grup perusahaan yang bergerak di banyak bidang. Sekarang ini, perusahaan ini bergerak di bidang telekomunikasi, media, produksi pipa, bahan bangunan, komponen otomotif, dan investasi dalam pertambangan batu bara hingga pendidikan. Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 11.000 orang .Contoh bisnis yang dimiliki seperti TV One,Bakrie University,Episentrum Mall,dan lain-lain.

    ReplyDelete
  23. Nama : KARTIKA PUJI DEWANTI
    NIM : C1C011009

    1. Single business corporate strategy

    PT Gajah Tunggal Tbk adalah perusahaan yang memproduksi ban. Strategi diversifikasi bisnisnya tunggal, karena 95% atau lebih revenue penjualan berasal dari bisnis inti yaitu produksi ban.

    2. Dominant business corporate strategy

    PT Pahala Kencana Bergerak di bidang usaha Bus Antar Kota Antar Propinsi. PT Pahala Kencana mengembangkan usaha Jasa Titipan Pahala Kencana yang pada awal usahanya pengiriman barang Jasa Titipan Pahala Kencana hanya melayani tujuan-tujuan sesuai rute operasi bus, mengandalkan sisa ruang bagasi penumpang, dan mengoperasikan sedikit kendaraan kecil sebagai moda antar kiriman barang. Saat ini Jasa Titipan Pahala Kencana yang telah berubah nama menjadi Pahala Express melayani pengiriman ke lebih dari 200 kota besar dan kecil di seluruh Indonesia dan lebih dari 200 negara tujuan dengan mengandalkan lebih dari 100 unit armada pengiriman barang. Pada tahun yang sama PT Pahala Kencana mendirikan Biro Perjalanan Wisata PT BPW Pahala Kencana yang kemudian lebih dikenal dengan nama PT Pahala Tours & Travel. Melayani penyelenggaraan wisata, domestik & international ticketing, dan MICE.

    3. Related constrained corporate strategy

    PT Blue Gas Indonesia menyediakan produk-produk untuk kebutuhan dapur yang Aman dan Nyaman serta Memudahkan Hidup dengan merk blue gaz dan Vienta. Kurang dari 70% pendapatan dari bisnis dominan yaitu tabung gas “Blue Gaz”
    Blue gaz, memiliki produk terdiri dari Tabung Gas, Kompor satu tungku dan dua tungku serta aksesories berupa Regulator dan Selang. Lalu untuk merk Vient, terdiri dari Blender, Pressure Cooker dan Smart Cooker.

    4. Related link corporate strategy

    Johnson & Johnson bergerak pada bidang kebersihan, dan pengharum. dimulai dengan produk bedak bayi. pada perkembanganya johnson & johnson telah berkembang hingga menetapkan konsentrasi pada produk dengan tiga kategori yaitu farmasentika, peraltan medis, dan barang konsumsi. Johnson & Johnson mempunyai unit bisnis consumer goods, yang mencakup produk-produk bayi yang tentunya sudah familiar, seperti shampoo bayi, bedak bayi, baby oil, dan lainnya.

    5. Unrelated corporate strategy

    Grup Salim merupakan perusahaan konglomerat terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Sudono Salim. Perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk Indofood, produsen mi instan terbesar dunia dan Bogasari, perusahaan operasi tepung terbesar. Grup Salim juga memiliki perkebunan kelapa sawit (sekitar 1,000 kilometer persegi) dan konsesi penebangan.
    Beberapa anak perusahaannya antara lain :
    • Indosiar (15,23%, berpatungan dengan Elang Mahkota Teknologi)
    • Salim Palm Plantation
    • Yakult
    • Indofood
    • IndoAgri
    • Indolife
    • Indomaret
    • Indomobil
    • Indocement
    • Nippon Indosari Corpindo (40%)
    • Bogasari
    • BCA
    • Djarum
    • Nestlé
    • PepsiCo
    • Total Chemindo Loka
    • Unilever (75%)
    • Wings
    • Lion Corporation

    ReplyDelete
  24. Nama : Noviana Dwi Ratnasari
    NIM : C1C011038


    Contoh CORPORATE-LEVEL STRATEGY

     Diversifikasi Level Rendah:

    1. Single business corporate strategy
    Strategi diversifikasi bisnis tunggal adalah suatu strategi level korporasi dimana 95% atau lebih revenue penjualan berasal dari bisnis inti. Perusahaan yang menerapkan bisnis tunggal, misalnya PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum). Pendapatan dari PDAM semuanya berasal dari penyedia air di tiap-tiap daerah tanpa ada sumber pendapatan lain.

    2. Dominant business corporate strategy
    Strategi diversifikasi bisnis dominan adalah strategi level korporasi dimana 70 sampai dengan 95% dari revenue secara keseluruhan berasal dari area bisnis tunggal. Indofood dapat dikategorikann sebagai perusahaan dominan. Dalam industri mie instant, indofood menerapkan berbagai strategi agar tetap memiliki pangsa pasar yang paling besar. Berbagai strategi yang diterapkan berupa strategi pemasaran yang gencar melalui periklanan dan promosi serta melakukan berbagai starategi untuk membendung serangan kompetitor potensial dengan Cara melakukan integrasi vertikal.

     Diversifikasi Level Moderat sampai Tinggi:

    1. Related Constrained Corporate Straregy
    Apabila revenue yang berasal dari bisnis dominan kurang dari 70% dan di dalam bisnisnya ada keterkaitan antara unit bisnis yang yang satu dengan yang lainnya (produk, teknologi dan distribusi) maka perusahaan tersebut dikategorikan sebagai perusahaan yang melaksanakan strategi diversifikasi related constrained. MNC Group. Beberapa unit perusahaan ini saling berkaitan , yaitu pada segmen broadcasting media, yaitu RCTI dan Global TV. Dari unit print media ada PT Nusantara Info yang menerbitkan berbagai majalah seperti, Realita, Mom&Kiddie, Genie. Unit lainnya adalah radio, yaitu Woman Radio dan Tri Jaya FM.

    2. Related Link Corporate Strategy
    Perusahaan dengan revenue kurang dari 70% berasal dari bisnis dominan dan hanya ada keterkaitan terbatas diantara bisnis yang ada, maka perusahaan tersebut diklasifikasikan sebagai perusahaan yang melaksanakan strategi diversifikasi related linked. Perusahaan yang menerapkan bisnis ini adalah PT Philips Indonesia, yaitu perusahaan yang memproduksi barang-barang yang berkaitan dengan teknologi, baik itu kebutuhan rumah tangga seperti alat listrik (setrika,lampu), dan alat elektrik (DVD player, TV, Portable).

     Diversifikasi Level TinggI:

    1. Unrelated Link Corporate Strategy
    Perusahaan yang memiliki revenue kurang dari 70% yang berasal dari bisnis dominan dan tidak ada keterkaitan diantara bisnis yang ada, maka perusahaan tersebut diklasifikasikan melaksanakan strategi diversifikasi unrelated, yang disebut juga sebagai konglomerasi. Samsung Group, adalah salah satu perusahaan elektronik terbesar dunia. Samsung beroperasi di bidang bisnis, yaitu telekomunikasi (telepon genggam dan jaringan), media digital, LCD dan kendaraan bermotor (\temasuk alat berat), peralatan rumah tangga digital (mesin cuci, kulkas, DVD).

    ReplyDelete
  25. RADIFAN NOOR K
    C1C011032
    1. Single Business Corporate Strategy
    PT Gajah Tunggal Tbk
    PT Gajah Tunggal Tbk adalah perusahaan yang memproduksi ban. Strategi diversifikasi bisnisnya tunggal, karena 95% atau lebih revenue penjualan berasal dari bisnis inti yaitu produksi ban.
    2.Dominant Business Corporate Strategy
    PT KAI adalah perusahaan yang begerak dibidang pelayanan jasa transportasi darat menggunakan kereta api. Pendapatan dari perusahaan ini selain dari hasil penjualan tiket juga dari makanan yang dijual di dalam kereta. Namun pendapatan utama tetap dari penjualan tiket.
    3. Related Constrained Corporate Strategy
    SPECS adalah perusahaan lokal yang memproduksi peralatan olahraga seperti sepatu sepakbola, sepatu futsal, baju tim dan lain sebagainya.Produk – produk dari SPECS ini saling berhubungan, baik produk, pemasaran, maupun pendistribusiannya.
    4. Related link corporate strategy
    WINGS, penghasil produk-produk rumah tangga dan pemeliharaan kesehatan diri ini memiliki tiga cabang produk utama yaitu wings household (boom, daia, so klin, mama lemon), wings care (ciptadent, close up, giv, nuvo, zinc,dll) dan wingsfood (ale-ale, floridina, jas jus, mie sedap, top coffee, dll). Ketiganya hanya memiliki hubungan keterkaitan yang terbatas karena produk-produknya memang tidak seluruhnya saling berhubungan satu samalain, begitu pula dengan pendistribusiannya.
    5. Unrelated Corporate Strategy
    Canon adalah perusahaan Jepang yang mengkhususkan dalam produk gambar dan optik, termasuk kamera digital, mesin fotokopi, printer komputer, scanner, teropong, lensa dan perekam video

    ReplyDelete
  26. LITA NINDYO MEILIA
    C1C011096

    1.SINGLE BUSINESS
    PT Krakatau Steel, yang merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang industri. PT KS yang menjadi primadona negeri dan menjadi satu-satunya perusahaan yg menyuplai kebutuhan besi dan baja baik untuk dalam maupun luar negeri..
    2.BUSINESS CORPORATE STRATEGY :
    PT Nyonya Meneer telah dianggap sebagai sebuah ikon industri nasional jamu tradisional terbesar dan tertua ditanah air. Nyonya meneer sebagai produk utamanya memproduksi minuman jamu, Diversifikasi produk Jamu Cap Potret Nyonya Meneer dibagi menjadi: (1) jamu untuk wanita, (2) jamu untuk pria, (3) jamu untuk perawatan dan penyembuhan, namun selain itu juga nyonya meneer memproduksi produk-produk lain seperti Minyak Telon, Awet Ayu Buste Cream, Singkir Angin Cair Madu, Singkir Angin Cair Flu, dll. Produknya telah merambah pasar internasional, dan dipasarkan ke 12 negara yang terdapat di tiga benua yaitu Asia, Eropa, dan Amerika.
    3.RELATED CONSTRAINED CORPORATE STRATEGY
    Martha Tilaar Group of Companies. Martha Tilaar adalah salah satu produsen kosmetik terkemuka di Indonesia. Selain perusahaan kosmetik, Martha Tilaar juga memiliki unit bisnis yang lain seperti salon dan spa (Martha Tilaar Saloon & Spa), spa training center (Balisari Spa Training Center), sekolah kecantikan (Puspita Martha Beauty School), dan beauty center (Puri Ayu Beauty Center). Bisnis-bisnis tersebut berkaitan dengan bisnis utamanya yaitu berkaitan dengan kecantikan.
    4.RELATED LINKED CORPORATE STRATEGY
    Contoh perusahaan yang melaksanakan strategi ini adalah perusahaan Jhonson & Jhonson adalah perusahaan multinasional produsen farmasentika, peralatan medis, dan barang konsumsi. Produk-produknya dijual di lebih dari 175 negara. perusahaan yang melaksanakan strategi diversifikasi related linked melakukan sharing sumber daya dan aset diantara bisnis yang ada.
    5.UNRELATED CORPORATE STRATEGY : PT. BAKRIE & BROTHERS TBK
    PT. Bakrie & Brothers Tbk adalah perusahaan perdagangan Indonesia yang didirikan pada 1942 dan menjadi sebuah grup perusahaan yang bergerak di banyak bidang. Sekarang ini, perusahaan ini bergerak di bidang telekomunikasi, media, produksi pipa, bahan bangunan, komponen otomotif, dan investasi dalam pertambangan batu bara. Infrastruktur (Bakrie Indo Infrastructure, Bakrie Power, Bakrie Building Industries), Industri Metal (Bakrie Metal Industries, Bakrie Corrugated Metal Industry, Seamless Pipe Indonesia Jaya, Bakrie Tosanjaya), Agribisnis (Bakrie Sumatra Plantations), Telco (Bakrie Telecom, Bakrie Communications, Trans-Bakrie, Visi Media Asia), Tambang dan Migas (Bumi Resources, Energi Mega Persada Properti, Bakrieland Development), Klub Sepakbola (Arema Indonesia, Brisbane Roar FC, C.S. Visé).

    ReplyDelete
  27. Eko Hari Suryono
    C1C011047

    Single Business Corporate Strategy:
    PDAM, Perusahaan Dagang Air Minum merupakan perusahaan air daerah yang memnuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Perusahaan milik pemerintah ini memperoleh pendapatan dengan menyediakan air di setiap provinsi. Tidak ada sumber pendapatan lain.

    Dominant Business Corporate Strategy:
    Pertamina, perusahaan penyedia bahan bakar kendaraan bermotor milik pemerintah. Karena bahan bakar yang berasal dari minyak bumi merupakan kebutuhan hidup hajat orang banyak maka sumber-sumber minyak bumi dikuasai negara agar tidak dimonopoli atau diliberalisasi. Karena itu pula Pertamina mendominasi industri perminyakan di dalam negeri.

    Related Constrained Corporate Strategy
    Jhonson & Jhonson, peruasahaan yang beroperasi besar pada perawatan kesehatan dalam beberapa segmen. Seperti divisi pharmaceuticals yang membuat obat untuk beragam penyakit dan divisi alat edis dan diagnostik.

    Related Link Corporate Strategy
    MNC Grub, perusahaan yang bergerak di bidang penyiaran yang berfokus pada media massa televisi. Perusahaan ini memiliki beberapa stasun TV swasta seperti RCTI, MNC, GlobalTV. Selain mpenyiaran melalui televisi juga melalui media jaringan internet seperti okeZONE.

    Unrelated Corporate Strategy
    Canon, perusahaan asal Jepang yang khusus memproduksi alat optik dan gambar. Diantaranya kamera digital, printer komputer, lensa, mesin fotokopi, perekam video.

    ReplyDelete
  28. RIANA ANUGRAH FITRI
    C1C011011

    1. SINGLE BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    The Coca-Cola Company
    The Coca-Cola Company adalah perusahaan yang memproduksi minuman ringan berkarbonasi (carbonated soft drink). Produk coca-cola banyak dijual di toko, restoran, dan mesin penjaja di lebih dari 200 negara. Jenis-jenis Coca-cola yaitu New Coke (Baru), Diet Coke (Tanpa gula), Coca-Cola C2, Coca-Cola Zero (Penuh rasa, tanpa gula), Cherry Coke (Rasa buah ceri), Vanilla Coke (Rasa vanilli), Coca-Cola with Lime (Jeruk nipis), dan Raspberry Coke (Rasa frambus).
    The Coca-Cola Company juga telah memperkenalkan beberapa minuman kola lainnya dibawah merek Coke. Yang paling terkenal adalah Diet Coke, yang telah menjadi kola diet utama.

    2.DOMINANT BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    PT. Santos Jaya Abadi
    PT. Santos Jaya Abadi merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Merupakan usaha keluarga pemilik merk kopi terbesar di Indonesia. Dalam rentang waktu tak terlalu lama, perusahaan mulai memproduksi kopi dengan merk “Kapal Api”. Melanjutkan sukses merk Kapal Api dan demi kepuasan pelanggan, PT Santos Jaya Abadi memperkenalkan beberapa merk kopi lain yang juga berhasil meraih sukses di pasaran, yaitu Excelso, ABC, Good Day, Ya! dan Kapten. Selain memproduksi kopi, PT. Santos Jaya Abadi juga memproduksi sereal dengan merk Ceremix. Meskipun terdapat produk selain kopi, namun penghasilan dominan dari PT. Santos Jaya Abadi berasal dari produk kopinya.

    3. RELATED CONSTRAINED CORPORATE STRATEGY
    Staedtler Mars GmbH & Co. KG
    Staedtler Mars GmbH & Co. KG adalah sebuah perusahaan alat tulis terbaik asal Jerman serta merupakan salah satu produsen terkemuka di dunia dan pemasok alas tulis dan alat "teknik" gambar. Perusahaan memproduksi berbagai alat tulis termasuk diantaranya adalah tempat pensil, pensil mekanis, pena terbaik, dan juga pensil kayu standar. Selain itu, mereka juga memproduksi penghapus karet, busur, dan pewarna / aksesoris tulisan. Saat ini, Staedtler memiliki lebih dari 20 cabang perusahaan global dan tujuh fasilitas manufaktur. Setiap produk yang dihasilkan saling berhubungan satu sama lain.

    4. RELATED LINK CORPORATE STRATEGY
    PT. Lion Wings
    PT. Lion Wings adalah perusahaan yang memiliki range produk yang sangat luas antara lain pasta gigi, sikat gigi, kosmetik, sabun, shampoo, detergent, detergent pencuci piring, pembersih alat-alat kebutuhan rumah tangga, hingga makanan dan obat-obatan. Semua produk-produk PT. Lion Wings ini ditunjang dengan brand yang kuat dan market share yang tinggi di tiap-tiap market yang dimasukinya. Contoh produknya adalah Hair Care (Emeron shampoo, Zinc Shampoo, Kodomo shampoo), Oral Care (Ciptadent toothpaste, Ciptadent toothbrush, Smile Up toothpaste), Skin Care (Emeron Hand & Body lotion, Emeron White series: Hand&Body lotion, Face Tonic, Milk Cleanser dan Scrub), Children Toiletries (Kodomo series), Dishwashing Liquid (Mama Lemon, Mama Lime, & Mama Ultra), Botanical series, Lavenda mosquito repellent lotion. Setiap produk terdapat hubungan yang terbatas.

    5. UNRELATED CORPORATE STRATEGY
    PT Global Mediacom Tbk
    PT Global Mediacom Tbk, sebelumnya bernama PT Bimantara Citra Tbk, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang investasi pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha media dan telekomunikasi. Global Mediacom berpusat di Jakarta, Indonesia. Saat ini, mayoritas sahamnya dimiliki oleh Bhakti Investama. Unit usahanya adalah : Media berbasis konten dan iklan (PT Media Nusantara Citra Tbk), Media berbasis pelanggan (PT MNC Sky Vision Tbk dan PT Nusantara Vision), Infrastruktur telekomunikasi dan teknologi informasi (PT Infokom Elektrindo), Pendidikan (Universitas Bunda Mulia), Anak Perusahaan yang dimerger (PT Bimagraha Telekomindo), dan Anak Perusahaan yang dilepas (PT Telekomindo Selular Raya, PT Metro Selular Nusantara, PT Komunikasi Selular Indonesia, PT Menara Jakarta). Unit-unit usaha tersebut tidak saling berkaitan.

    ReplyDelete
  29. Nama : ALFIAH RENI PRIYANTI
    Nim : C1C011103

    A.Low Level Diversification

    1. Single Business
    Contoh perusahaan yang menerapkan bisnis tunggal misalnya PT Jamsostek (Jaminan sosial tenaga kerja), yang merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

    2. Dominant Business
    contoh perusahaan yang menerapkan bisnis dominan misalnya PT KAI (Perseroan Kereta Api Indonesia) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis Transportasi, disamping itu PT KAI juga melakukan diversifikasi dalam bisnis Jasa Pengiriman Barang yang bernama HERONA EXPRESS.

    B.Moderate to High Levels of Diversification

    3. Related Constrained
    Contoh perusahaan yang menerapkan Related Contrained misalnya PT Kimia Farma tbk. Disamping bisnis utamanya memproduksi obat dan alat-alat kesehatan, PT Kimia Farma tbk juga mengembangkan bisnis distribusi, ritel apotik Kimia Farma, dan laboratorium klinik&klinik kesehatan. Semua ini berhubungan erat dengan main business yang dijalani perusahaan.

    4. Related Linked
    Contoh perusahaan yang menerapkan Related Links misalnya General Electric. Mereka tidak banyak berbagi sumber daya dan aktiva actual dan yang terjadi lebih pada transfer pengetahuan dan kompetensi inti di antara bisnis-bisnis tersebut. General Elctric telah melakukan diversifikasi dari basis awalnya, yaitu di perlatan elektronik dan rumah tangga, hingga kini dengan macam-macam industri, seperti: penerbangan, distribusi listrik, minyak, gas, kesehatan, asuransi, keuangan, air bersih, bahkan media, dengan kepemilikannya atas NBC.

    C.Very High Levels of Diversification
    5. Unrelated
    Contohnya adalah Bakrie Group, kurang dari 70% pendapatan dari bisnis-bisnis dominan dan tidak ada hubungan diantara bisnis itu. Bisnisnya yaitu dalam bidang media, Grup Bakrie ini membawahi ANTV (PT Cakrawala Andalas Televisi) yang kini berbagi saham dengan STAR TV (News Corps., menguasai 20% saham) dan Lativi (PT Lativi Media Karya). Dalam bidang pendidikan ia mendirikan Bakrie School dan PT Asuransi Jiwa Bakrie (’Bakrie Life').

    ReplyDelete
  30. NAMA : WENING PRASETIA
    NIM : C1C011104

    1. SINGLE BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    Adalah strategi diversifikasi bisnis, dimana revenue (pendapatan) perusahaan lebih dari 95% berasal dari single business unit (unit bisnis tunggal)
    Contoh : PT. SOLO MURNI. PT. SOLO MURNI yang merupakan penghasil alat-alat tulis dengan merk kiky. Perusahaan tersebut lebih dari 95% penerimaan dari perusahaan tersebut berasal dari penjualan alat-alat tulis.

    2. DOMINANT BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    Adalah strategi diversifikasi bisnis, dimana revenue perusahaan 70-95% berasal dari single business unit Contoh: Hershey Foods Corp. Hersey Foods adalah perusahaan manisan coklat dan non-coklat terbesar di Amerika. Walupun perusahaan ini menjual makanan beberapa produk makanan seperti spagheti dan pasta, tetapi besarnya penghasilan perusahaan lebih banyak didapat dari penjualan produk manisannya tersebut.

    3. RELATED CONSTRAINED CORPORATE STRATEGY
    Related constrain adalah strategi perusahaan dimana revenue berasal dari bisnis dominan kurang dari 70% dan didalam bisnisnya ada keterikatan antara unit bisnis yang satu dengan yang lainnya( produk, teknologi dan distribusi).
    Contoh : Perusahaan Corning Glass. Perusahaan ini memproduksi kaca dan Kristal. Tidak hanya itu, Corning Glass juga menghasilkan barang-barang lain seperti Gorilla Glass,kaca yang mengandung aluminium silikat alkali, digunakan sebagai kaca tahan gores sebagai penutup untuk melindungi dan memberikan ketahanan di perangkat genggam layar sentuh. Menciptakan kaca bola lampu, Corning juga memproduksi keramik untuk keperluan rumah tangga.

    4. RELATED LINK CORPORATE STRATEGY
    Adalah Strategi perusahaan dimana revenue kurang dari 70% berasal dari bisnis dominan dan hanya ada keterkaitan terbatas diantara bisnis yang ada.
    Contoh : Mattel Inc. Adalah sebuah perusahaan mainan terbesar berdasarkan pendapatan. Produknya termasuk mainan mobil Hot Wheels & Matchbox, boneka Barbie, Polly Pocket, dan lain-lain. Kini Mattel Inc. Juga memproduksi video game (Pet Soccer, Casketball Queen), aksesoris anak (Barbie), dan film (Team Hotwheels, Barbie Of swan Lake, Barbie: A Fairy Secret, dll).

    5. UNRELATED CORPORATE STRATEGY
    Perusahaan yang memiliki revenue kurang dari 70% yang berasal dari bisnis dominan dan tidak ada keterkaitan diantara bisnis yang ada.Perusahaan ini disebut juga sebagai konglomerasi.
    Contoh : MCB Group. Yang merupakan group yang dimiliki oleh Basrizal koto, pengusaha sukses Indonesia. MCB Group memiliki beberapa perusahaan yang bergerak di beberapa bidang. Antara lain : PT Basko Minang Plaza, yang bergerak di bidang pusat perbelanjaan, PT Cerya Riau Mandiri (percetakan), PT Bastara Jaya Muda (Tambang Batu Bara), PT Riau Agro Mandiri (Penggemukan, Ekspor Impor Ternak), dll

    ReplyDelete
  31. Nama: Megitha Pratiwi
    NIM: C1C011098

    1. Single business corporate strategy
    Contoh perusahaan yang melakukan strategi bisnis ini adalah PT. Campina Ice Cream Industry yang merupakan salah satu produsen es krim terbesar dan terkemuka di Indonesia. Produksinya hanya terfokus pada pembuatan es krim.

    2. Dominant business corporate strategy
    Contohnya PT Kalbe Farma Tbk., perusahaan farmasi yang memproduksi obat–obatan dan produk kesehatan seperti promag, mixagrip, woods, komix, prenagen, dan extrajoss. Selain itu, PT Kalbe Farma Tbk. memiliki Yayasan Pendidikan Kalbe yang mendirikan Institut Teknologi dan Bisnis Kalbe di Jakarta Barat. Meskipun begitu, bisnis yang lebih dominan dari PT Kalbe Farma Tbk. adalah di bidang farmasi.

    3. Related constrained corporate strategy
    Contohnya adalah PT Mayora Indah Tbk, merupakan perusahaan di bidang makanan dan minuman ringan, seperti biskuit, permen, wafer, cokelat, dan kopi. Selain itu, PT Mayora Indah Tbk juga memiliki Torabika Cafe&Corner yang berkaitan dengan produknya yaitu kopi.

    4. Related link corporate strategy
    Contonya adalah PT.Bintang Mitra Semestaraya dimana kurang dari 70% pendapatan berasal dari bisnis utamanya di bidang properti, kemudian pendapatan lain diperoleh dari usaha penjualan bahan kimia, agribisnis, sektor maritim/laut, real estate, dan transportasi. Jenis-jenis usahanya ada yang saling berkaitan (properti dengan real estate) dan ada pula yang tidak berkaitan (properti dengan agribisnis)

    5. Unrelated corporate strategy.
    Strategi ini digunakan oleh PISMA GROUP, merupakan perusahaan yang cukup besar di Indonesia. PISMA GROUP memiliki perusahaan yang bergerak di bebebrapa bidang, antara lain : PT PISMATEX TEXTILE INDUSTRI dan PT PISMA PUTRA yang bergerak dalam produksi tekstil, PISMA GAJAH PUTRA (real estate), PT KMK PRECISION INDONESIA (manufaktur dan peralatan elektronik), PISMA MEDICA (medis) dan PT J-TECH Manufacturing Indonesia.

    ReplyDelete
  32. ALAN PRIAMBODO
    C1C011043

    1. SINGLE BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    PT Astra Honda Motor
    Perusahaan ini beraktivitas dibidang industri sepeda motor. Karena permintaan sepeda motor di Indonesia yang semakin meningkat, perusahaan ini kini memiliki kapasitas produksi 4,2 juta unit sepeda motor per tahunnya. PT Astra Honda Motor akan terus berkarya menghasilkan sarana transportasi roda 2 yang menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai harapan masyarakat Indonesia.
    2. BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    PT. Sayap Mas Utama (Wings Corp.)
    Wings merupakan perusahaan penghasil produk rumah tangga dan pemeliharaan kesehatan diri. Produk utamanya seperti produk household (Daia,So klin,Mama lemon) serta produk body care (Ciptadent,Close Up,Nuvo,Protex) perusahaan juga mendapat sebagian kecil pendapatan yang berasal dari produk food (Ale-ale,Jas-jus,Teh rio,Mie sedap).
    3. RELATED CONSTRAINED CORPORATE STRATEGY
    Samsung Electronics
    Perusahaan ini adalah perusahaan pembuat perangkat elektronika terbesar didunia. Samsung Electronics merupakan pemimpin pangsa pasar dunia untuk lebih dari 60 produk, seperti Semikonduktor (SDRAM,Hard Drive),penampil digital (LCD,Plasma),perangkat elektronik (TV,Proyektor),perangkat bergerak (Handphone,kamera digital),perangkat komputer (Monitor,printer,leptop) serta perangkat rumah tangga (kulkas,mesin cuci,AC).
    4. RELATED LINK CORPORATE STRATEGY
    MNC Grup
    Perusahaan ini kegiatan utamanya adalah di bidang penyiaran media massa televisi. Contoh stasiun televisi yang dimiliki, RCTI, MNC, GlobalTV. MNC Grup juga memiliki usaha penyiaran lewat internet yaitu okeZONE. Namun baru-baru ini perusahaan ini telah meluncurkan kegiatan bisnis barunya yaitu dibidang asuransi yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kegiatan penyiaran.
    5. UNREALATED CORPORATE STRATEGY
    YAMAHA Inc.
    Seperti yang kita ketahui, perusahaan Yamaha bergerak dibidang produksi otomotif (sepeda motor mulai dari 90cc sampai 1000cc) bahkan saat perang dunia kedua perusahaan ini sempat membuat mesin baling-baling pesawat terbang. Namun pada awal berdirinya, YAMAHA adalah sebuah perusahaan yang memproduksi peralatan musik seperti piano, yang hingga saat ini peralatan musik juga masih diproduksi dan didistribusikan. Jelas tidak ada kaitannya antara memproduksi peralatan alat musik dengan memproduksi otomotif(sepeda motor).

    ReplyDelete
  33. EVILYANI TRIBUANA
    C1C011092

    1. Single business corporate strategy
    PT.AQUA GOLDEN MISSISIPPI tbk
    AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
    2. Dominant business corporate strategy
    Pertamina
    perusahaan penyedia bahan bakar kendaraan bermotor milik pemerintah. Karena bahan bakar yang berasal dari minyak bumi merupakan kebutuhan hidup hajat orang banyak maka sumber-sumber minyak bumi dikuasai negara agar tidak dimonopoli atau diliberalisasi. Karena itu pula Pertamina mendominasi industri perminyakan di dalam negeri. Walaupun banyak penyedia bahan bakar seperti shell, petronas dan lainnya. Tetapi untuk wilayah Purwokerto sendiri pertamina sebagan perusahaan dominan, karena untuk perusahaan lainnya tidak tersedia di Purwokerto.
    3. Related constrained corporate strategy
    J-CO
    Dalam menjalankan usahanya j-co tidak hanya menjual donat saja tapi j-co juga banyak menjual berbagai produk contohnya minuman seperti cappucino, cappucnno italian nut, iced hazelnut latte, moccabella frappe, espresso. Selain itu j-co juga menyediakan frozen yogurt yang beraneka ragamnya seperti couple, sharing, single, strawberry mix, strawberry dll. Produk – produk dari j-co ini saling berhubungan, baik produk, produksi, pemasaran, maupun pendistribusiannya.
    4. Related link corporate strategy
    MITSUBISHI
    Perusahaan ini banyak dikenal sebagai perusahaan yang bergerak dibidang otomotif kebanyakan dari produk mitsubishi yaitu mobil seperti mitsubishi fuso, mitsubishi lancer, mitsubishi colt, mitsubishi new colt diesel, pajero, out lander dll. Selain mobil, mitsubishi juga memproduksi ac, televisi, proyektor dll.
    5. Unrelated corporate strategy.
    SAMSUNG
    Perusahaan ini diketahui oleh banyak masyarakat sebagai produsen produk elektronik tetapi pada keyataannya samsung memiliki produk lain yaitu produk industri alat berat, asuransi, kontraktor bangunan dll. Semua produk tersebut tidak memiliki keterkaitan diantara bisnis yang ada, maka perusahaan tersebut diklasifikasikan melaksanakan strategi diversifikasi unrelated, yang disebut juga sebagai konglomerasi.

    ReplyDelete
  34. Nama : Alif Ridlo Saputra
    Nim : C1C011058


    1. Single business corporate strategy
    contoh : perusahaan Exxon Mobil yang bergerak dalam bidang peminyakan. Perusahaan ini adalah perusahaan yang hanya memiliki satu jenis unit bisnis, yaitu pertambangan minyak bumi, dimana lebih dari 95% revenuenya diperoleh dari penjualan minyak bumi.

    2. Dominant business corporate strategy
    contoh: Indofood sebagai perusahaan dominan dalam industri mie instant menerapkan berbagai strategi agar tetap memiliki pangsa pasar yang paling besar. Berbagai strategi yang diterapkan berupa strategi pemasaran yang gencar melalui periklanan dan promosi serta melakukan berbagai starategi untuk membendung serangan kompetitor potensial dengan Cara melakukan integrasi vertikal. Cara ini tentu saja akan menguasai seluruh sektor dari hulu (produksi) ke hilir (pemasaran) dalam industri mie instan. Perilaku PT. Indofood Sukses Makmur sebagai perusahaan dominan yang menerapkan berbagai strategi untuk mempertahankan dan memperbesar pangsa pasar serta upaya memenangkan persaingan

    3. Related constrained corporate strategy
    Contoh: perusahaan AT&T merupakan perusahaan jasa multimedia seperti halnya ISP, NAP, dan VoIP yang satu sama lain saling berhubungan dalam layanan system komunikasi data.

    4. Related link corporate strategy
    contoh : PT Sarinah memilih usaha ritel sebagai core bisnisnya. Selain usaha ritel, PT Sarinah juga memilki unit bisnis yang lain seperti bisnis perhotelan (Sari Pan Pacific Hotel), alat kantor, toko buku, impor buku-buku asing, dan money changer. Bisnis-bisnis tersebut ada yang saling berkaitan dan ada pula yang tidak berkaitan sama sekali.

    5. Unrelated corporate strategy.
    contoh: PT Dupont bergerak pada berbagai bidang industry di Indonesia diantaranya di bidang minyak dan gas, unit bisnis yang terlibat adalah DuPont Pipe Solution, DuPont Chemical Solution Enterprise dan DuPont Fluorochemicals. Di bidang konstruksi, ada DuPont Powder Coating, DuPont Glass Laminating Solutions dan DuPont Protective Coating. Sementara di bidang telekomunikasi, salah satunya adalah DuPontTM Kevlar® Solutions for Fiber Optic Cables dan di bidang pembangkit ada DuPont Fluoropolymer Solution.

    ReplyDelete
  35. Ria Adhi Pramesti- C1C011033

    Single Business Corporate Strategy
    PT. Tjiwi Kimia merupakan industri yang bergerak di bidang kertas dengan spesialisasi produk yaitu buku tulis dengan brand Sinar Dunia . Bisa dikatakan pendapatannya 95% berasal dari penjualan kertas.
    Dominant Business Corporate Strategy
    PT Kereta Api Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara yang menaungi jasa pelayanan transportasi kereta api. Kegiatan usaha terpusat pada melayani kebutuhan sektor angkutan penumpang dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pengangkutan barang, tetapi dapat diperoleh penghasilan juga dari penjualan makanan dan minuman.
    Related constrained corporate strategy
    Rudy Hadisuwarno memiliki berbagai merk produk kosmetika rambut,selain itu memperluas jaringan bisnisnya melalui Rudy Hadisuwarno Organization (RHO) yang mengelola lebih dari 100 outlet dengan sistem franchise, yang terdiri dari salon dan sekolah rambut & kecantikan misalnya Rudy Hadisuwarno Hair & Beauty, Brown Salon by Rudy Hadisuwarno (dikhususkan bagi remaja) dan Maxx by Rudy Hadisuwarno (salon yang dikhususkan bagi pria). Bisnis tersebut berkaitan dengan bisnis utamanya yaitu berkaitan dengan perawatan rambut
    Related link corporate strategy
    Cipaganti Group adalah perusahaan yang bergerak di sektor riil dengan mengelola beberapa produk jasa yang sangat dibutuhkan demi perkembangan pembangunan di Indonesia. Pada awalnya Cipaganti menyediakan kendaraan untuk disewakan (rental) dengan berbagai jenis jasa pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan klien / pelanggan, Jasa Layanan Dokumen, Paket & Kargo, Bus Pariwisata, Tours & Airlines Ticketing, Rental Alat Berat dan Jasa Pembangunan (Kontraktor). Cipaganti tidak hanya fokus dalam transportasi tetapi juga membuka bisnis Property telah membangun beberapa komplek perumahan di beberapa kawasan di kota Bandung, Jawa Barat antara lain : Perumahan Cipaganti Graha I di Ciwastra, Cipaganti Graha II dan Perumahan Cipaganti Dreamland di Ujung Berung serta Perumahan Cipaganti Rahayu Regency .

    Unrelated corporate strategy
    PT Trans Corp merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang media, bidang penyiaran televisi, perdagangan ritel, dan hotel.Selain bisnis hiburan dan ritel, Trans Corp juga merambah bisnis makanan dan minuman. Di sektor ini, Trans memiliki PT Trans Coffee dengan merek The Coffee Bean & Tea Leaf dan es krim Baskin-Robbins.

    ReplyDelete
  36. Nama : Boerman A Hutapea
    NIM : C1C011060
    1. Single Business corporate strategy
    Contohnya : PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) bergerak di bidang penyedian air bersih bagi masyarakat, pendapatan PDAM semuanya berasal dari penyedian air khususnya di tiap-tiap daerah tanpa ada sumber pendapatan lain yang berasal dari iuran tiap – tiap masyarakat.

    2. Dominant business corporate strategy
    Contohnya adalah Bisnis Inul Vista yaitu bisnis yang bergerak di bidang penyediaan jasa tempat karokean. Pendapatan Inul Vista antara 73% pendapatannya berasal dari penyedian jasa karaoke yang menjadi bisnis utama sedangkan sisanya yaitu pendapatan sebesar 27% berasal dari penjualan makanan dan minuman.

    3. Related Constrained corporate strategy
    News Corporation Imperium merupakan perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi dan film yang beroperasi di Amerika Serikat dan dunia. Mempunyai perusahaan film dan pertelevisian yaitu : 20th CENTURY FOX, Tv FOX, FOX for Kids, SKY TV, StarTV, dan lain-lain. Serta memiliki koran Weekly Standard, News World, The Sun, Times, Sunday Times, dan New York Post. Dimana bisnis – bisnis tersebut berkaitan satu sama lain dan dapat berbagi teknologi dan teknik/ sistem.

    4. Related Link corporate strategy
    Grup Salim adalah Perusahaan yang memiliki beberapa Bisnis. Dalam bidang pangan(Yakult, Indofood, Bogasari, Nestlé, Nippon Indosari Corpindo ),bidang rokok (Djarum), bidang ritel ( Indomaret ), bidang penerbangan (Lion Corporation). Dimana ada hubungan yang terbatas diantara bisnis-bisnisnya tetapi masih ada hubungan sehingga msh dapat berbagai nilai seperti : dalam hal distribusi.

    5. Unrelated corporate strategy
    PT Dupont merupakan bisnis yang bergerak di berbagai bidang industry di Indonesia diantaranya di bidang minyak dan gas (DuPont Pipe Solution, DuPont Chemical Solution Enterprise dan DuPont Fluorochemicals) , di bidang konstruksi (DuPont Powder Coating, DuPont Glass Laminating Solutions dan DuPont Protective Coating) , di bidang telekomunikas (DuPontTM Kevlar® Solutions for Fiber Optic Cables) dan di bidang pembangkit ada (DuPont Fluoropolymer Solution). Dimana banyak unit bisnis yang dimilikinya tidak berkaitan dan tidak bergerak pada satu industri.

    ReplyDelete
  37. NAMA: ESTIK LESTARI
    NIM: C1C011081
    1. Single business corporate strategy
    Contohnya: PT. Ford Motor Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif, yang menjual kendaraan dengan merk Amerika. Penghasilan Ford motor fokus dari penjualan kendaraan bermotor.
    2. Dominnant Business corporate strategy
    Hershey Foods Corp adalah perusahaan manisan coklat dan non coklat terbesar di Amerika, ini adalah contoh perusahaan bisnis dominan. Walaupun perusahaan ini menjual makanan beberapa produk makanan seperti spagheti dan pasta, tetapi besarnya penghasilan perusahaan lebih banyak didapat dari penjualan produk manisannya tersebut. Untuk selalu meningkatkan minat terhadap produk manisannya, perusahaan ini memperkenalkan produk barunya dengan sangat hati-hati dan perhitungan.
    3. Related Constrained corporate strategy
    The Gillete company merupakan perusahaan yang memfokuskan usahanya dalam pengembangan produksi dan penjualan produk-produk consumer seperti produk perawatan dan kebutuhan pribadi. Gillete penghasil produk pisau dan gagang cukur, selain itu Gillette juga memproduksi Broun alat cukur elektrik nomor satu di Jerman, tidak hanya itu Gillette pun memproduksi sikat gigi oral B juga alat-alat tulis dan alat-alat koreksi.
    4. Related Linked corporate strategy
    PT Media Nusantara Citra Tbk. (IDX: MNCN) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang media yang berpusat di Jakarta, Indonesia, didirikan pada tahun 1997. Saat ini, mayoritas sahamnya dikuasai oleh Global Mediacom. Perusahaan ini memiliki beberapa bisnis yang diantaranya saling berhubungan dan sebagian berhubungan namun terbatas.
    Unit usaha yang dimilikinya antara lain :
    Penyiaran, Media cetak, Agensi periklanan, Manajemen artis, Rumah produksi, Portal berita online, Saluran MNC.
    5. Unrelated-Diversified corporate strategy
    Sinar Mas Group adalah salah satu konglomerasi terbesar di Indonesia. Perusahaan ini dibentuk tahun 1962 dan memiliki banyak anak perusahaan seperti Asia Pulp & Paper dan produsen minyak sawit PT SMART. Sinar Mas Group didirikan oleh seorang pengusaha keturunan Tionghoa, Eka Tjipta Widjaja. Bisnis utamanya ialah pulp dan kertas, agribisnis, properti dan jasa keuangan. Perusahaan ini mendirikan anak perusahaan di India pada 1990-an yang kemudian dijual kepada Ballarpur Industries Limited tahun 2001. Perusahaan ini memiliki banyak unit bisnis yang kesemuanya tidak saling berkaitan.

    ReplyDelete
  38. DWI SAPTYA RINI
    C1C010105

    1. Single business corporate strategy
    Contoh: PT. Pos Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman baik pengiriman dokumen, ataupun pengiriman barang. PT. Pos Indonesia memiliki banyak layanan pengiriman, salah satu layanan itu adalah Pos Express.

    2. Dominant business corporate strategy
    contoh: PT Santos Jaya Abadi didirikan oleh Go Soe Lot di Surabaya pada tahun 1927 dengan kopi bubuk merek kapal api sebagai produk utamanya.

    3. Related constrained corporate strategy
    contoh:The Gillette company merupakan perusahaan yang memfokuskan usahanya dalam pengembangan produksi dan penjualan produk-produk consumer seperti produk perawatan dan kebutuhan pribadi. Gillette penghasil produk pisau dan gagang cukur,selain itu Gillette juga memproduksi Broun alat cukur elektrik nomor satu di Jerman, tidak hanya itu Gillette pun memproduksi sikat gigi oral B juga alat-alat tulis dan alat-alat koreksi.

    4. Related link corporate strategy
    contoh: Group Lippo adalah perusahaan besar di Indonesia yang pada awal usahanya mendirikan Bank Lippo.Grup lippo memiliki beberapa usaha yang saling berhubungan diantaranya yaitu Rumah Sakit Siloam, Lippo Karawaci, Matahari Putra Prima, First Media, BeritaSatu Media Holdings, Bank Nationalnobu.

    5. Unrelated corporate strategy.
    Contoh :PT GarudaFood Group adalah perusahaan makanan dan minuman di bawah kelompok usaha Tudung Group. Selain Garuda Food, Tudung Group juga menaungi perusahaanagribisnis yang bergerak di CPO (Crude Palm Oil) dan kacang. Produk-produk Garuda Food yaitu
    a. Basic food : Enerfill.
    b. Beverage : Flavor tea, Nata drink
    c. Snack : Biscuit, Pilus.
    d. Peanut : Roasted, Coated, Ting ting.
    e. Jelly : Jelly Drink, Jelly Super Cup, Jelly sedot + jumbo.
    f. Biscuit : Cookies,Dipstick & Cup,Dragee/Chocolate,Rice Cracker,Snack & Cereal,Soes,Wafer Cream & Caramel,Wafer Stick

    ReplyDelete
  39. ANGGITA YUNI NASTITIApril 19, 2013 at 11:32 AM

    NAMA : ANGGITA YUNI NASTITI
    NIM : C1C011002

    CONTOH PERUSAHAAN CORPORATE – LEVEL STRATEGY
    LOW LEVELS OF DIVERSIFICATION
    1. SINGLE BUSINESS
    PT Sepatu Bata Tbk atau T & A Bata Shoes Company adalah contoh dari perusahaan yang menerapkan single business dalam usahanya . PT Sepatu Bata merupakan perusahaan sepatu raksasa terbesar di dunia. Perusahaan ini memang mengkhususkan perrusahaannya pada produk sepatu Hal ini dikarenakan 95 % dari penghasilan perusahaan berasal dari penjualan produk sepatu tersebut.
    2. DOMINANT BUSINESS
    PT Ultrajaya merupakan contoh perusahaan yang menerapkan dominant business. Dimana perusahaan PT Ultrajaya tidak hanya sebagai pelopor namun juga masih tetap unggul sebagai produsen susu segar alami dan minuman ringan. Varian brand dari PT Ultrajaya yaitu Ultra Milk untuk produk susu segarnya, teh kotak untuk minuman teh segar, ada juga sari kacang hijau dan sari asam asli. Namun diantara berbagai produknya, brand unggulan PT Ultrajaya masih pada Ultra Milk pada segmen susu cair. Hal ini menunjukan perusahaan ini memang menganut dominan karena sekitar 70 – 90% pendapatannya dari produk utamanya yaitu susu cair Ultra Milk.
    MODERATE TO HIGH LEVELS OF DIVERSIFICATION
    3. RELATED CONTRAINED
    PT Faber Castell International Indonesia merupakan contoh perusahaan yang dalam menjalankan usahanya menggunakan related contrained. Dimana Faber Castell merupakan produsen alat tulis tertua didunia yang memproduksi produk untuk anak sekolah seperti pensil warna, oil pastel, dan wax. Lalu juga memproduksi produk untuk menulis seperti pensil baik itu pensil biasa ataupun mekanik, bolpoin, penghapus, dan rautan. Faber Castell juga memproduksi alat tulis khusus untuk seniman serta desain grafik. Produk – produk yang dihasilkan Faber Castell masih menunjukan hubungan dan saling keterkaitan.

    4. RELATED LINKED
    PT Yamaha Indonesia adalah salah satu contoh perusahaan yang menggunakan Related Link dalam menjalankan usahanya hal ini dikarenakan , selain memproduksi sepeda motor, oli dan suku cadang, Yamaha juga memproduksi alat musik Yamaha. Kalau antara sepeda motor dengan oli, suku cadang masih memiliki keterkaitan. Sedangkan alat musik ini tidak memiliki keterkaitan ataupun hubungan apapun dengan motor , oli maupun suku cadang. Oleh karena keterbatasan hubungan inilah Yamaha itu ini termasuk Related link.
    VERY HIGH LEVELS OF DIVERSIFIKATION
    5. UNRELATED
    PT BPR Bank Surya Yudha adalah contoh perusahaan peresoan terbatas yang menggunakan Unrelated dalam menjalankan usahanya. PT BPR Bank Surya Yudha didirikan di Banjarnegara yang pada awalnya hanya untuk melayani kebutuhan jasa perbankan. Namun sekarang ini PT BPR Bank Surya Yudha juga telah mendirikan area olahraga yaitu Surya Yudha Sport Center yang terdiri dari tempat berolahraga seprti footsal , tempat fitnes, dan kolam renang, Surya Yudha Park, serta mendirikan Hotel Surya Yudha dan tempat karouke . Jasa yang ditawarkan Surya Yudha sekarang ini beragam dan cenderung tidak memiliki saling keterkaitan oleh karena itu PT BPR Bank Surya Yudha termasuk Unrelated.

    ReplyDelete
  40. Meiliyani BudiartiApril 19, 2013 at 12:11 PM

    NAMA : MEILIYANI BUDIARTI
    NIM : C1C011019

    CONTOH PERUSAHAAN CORPORATE-LEVEL STRATEGY
    1. SINGLE BUSINESS
    PT Samick Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri alat musik, perusahaan ini berlokasi di Cileungsi – Bogor. Perusahaan tersebut tergolong kedalam contoh perusahaan single business karena hanya bergerak di satu industri saja yaitu alat musik.

    2. DOMINANT BUSINESS
    PT Metropolitan Land merupakan perusahaan yang bergerak dibidang real estate. Perusahaan ini memiliki bisnis perumahan, hotel dan mal, tetapi dari ketiga bisnis tersebut yang paling dominan adalah perumahan karena perusahaan tersebut telah membangun perumahan Metland Menteng, Puri, Tambun, Transyogi dan Cileungsi sedangkan untuk hotel bekerja sama dengan Horison yang berlokasi di Bekasi dan Mal Metropolitan di Bekasi. Selain itu dapat dikatakan dominant business karena pendapatannya antara 70% sampai 95% dari bisnis perumahan.

    3. RELATED CONSTRAINED
    PT Garudafood Putera Puteri Jaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri makanan dan minuman. Dapat digolongkan kedalam related constrained karena perusahaan tersebut memproduksi makanan dan minuman, ketika konsumen mengkonsumsi makanan seperti kacang katom garuda lalu meminum mountea minuman teh rasa buah.

    4. RELATED LINKED (MIXED RELATED AND UNRELATED)
    Tudung Group merupakan group yang terdiri dari PT Bumi Mekar Tani yang fokus dibidang plantations, PT Sinar Niaga Sejahtera bergerak di bisnis distribusi dan logistik dan PT Global Solusi Inti yang bergerak di bidang event-organizer. Dapat dikatakan related linked karena antara PT Sinar Niaga Sejahtera dan PT Bumi Mekar Tani memiliki hubungan tetapi PT Global Solusi Inti tidak memiliki hubungan dengan yang lainnya.

    5. UNRELATED
    PT Semen Gresik merupakan perusahaan yang memproduksi semen di Indonesia dan sudah di ekspor ke luar negeri. Selain memproduksi semen ternyata perusahaan tersebut memiliki sekolah yaitu SMA Semen Gresik yang berlokasi di Semen Gresik.

    ReplyDelete
  41. NAMA : EKA YULIANTI
    NIM : C1C011046
    Berikut ini adalah contoh-contoh perusahaan yang menggunakan corporate level strategy
    1. Single-business diversification strategy
    ROLEX (Watch manufacturing): menurut saya perusahaan ini menerapkan single-business diversification strategy karena perusahaan ini hanya memproduksi dan menawarkan jam tangan saja. Jam tangan yang didesain ada dua jenis yaitu untuk pria dan wanita. Jam tangan ini sangat terkenal di dunia karena kualitas bahan yang digunakan dan desain yang indah, disamping itu juga warna cat tidak mudah luntur untuk jam yang berbahan dasar kulit.
    2. Dominant- business diversification strategy
    ABC President : perusahaan ini memproduksi aneka produk mie (ABC Selera Pedas, ABC mie cup, Gurimi, ABC mie instan, Eat & Go) dan minuman (NU Milk Tea, JUV, NU Green Tea). Menurut pendapat saya Perusahaan ini menggunakan dominant business karena perusahaan ini pendapatan yang paling dominan adalah dari produk mie terutama ABC Selera Pedas dan ABC Mie Instan.
    3. Related constrained diversification strategy
    PT SINAR SOSRO: menurut saya perusahaan ini menggunakan Related constrained diversification strategy karena perusahaan ini memproduksi berbagai produk minuman yang berbahan dasar teh seperti Teh Botol Sosro, Fruit Tea Sosro, Joy Tea Sosro, Teh Celup Sosro, Tebs, S-Tee. Yang semua produk bisa diolah dengan teknik yang sama hanya berbeda di varian saja dan berbahan dasar sama yaitu teh.
    4. Related linked diversification strategy
    AVIAN BRAND: adalah perusahaan yang memproduksi aneka jenis cat yaitu seperti : Cat Tembok, Plamir & Cat Dasar, Cat Kayu & Besi, Cat Genteng/Seng, Cat Pelapis Anti Bocor, Cat Duco & Spray. Menurut saya perusahaan ini menggunakan related linked karena disamping memproduksi aneka cat tetapi juga memproduksi semen instan bermerk GIANT Mortar. Produk ini tidak berhubungan dengan bisnis cat sehingga perusahaan AVIAN BRAND ini termasuk menggunakan Related linked diversification strategy.
    5. Unrelated diversification strategy
    SINARMAS : menurut pendapat saya perusahaan ini menggunakan strategi Unrelated diversification, karena SINARMAS mempunyai cabang-cabang usaha seperti Sinar Mas Agro Resources and Technology (PT SMART Tbk) yang bergerak dalam bidang produksi minyak kelapa sawit terbesar di dunia, Smart Telecom (Smart seluler,FREN/Smartfren) yang bergerak dibidang telekomunikasi, Asia Pulp & Paper industri pulp dan paper yang terkemuka di dunia. Sejarah Sinar Mas Pulp & Paper Products dimulai dengan pendirian Tjiwi Kimia, Bank Sinar Mas Multiartha Perusahaan ini merupakan induk dari perusahaan-perusahaan Sinar Mas yang memfokuskan usahanya pada sektor jasa keuangan administrasi saham, security company, perdagangan dan industri serta teknologi informasi, Duta Pertiwi Developer and Real Estate mengerjakan sejumlah proyek yang terdiri dari apartemen, hotel, perumahan, mal / pusat perbelanjaan, perkantoran, serta ruko / rukan, Sinarmas Energy and Mining adalah anak perusahaan tambang batubara Sinarmas – sebuah Energi dan Infrastruktur perusahaan.

    ReplyDelete
  42. NAMA : HINDUN YUSIYANTI
    NIM : C1C011026

    1. SINGLE BUSINESS

    FABER-CASTELL yaitu produsen pensil terbesar di dunia, berkomitmen untuk menyediakan solusi alat tulis, gambar dan mewarnai, yang dapat digunakan oleh anak-anak, pelajar dan mahasiswa, sampai seniman profesional. Semua produk ini memiliki standar kualitas Faber-Castell yang tinggi dan produk untuk masing-masing kelompok umur memiliki nilai tambah tersendiri.

    2. DOMINANT BUSINESS

    KFC perusahaan yang terkenal dengan ayam gorengnya saat ini juga mengembangkan usahanya di bidang hiburan yaitu penjualan kaset CD. Meskipun mempunyai dua bidang bisnis, tetapi hampir antara antara 70 %- 95% penghasilan yang didapat perusahaan ini berasal dari bisnis tunggalnya yaitu bisnis ayam goreng cepat saji.

    3. RELATED CONSTRAINED

    Gramedia. Kelompok bisnis Gramedia meliputi Toko Buku Gramedia, PT Gramedia Pustaka Utama (penerbitan buku), Kepustakaan Populer Gramedia (penerbit buku sains dan humaniora populer), Gramedia Majalah, Radio Sonora, dan Hotel Graha santika. Jadi ada keterkaitan produk, teknologi, dan pendistribusian antara unit bisnis yang satu dengan yang lainnya.

    4. RELATED LINKED

    YAMAHA, perusahaan yang memiliki bisnis dominan sebagai produsen kendaraan bermotor. Selain bisnis tersebut, bisnis lain yang berkaitan adalah bisnis onderdil sepeda motor, seperti oli Yamalube, dll. Yamaha juga memiliki bisnis lain yaitu bisnis alat musik seperti gitar, piano, biola, harpa, drum, dll yang memiliki hubungan terbatas di antara bisnis tersebut.

    5. UNRELATED

    CHERRY, selain menjadi pusat buah fresh terlengkap di Purwokerto, cherry juga membuka usaha bisnis karoke dan bisnis cuci mobil (cherry car wash). Ketiga jenis bisnis tersebut tidak berkaitan satu dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
  43. 1. Single Biusiness Corporate Strategy
    AQUA, perusahaan ini hanya memproduksi satu jenis produk yaitu berupa air mineral dalam kemasan. Walaupun hanya air mineral tetapi AQUA ini sudah sangat terkenal, dia tidak memproduksi produk lain.
    2. Dominant Business Corporate Strategy
    Hershey Foods Corp. adalah perusahaan manisan coklat dan non-coklat terbesar di Amerika, ini adalah contoh perusahaan bisnis dominan. Walupun perusahaan ini menjual makanan beberapa produk makanan seperti spagheti dan pasta, tetapi besarnya penghasilan perusahaan lebih banyak didapat dari penjualan produk manisannya tersebut.
    3. Related Constrained Corporate Strategy
    PEPSODENT, perusahaan ini memproduksi pasta gigi, sikat gigi, dan mouthwash yang ketiga produk tersebut saling mempunyai hubungan satu sama lain.
    4. Related Link Corporate Strategy
    PHILIPS, merupakan perusahaan elektronik besar yang memproduksi lampu, alat electronik ( missal : televise), namun selain memproduksi lampu dan barang-barang elektronik perusahaan ini juga mempunyai Philips Healtcare.
    5. Unrelated Corporate Strategy
    Bakrie Group merupakan salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia dalam tujuh sektor industri, meliputi: (1) Pertambangan Batu Bara – PT Bumi Resources, (2) Agribisnis – PT Bakrie Sumatra Plantations, (3) Minyak dan Gas – PT Energi Mega Persada, (4) Telekomunikasi – PT Bakrie Telecom, (5) Properti – PT Bakrieland Development, (6) Logam – PT Bakrie Metal Industries, dan (7) Infrastruktur – PT Bakrie Indo Infrastructure.

    ReplyDelete
  44. MAHARANI UTAMI
    C1C011001

    1. Single Business
    PT. Aqua Golden Mississippi
    Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi di Indonesia sejak tahun 1973. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK. PT. Aqua Golden Mississippi ini hanya memproduksi Aqua saja sebagai produk utama.

    2. Dominant Business
    PT. Dirgantara Indonesia
    Perusahaan yang memiliki penghasilan 70% sampai 95% dan bergerak di bidang industri pesawat sayap tetap dan helikopter. Industri utamanya yaitu pesawat dan helikopter. Industri selanjutnya yaitu bergerak di bidang pembuatan torpedo, turbin, dan penyedia komponen pesawat lainnya yang dapat menunjang industri utama.

    3. Related Constrained
    Astrido Group
    Selain bergerak dalam bidang penjualan mobil, perusahaan ini juga memiliki kegiatan usaha lainnya yaitu service and parts untuk mobil dan body and paint mobil yang mendukung kegiatan usaha utamanya. Kegiatan usaha lain yang mendukung usaha utama yaitu automotive financing.

    4. Related Linked
    PT. Teguh Raksa
    PT. Teguh Raksa bergerak di bidang perhotelan yaitu Hotel Bahari Inn, dan bisnis lain yang menunjang bisnis perhotelan tersebut adalah bisnis yang bergerak di bidang wedding organizer. Selain itu, perusahaan ini memiliki bisnis di bidang industri tenun.

    5. Unrelated
    PT. Cipaganti Citra Graha
    Perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan yaitu PT. Cipaganti Inti Resources yang bergerak di bidang pertambangan dan resources; PT. Starline yang melakukan kegiatan usaha jasa travel, shuttle, penyewaan bus pariwisata, penjualan tiket penerbangan dan penjualan paket wisata; PT. Cipaganti Heavy Equipment yang bergerak di bidang penyewaan alat berat; PT. Transportasi Lintas Indonesia yang melakukan kegiatan usaha jasa penyewaan kendaraan (Rental Car), jasa kurir, kargo, dan logistik; PT. Grand Transportasi Sejahtera yang bergerak di bidang usaha jasa taksi (Taxi Max). Kegiatan usaha dari ke lima anak perusahaan ini tidak berkaitan satu sama lain.

    ReplyDelete
  45. Nama : Merizky Dianisa Nabilah
    NIM : C1C011112

    1. Single Business Corporate Strategy
    *Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
    Pendapatan PDAM semuanya berasal dari penyedia air khususnya di setiap daerah tanpa ada sumber pendapatan yang lain. PDAM bergerak dalam penyediaan air minum bagi masyarakat yang dalam operasionalnya memiliki dua fungsi yaitu sebagai pelayanan masyarakat dan sebagai salah satu sumber asli pendapatan daerah.

    2. Dominant Business Corporate Strategy
    *Cherry Karaoke
    Tempat karaoke seperti Cherry pendapatannya antara 70% sampai 95% berasal dari bisnis karaoke itu sendiri yang menjadi bisnis utama, kemudian sisanya berasal dari penjualan sayur mayur, buah-buahan, makanan, dan minuman yang tersedia di Cherry.

    3. Related Constrained Corporate Strategy
    *PT Kimia Farma
    PT Kimia Farma merupakan pioner dalam industri farmasi Indonesia. Kimia Farma telah berkembang menjadi perusahaan pelayanan pertama kesehatan di Indonesia. Ada pula PT Kimia Farma Apotek yang merupakan anak perusahaan dari Kimia Farma yang bertugas mengelola apotek milik perusahaan, dan untuk menangkap peluang dari meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya arti kesehatan. Pembentukan unit usaha baru ini terutama bertujuan untuk memberikan layanan pemeriksaan Laboratorium klinik dan Pemeriksaan Mikrobiologi Industri.

    4. Related Link Corporate Strategy
    *PT Djarum
    PT Djarum sebagian besar pendapatannya diperoleh dari penjualan rokok dengan berbagai merk yaitu Djarum Super, Djarum 76, Djarum Black,dll. Namun perusahaan tersebut juga mengembangkan usahanya di bidang lain yang tidak berhubungan dengan rokok yaitu Sekolah Bulutangkis dan pengadaan program beasiswa Djarum untuk para siswa dan mahasiswa Indonesia yang berprestasi.

    5. Unrelated Corporate Strategy
    *Bakrie Group
    Perusahaan milik Bakrie Group bergerak di berbagai sektor industri. Dalam sektor perhotelan, Bakrie Group mempunyai PT Bakrieland Development Tbk. Dalam sektor pendidikan, Bakrie Group mempunyai Bakrie School of Management (BSM). Kemudian masih ada beberapa sektor industri lainnya yang berada dibawah pimpinan Bakrie Group dimana satu dengan yang lainnya tidak berhubungan sama sekali.

    ReplyDelete
  46. NAMA: NAGRIANA R. H
    NIM: C1C011052

    1. Single Business
    Contoh: PT. Sari Husada adalah perusahaan yang memproduksi produk bernutrisi olahan susu untuk ibu dan anak-anak Indonesia. Produk yang dihasilkan bergizi tinggi, bermutu internasional dan harga terjangkau. PT. Sari Husada tidak memproduksi produk lain selain susu.

    2. Dominant Business
    Contoh: Gethuk Goreng Asli Haji Tohirin memproduksi gethuk dengan cara semi tradisional dan cita rasa asli Sokaraja. Namun dengan berkembangnya makanan ringan yang dijual di pasaran membuat Gethuk Goreng Asli memproduksi sendiri makanan ringan diantaranya nopia dan keripik tempe. Tetapi penghasilan utamanya tetap di penjualan gethuk.

    3. Related Constrained
    Contoh:Vaselline menghasilkan produk-produk untuk kesehatan kulit. Mulai dari hands lotion, obat bibir dan perawatan mandi, sampai pengenalan lotion malam untuk regenerasi tubuh di malam hari, a new age-defying lotion dengan nama Firming dan Nourishing, Vaseline Intensive Care Healthy Body dan Vaseline Intensive Care Renew & Protect. Segala produk di formulasikan untuk membantu menjaga kelembaban dan kesehatan kulit, pelembab kulit.

    4. Related Linked
    Contoh: Telkom Group memiliki beberapa anak perusahaan diantaranya Telkomsel, Metra Net, Telkomsel Finance B.V dan masih banyak lagi. Sebagian besar anak perusahaan berhubungan dengan teknologi informasi dan telekomunikasi namun ada juga perusahaan yang bertujuan peminjaman dan mpengumpulan dana, termasuk surat obligasi, surat kesanggupan bayar dan surat berharga lainnya.

    5. Unrelated
    Contoh: PT. Bhakti Investama Tbk. Memiliki beberapa anak perusahaan yang tidah saling berhubungan, diantaranya media elektronik maupun cetak, financial services, investment portofolio dan life insurance. Selain itu Bhakti Investama juga mengakuisisi beberapa bank di Indonesia.

    ReplyDelete
  47. NAMA : SISKA TRY PAMUNGKAS
    NIM : C1C011054

    TUGAS MANAJEMEN STATEGIK

    1. Single Business Corporate Strategy
    Contohnya adalah bisnis ala Bakmi Mbah Mo, Bakmi Mbah Mo menjelma bukan saja sebagai ikon kuliner di Yogyakarta, tetapi mampu membesarkan perusahaan dengan membuka beberapa cabang. Lebih dari 95% penghasilan berasal dari penjualan Bakmi ini, Untuk sekedar menikmati sepiring bakmi Jawa pelanggan bisa mengantri sekitar 2 jam. Hal ini karena selain memang ramai pembeli, setiap satu pesanan, satu per satu memasaknya. Hal ini dilakukan demi menjaga kualitas rasa dan racikan bumbunya

    2. Dominant Business Corporate Strategy
    Contohnya : Telkom merupakan perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi yang menyediakan jasa telepon tetap kabel (fixed wire line), jasa telepon tetap nirkabel (fixed wireless), jasa telepon bergerak (mobile service), data & internet serta jasa multimedia lainnya, dan network & interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui perusahaan asosiasi. Dan Pada akhir September 2005, TELKOM memiliki jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 12,4 juta, sementara pelanggan selular Telkomsel berjumlah 23,5 juta.

    3. Related Constrained Corporate Strategy
    Contohnya adalah bisnis yang dilakukan oleh Amancio Ortega Gaona yang menjadi arsitek kesuksesan Zara, Lelaki yang diposisikan London Times di puncak 25 orang paling dinamis di industri fashion. Berbeda dari perusahaan fashion lainnya yang menciptakan permintaan untuk tren baru pada musim semi atau musim dingin dengan membuat pergelaran busana, Zara justru membuat pakaian berdasarkan permintaan para pelanggannya di seluruh jaringan tokonya.

    4. Related Link Corporate Strategy
    Contohnya : adalah Tony Fernandes yang merupakan pendiri maskapi air asia. Tidak hanya sebatas pada industri maskapai penerbangan saja, inovasi yang dilakukan Fernandes juga merambah pada bisnis yang serupa. Ia mendirikan beberapa perusahaan at Tune Hotels , Tune Talk (kartu pra-bayar selular) fernandes juga berperan besar dalam penempatan sebuah institusi pendidikan Inggris yang prestisius, Epsom College di Malaysia.

    5. Unrelated Corporate Strategy
    Contoh bisnis ini adalah bisnis yang dilakukan oleh Richard Charles Nicholas Branson pemilik Virgin Group. Hampir semua usaha ini tidak berhubungan dekat misalnya : label rekaman Virgin Records, ekspansi Virgin Records menggila muncul kemudian Virgin Vision, yang kemudian menjadi Virgin Communication. Virgin Radio, stasiun musik rock komersial nasional pertama. Bisnis perkeretaapian dengan nama Virgin Trains. Di sektor transportasi udara, Virgin mengakuisisi Euro Belgian Airlines dan mengganti namanya menjadi Virgin Express. Minuman Virgin Cola. Perusahaan wisata ruang angkasa, Virgin Galactic. Virgin Comics dan Virgin Animation, sebagai perusahaan hiburan.

    ReplyDelete
  48. NAMA : HUSNUDIN AZMI
    NIM : C1C011028
    Contoh Corporate Strategy
    1.Single business
    Contoh dari single business salah satunya adalah Blackberry. Perusahaan asal Canada ini memproduksi hanya satu jenis produk yaitu smart phone blackberry dan hampir seluruh pendapatannya didapat dari hasil penjualan produk tersebut tanpa ada bisnis samping.
    2. Dominant business
    Salah satu yang menggunakan strategy ini adalah tempat karaokean seperti Inul Vizta, antara 70-95% pendapatannya berasal dari karaokean yang menjadi bisnis utama dan sisanya berasal dari penjualan makanan dan minuman yang ada di dalamnya.

    3. Related Constrained
    Salah satu contoh yang menggunakan strategy tersebut adalah PT. Holcim atau yang dulunya bernama semen Nusantara. PT. Holcim memilki usaha di bidang kontruksi bangunan yang dimana produknya berupa semen. Selain itu, Holcim memilki usaha kontraktor bangunan yang mana ketiga usaha tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain.
    4. Related link corporate strategy
    Salah satu contoh dari strategy ini adalah Royal Philips adalah perusahaan ketiga di dunia elektronik terbesar, berikut pemimpin pasar Matsushita dan Sony. Merek Philips termasuk Philips, Norelco, Marantz dan Magnavox. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1891 di Eindhoven, di wilayah selatan Belanda, terutama sebagai produsen lampu pijar dan produk listrik lainnya. Perusahaan ini pertama menghasilkan karbon lampu pijar dan, pada pergantian abad, itu telah menjadi salah satu produsen terbesar di Eropa. Kemudian, perusahaan melakukan diversifikasi ke bidang-bidang lainnya seperti peralatan elektronik kecil, pencahayaan semikonduktor, sistem medis dan produk perawatan rumah tangga, antara lain.
    5. Unrelated corporate strategy
    Salah satu contoh yang menggunakan Unrelated corporate strategy adalah PT. Bank Lippo, Tbk sebagai cikal bakal Groub Lippo memutuskan untuk bergerak di sektor properti seperti Lippo karawaci, Lippo Cikarang, dan Lippo Development.

    ReplyDelete
  49. STEFISANI NAULITA M
    C1C011110

    1.Single Business Corporate Strategy
    Contohnya adalah PT L’Oréal Indonesia adalah perusahaan yang bergerak hanya di satu bidang usaha saja, yaitu kosmetik, dimana 95% lebih revenue penjualan berasal dari bisnis kecantikan. Merek-mereknya antara lain adalah: L’Oréal Paris , Maybelline New York, Garnier , Matrix , Biotherm , Shu Uemura, Yves Saint Laurent, Kiehl’s, parfum Ralph Lauren, Giorgio Armani,dll.

    2.Dominant Business Corporate Strategy
    Contohnya adalah perusahaan label Aprilio Kingdom yang didirikan oleh Kevin Aprilio. Kegiatan bisnis utama Aprilio Kingdom adalah memproduseri girlband yang bernama Princess. Selain itu, guna meningkatkan keuntungan secara financial, Kevin Aprilio juga memiliki bisnis lain, yakni memiliki group band Vierra.

    3.Related Constrained Corporate Strategy
    Contohnya adalah Hairdresser terkenal Rudy Hadisuwarno, kurang dari 70% pendapatannya berasal dari Beauty and Bridal Salon, produk kecantikan, sekolah kecantikam. Diantara ketiganya saling berkaitan namun terbatas.

    4.Related Link Corporate Strategy
    Contohnya adalah Yahoo! Inc. yaitu merupakan sebuah perusahaan publik Amerika yang menyediakan layanan internet secara global. Perusahaan ini terkenal dengan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Directory, iklan, Yahoo! Maps, dan website media social dan jasa.

    5.Unrelated Corporate Strategy
    Contohnya adalah dari perusahaan yang tidak berkaitan yaitu Canon. Canon yang tadinya hanya memproduksi mesin fotocopy, namun juga merambah ke produk yang tidak berkaitan dengan mesin fotocopy, seperti kamera, laser printer, dan computer.

    ReplyDelete
  50. Amellya Ganesha
    C1C011085
    • Single business corporate strategy
    Perusahaan dengan industri tunggal beroperasi dalam satu lini bisnis. Strategi diversifikasi bisnis tunggal adalah suatu strategi level korporasi dimana 95% atau lebih revenue penjualan berasal dari bisnis inti Exxon-Mobil yang bergerak dalam industri minyak bumi merupakan salah-satu contohnya.
    • Dominant business corporate strategy
    Contoh dalam bisnis dominan yang penerimaan antar 70% dan 95% berasal dari bisnis tunggal. Yaitu PT TRANS corp. PT TRANS corporation yang memiliki mayoritas perusahaan pada Industri Pertelevisian ini ternyata juga memiliki Industri Hiburan Pariwisata (Indoor) Studio Trans (Seperti Dufan) yang terletak di Kota Makasar dan Kota Bandung
    • Related constrained corporate strategy
    Apabila revenue yang berasal dari bisnis dominan kurang dari 70% dan di dalam bisnisnya ada keterkaitan antara unit bisnis yang yang satu dengan yang lainnya (produk, teknologi dan distribusi) maka perusahaan tersebut dikategorikan sebagai perusahaan yang melaksanakan strategi diversifikasi related constrained. Contohnya adalah PO SUMBER ALAM merupakan perusahaan bus yang berpusat di kutoarjo. PO sumber alam selain mengoperasikan bus juga mendirikan rumah makan dan SPBU lokasinya di ajibarang dan di daerah kebumen. Rumah makan dan SPBU tersebut didirikan untuk tempat istirahat penumpang bus dan SPBU tempat pengisian bahan bakar Bus itu sendiri. Rumah makan dan SPBU itu sendiri jg di buka untuk umum.
    • Related link corporate strategy
    Perusahaan dengan revenue kurang dari 70% berasal dari bisnis dominan dan hanya ada keterkaitan terbatas diantara bisnis yang ada, maka perusahaan tersebut diklasifikasikan sebagai perusahaan yang melaksanakan strategi diversifikasi related linked. Contoh : “Yamaha”. Yamaha memiliki bisnis dominan sebagai produsen kendaraan bermotor. Selain bisnis tersebut, bisnis lain yang berkaitan adalah bisnis onderdil sepeda motor, seperti oli Yamalube, dll. Yamaha juga memiliki bisnis lain yaitu bisnis alat musik seperti gitar, piano, biola, harpa, drum, dll yang memiliki hubungan terbatas di antara bisnis tersebut.
    • Unrelated corporate strategy
    Artinya unit-unit bisnis yang dimiliki perusahaan tidak berhubungan dekat, bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan bisnis lainnya. Sebagai contoh, PT. Bakrie & Brothers Tbk. adalah perusahaan perdagangan Indonesia yang didirikan pada 1942 dan menjadi sebuah grup perusahaan yang bergerak di banyak bidang. Sekarang ini, perusahaan ini bergerak di bidang telekomunikasi, media, produksi pipa, bahan bangunan, komponen otomotif, dan investasi dalam pertambangan batu bara.

    ReplyDelete
  51. NAMA : Nisita Anggi Nugraheni
    NIM : C1C011105

    1. Single Business
    Perusahaan yang menggunakan single business misalnya PT.Dirgantara. perusahaan tersebut hanya fokus pada bidang dirgantara. PT.Dirgantara hanya memproduksi bagian-bagian pesawat terbang dan tidak mempunyai bisnis dibidang lain.

    2. Dominant Business
    Perusahaan yang menggunakan dominant business adalah perusahaan Konimex. Perusahaan tersebut mempunyai bisnis tunggal yang terkenal dan menyumbang pendapatan 70-90% yaitu dalam bidang farmasi. Perusahaan Konimex memiliki produk-produk andalan berupa obat-obatan seperti konidin dan konimag. Tetapi disamping itu Konimex juga memproduksi dibidang lain ,yaitu makanan seperti permen Nano-nano.

    3. Related Constrained
    Bisnis yang menggunakan related constrained contohnya adalah BeBe Corner. Usaha ini merupakan tempat penjulan berbagai Smartphone seperti Blackberry , Samsung Android dan Apple. Akan tetapi di BeBe Corner juga melayani service untuk Smartphone tersebut. Di tempat tersebut juga menjual berbagai perlengkapan untuk Smartphone seperti charger, casing, sparepart dan sebagainya.

    4. Related Linked
    Perusahaan yang menggunakan related linked misalnya adalah Google.Inc, dimana perusahaan ini menyediakan layanan internet secara global. Google.Inc terkenal dengan browser (google crome) dan google mail (Gmail).

    5. Unrelated
    Perusahaan yang menggunakan unrelated misalnya adalah perusahaan Canon. Perusahaan tersebut awalnya hanya memproduksi mesin fotokopi, namun sekarang Canon merambah ke produk yang tidak berkaitan ddngan mesin fofokopi. Seperti kamera, printer, dan komouter.

    ReplyDelete
  52. NAMA : GUNADI SETYAWAN
    NIM : CIC011013


    SINGEL BISNIS

    Contoh Perusahaan
    PT. PLN Persero
    yang mana BUMN ini hanya bergerak pada pelayanan listrik kepada Masyarakat yang menguasai Indonesia.

    DOMINANT BISNIS

    Contoh Perusahaan
    Hershey Foods Corp
    perusahaan manisan coklat dan non-coklat terbesar di Amerika, ini adalah contoh perusahaan bisnis dominan. Walupun perusahaan ini menjual makanan beberapa produk makanan seperti spagheti dan pasta, tetapi besarnya penghasilan perusahaan lebih banyak didapat dari penjualan produk manisannya tersebut. Untuk selalu meningkatkan minat terhadap produk manisannya, perusahaan ini memperkenalan produk barunya dengan sangat hati-hati dan perhitungan.

    RELATED CONSTRAIN

    Contoh Perusahaan
    PT AHM Indonesia
    bergerak pada penjualan motor Honda serta Suku cadang Honda Ini ternyata juga mempunyai bisnis Pelayanan jasa Kredit pembelian motor, pinjaman uang, serta asuransi pada FIF, juga bergerak pada industri pembuatan dan pengembangan oli mesin motor yang produknya berupa AHM oil.

    RELATED LINKED

    Contoh Perusahaan
    PT Garuda Indonesa (Persero) Tbk
    PT Garuda Indonesia memiliki jaringan hotel di Indonesia yaitu PT Aerowisata. Ada sedikit keterkaitan dalam bisnis tersebut, dimana jika orang bepergian, rata-rata mereka membutuhkan penginapan. Namun, disisi lain, keterkaitan tersebut terbatas dikarenakan, pembagian (sharing) sumber daya hanya dapat dilakukan dalam beberapa segmen (terbatas), misalnya nomor hotline (call center) yang sama.

    UNRELATED

    Contoh Perusahaan
    PT. Sayap Mas Utama (WINGS GROUP)
    Strategi yang diterapkan Grup Wings untuk corporatenya adalah unrelated diversification, industri utamanya adalah bisnis toiletries dan personal care, namun Wings juga merambah ke bidang Agrobisnis, yaitu membuka perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Selatan yang menyediakan bahan baku bagi sebagian besar industri kimia dasarnya. Bank dan Lembaga Keuangan, Wings mempunyai Bank Ekonomi yang merangkul para pedagang skala kecil dan menengah. Sementara bahan bangunan yang diproduksi oleh Wings adalah Milan Ceramics, gypsum dan plester gypsum.

    ReplyDelete
  53. NAMA : NOVIA FORENTI
    NIM : C1C011099

    CONTOH CORPORATE LEVEL STRATEGY

    1. SINGLE BUSINESS
    Adalah bisnis yang memfokuskan usaha pada bisnis tunggal dengan lebih 95% penerimaan berasal dari bisnis tunggal. Contohnya: PT PERKEBUNAN NUSANTARA merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang perkebunan. PTPN digolongkan dalam diversifikasi bisnis tunggal karena perusahaan ini 95% penghasilannya berasal dari satu unit bisnis tunggal yaitu perkebunan.

    2. DOMINANT BUSINESS
    Adalah bisnis yang penerimaan berasal dari 75% sampai 95% dari bisnis tunggal. Contohnya: PERTAMINA mempunyai bisnis utama yaitu minyak dan gas bumi sekitar 95% tetapi mempunyai bisnis lain yaitu Rumah Sakit dan Hotel sekitar 5%.

    3. RELATED CONSTRAINED CORPORATE STRATEGY
    Adalah strategi perusahaan dimana revenue berasal dari bisnis dominan kurang dari 70% dan didalam bisnisnya ada keterikatan antara unit bisnis yang satu dengan yang lainnya (produk, teknologi, dan distribusi). Contohnya: LG yang merupakan perusahaan elektronik yang memproduksi alat-alat elektronik seeperti televisi, handphone, lemari es, AC, dan mesin cuci. Teknologi yang digunakan hampir sama karena berproduksi di produk-produk elektronik dan penditribusiannya pun masih saling berkaitan.

    4. RELATED LINKED CORPORATE STRATEGY
    Selain bisnis utama yang dijalani, perusahaan juga memiliki unit-unit bisnis lain, sebagian berhubungan namun ada juga yang tidak berkaitan sama sekali dengan bisnis utamanya. Contohnya: JOHNSON AND JOHNSON. JnJ ini memiliki banyak unit bisnis yang hampir semuanya berusaha di bidang healthcare product and pharmaceuticals, namun ada satu unit bisnis yang melenceng dari main business-nya, yaitu bisnis penyedia domain internet.

    5. UNRELATED CORPORATE STRATEGY
    Adalah unit-unit bisnis yang dimiliki perusahaan tidak berhubungan dekat, bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan bisnis lainnya. Contohnya: GRUP MASPION memiliki lima bidang bisnis yang menjadi andalannya. Yang pertama adalah bidang produk konsumen yang memproduksi panci teflon, termos plastik, kulkas, kompor gas, pompa air, kipas angin dan sebagainya. Yang bergerak dalam bidang ini paling tidak PT Maspion, PT Trisula Pack Indah, PT Royal Chemical, PT Maspion Flatware, dan PT Indofibre Mattres Indonesia. Bidang bisnis kedua adalah bidang konstruksi material dan industri di mana Maspion memiliki tujuh anak perusahaan. PT Maspion, PT Maspion Kencana, PT Indal Steel Pipe, PT Alumindo Light Metal Industry, PT Aneka Kabel Cipta Guna, PT Indal Aluminium Industry, dan PT Indalex.
    Bisnis properti juga digeluti oleh kelompok usaha raksasa ini. Beberapa proyek yang bisa disebutkan di sini adalah Maspion Mall, Wisma Maspion, Wisma Moneter, Pondok Maspion, CIMAC, PT Bintang Osowilangun, PT Maspion Industrial Estate, PT Alumindo Industrial Estate, PT Altap Prima Industrial Estate. Akhir April ini, Grup Maspion akan mempertegas kehadirannya di Jakarta dengan meresmikan gedung perkantoran dan bisnis yang diberi nama Plaza Maspion. Dan tak ketinggalan pula adalah bisnis keuangan dan finansial di mana grup ini menonjol dengan Bank Maspion, Maspion Securities, dan Maspion Money Changer.

    ReplyDelete
  54. NAMA : DESSY AMELIA
    NIM : C1C011007

    1. Single business corporate strategy
    “Rumah Makan Ayam Goreng Ny.Suharti” Rumah makan ini menawarkan makanan berbahan dasar ayam yang disajikan dalam bentuk ayam goreng. Rumah makan ini hanya memfokuskan kepada salah satu bahan utama karena selera makanan khasnya orang Indonesia pada umumnya adalah ayam. Sumber pendapatan yaitu semuanya berasal dari rumah makan yang bahan utamanya adalah ayam tanpa ada sumber pendapatan lain.

    2. Dominant business corporate strategy
    “Intel Corp” yang memproduksi processor untuk desktop dan notebook yang 70% -95% dari bisnis tunggal dan intel juga memproduksi produk lainnya seperti software dan processor untuk handphone.

    3. Related corporate strategy constrained
    “PT Gudang Garam Tbk” perusahaan produsen rokok ternama di Indonesia. Dan PT Gudang Garam internasional adalah perusahaan yang memproduksi rokok, selain itu perusahaan ini memiliki pabrik kertas rokok di afrika dan juga memiliki pabrik kertas rokok di Kediri yaitu PT Surya Zig Zag.

    4. Related link corporate strategy
    “Procter & Gamble (P&G)” perusahaan ini berpartisipasi dalam bisnis yang beragam tetapi masih terkait dengan produk yang dihasilkan. Perusahaan ini memilikin unit – unit bisnis yaitu popok (Pampers), detergen (Tide), sabun (Ivory), pasta gigi (Crest) dan shampoo (Head & Shoulders). P&G mempunyai dua kompetensi inti yang menguntungkan semua unit bisnisnya, yaitu keterampilan inti dalam beberapa teknologi kimia dan keahlian distribusi dan pemasaran produk konsumen dengan harga rendah melalui supermarket.

    5. Unrelated corporate strategy.
    “Textron” perusahaan ini berpartisipasi dalam bisnis yang beragam yang tidak saling terkait antar produk yang dihasilkan. seperti alat tulis, helicopter, gergaji besar, komponen mesin pesawat terbang, forklift, alat mesin dan mesin – mesin turbo gas.

    ReplyDelete
  55. Yusi Arum PratiwiApril 20, 2013 at 8:46 PM

    NAMA : YUSI ARUM PRATIWI
    NIM : C1C011029

    1. Single business corporate strategy
    Wm. Wrigley Jr Company, produsen permen karet terbesar di dunia. Hanya menggunakan satu strategi bisnis saat beroperasi di pasar. Merek dagang permen karet Wrigley meliputi Spearmint, Doublemint, dan Juicy Fruit, meskipun perusahaan memproduksi produk lain juga. Ekstra bebas gula, yang saat ini memegang pangsa terbesar dari pasar permen karet AS, diperkenalkan pada tahun 1984.

    2. Dominant business corporate strategy
    United Parcel Service (UPS) menggunakan strategi ini. UPS menghasilkan 61 persen dari total pendapatan dari bisnis pengiriman paket AS dan 22 persen dari bisnis paket internasional, dengan sisanya 17 persen berasal dari bisnis non-paket perusahaan. Meskipun bisnis pengiriman paket AS saat ini menghasilkan persentase terbesar dari pendapatan penjualan UPS, perusahaan mengantisipasi bahwa di masa depan dua bisnis lain akan menjelaskan sebagian dari pertumbuhan pendapatan. Harapan ini menunjukkan bahwa UPS dapat menjadi lebih beragam, baik dari segi barang dan jasa dan dalam jumlah negara-negara di mana barang-barang dan jasa yang ditawarkan.

    3. Related constrained corporate strategy
    Campbell Soup, Procter & Gamble, dan Merck & Company semua menggunakan strategi terkendala terkait, melakukan beberapa perusahaan kabel besar. Dengan dibatasi strategi terkait, sumber daya perusahaan saham dan kegiatan antar usahanya.

    4. Related link corporate strategy
    General Electric (GE) menggunakan corporate-level diversification strategy. Dibandingkan dengan perusahaan dibatasi terkait, perusahaan terkait terkait berbagi sumber daya dan aset antara bisnis mereka, berkonsentrasi hanya pada transfer pengetahuan dan kompetensi inti antara bisnis. Seperti perusahaan menggunakan setiap jenis diversification strategy, perusahaan menerapkan strategi terkait terkait terus-menerus menyesuaikan campuran dalam portofolio bisnis mereka serta membuat keputusan tentang bagaimana mengelola bisnis ini.

    5. Unrelated corporate strategy
    United Technologies, Textron, Samsung, dan Hutchison Whampoa Terbatas (HWL) adalah contoh perusahaan yang menggunakan jenis ini strategi ini. Umumnya, perusahaan menggunakan strategi ini disebut konglomerat. HWL adalah perusahaan internasional terkemuka berkomitmen inovasi dan teknologi dengan bisnis mencakup dunia. Pelabuhan dan jasa terkait, telekomunikasi, properti, dan hotel, ritel dan manufaktur, dan energi dan infrastruktur Lima bisnis inti HWL ini. Usaha ini tidak berhubungan satu sama lain, dan perusahaan tidak membuat upaya untuk berbagi kegiatan atau untuk mentransfer kompetensi inti antara atau di antara mereka. Masing-masing dari lima bisnis cukup besar, misalnya, lengan ritel dari ritel dan manufaktur bisnis memiliki lebih dari 6.200 toko di 31 negara. Bahan makanan, kosmetik, elektronik, anggur, dan maskapai tiket adalah beberapa kategori produk yang ditampilkan di toko-toko tersebut. Namun, Hutchison CEO Li Ka-shing telah berhasil karena tidak hanya melakukan akuisisi cerdas, tetapi juga pada divestasi bisnis dengan waktu yang baik.

    ReplyDelete
  56. IBRAHIM NURDIN
    C1C011049

    1. Single business corporate strategy
    HTC, merupakan perusahaan yang memproduksi handphone dari taiwan, perusahan ini hanya memiliki satu bisnis yaitu berkonsentrasi pada produk handphone kelas menengah keatas.

    2. Dominant business corporate strategy
    AXIOO, perusahaan yang pendapatan dominannya berasal dari penjualan laptop, namun disamping itu axioo juga memiliki service center yang juga sebagai pendapatan keduanya, namun diantara keduanya hasil penjualan laptop lah yang lebih dominan.

    3. Related constrained corporate strategy
    DANONE, adalah perusahaan multinasional yang memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman, yang mana semuanya saling keterkaitan karena berada dalam satu pasar yaiutu pasar makanan dan minuman, produk dari danone diantaranya adalah activia, milkuat, aqua, biskuat, dll.

    4. Related link corporate strategy
    KOMPAS GRAMEDIA, yang pada awalnya hanyalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang media massa, namun sekarang sudah merembahke berbagai pasar, diantaranya media massa, toko buku, perecetakan, radio, televisi, dimana antara percetakan, toko buku dan media massa memiliki suatu hubungan, namun tidak memiliki hubungan dengan bisnis televisi dan radionya.

    5. Unrelated corporate strategy.
    SONY, perusahaan dari jepang yang biasa dikenal elektroniknya, namun tidak hanya elektronik sony juga memiliki beberapa bisnis lain yang berbeda yaitu Sony pictures entertainment, Sony Music, dan Sony mobile, SOny playstation, dll dimana semuanya tidak ada kaitannya satu sama lain, sehingga sony bisa disebut juga bergerak dibidang industri konglomerat.

    ReplyDelete
  57. ELI KURNIA
    C1C011056

    1.Single Business Corporate Strategy
    Contoh : PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk
    PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk. berdiri pada tahun 1995 di kawasan industri Jababeka, Cikarang, sebagai perusahaan roti dengan merk Sari Roti. Perusahaan hanya memproduksi roti. Strategi PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk strategi bisnis tunggal, lebih dari 95 % penerimaan berasal dari bisnis tunggal yaitu bisnis roti.

    2.Dominant business corporate strategy
    Contoh : PT. Sari Incofood Corporation
    Merupakan sebuah perusahaan yang berdiri dengan penjualan produk minuman kopi , salah satunya kopi indocafe coffemix 3 in 1. Indocafe coffeemix 3 in 1 merupakan kopi 3 in 1 pertama di Indonesia , yang mulai dipasarkan pada tahun 1985. Perusahaan juga memproduksi Max-Creamer dan Maxtea ( rasa lemon ) produk minuman yang terkenal pas rasa nya dengan lidah orang Indonesia. Dominant business, antara 70% dan 95% penerimaan berasal dari bisnis tunggal yaitu kopi indocafe coffemix 3 in 1.

    3.Related constrained corporate strategy
    Contoh : PT Viva Pharm
    Perusahaan memproduksi produk di bidang kosmetik yang berkaitan dengan perawatan dan kecantikan tubuh. Produk-produknya seperti Viva Cosmetics (Viva Cosmetics menyediakan produk perawatan dan kecantikan tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki dan tiap produk tersebut memiliki beberapa macam jenis yang disesuaikan dengan kondisi fisik penggunanya), Viva Queen (produk perawatan dan kecantikan yang didesain untuk memenuhi kebutuhan wanita dengan desain elegan dan mewah), Red-A (target utama Red-A adalah para remaja putri), Viva White (produk-produk perawatan kulit seperti facial wash maupun beberapa jenis lotion). Jenis produk-produknya pun dapat dikatakan cukup lengkap dan beragam. Kurang dari 70% penerimaan berasal dari bisnis dominan dan seluruh bisnis berbagi produk, teknologi dan rangkaian distribusi

    4.Related link corporate strategy
    Contoh : Transcorp
    Transcorp, yaitu bisnis media PT Media Corpora yang melipui penyiaran(TransTV dan Trans7) lalu ada juga bisnis rumah produksi yang bernama Transinema Picture. Selain bisnis dibidang media,Transcorp juga mempunyai bisnis di bidang restoran,properti dan hotel. Kurang dari 70% penerimaan berasal dari bisnis dominan yaitu bisnis media, antara bisnis media dan bisnis di bidang restoran, property, dan hotel hanya ada hubungan terbatas antar bisnis.

    5.Unrelated link corporate strategy
    Contoh : Textron
    Perusahaan dengan bisnis yang tidak berhubungan beroperasi dalam bisnis yang tidak saling berhubungan satu sama lain.Textron, perusahaan ini beroperasi dalam bisnis yang sangat terdiversifikasi seperti alat tulis, helicopter, gergaji besar, komponen mesih pesawat terbang, forklift, alat mesin, penghubung khusus, dan mesin-mesin turbin gas. Kurang dari 70% penerimaan berasal dari bisnis dominan, dan tidak ada hubungan umum antar bisnis


    ReplyDelete
  58. Abdussyakur Marzuq
    C1C011021


    1. Single Business Corporate Strategy
    Alexandre Christie Company, merupakan perusahaan yang terfokus untuk memproduksi hanya satu barang saja, yakni Jam Tangan. Alexandre Christie telah menjadi jam tangan terkenal dan telah memiliki banyak cabang di dunia.

    2.2. Dominant Business Corporate Strategy
    PO Sumber Alam, merupakan Perusahaan Otobus asal Purworejo, Jawa Tengah, yang 70%-90% penerimaannya berasal dari usaha angkutan Bus antar kota. Namun PO Sumber Alam mempunyai usaha lain yakni Sumber Alam Shuttle yang merupakan perusahaan Travel yang baru ada di beberapa kota di Jawa Tengah dan DIY. Usaha travel ini memberikan masukan tambahan untuk PO Sumber Alam meskipun usahanya masih didominasi dengan usaha BPU Bus Besar Antar Kota Antar Provinsi.


    3. Related Constrained Corporate Strategy
    Kenko merupakan perusahaan yang memproduksi segala macam alat tulis kantor, seperti kertas, buku tulis, pensil, penghapus, rautan pensil, dan macam-macam. Yang tentunya setiap produk tersebut saling terkait.


    4. Related Link Corporate Strategy
    Po. Rosalia Indah, adalah perusahaan bus antar kota antar provinsi yang berasal asal Solo, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Rosalia Indah Group. Untuk menunjang tingkat keefektifan dan keefisienan perusahaan, Rosalia Indah mempunyai usaha SPBU sendiri, yang tentunya juga dibuka untuk umum. Perusahaan ini juga mempunyai usaha Laundry bernama Central Laundry yang tidak terkait dengan dunia biro perjalanan.


    5. Unrelated Link Corporate Strategy
    Bridgestone Group, merupakan perusahaan yang usaha utamanya memproduksi ban segala macam kendaraan. Baik ban mobil, motor, alat-alat berat dan juga ban pesawat. Namun selain usaha utamanya tersebut, Bridgestone memiliki Anak Perusahaan yang secara terpisah memproduksi peralatan golf. Juga memiliki anak perusahaan yang memproduksi sepeda, produk-produk industri, komponen-komponen kendaraan otomotif, hingga perusahaan yang memproduksi material elektro, seperti panel pencipta energi surya.

    ReplyDelete
  59. NAMA : MUTIARA DALILA BAKKAH
    NIM : C1C011048

    CONTOH CORPORATE-LEVEL STRATEGY

    1. Single Business Corporate Strategy
    PT. Maspion adalah salah satu produsen perkakas yang cukup besar di Indonesia yang didirikan oleh Alim Husein. Perusahaan ini memiliki keahlian yang kuat di bidang pemasaran dan manufaktur berbagai rangkaian produk peralatan rumah tangga kualitas baik di peralatan dapur, peralatan rumah tangga plastik, barang pecah belah, dan peralatan listrik rumah. Pipa PVC dan PE juga tersedia untuk keperluan perumahan dan rumah tangga. Produknya antara lain Uchida, Maxim, Maspion Electric, Tivoli, Maspion Plastic, Plasticwares, Vanda Melamine, Panda, Maslon, Aubecq, Logam Jawa, Ishizuka, PVC, Doff, Meglio. 95% atau lebih pendapatan yang diterima PT. Maspion berasal dari bisnisnya di bidang produksi peralatan rumah tangga.

    2. Dominant Business Corporate Strategy
    Republik Cinta Management (RCM) adalah sebuah perusahaan musik Indonesia yang melakukan aktivitas me-manage para musisi, penyanyi, band dan para seniman lain berhubungan dengan musik, selain itu kegiatan lain adalah melaukan perekaman melalui Republik Cinta Record. Didirikan pada Maret 2007 oleh Ahmad Dhani, saat ini RCM juga mengembangkan bisnis The Rock Cafe di Jakarta dan Bandung. Termasuk ke dalam dominant business corporate strategy karena pendapatan dominan yang diterima RCM berasal dari bisnis me-manage para musisi dibandingkan dari bisnis cafenya.

    3. Related Constrained Corporate Strategy
    PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasari yang merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 1971. Perusahaan ini umumnya menghasilkan berbagai produk terigu antara lain Cakra Kembar, Segitiga Biru, Kunci Biru, Cakra Kembar Emas, Lencana Merah serta produk pasta La Fonte Pasta, La Fonte Quick n' Eazy, dan La Fonte Saus Pasta. Produk yang dihasilkan saling terkait dimana terigu merupakan bahan dasar pembuatan pasta. Selain itu beberapa produk PT Indofood sendiri juga menggunakan terigu produksi Bogasari.

    4. Related Linked Corporate Strategy
    Kompas Gramedia, disingkat KG, adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang media massa yang didirikan pada tanggal 28 Juni 1965 oleh P.K. Ojong dan Jakob Oetama. Pada tahun 1980-an perusahaan ini mulai berkembang pesat, terutama dalam bidang komunikasi. Saat ini, KG memiliki beberapa unit bisnis yang bervariatif dari media massa (Kompas Warta Kota, Tribun, Nova, Kawanku, Bobo, dll), toko buku (TB. Gramedia, Trimedia Book Store), percetakan (Gramedia Printing Group), penerbitan (Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, M&C, dll), stasiun TV (Kompas TV), radio (Sonora, Motion Radio), hotel (Santika Indonesia Hotels & Resorts), lembaga pendidikan, event organizer (Dyandra Promosindo), hingga universitas (Universitas Multimedia Nusantara, ELTI Gramedia). Ada beberapa bisnis yang dijalankan Kompas Gramedia saling terkait seperti percetakan, penerbitan, dan toko buku. Namun, ada beberapa pula bisnis yang tidak saling terkait dengan bisnis lainnya seperti universitas dan hotel.

    5. Unrelated Corporate Strategy
    Lotte Co., Ltd. adalah perusahaan multinasional yang bergerak di banyak bidang. Didirikan pada Juni 1948 di Tokyo oleh seorang pengusaha Jepang keturunan Korea, Shin Kyuk-Ho di Korea atau Takeo Shigemitsu. Lotte Group terdiri lebih dari 60 unit usaha dan mempekerjakan 60.000 orang yang terlibat dalam berbagai industri. Bisnis utamanya adalah produk makanan (Lotte Confectionery, Lotte Chilsung, Lotte Samkang, Lotteria, E Wedel), perbelanjaan (Lotte Shopping, Lotte Mart, Lotte Department Store, Lotte-Assi Plaza), keuangan (Lotte Insurance, Lotte Card, Lotte Capital), konstruksi (Lotte Castle High Rise Apartment Complex), taman hiburan (Lotte Cinema, Lotte World di Seoul), hotel (Lotte Super Tower 123, Busan Lotte Tower), perdagangan (Lotte International), minyak (Honam, KP Chemical), dan olahraga (Chiba Lotte Marines di Jepang, Lotte Giants di Busan).

    ReplyDelete
  60. Nama : Zainab Mustaqimah
    NIM : C1C011087

    1. Single Business Corporate Strategy
    Contoh : PT KAI
    yaitu perusahaan kereta api di indonesia. perusahaan ini fokus pada bidang transportasi darat berupa kereta api.

    2. Dominant business corporate strategy
    contoh :Inul Vista.
    bisnis utama nya adalah karaoke keluarga yang menghasilkan 70% keuntungan. Dan keuntungan lain yang mereka dapatkan berasal dari restoran keluarga yang menjadi fasilitas tambahan dalam bisnis ini.

    3. Related constrained corporate strategy
    contoh : .Kompas Gramedia (KG).
    Perusahaan yang mempekerjakan 12.000 karyawan ini memang awalnya hanya bergerak di bidang media massa cetak. Semula, produk unggulannya hanyalah harian Kompas yang terkenal itu. Namun seiring dengan kemajuan di perusahaan ini, KG mulai merambah bisnis sektor komunikasi. Kini bisnis media elektronik pun dijamah oleh mereka, seperti Radio (Otomotion & Sonora). Tidak puas sampai di situ, mereka juga memiliki percetakan dan Event Organizer (EO) sendiri.
    bidang EO dan jaringan radio(komunikasi) tidak terlalu berhubungan dengan bisnis yang lain (koran dan percetakan)

    4. Related link corporate strategy
    contoh : Google.
    perusahaan ini berbisnis pada bidang Internet search, cloud computing, dan teknologi periklanan. kemudian Google berkembang dan membuat bisnis yang saling berkaitan yakni, gmail(layanan pengiriman email), Google+ (social network), Google Chrome (web browser),Picasa (photo organizing and editing software) dan Google Talk (instant messaging application)

    5. Unrelated link corporate strategy
    contoh : produk Unilever.
    Melakukan bisnis pada sektor makanan, minuman, bahan pembersih dan produk perawatan pribadi. Perusahaan ini memiliki lebih dari 400 merek.

    ReplyDelete
  61. NAMA :RENDY YUNANTO
    NIM :C1C011022

    1.Single Business Corporate Strategy (PT.Pura Barutama)
    PT.Pura Barutama merupakan perusahaan yang bergerak dibidang percetakan dan pengepakan yang memiliki pasar domestik hingga kawasan Asia Tenggara.Perusahaan ini hanya berfokus pada bisnis percetakan dan pengepakan saja sebagai bisnis utama

    2. Dominant Business Corporate Strategy (NVIDIA)
    NVIDIA merupakan perusahaan yang terkenal dengan produk kartu grafis untuk pc.Perusahaan ini memperoleh 70% labanya dari jajaran produk kartu grafisnya yang digunakan di pc maupun perangkat notebook seperti Geforce,ION,dan Quadro.Sedangkan sisanya diperoleh dari divisi processor untuk perangkat mobile seperti tablet dan smartphone dengan produknya yaitu Nvidia Tegra yang sekarang sudah mencapai generasi ketiga Nvidia Tegra 3.

    3. Related Constrained Corporate Strategy (Microsoft Corporation)
    Microsoft merupakan perusahaan software multinasional.Microsoft melalui produk OS dan Officenya yaitu Microsoft Windows dan Microsoft Office mampu menguasai pasar OS dan Office didunia.Microsoft juga memproduksi perangkat gaming console XBOX dan pada tahun 2012 untuk pertama kalinya mulai terjun di bisnis pasar vendor pc dengan produknya Microsoft Surface tablet computer adalah tablet computer bersistem operasi windows.Dengan produknya di bidang software dan hardware,Microsoft menciptakan environment (lingkungan) yang saling terhubung satu sama lain.Misalnya dengan XBOX LIVE konsumen bisa saling berinteraksi dengan pengguna lainnya melalui perangkat XBOX ,pc dan tablet windows atau untuk membeli game dan layanan music,film,tv online semua dalam satu layanan yang terintegrasi.

    4. Related Link Corporate Strategy (PO Nusantara)
    PO Nusanatara merupakan perusahaan bus antar kota antar provinsi yang melayani destinasi yaitu di pulau jawa sampai pulau dewata bali.Selain itu PO Nusantara juga melayani perjalanan wisata dengan armada sendiri yaitu symphonie dan Courier Service yang juga memiliki armada sendiri.

    5. Unrelated Corporate Strategy (CT Corp)
    CT Corp yang sebelumnya bernama Para Group merupakan kelompok perusahaan yang dimiliki oleh konglomerat Chairul Tanjung yang didirikan sejak tahun 1987.CT Corp mempunyai beberapa unit usaha diantaranya seperti dalam bidang perbankan Bank Mega dan Bank Mega Syariah Indonesia,dalam pertelevisian Trans TV dan Trans 7,dalam sumber daya alam PT Kaltim CT Agro,PT Kalbar CT Agro,PT Kalteng CT Agro dan lain sebagainya.Unit bisnis yang dimiliki memiliki kecenderungan tidak mempunyai keterkaitan satu sama lain.

    ReplyDelete
  62. Mayda Istianah,C1C011051

    CORPORATE-LEVEL BUSINESS
    1. SINGLE BUSINESS STRATEGY
    Contohnya: BAKPIA PATHOK “25” merupakan produsen bakpia yang sangat terkenal sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta, dulunya bakpia banyak diproduksi di kampong Pathok Yogyakarta sejak tahun 1948. Produksi bakpia dilakukan oleh bapak Arlen Sanjaya yang merupakan generasi penerus pembuat Bakpia Pathok “25” yang dahulu berasal dari bisnis keluarga. Saat ini Bakpia Pathok 25 hanya memproduksi Bakpia saja namun dengan varian rasa yang berbeda. Dan Perusahaan Bakpia Pathok “25” mempunyai 5 toko cabang di Yogyakarta.

    2. DOMINANT BUSINESS STRATEGY
    Contohnya: SINAR JAYA GROUP, Sinar Jaya Group merupakan perusahaan yang bergerak dibidang otobus berdiri sejak 1982. Perusahaan ini berdiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum akan kenyamanan transportasi umum yang Aman, Terjangkau dan Terpercaya. 21 tahun sudah Sinar Jaya bergerak dalam pelayanan antar kota antar provinsi (AKAP). Selain Sinar Jaya bus, Sinar Jaya Group pun mengeluarkan armada untuk antar jemput karyawan dan wisata yaitu Starbus, untuk perjalanan diluar pulau, tak ketinggalan Sinar Jaya juga mengeluarkan bis DMI. Walaupun sebagian besar profit didapatkan dari bisnis otobis, Sinar Jaya Group mengeluarkan produk yang masih berkaitan dengan otobus yaitu Sinar Jaya Shuttle atau semacam travel ada pula Sinar Express yang bergerak pada perusahaan pengiriman paket satu malam.

    3. RELATED CONSTRAINED STRATEGY
    Contohnya: PT INSERA SENA, merupakan perusahaan sepeda local merek Polygon yang bermarkas di Desa Wadungasih, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur. Perusahaan nasional ini tidak hanya memproduksi sepeda yang merupakan kendaraan yang sedang tren saat ini tetapi juga memproduksi suku cadang sepeda itu sendiri bahkan mereka pun mengekspor suku cadang itu sendiri hingga ke Eropa. Insera pun menerima perakitan dan permintaan ekspor suku cadang dari perusahaan sepeda merek terkenal di luar negeri seperti Scott (Belgia), Raleigh (Inggris), Berg(Portugal), Mustang (Denmark) dan Araya (Jepang). Ya, Polygon merupakan sepeda Sidoarjo yang Go Internasional dengan produksi sepeda, suku cadang dan perakitan yang patut dibanggakan.

    4. RELATED LINKED STRATEGY
    Contohnya: KINO GROUP, dimulai sebagai sebuah perusahaan distribusi kecil bernama Duta Lestari Sentratama kembali pada tahun 1991. Saat ini Kino Sentra Industrindo terus aktif menciptakan berbagai macam produk seperi makanan ringan, coklat, dan permen. Kemudian melangkah lebih lanjut , Kino mengeluarkan minuman seperti Panther Energy Drink, Cincau Cap Panda, dll. Langkah besar lainnya diambil pada tahun 1999 mengeluarkan produk yang tidak berkaitan dengan produk sebelumnya, Kinocare Era Kosmetindo yang memproduksi produk perawatan pribadi untuk semua jenis kelamin dan umur, lebih jauh tahun 2003 Kino menyediakan produk homecare, seperti Sleek.

    5. UNRELATED STRATEGY
    Contohnya: SALIM GROUP, Salim Group merupakan perusahaan konglomerat terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Sudono Salim. Perusahaan ini juga memiliki beberapa anak perusahaan yang tidak berkaitan satu sama lain, salah satunya Perusahaan Indofood, produsen mi instan terbesar dunia dan Bogasari, perusahaan operasi tepung terbesar. Tidak hanya diproduksi makanan, lainnya seperti bagian perkebunan yaitu Salim Palm Plantation, dibagian broadcasting ada Indosiar, dibagian otomotif ada Indomobil, bagian retail ada Indomaret, bagian asuransi ada Indolife, serta anak-anak perusahaan lainnya seperti Indocement, Wings Co., Super Indo, Indo Agri.

    ReplyDelete
  63. SONIA TJANDRA
    C1C011010

    Single business corporate strategy
    Contohnya adalah helm bermerk INK. INK hanya memproduksi dan menjual 1 produk saja, yaiti helm. Dan INK berkonsentrasi hanya pada produk tersebut karena helm INK sedang booming terkhusus pada remaja.

    Dominant business corporate strategy
    Contohnya adalah Olympic. Olympic memproduksi dan menjual meubel sebagai produk atau usaha dominannya tapi Olympic juga memproduksi spring bed dalam perkemabangannya. Tapi banyak orang tahunya Olympic hanya memproduksi meubel saja.

    Related constrained corporate strategy
    Contohnya adalah Adidas. Adidas adalah merk yang sangat terkenal dan berkualitas. Barang yang diproduksi ada jaket, sepatu, kaos, tas, dll. Semua barang tersebut saling berhubungan supaya jika orang beli kaos merk Adidas maka konsumen tersebut juga bisa memadukan dengan jaket dan sepatu serta tas yang bermerk Adidas juga.

    Related link corporate strategy
    Contohnya adalah Samsung. Produknya adalah DVD RW, CPU, dan handphone. Antara DVD RW dan CPU berhubungan yaitu CPU merk Samsung bisa dilengkapi dengan DVD RW merk Samsung. Antara CPU dan handphone juga berhubungan, yaitu dengan saling mengisi data. Tetapi antara handphone dan DVD RW tidak saling berhubungan.

    Unrelated corporate strategy
    Contohnya adalah PT.ABC. produk PT. ABC ada batu baterai, syrup, dan kecap. Ketiganya tidak saling berhubungan dan usahanya berjalan masing-masing.

    ReplyDelete
  64. 1.Single Business Corporate Strategy
    PURIMAS BAKERY. Purimas Cake & Bakery, hanya berfokus pada penjualan berbagai macam roti dan cake.

    2.Dominant Business Corporate Strategy
    RITA RITELINDO. RITA RITELINDO mempunyai bisnis di bidang retail yaitu RITA PASARAYA, mempunyai rumah makan yaitu BUNTOS CHICKEN, dan mempunyai toko bakery yaitu Rita Bakery. Akan tetapi bisnis yang paling dominan adalah RITA PASARAYA (70% – 95%).

    3.Related Constrained Corporate Strategy
    GETUK EKA SARI SOKARAJA. Selain memproduksi dan menjual getuk asli buatan sokaraja,eka sari juga menyediakan berbagai makanan khas daerah lainnya dan ruang pertemuan, dimana kita bisa menikmati makanan khas sambil share. Selain itu eka sari juga melayani pesanan getuk untuk berbagai acara

    4.Related Link Corporate Strategy
    PETRONAS. Petronas (Petrolium Nasional Behard), adalah perusahaan minyak dan gas di Malaysia yang berdiri tahun 1974. Bisnis utamanya adalah pada minyak dan gas dan usaha bisnis lainnya yang berhubungan yaitu Petronas Dagangan Behard (pelayanan di stasiun pom bensin), Petronas Gas Behard, Misc Behard (pelayanan logistic untuk kapal dan LNG ). Sedangkan unit bisnis yang tidak berhubungan yaitu Petronas University of Technology karena bergerak dalam bidang pendidikan.

    5.Unrelated Corporate Strategy
    MUTIARA PURWOKERTO. Selain hotel, Mutiara juga memiliki bisnis alat tulis kantor. Keduanya tidak saling berkaitan.

    ReplyDelete
  65. Nama : WULAN JENIAR SUBKHI
    Nim : C1C011004

    1. Single Business Corporate Strategy
    PT. Ford Motor Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif, yang menjual kendaraan dengan merk Amerika .

    2. Dominant Business Corporate Strategy
    Contoh perusahaan yang tergolong bisnis dominan dimana 70% sampai 95% revenue berasal dari bisnis tunggal adalah McDONALD’S. Usaha utama yang dominan dalam menyumbang revenue terhadap perusahaan adalah usaha makanan . namun, disisi lain McDONALD’S juga membuka bisnis lain tetapi revenue yang tetapi revenue yang berasal dari jenis usaha tersebut tidak dominan yaitu transportasi.

    3. Related constrained Corporate Strategy
    LG yang merupakan perusahaan elektronik yang memproduksi alat-alat elektronik seperti televisi , handphone, lemari es, AC , mesin cuci. Teknologi yang digunakan hampir sama karena berproduksi di produk-produk elektronik dan pendistribusiannya pun masih saling berkaitan.

    4. Related Link Corporate Strategy
    PT Sarinah .
    PT Sarinah memilih usaha titel sebagai core bisnisnya . selain usaha ritel , PT sarinah juga memiliki unit bisnis yang lain seperti bisnis perhotelan , alat kantor, toko buku, impor buku-buku asing dan money changer. Bisnis-bisnis tersebut ada yang saling berkaitan dan ada pula yang tidak berkaitan sama sekali .

    5. Unrelated Corporate Strategy
    PT WINGS
    PT WINGS , Kurang dari 70% pendapatan dari bisnis-bisnis dominan dan tidak ada hubungan diantara bisnis itu. Contoh produksi dari PT WINGS adalah Mie sedap , Sabun Colek Wings Biru , Detergen Daia , Wipol pembersih lantai , dan Ciptadent.

    ReplyDelete
  66. Contoh dari:

    1. Single Business Corporate Strategy
    -PT Intercallin-
    Merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi 1 jenis produk saja yaitu batu baterai ABC.

    2. Dominant Business Corporate Strategy
    -PT Rita Ritelindo-
    Perusahaan ini memiliki supermarket sebagai bisnis utamanya. Namun disamping itu juga memiliki bisnis lain berupa outlet makanan yaitu Buntos Chicken.

    3. Related Constrained Corporate Strategy
    -PT Holcim-
    Merupakan produsen semen asal Cilacap. Namun disamping itu juga memproduksi beton. Beton memiliki keterkaitan dengan semen dimana beton dibuat dari semen, selain itu penggunaannya juga bersama saat proses pembangunan bangunan. PT Holcim juga mempunyai bisnis jasa yaitu Solusi Rumah yang menyediakan jasa konsultasi & pembangunan rumah dimana pada proses pembangunannya digunakan bahan-bahan dari PT Holcim sendiri.

    4. Related Linked Corporate Strategy
    -Garuda Indonesia Group-
    Bisnis utamanya dalah jasa angkutan pesawat terbang. Disamping itu juga memiliki bengkel pesawat terbang yang dapat digunakan untuk memperbaiki pesawat miliknya. Disamping itu memiliki jasa tour & travel 'Aerotravel'. Jasa ini berhubungan dengan jasa pesawat terbang Garuda Indonesia. Namun antara jasa tour & travel dengan bengkel pesawat tidak memiliki keterkaitan.

    5. Unrelated Corporate Strategy
    -Salim Group-
    Memiliki beberapa macam bisnis. Pada bidang makanan terdapat Indofood dan Bogasari. Selain itu memiliki bisnis dibidang otomotif, semen, peritel waralaba, dan lain-lain. Salim Group juga memiliki perkebunan kelapa sawit. Disamping itu, Salim Group juga merupakan pendiri dari Bank BCA. Antara bisnis satu dengan yang lainnya tidak memiliki keterkaitan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf pak, saya lupa menuliskan NIM saya :
      NIM : C1C011020

      Terima Kasih

      Delete
  67. Nama : Citra Anggun Pertiwi
    NIM : C1C011094


    1. Bisnis tunggal
    PLN merupakan perusahaan yang hanya mendapatkan penghasilan dari satu bisnis saja yaitu jasa listrik.

    2. Bisnis Dominan
    Merupakan suatu strategi perusahaan dimana antara 70% hingga 95% pendapatan yang di dapat berasal dari bisnis tunggal.
    Seringkali perusahaan dengan bisnis dominan memiliki integrasi vertikal.
    Contoh : seperti pada perusahaan microsof tidak heran bahwa perusahaan yang dominant seperti microsof memilki berbagai strategi dan perilaku bisnis dalam mempertahankan pangsa pasar dan tingkat laba yang selama ini telah dimiliki dan bahkan microsof mencapai katagori perusahaan yang dominant di kalangan pasar global / pasar internasional.

    3. Berkaitan terbatas
    PT. Eka Sari Lorena Transport merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang bergerak di bidang jasa transportasi. Bisnisnya dalam jasa angkutan umum bus Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ). Bisnis lainnya bergerak di bidang jasa penyewaaan Transportasi Darat dan telah berkembang melayani kendaraan Big Bus (kapasitas 30 seat ,40 seat dan 53 seat ) dan Medium Bus (kapasitas 27 seat ). Dan juga terdapat SPBU dan rumah makan

    4.Berkaitan Berhubungan
    Kurang dari 70% pendapatan datang dari bisnis-bisnis dominan, dan terdapat hubungan terbatas di antara bisnis-bisnis tersebut. Contohnya Dunlop raket tenis dan Dunlop bola tenis mempunyai hubungan atau saling berkaitan tetapi Dunlop ban tidak berhubungan dengan kedua bisnis tersebut.

    5. Tidak berkaitan
    Contoh: Grup Salim merupakan perusahaan konglomerat terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Sudono Salim. Perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk Indofood, produsen mi instan terbesar dunia dan Bogasari, perusahaan operasi tepung terbesar. Selain itu terdapat juga Indosiar, Salim Palm Plantation, Yakult, Indofood, IndoAgri, Indomaret, Indomobil, Indocement, Nippon Indosari Corpindo (40%), Bogasari, BCA, Djarum.

    ReplyDelete
  68. Nama: HAFIDH ROKHMAN ROLDI
    NIM : C1C011059

    1. Single business corporate strategy
    Philip Morris International adalah perusahaan rokok terbesar pertama di dunia dengan penjualan 10 miliar batang per merek per tahun. Merek-merek Philip Morris International antara lain Benson & Hedges (bersama British American Tobacco, Gallaher Group, dan Japan Tobacco), Dji Sam Soe, L&M, Longbeach, Marlboro, ST Dupont Paris, U Mild, dan Sampoerna. Penghasilan Philip Morris International hanya memproduksi dan menjual rokok di seluruh belahan dunia.

    2. Dominant business corporate strategy
    PT. Dirgantara Indonesia (DI) adalah perusahaan industry pesawat terbang yang produksi utamanya adalah membuat dan menjual pesawat terbang. Tapi selain itu PT.DI juga melayani jasa perawatan pesawat dan menjual suku cadang pesawat ke maskapai-maskapai atau ke perusahaan seperti Airbus, Boeing, Fokker, dan perusahaan-perusahaan sejenis.
    3. Related constrained corporate strategy
    Canon Inc. bermarkas di Tokyo, Canon adalah produsen produk-produk imaging yang mencakup printer, scanner, teropong, kamera digital, film dan kamera digital SLR, lensa dan perekam video. Bagian Solusi Bisnis menawarkan solusi cetak dan dokumen untuk usaha kecil dan menengah, perusahaan besar dan pemerintah. Termasuk printer multi-fungsi, printer kantor hitam putih dan warna, printer ukuran besar, scanner, printer produksi hitam putih dan warna, serta perangkat lunak untuk mendukung produk tersebut. Lesser dikenal sebagai produk Canon produk ,mencakup bidang medis, produk optik dan siaran, termasuk peralatan oftalmik dan x-ray, lensa siaran, semikonduktor, dan lain - lain. Semua produk dari Canon Inc. selalu mengkhususkan dalam produk gambar dan optik, yang saling terkait.

    4. Related link corporate strategy

    Jawa Timur Park Group, adalah pemilik sekaligus pengelola tempat rekreasi dan taman belajar Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Selain itu Jawa Timur Park Group juga menerapkan Related link corporate strategy dimana kini Jawa Timur Park Group mulai bergerak di bisnis perhotelan seperti Pohon Inn Hotel dan Pondok Jatim Park.

    5. Unrelated corporate strategy.

    Berkshire Hathaway Inc. adalah perusahaan induk konglomerat multinasional Amerika yang berkantor pusat di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, yang mengawasi dan mengelola sejumlah anak perusahaan. Perusahaan yang dimiliki antara lain GEICO, Dairy Queen, Buah Loom, Helzberg Diamonds dan NetJets, juga memiliki setengah dari Heinz dan memiliki kepemilikan minoritas yang signifikan dalam American Express, M & T Bank, Procter & Gamble, dan IBM. Perusahaan ini dikenal untuk kontrol oleh investor Warren Buffett, yang adalah ketua dan CEO perusahaan. Pada bagian awal dari karirnya di Berkshire, ia berfokus pada investasi jangka panjang dalam saham dikutip publik, tetapi baru-baru ia telah berbalik untuk membeli seluruh perusahaan. Berkshire kini memiliki beragam bisnis termasuk gula, ritel, kereta api, perabot rumah tangga, ensiklopedi, produsen pembersih vakum, penjualan perhiasan, penerbitan surat kabar, pembuatan dan distribusi seragam, serta beberapa utilitas listrik dan gas regional

    ReplyDelete
  69. Safiera Faradhila Azahra
    C1C011045


    1. Single Business Corporate Strategy:
    Saudi Aramco
    Saudi Aramco adalah perusahaan yang terintegrasi, perusahaan minyak global dan pemimpin dunia dalam eksplorasi dan produksi, penyulingan, distribusi, pengiriman dan pemasaran, dan 100% dimiliki oleh Kerajaan Arab Saudi. Ia mengatur cadangan 260 miliar barel minyak mentah dan mengelola cadangan gas terbesar keempat di dunia, 239,5 kubik.
    Pendapatan Aramco Saudi semuanya berasal dari produksi minyak tanpa sumber penghasilan lainnya. lebih dari 95% pendapatan Saudi Aramco berasal dari penjualan minyak.

    2. Dominant Business Corporate Strategy Toyota Motor corporation
    Toyota adalah salah satu perusahaan yang menjalankan bidang usaha mereka dalam mobil. Tetapi mereka juga mengembangkan bisnis mereka melalui layanan keuangan yang disediakan oleh industri keuangan, yang meliputi berbagai organisasi yang mengelola uang, termasuk serikat kredit, bank, perusahaan kartu kredit, perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan konsumen, broker saham, dana investasi dan beberapa perusahaan yang disponsori pemerintah. Selain itu Toyota telah mengembangkan robot multitask yang berfungsiuntuk perawatan lansia, manufaktur, dan hiburan. Toyota dikategorikan sebagai bisnis yang dominan, hampir 90% dari pendapatan didapat dari mobil


    3. Related Constraint Corporate Strategy
    Efisiensi Bus
    Efisiensi adalah bisnis yang mengkhususkan diri dalam transportasi khususnya transportasi bus, tetapi mereka juga menyediakan beberapa restoran jalanan di beberapa tempat, tempat istirahat yang dilengkapi dengan pasar dan juga bus kecil untuk menyediakan orang di dalam kota

    4. Related Link Corporate Strategy
    Ripcurl
    Rip Curl adalah salah satu merek gaya hidup terkemuka di dunia untuk surfing, snowboarding, dan banyak lagi. boardshorts, papan selancar, pakaian selam, jaket, kemeja, dan peralatan besar lainnya untuk berselancar. Tapi hari ini, Rip Curl juga memproduksi sepatu, tas, jaket dan lain-lain hal yang sebenarnya tidak dapat digunakan untuk berselancar. Meskipun beberapa dari mereka masih dapat digunakan untuk berselancar, untuk celana misalnya.
    Jadi, rip curl adalah salah satu perusahaan yang dapat dikatakan berkaitan berhubungan.

    5. Unrelated Corporate Strategy
    PT CIPUTRA GROUP.
    Ciputra Group adalah salah satu perusahaan yang terbesar dalam pengembang properti perumahan di Indonesia. Tetapi juga memiliki bisnis lainnya. Misalnya dalam bidang Pendidikan (Berkat Sekolah Citra, Citra Kasih School, Universitas Ciputra Surabaya), real estate (CitraGarden Kota Jakarta, Surabaya Citraland). Hotel (Somerset Grand Citra, Hotel Ciputra Jakarta). Rekreation & Sport (Ciputra Golf, Club & Hotel Surabaya, Ciputra Waterpark). Dan juga dalam bidang Jaringan Telekomunikasi seperti Ciptakom.

    ReplyDelete
  70. 1.SINGLE BUSINESS ORPORATE
    Contohnya yaitu PT Aqua Golden Mississippi, perusahaan air mineral yang terbesar Indonesia. Perusahaan ini memproduksi air mineral dalam kemasan dan profit perusahaan hampir seluruhnya disumbang dari penjualan produk air mineral.

    2.DOMINANT BUSINESS CORPORATE
    Contohnya yaitu Alfamaret, Indomaret, dan 7eleven. Ketiga perusahaan retail tersebut bergerak pada bisnis utama yaitu menjual barang kembali/ retailer. Mereka memperoleh dari penjualan barang-barang tersebut. Selain itu mereka juga menyewakan tempat bisnis mereka kepada umum untuk berjualan atau mendirikan kafe. Dari sewa inilah mereka juga mendapat tambahan laba walaupun laba utama tetap didominasi oleh retail-nya.

    3.RELATED CONSTRAINED ORPORATE
    Contohnya yaitu perusahaan PT Heinz ABC, perusahaan ini memproduksi kecap, saus, dan sambal kemasan. Ketiga produk tersebut adalah pendapatan utama perusahaan, ketiga-tiganya saling berkaitan erat. Misalnya saja dalam produksinya (jenis kemasan yang hampir sama) ataupun dari skill distribusinya (karena hampir setiap ada saus/sambal ABC juga bisas terdapat kecap ABC di tempat yang sama)

    4.RELATED LINK CORPORATE
    Contohnya yaitu KompasGramedia, perusahaan ini mempunyai banyak cabang serta anak usaha, ada yang saling berkaitan, misalnya saja adanya anak perusahaan di bidang penerbitan, toko buku, majalah, surat kabar. Selain itu juga ada yang tidak berkaitan secara langsung, misalnya saja hotel dan unit usaha di bidang EO yang tidak ada kaitannya dengan media massa.

    5.UNRELATED CORPORATE
    Contohnya yaitu Rajawala Nusantara Indonesia (Rajawali Group), perusahaan ini mempunyai banyak anak perusahaan yang terfokus pada bisnis dan segmen pasar yang berbeda, seperti anak perusahaan yang bergerak di bidang media, bidang pertanian/ agrobisnis, di bidang farmasi dan alat kesehatan serta di bidang perdagangan efek/surat berharga.

    ReplyDelete
  71. 1. SINGLE BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    Exxon-Mobil yang bergerak dalam industri minyak bumi, sekitar 95% pendapatan perusahaan nya berasal dari bisnis tersebut.
    2. DOMINANT BUSINESS CORPORATE STRATEGY
    Inul vista, merupakan tempat karaoke, dimana pendapatan dominannya berasal dari bisnis karaoke, tetapi disana juga disediakan makanan ringan atau snack serta minuman sebagai bisnis lainnya.
    3. RELATED CONSTRAINED CORPORATE STRATEGY
    Procter & Gamble (P&G) adalah salah-satu contoh dari perusahaan dengan diversifikasi yang berhubungan; perusahaan ini memiliki unit-unit bisnis dalam popok (Pampers), deterjen (Tide), sabun (Ivory), pasta gigi (Crest), Shampo (Head & Shoulders), dan produk konsumen bermerek lainnya.
    4. RELATED LINK CORPORATE STRATEGY
    Honda menggunakan kompetensi ini awalnya untuk memasuki bisnis sepeda motor. Sejak itu, Honda meningkatkan kompetensinya dalam teknologi mesin kecil di berbagai bisnis seperti mobil, bengkel, pemotong rumput, mesin penyapu salju (snow blower), mobil salju (snowmobiles), dan perangkat-perangkat luar ruang. Antara bisnis sepeda motor, dan begkel saling berhubungan, akan tetapi dengan alat-alat lain seperti produk pemotong rumput tidak berhubungan.
    5. UNRELATED CORPORATE STRATEGY
    Textron, perusahaan ini beroperasi dalam bisnis yang sangat terdiversifikasi seperti dalam alat tulis, helicopter, gergaji besar, komponen mesih pesawat terbang, forklift, alat mesin, penghubung khusus, dan mesin-mesin turbin gas. Bisnis-bisnis tersebut satu sama lain tidak saling berhubungan.

    ReplyDelete